Home / Tips dan Trik / Tips Mengatasi Touchscreen Macet Dan Error Pada Android
Tips Mengatasi Touchscreen Macet Dan Error Pada Android

Tips Mengatasi Touchscreen Macet Dan Error Pada Android

Jika Anda berniat memperbaiki layar sentuh atau touchscreen yang rusak pada smartphone Android, alangkah baiknya anda memahami sejumlah penyebab kerusakan layar sentuh atau touchscreen terlebih dahulu. Apakah touchscreen tersebut rusak karena tertindih sampai retak, tersiram air, Terinjak atau jatuh. Sebab, langkah perbaikan layar sentuh akan berbeda-beda setiap kasusnya.

Touchscreen atau layar sentuh yang rusak atau error tidaklah terlalu jauh dari masalah layar yang bergaris, bergerak sendiri maupun tidak bisa disentuh. Pada proses perbaikannya, anda wajib memahami bahwasanya touchscreen pada smartphone Android terbagi atas dua, yakni bagian dalam dan bagian luar.

Pada bagian luar, mempunyai kegunaan sebagai bagian pelindung. Sementara itu, lapisan bagian dalam memiliki kegunaan sebagai layar Inti atau LCD yang mempunyai koneksi serta terhubung dengan fleksibel dan Power. Pertama, silakan Anda diagnosa terlebih dahulu bagian layar smartphone yang anda miliki tersebut rusak disebabkan oleh apa serta bagian mana yang rusak. Apabila anda telah mempunyai jawaban, silakan Anda sesuaikan cara perbaikan memperbaiki layar sentuh atau touchscreen smartphone yang Android yang telah dirangkum secara singkat pada ulasan berikut ini.

Langkah Memperbaiki Touchscreen Yang Macet Atau Error

1. Bersihkan Layar Dari Kotoran

Ada kemungkinan, layar sentuh atau touchscreen smartphone Android tidak bisa berfungsi dengan baik disebabkan terdapatnya kotoran atau noda yang dapat menghalangi sentuhan jari pada layar sehingga menimbulkan hilangnya respon dari layar itu sendiri. Walaupun anda memiliki smartphone dengan harga paling mahal maupun smartphone dengan harga paling laris sedunia, kondisi layar wajib dalam kondisi bersih. Adapun cara membersihkan bagian layar smartphone Yakni dengan memakai kain microfiber khusus yang dapat digunakan sebagai pembersih layar smartphone.

2. Cek Kondisi RAM

Jika anda menemukan sesuatu yang aneh di layar, misalnya jika telah disentuh namun tidak ada respon atau tidak bergerak, anda dilarang terlalu gegabah menyimpulkan permasalahan ada pada layar. Lakukan pengecekan bagian RAM yang terpasang pada smartphone tersebut.

Baca:   Cara Mudah Instal Progressive Web App/PWA di Google Chrome

Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android merupakan salah satu smartphone yang menggunakan cukup banyak ruang di RAM. Apabila terlalu banyak aplikasi yang tersimpan pada RAM, maka hal tersebut menjadikan layar tidak lagi responsif. Cara mengatasinya yaitu dengan uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak pernah atau jarang dipakai.

3. Tester Multi Touch

Aplikasi tersebut dapat dikatakan sebagai aplikasi berbasis Android yang sangat bermanfaat untuk para pelajar. Apabila layar sentuh atau touchscreen pada smartphone dirasa sudah mulai error, banyak lag dan lambat, maka jalan yang paling mudah Yakni dengan membawa ke tempat reparasi.

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin bereksperimen memperbaiki layar sentuh pada smartphone Android, ada baiknya anda mencoba aplikasi yang bernama multi touch tester. Beberapa langkah yang bisa anda kerjakan yakni:

  • Silakan Anda unduh aplikasi yang bernama multi touch tester
  • Langkah selanjutnya, melakukan instalasi dan tunggulah sampai proses instalasi selesai secara sempurna.
  • Selanjutnya, silakan jalankan aplikasi multi touch tester tersebut. Pada proses pengecekan, anda akan diminta supaya menempelkan jari-jari tangan anda pada layar.

Apabila telah menempel jari anda telah menempel pada layar sesuai dengan yang diminta oleh ditunjukkan oleh aplikasi, maka bisa disimpulkan bahwa touchscreen tersebut masih dalam kondisi baik. Namun, apabila jari yang anda Letakkan pada layar tidak terhitung, maka dapat dikatakan terjadi kerusakan atau sesuatu yang salah pada layar smartphone anda.

4. Lakukan Force GPU Readings

Adapun salah satu yang menjadikan alasan layar smartphone mempunyai gangguan yakni disebabkan oleh pada bagian transisi yang cukup buruk. Oleh karena itu, pakailah Force GPU readings guna meringankan elemen-elemen yang ada di layar. Proses pengaktifan fitur tersebut bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni:

  • Cara pertama, Silakan masuk ke menu setting, lalu pilih menu developer option, kemudian pilih Force GPU reading.
  • Cara yang kedua, apabila tidak terdapat menu “Developer Option“, maka anda cukup masuk ke menu “Settings“, lalu pilih menu “About Phone“, kemudian pilih “Developer Options“.
Baca:   Tips Mengatasi Android Tidak Bisa Mengakses Internet

5. Lakukan Kalibrasi Pada Layar

Apabila layar yang bermasalah tersebut tidak memiliki gangguan kerusakan seperti pecah atau retak, akan tetapi hanya lambat di dalam respon, maka anda dapat melakukan kalibrasi layar. Beberapa langkah yang bisa Anda coba adalah:

  • Langkah pertama, Silakan masuk ke menu pengaturan.
  • Kemudian, silakan klik pada menu display
  • Tahap selanjutnya, silakan Anda klik bagian kalibrasi, kemudian dengan cara otomatis bagian layar akan berganti warna menjadi putih.
  • Pada tahap ini, tetaplah tenang dan jangan terlalu panik karena layar smartphone sedang dalam proses kalibrasi. Silakan Anda tunggu beberapa saat.
  • Bagian layar akan masuk ke mode normal kembali. Bagian tersebut menandakan proses kalibrasi telah selesai dan dapat merespon sentuhan dari luar dengan cukup cepat serta memiliki kinerja yang semakin meningkat.

6. Mereset Smartphone

Apabila touchscreen atau layar sentuh yang tidak bergerak sama sekali ataupun tidak merespon, Janganlah terburu-buru panik. Masih ada jalan untuk memperbaiki nya. Misalnya yaitu dengan cara cara mem flash atau mereset smartphone. Terdapat cukup banyak metode flash smartphone, akan tetapi apabila touchscreen atau layar sudah tidak dapat bergerak cukup susah untuk dilakukan. Adapun cara yang dapat anda tempuh adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba adalah:

  • Langkah pertama, silakan Anda tekan Tombol Power dan tekan Tombol Volume Down bersamaan.
  • Tetap tahan, kecuali jika tampil menu pada layar.
  • Silakan Anda pilih menu Factory Reset. Jika menggunakan bahasa Indonesia, pilih menu Kembali Ke Pengaturan Pabrik.
  • Silakan pakai tombol volume untuk menurunkan atau menaikkan supaya dapat memilih menu. Gunakan tombol power sebagai tombol pilihan.
  • Silakan memilih menu Factory Reset dan Tunggulah sampai prosesnya selesai semuanya.
  • Setelah tahap ini, layar sentuh atau touchscreen smartphone anda akan kembali normal dan anda dapat memakainya lagi.
Baca:   Cara Ampuh Untuk Membasmi Virus di Android

7. Mengganti Komponen

Cara terakhir di dalam memperbaiki layar sentuh atau touchscreen Android yang error yaitu dengan cara mengganti komponen. Mungkin saja, tanpa perlu berpikir panjang, sebab kerusakan layar Smartphone kita disebabkan karena terjatuh sehingga menjadikan layar retak atau bahkan pecah. Apabila sudah seperti itu, langkah paling baik yaitu dengan cara membeli layar baru. Akan tetapi, apabila bagian yang mengalami kerusakan hanyalah bagian luar saja, sementara LCD nya masih dalam kondisi normal, maka anda bisa lebih berhemat, sebab anda tidak harus merogoh kocek terlalu dalam untuk mengganti layar smartphone tersebut.

Setelah anda mempraktekkan satu demi satu tutorial di atas, apakah sudah mendapatkan hasil? Penulis berharap, smartphone anda yang layarnya mengalami masalah sudah bisa teratasi dan anda sudah bisa kembali nyaman menggunakan Ponsel pintar kesayangan anda. Pintar-pintarlah di dalam merawat smartphone Android, sebab akan menjadikan smartphone lebih awet dan anda akan lebih hemat di dalam mengeluarkan biaya reparasi.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *