Home / Tips dan Trik / Tips Mengatasi Smartphone Android Tidak Terbaca di PC
Tips Mengatasi Smartphone Android Tidak Terbaca di PC

Tips Mengatasi Smartphone Android Tidak Terbaca di PC

Pernahkah anda menghubungkan smartphone Android ke PC namun tidak terbaca di PC tersebut? Kali ini penulis akan mencoba membahas tips Bagaimana cara mengatasi smartphone Android yang tidak terbaca pada komputer atau PC. Tutorial ini penulis angkat karena masih banyak pengguna smartphone yang kesulitan memindahkan data ke komputer walaupun kabel data sudah terkoneksi dengan baik. Dengan melaksanakan beberapa prosedur berikut ini, permasalahan anda di dalam mentransfer gambar, lagu, serta file apapun bisa dilakukan dengan cukup mudah dan cepat.

Terdapat beberapa hal yang menjadikan smartphone Android tidak bisa terbaca pada PC atau laptop anda. Beberapa di antaranya yaitu adanya pengaturan yang salah, kondisi kabel data yang sudah mengalami kerusakan, atau driver pada komputer atau laptop Anda yang tidak kompatibel dengan smartphone Android yang anda hubungkan tersebut.

Namun tentunya anda tidak usah khawatir, sebab Ada sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk memecahkan permasalahan tersebut. Anda dapat mencoba mengerjakan beberapa tips berikut ini agar permasalahan smartphone Android Anda yang tidak terbaca pada PC atau laptop segera teratasi.

Tips Bagaimana Mengatasi Smartphone Android Yang Tidak Terbaca Pada Laptop Atau PC

Ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab smartphone Android tidak dapat terbaca atau tidak terdeteksi Ketika anda menyambungkannya pada laptop atau PC. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1. Perhatikanlah Pemasangan Kabel Data USB Pada Android Anda

Bagian pertama yang perlu mendapat perhatian anda yaitu memastikan bahwasannya kabel data USB smartphone Android telah terpasang dengan kuat, Baik dan benar. Kondisi ini dapat menjadi salah satu penyebab smartphone Android tidak dapat terbaca. Oleh sebab itu, silakan Anda coba Kencangkan, barangkali kabel data sedikit longgar. Apabila tetap belum terbaca, anda bisa mencoba memasangnya pada komputer yang lainnya.

Baca:   Tips Mengatasi Smartphone Android Yang Overheating

2. Pastikanlah Kabel USB Dalam Kondisi Baik

Langkah berikutnya adalah memastikan bahwa kondisi kabel data USB yang anda pakai masih dapat berfungsi dengan cukup baik. Untuk mengetahui apakah kabel data USB mengalami kerusakan atau tidak pada saat digunakan, silakan Anda sambungkan smartphone ke laptop atau komputer, lalu silakan Anda amati Apakah terdapat pemberitahuan atau notifikasi yang muncul pada smartphone Android tersebut.

Apabila tidak muncul, Maka terdapat kemungkinan kabel data USB yang Anda gunakan tidak kompetibel atau bahkan mengalami kerusakan. Adakalanya, kabel USB jenis tersebut hanya dapat dipakai untuk kegiatan charging atau hanya sebatas mengisi ulang daya baterai, namun tidak dapat dipakai untuk mentransfer file.

Disamping itu, anda juga harus memastikan untuk memakai kabel original atau asli bawaan dari smartphone Android yang Anda beli. Apabila kabel datanya hilang atau rusak, anda dapat membelinya kembali atau meminjam kabel ke teman atau saudara yang memiliki smartphone dengan merek yang sama dengan yang anda miliki.

3. Memastikan Driver USB Pada Komputer Telah Terinstal

Supaya dapat melihat Apakah driver USB pada laptop atau komputer yang Anda gunakan sudah terinstal, silakan lakukan pemeriksaan pada device manager. Langkahnya juga cukup sederhana, silakan Anda klik Start menu, kemudian Klik Kanan pada komputer, lalu pilih properties, lalu pilih devices Manajer. Selanjutnya, setelah jendela device manager tampil pada laptop atau komputer anda, Silakan anda lihat pada bagian universal serial bus controller dan pastikan telah terinstal dengan benar.

Driver merupakan suatu perangkat lunak yang memiliki kegunaan di dalam mengenali perangkat keras yang terpasang pada laptop atau komputer. Pada umumnya, driver untuk sejumlah merek smartphone Android telah terinstal dengan cukup baik ketika sistem operasi Windows diinstal pada laptop atau komputer, mulai Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan versi Windows yang lainnya.

Baca:   Cara Cepat Uninstall Program Bawaan Di Windows 10

4. Menginstal Driver Perangkat Usb Android Pada Seluruh Merek Smartphone

Apabila anda mengetahui bahwa kabel USB tidak mengalami kerusakan dan masih dapat bekerja dengan cukup baik serta kondisi driver USB komputer maupun laptop anda tidak mengalami permasalahan pula, maka barangkali bagian yang menjadi Biang keroknya adalah driver pada smartphone Android tidak kompatibel dengan sistem operasi Windows yang Anda gunakan.

Kondisi ini dapat diatasi dengan cara melakukan penginstalan USB device driver. USB device driver untuk sejumlah smartphone memang berbeda, baik untuk Sony, LG, Google Nexus, Motorola, HTC, Samsung Galaxy, dan sejumlah merk smartphone yang lainnya.

5. Mengubah Android pada mode MTP atau mode file transfer

Langkah ini kerap kali dilupakan oleh sejumlah pengguna smartphone. Ketika anda menyambungkan perangkat smartphone pada komputer akan ditanyakan mode USB yang hendak dipakai, apakah pada posisi charging yang berguna untuk mencharger smartphone pada saat terhubung, serta tidak dapat dipakai untuk mengirim file dari smartphone ke komputer maupun sebaliknya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut cukup mudah, anda bisa melakukan pengubahan setting smartphone pada mode MTP atau mode file transfer. Dibawah ini adalah langkah-langkahnya.

  • Tahap pertama, silakan Anda koneksikan smartphone ke laptop atau komputer
  • Selanjutnya, setelah smartphone terdeteksi, secara umum akan dimunculkan pemberitahuan USB for charging pada bagian status bar smartphone Android. Silakan Anda tap pemberitahuan atau notifikasi tersebut untuk mengubahnya. Selain cara tersebut, Anda juga dapat mengakses menu “Setting“, lalu pilih menu “Storage And USB“.
  • Selanjutnya, silakan pilih menu “File Transfer
  • Finish dan anda bisa mengecek pada komputer, Apakah smartphone sudah terdeteksi dengan baik atau belum. Silakan Anda klik Start menu, apabila pada Windows Explorer terdapat shortcut yang bernama “Portable Device“, maka smartphone anda sudah terdeteksi dan terbaca dengan baik.
  • Pada tahap ini, anda sudah bisa mentransfer file baik dari smartphone ke PC atau laptop maupun dari laptop atau PC ke smartphone.
Baca:   Tips Mengatasi Google Play Store Force Close

Demikianlah penjabaran mengenai tips mengatasi smartphone berbasis Android yang tidak terbaca pada laptop maupun PC. Tentunya, tutorial diatas termasuk tutorial yang cukup mudah untuk dipraktekkan sehingga Tingkat keberhasilan cukup tinggi. Terima kasih dan selamat mencoba.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *