Home / Tips dan Trik / Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Overheating
Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Overheating

Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Overheating

Overheat pada smartphone berbasis Android adalah sebuah kondisi yang mana perangkat smartphone yang anda miliki tersebut memiliki suhu panas yang berlebihan, di mana suhu panas tersebut bisa Anda rasakan pada saat smartphone digenggam.

Kondisi tersebut tentu amat sering terjadi dan bahkan hampir semua pemakai smartphone Android pernah mengalami kondisi tersebut. Lantas, yang menjadi pertanyaan adalah apa saja yang memicu perangkat smartphone Android mengeluarkan suhu panas berlebihan atau sering dikenal dengan istilah overheat?

Untuk bisa menjawab pertanyaan di atas, Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba menjabarkan sejumlah hal yang memicu perangkat smartphone Android overheat atau pemanasan lengkap dengan cara mengatasinya.

Mengapa Smartphone Android Overheat Atau Kepanasan Dan Cara Mengatasinya

Pada bagian dalam smartphone Android yang Anda gunakan terjadi sebuah pergerakan muatan listrik yang berlangsung secara terus menerus sehingga menimbulkan panas. Masalah panas tersebut pada umumnya bukanlah sesuatu perkara yang tidak umum.

Akan tetapi, pada sejumlah kondisi, smartphone berbasis Android akan mengeluarkan suhu panas yang lebih banyak. Kondisi ini dikarenakan oleh sejumlah faktor. Faktor yang menyebabkan smartphone Android mengalami overheat adalah:

1. Overcharging

Overcharging

Kondisi over charging yakni sebuah kondisi di mana akan terjadi pada komponen baterai yang Anda gunakan apabila anda meninggalkan smartphone Android pada posisi di charge dalam jangka waktu yang lama. Beberapa contoh kondisi yang bisa menimbulkan overcharging diantaranya yaitu mengecas smartphone dan meninggalkannya dalam kondisi tercharger sebelum tidur.

Pada kondisi tersebut, smartphone Android yang Anda gunakan akan menerima aliran listrik yang sangat berlebihan serta akan mengeluarkan energi panas yang berlebihan. Energi panas tersebut yang akan merambat pada bagian smartphone lainnya yang biasanya terbuat dari bahan penghantar panas yang baik.

Baca:   Cara Menonaktifkan Antivirus Avast Secara Sementara Dan Permanen

2. Memainkan Game Terlalu Lama

Memainkan Game Terlalu Lama

Pada saat anda sedang memainkan game, tentu akan menjadikan sejumlah perangkat dan komponen pada smartphone Android mulai dari RAM, GPU dan CPU akan bekerja secara bersama-sama dengan takaran yang lebih besar jika dibandingkan dengan Anda memakai smartphone hanya untuk mengkases aplikasi office atau browsing saja.

Barangkali, apabila hanya digunakan 5 menit saja, anda tentu tidak akan terlalu merasakan naiknya suhu panas yang diakibatkan dari game, utamanya adalah game berat. Namun, apabila anda telah bermain Kim dengan durasi lebih dari 1 jam, anda pastinya akan merasakan suhu panas yang merambat pada semua permukaan perangkat smartphone yang aslinya dari GPU dan CPU yang bekerja lebih keras sehingga panas yang dikeluarkan pun lebih banyak.

3. Aplikasi Yang Dibuka Secara Multitasking

Di samping memainkan game, menjalankan sejumlah aplikasi dalam jumlah yang banyak dalam satu kali waktu, utamanya yang memerlukan koneksi internet juga masuk ke dalam faktor yang menjadi penyebab smartphone Android cepat panas. Apabila aktivitas bermain game makan memacu kinerja dari GPU sehingga memproduksi panas berlebihan, maka menjalankan sejumlah aplikasi dalam jumlah yang cukup banyak pada satu waktu akan membebani kinerja dari CPU.

Intinya, makin berat sebuah pekerjaan yang harus diselesaikan oleh sebuah mesin, maka akan semakin banyak pula energi panas yang diproduksi.

4. Adanya Malware Dan Virus

Adanya Malware Dan Virus

Malware dan virus juga merupakan salah satu bagian yang menjadikan smartphone Android Anda mengalami panas berlebih atau overheat. Hal ini disebabkan karena Malware dan virus secara terus-menerus running tanpa anda ketahui karena berjalan di background system Android Guna mengakses berbagai macam informasi.

Kegiatan yang dikerjakan oleh Malware dan virus tersebut juga pastinya turut membebani kinerja dari CPU yang pada akhirnya akan memproduksi panas secara berlebihan. Terlebih apabila dibarengi dengan pemakaian aplikasi yang lainnya.

Baca:   Puluhan Game Action Gratis Terbaik Bergenre Fighting Atau Pertarungan Di Android Dan IOS

5. Saat Di Charging, Smartphone Digunakan

Saat Di Charging, Smartphone Digunakan

Kondisi ini merupakan sebuah kondisi yang sangat banyak dijumpai pada pemakaian smartphone Android. Padahal, memakai smartphone Android ketika charging justru akan menjadikan daya pada baterai smartphone anda akan semakin lama penuhnya. Dalam kondisi ini, baterai memang tetap menerima arus listrik yang masuk.

Pada saat baterai menerima pasokan arus listrik, sejumlah komponen pada smartphone Anda seperti CPU juga secara otomatis akan selalu menggunakan listrik dari baterai. Hal ini tentu akan menjadikan baterai dan juga CPU mengeluarkan panas yang berlebihan dan lama-kelamaan akan mengalami penumpukan yang pada akhirnya akan menjadikan overheat di Smartphone.

Cara Untuk Mengatasi Smartphone Android Yang Overheat Atau Kepanasan

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Overheat

Pada intinya, beberapa cara mengatasi masalah overheat pada smartphone berbasis Android bisa dilakukan dengan langkah yang cukup mudah, anda hanya perlu untuk mencoba beberapa hal berikut ini.

  • Pada saat smartphone Android sedang di charger, anda dilarang meninggalkannya. Terlebih apabila anda mencharger smartphone pada saat akan tidur. Apabila anda meninggalkan smartphone yang sedang di charging semalaman, maka dimungkinkan akan terjadi overheat.
  • Apabila anda hobi memainkan game, alangkah baiknya jika anda Bermain game sekitar 30 sampai dengan 45 menit saja. Selanjutnya, anda bisa mengistirahatkan smartphone Android kurang lebih selama 30 menit, baru nantinya bisa anda gunakan kembali.
  • Kurangi aktivitas multitasking pada aplikasi, penulis menyarankan cukup membuka aplikasi maksimal 3 saja pada satu waktu.
  • Pakailah aplikasi anti malware dan antivirus untuk mengatasi serangan Malware dan virus
  • Pastikanlah anda tidak memakai smartphone Android pada saat charging dan alangkah baiknya menonaktifkan perangkat smartphone Android Anda supaya tidak terdapat komponen yang bekerja, kecuali bagian baterai yang memang sedang diisi arus listrik.
Baca:   Puluhan Game Endless Runner Atau Berlari Di Android

Sekian Uraian singkat tentang sejumlah hal yang menyebabkan smartphone Android mengalami overheating atau kepanasan. Harapan penulis, tulisan diatas bisa bermanfaat. Apabila anda memiliki kritik dan saran, Silakan anda sampaikan pada kolom komentar yang disediakan. Akhir kata, sampai jumpa lagi pada artikel yang lain dan jangan lupa tinggalkan jejak di bagian komentar.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone baru

Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

Bisa dipastikan di setiap bulannya selalu muncul generasi smartphone terbaru di pasaran. Dan tentunya bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *