Home / Tips dan Trik / Tips Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android
Tips Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android

Tips Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android

Smartphone atau Ponsel pintar Android kadangkala mengalami sejumlah error yang dapat membuat pengguna merasa kurang nyaman di dalam memakainya. Diantaranya yaitu pengguna tidak dapat menginstal aplikasi.

Memang rasanya sangat menyebalkan ketika pengguna smartphone Android tidak dapat menginstal aplikasi tambahan. Terlebih, apabila anda sebagai pengguna sangat membutuhkan untuk menginstal sebuah aplikasi tersebut.

Penyebab Tidak Dapat Menginstal Aplikasi Pada Smartphone Android

Sejumlah error yang kerap kali dialami pada saat Anda tidak dapat menginstal aplikasi pada smartphone Android diantaranya yaitu:

  1. Application not installed Android
  2. Tidak dapat mengklik instal APK
  3. Aplikasi tidak dapat dipasang di lokasi pemasangan default
  4. Smartphone Android tidak dapat menginstal aplikasi dari Google Play
  5. Smartphone Android tidak dapat menginstal APK karena memori penuh
  6. Dan sejumlah penyebab yang lainnya.

Apabila anda sekarang ini sedang mengalami salah satu permasalahan error di atas dan tidak dapat menginstal aplikasi pada Ponsel pintar Android, maka berikut ini penulis jabarkan 7 cara untuk mengatasi permasalahan tidak bisa menginstal aplikasi pada smartphone Android.

Mengapa Tidak Dapat Menginstal Aplikasi Pada Android?

Sebelum kita membahas tentang bagaimana langkah mengatasi permasalahan tidak dapat menginstal aplikasi pada Android, marilah kita membahas terlebih dahulu tentang berbagai macam penyebab kita tidak bisa menginstal aplikasi tersebut. Di bawah ini adalah sejumlah alasan mengapa tidak dapat menginstal APK pada smartphone berbasis Android.

1. Versi Sistem Android Yang Tidak Support

Alasan mengapa aplikasi tidak dapat diinstal pada smartphone Android Anda yaitu disebabkan oleh versi sistem operasi Android yang anda pakai tidak support atau mendukung. Apabila anda menginstal aplikasi secara langsung dari Google Play Store, maka pada masing-masing halaman aplikasi terdapat informasi tentang versi sistem operasi Android yang didukung.

Contohnya, sebuah aplikasi a hanya dapat diinstal pada sistem operasi Android Lollipop atau versi yang lebih baru. Oleh sebab itu, pengguna yang masih memakai sistem operasi Android kitkat tentu tidak akan dapat mendownload aplikasi tersebut. Oleh sebab itulah, sebelum anda menginstal sebuah aplikasi, Anda harus memastikan bahwa sistem operasi Android yang anda pakai di Smartphone memang benar-benar didukung oleh aplikasi yang hendak Anda install.

2. Kapasitas Memori Internal Sudah Penuh

Penyebab kedua yang menjadikan smartphone Android Anda tidak dapat diinstal APK baru yaitu disebabkan oleh kondisi penyimpanan memori internal yang telah penuh. Penyebab kedua ini tentu seringkali terjadi namun jarang sekali disadari oleh para pengguna smartphone serta menyangka bahwasanya smartphone Android lah yang sedang error. Padahal, sebenarnya kondisi memori internal smartphone lah yang sudah penuh.

Baca:   Tips Ampuh Mengatasi Lupa Pola Kunci di Android

3. Error Di Saat Proses Penginstalan

Ketika proses pemasangan aplikasi yang berasal dari Google Play Store, kadangkala terjadi error. Kondisi ini yang kerap kali membuat sebuah aplikasi tidak dapat dipasang pada smartphone android anda.

4. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Sudah Terinstal Pada Smartphone

Apabila pada smartphone sudah sangat banyak aplikasi yang terpasang, maka menyebabkan media penyimpanan internal Anda kepenuhan. Pada kondisi tersebut, anda tentunya tidak dapat menambah aplikasi baru.

5. Sistem Yang Mengalami Error

Masalah ini juga kerap kali menjadi penyebab anda tidak dapat menginstal aplikasi, yakni disebabkan oleh sistem operasi Android yang mengalami error. Kondisi ini rata-rata terjadi apabila anda sering mengoprek OS Android, misalnya di-root.

Cara Mengatasi Permasalahan Tidak Dapat Menginstal Aplikasi Pada Android

Memang cukup banyak penyebab mengapa anda tidak dapat menginstal aplikasi pada smartphone berbasis Android. Namun, setelah anda membaca artikel ini, maka anda sudah tidak perlu galau dan resah lagi, sebab Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba untuk membahas 7 cara di dalam mengatasi permasalahan tidak dapat menginstal apk atau aplikasi di smartphone Android.

1. Memberikan Izin Akses Instalasi Aplikasi Yang Berasal Dari Sumber Lain

Apabila anda tidak dapat menginstal sebuah aplikasi yang berasal dari pihak ketiga di luar Google Play Store, maka barangkali Anda memang belum mengaktifkan perizinan guna menginstal aplikasi yang berasal dari pihak ketiga tersebut. Oleh sebab itu, anda wajib untuk mengaktifkan setelan tersebut supaya dapat menginstal APK yang berasal dari pihak ketiga ataupun menggunakan file APK tersebut.

Langkah-langkah yang bisa Anda coba Yakni dengan masuk ke menu “Setelan“, kemudian pilih menu “Setelan Tambahan“, kemudian pilih “Privasi“, kemudian pilih “Sumber Tidak Dikenal“. Langkah diatas telah penulis coba praktekkan memakai smartphone Xiaomi mi 4i. Tentunya Anda dapat menyesuaikan menu-menu yang disediakan pada smartphone yang lainnya.

2. Delete Aplikasi Yang Sudah Tidak Pernah Lagi Anda Pakai

Langkah kedua yang dapat Anda coba yaitu dengan cara mendelete sejumlah aplikasi yang sudah tidak lagi anda pakai. Setelah anda menghapus aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi, maka nantinya akan tersedia cukup banyak ruang penyimpanan pada memori internal. Pada kondisi seperti itu, maka dapat anda pakai untuk menginstal aplikasi lain yang anda butuhkan.

Baca:   Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Overheating

Proses penghapusan aplikasi pada smartphone Android bisa dikerjakan dengan cara mengakses menu “Setelan“, kemudian pilih menu “Aplikasi Terinstal“, kemudian pilih “Aplikasi“, lalu pilih “Hapus Instalasi“.

3. Menghapus Cache Aplikasi

Apabila anda tidak ingin mendeley berbagai macam aplikasi disebabkan karena suatu saat masih memakainya, maka anda bisa mencoba untuk menghapus Cache aplikasi. Pada saat Anda menghapus Cache aplikasi, maka aplikasi tersebut tidaklah terhapus dari smartphone, namun anda akan mendapatkan tambahan Space memori internal.

Langkah yang bisa Anda coba untuk menghapus Cache smartphone Android Yakni dengan cara masuk ke menu “Setelan“, kemudian pilih “Aplikasi Terinstal“, lalu pilih “Aplikasi“, kemudian pilih “Hapus Cache

4. Membersihkan Internal Memory Pada Smartphone Android

Pada pemakaian sehari-hari, kondisi memori internal pada smartphone Android yang Anda gunakan selalu ditambahkan dengan berbagai macam file Baru. Kondisi tersebut menimbulkan semakin berkurangnya ruang kosong memori internal. Oleh sebab itu, anda wajib melakukan bersih-bersih beragam file sampah secara rutin dan berkala.

Anda dapat bersih-bersih ruang penyimpanan internal memakai bantuan aplikasi cleaner ataupun yang sejenisnya. Namun demikian, rata-rata cukup banyak vendor yang telah melengkapi smartphone buatannya dengan aplikasi cleaner bawaan. Anda dapat memakai aplikasi bersih-bersih tersebut guna membersihkan berbagai macam file yang tidak digunakan dan tidak penting karena hanya menyebabkan memori internal anda kepenuhan.

5. Stop Aplikasi Google Play Store Secara Paksa

Apabila anda tidak dapat menginstal aplikasi tambahan langsung dari Google Play Store, maka barangkali hal tersebut disebabkan Google Play Store error. Adapun cara yang dapat anda kerjakan di dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara menghentikan atau Stop Google Play Store dengan paksa. Langkah ini rata-rata cukup ampuh supaya aplikasi Google Play Store dapat dipakai kembali pada proses instalasi aplikasi tambahan.

Tahapan untuk menstop atau menghentikan aplikasi Google Play Store secara paksa Yakni dengan cara masuk ke menu “Setelan“, kemudian pilih menu “Aplikasi Terinstal“, kemudian pilih menu “Google Play“, lalu pilih tombol “Hentikan Aplikasi“.

6. Delete Data Pada Google Play Store

Disamping dapat memperbaiki permasalahan aplikasi Google Play yang error dengan langkah menghentikannya, Anda juga dapat menghapus data-data yang ada didalamnya. Tentunya, menghapus sejumlah data pada Google Play Store tidak akan membuat aplikasi yang bersangkutan terhapus.

Baca:   Kumpulan Game Simulasi Balap Terbaik Sepanjang Tahun

Tutorial ini hanya berfungsi untuk menghapus datanya saja, jadi tentu sangat aman untuk anda. Disamping dapat mengurangi tempat penyimpanan internal smartphone Anda, mendelete data pada Google Play Store juga dapat membuat Anda dapat menginstal aplikasi tambahan.

Proses penghapusan data pada Google Play Store bisa anda kerjakan dengan cara masuk ke menu “Setelan“, kemudian pilih menu “Aplikasi Terinstal“, kemudian pilih menu “Google Play Store“, lalu tap tombol “Hapus Data Aplikasi“.

7. Menggunakan Fasilitas Factory Reset Smartphone Android

Apabila ke 6 langkah yang telah dibahas Penulis di atas sudah anda praktekkan namun tidak membuahkan hasil yang memuaskan, baik anda menginstal aplikasi langsung dari Google Play Store maupun dari pihak ketiga, maka langkah ke 7 ini wajib Anda coba.

Cara ke-7 ini adalah dengan teknik mereset smartphone Android yang anda pakai Supaya kembali ke settingan atau pengaturan pabrik. Dengan demikian, maka seluruh pengaturan, aplikasi dan yang lain sebagainya akan hilang serta kembali lagi seperti pada saat Anda baru membeli smartphone.

Selalu ingat, usahakan untuk menyelesaikan permasalahan tidak dapat menginstal aplikasi Android dengan menerapkan ke enam langkah di atas. Jika anda terpaksa akan mereset smartphone Android ke settingan pabrik, Silakan Anda membackup data pada smartphone Anda terlebih dahulu.

Setelah anda membaca seluruh isi data smartphone, silakan Anda mulai meriset dengan cara masuk ke menu “Setelan“, lalu Pilih “Setelan Tambahan“, kemudian pilih menu “Buat Cadangan Dan Setel Ulang“, kemudian pilih menu “Hapus Data Aplikasi Dan Aplikasi Yang Dapat Dibongkar“.

Silahkan anda menunggu sampai dengan proses reset selesai. Setelah proses reset selesai, silakan Anda coba untuk menginstal kembali aplikasi yang berasal dari Google Play Store. Langkah ketujuh ini sangatlah ampuh untuk memperbaiki Berbagai macam permasalahan dan error pada smartphone Android.

Sekian penjabaran singkat tentang tips di dalam mengatasi permasalahan tidak bisa menginstal aplikasi di smartphone Android. Beberapa langkah diatas bisa anda praktekkan pada beberapa merk smartphone, misalnya Oppo, Lenovo, Huawei, Asus, Acer, Samsung, Xiaomi dan beberapa merk smartphone yang lainnya. Akhir kata, Selamat mencoba dan semoga dapat dimengerti.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *