Home / Tips dan Trik / Tips Mengatasi Smartphone Android Sering Lag, Macet Dan Lemot
Tips Mengatasi Smartphone Android Sering Lag, Macet Dan Lemot

Tips Mengatasi Smartphone Android Sering Lag, Macet Dan Lemot

Kondisi macet atau lag pada smartphone kerap kali terjadi ketika anda menjalankan game atau aplikasi tertentu. Kondisi tersebut kerapkali membuat sejumlah pemakai merasa sedih serta galau, sebab aktivitas menggunakan smartphone kesayangan menjadi tidak nyaman lagi.

Sebenarnya, kondisi macet atau lag tidak hanya terjadi di Smartphone berbasis Android, namun dapat pula terjadi di laptop maupun komputer PC. Biasanya, Lag kerap kali terjadi ketika sedang memainkan game maupun menjalankan aplikasi yang ukurannya cukup besar.

Permasalahan tersebut juga tentunya bisa melanda hampir pada seluruh perangkat smartphone berbasis Android, mulai dari Micromax, Evercross, Axioo, Advan, Acer, ZTE, Smartfren Andromax, Luna, Haier, Sharp, Himax, Advan, Asus Zenfone, Lenovo, realme, Oppo, Samsung Galaxy, dan lain sebagainya.

Mengapa smartphone Android seringkali tiba-tiba macet?

Pada sejumlah penyebab dari masalah lag pada Android, salah satunya yakni kapasitas RAM yang kepenuhan. Berdasarkan pengalaman penulis, pernah pula mengalami kondisi yang sama. Pada saat penulis sedang chatting dan juga sedang menggunakan aplikasi sosial media menggunakan koneksi wi-fi, secara tiba-tiba aplikasi sosial media BBM.-. Selain itu, tiba-tiba pula performa dari smartphone sangat pelan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Kondisi tersebut bisa terjadi karena penulis membuka sejumlah aplikasi yakni UC Browser, Instagram, Facebook, whatsapp, Line dan BBM secara bersamaan. Untuk Anda yang masih memakai smartphone dengan hardware yang berkualitas mumpuni mungkin saja tidak akan mengalami permasalahan. Namun, untuk penulis yang hanya memakai smartphone dengan kapasitas RAM 512 MB sampai 1 GB, maka membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan akan menjadi permasalahan.

Guna mengatasi permasalahan lag pada smartphone berbasis Android, langkah-langkah yang bisa diambil juga berbeda. Cukup banyak faktor yang menimbulkan permasalahan tersebut. Supaya lebih jelas, anda bisa menyimak sejumlah penyebab serta langkah mengatasi permasalahan smartphone berbasis Android yang sering lag tersebut.

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Smartphone Android Macet Maupun Lag

1. Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan Pada Waktu Bersamaan

Seperti yang telah dibahas di bagian atas, terlalu banyak aplikasi yang dijalankan pada saat bersamaan akan menjadikan smartphone Android mengalami macet dan lag. Kondisi tersebut memang sangat wajar terjadi, sebab kapasitas RAM akan penuh sehingga menimbulkan Android macet. Ran tidak akan bisa memberikan ruang lagi kepada aplikasi maupun sistem dari sistem operasi Android itu sendiri.

Bahkan, yang lebih parah lagi di mana anda membuka internet sambil diselingi dengan memainkan game, tentunya akan menjadikan kapasitas RAM tidak lagi mampu untuk menampung file secara keseluruhan. Kondisi ini kerap kali terjadi di Smartphone berbasis Android yang memiliki kapasitas RAM sebesar 5012 MB.

Baca:   Hemat Kuota Internet Dengan Cara Mencegah Update Driver Otomatis Di Windows 10

2. Aplikasi Yang Terinstal Terlalu Banyak

Meskipun kapasitas dari external memory dan internal memory cukup besar, namun bukan berarti anda bebas untuk memasang seluruh aplikasi yang anda sukai. Perlu diketahui bahwa semakin banyak aplikasi yang terinstal pada smartphone Android, maka performa dari smartphone tersebut juga semakin menurun. Kondisi ini tentu tidak hanya memberatkan kinerja dari RAM, namun juga akan memberatkan storage device pada Android tersebut. Terlebih lagi apabila aplikasi yang anda pasang tersebut tetap berjalan secara background yang hampir pasti akan menjadikan kapasitas RAM terkuras habis.

3. Cache Mengalami Penumpukan Secara Berlebihan

File sampah atau cache secara terus-menerus terproduksi saat Anda menjalankan atau membuka aplikasi tertentu, misalnya game Android, sosial media, maupun aplikasi messenger. Intinya adalah file sementara atau cache tidak terlalu penting dan tentunya harus dibersihkan. Apabila tidak, maka akan terjadi penumpukan pada memori internal dan akan menjadikan smartphone Android lemot, lag dan juga secara tiba-tiba bisa macet.

4. Penuhnya Memori RAM

Pada dasarnya, permasalahan kapasitas RAM yang penuh hampir sama dengan uraian pertama yakni disebabkan terlalu banyak menjalankan aplikasi. Namun, ternyata tidak. Di situ saja, sebab kondisi dimana anda tidak menjalankan aplikasi juga dapat menjadikan RAM penuh. Apabila anda memperhatikan sejumlah aplikasi seperti whatsapp maupun BBM, meskipun anda tidak sedang membukanya, tetap saja kedua aplikasi tersebut memerlukan ruang pada Ram.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Sebab, kedua aplikasi tersebut tetap berjalan secara background di belakang layar. Kesimpulannya yaitu aplikasi apapun yang tetap berjalan dibelakang layar, entah itu dalam kondisi terbuka maupun tidak, tetap saja memerlukan ruang pada RAM. Oleh sebab itulah, alangkah baiknya anda jangan terlalu banyak menjalankan berbagai macam aplikasi pada smartphone Android.

5. Tema Atau Wallpaper Animasi

Apabila anda memperhatikan tema maupun wallpaper animasi memang akan menjadikan smartphone Android keren dan terlihat lebih menarik. Cukup banyak aplikasi Launcher yang didalamnya memiliki tampilan keren, lucu dan juga unik. Namun, di balik itu semua, tema Android memang benar-benar memerlukan ruang penyimpanan RAM yang begitu besar.

Oleh karena itu, Jika Anda memakai tema namun tidak diimbangi dengan kapasitas RAM yang cukup, maka hal tersebut hanya akan menjadikan performa smartphone Android Mengalami penurunan. Hal tersebut sudah pernah menulis buktikan dengan cara menggunakan tema tema kekinian serta menjalankan pula beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan seperti UC Browser, lain dan BBM, maka smartphone Android terasa sangat berat.

Baca:   Cara Mempercepat Booting Windows 10 Sampai Kurang Dari 5 Detik

6. Kurang Sempurnanya Kondisi Root

Kondisi root yang gagal atau kurang sempurna tentu akan menjadikan sistem Android mengalami error. Bahkan, tidak hanya macet secara tiba-tiba, lemot, lag, bahkan juga bisa menjadikan smartphone Android mati total. Solusi untuk mengatasi hal ini tentu cukup sulit, di mana anda harus menginstal ulang OS Android yang baru. Apabila masih memungkinkan, anda bisa mencoba untuk memanfaatkan fitur factory reset.

7. Sistem Yang Terserang Virus

Virus yang kerap kali menyerang sistem Android dan aplikasi tentu memiliki dampak cukup buruk untuk performa dari Android. Cukup banyak jenis virus yang Mentarget serta menjadikan sejumlah aplikasi menjadi lemot, error dan lag.

Cara Mengatasi Smartphone Yang Lemot Dan Lag

Setelah kita memahami sejumlah penyebab yang menjadikan smartphone android macet, lemot dan juga lag, Mari kita lanjutkan pembahasan Bagaimana cara cara memperbaiki permasalahan tersebut. Silakan anda Simak beberapa ulasan berikut ini.

1. Membersihkan Cache Android

Langkah pertama yang dapat Anda coba kerjakan yaitu dengan cara menghapus atau membersihkan cache Android. Caranya juga cukup mudah, di mana anda dapat memakai aplikasi pihak ketiga seperti ccleaner atau Clean Master. Hanya dengan satu kali Tap saja, seluruh proses pembersihan akan secara otomatis berjalan. Bersihkan pula sejumlah riwayat pencarian pada sejumlah aplikasi browser yang kerapkali anda pakai.

2. Hapus Game Dan Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Game dan juga aplikasi yang cukup jarang anda pakai atau bahkan sudah tidak pernah lagi Anda pakai, alangkah baiknya dihapus atau di uninstall saja. Hal tersebut memiliki tujuan supaya memori eksternal dan memori internal pada Android menjadi lebih lega lagi. Proses penghapusan aplikasi atau game pada Android juga cukup mudah, di mana anda bisa Memulai Dengan masuk ke menu “Pengaturan”, pilih menu “Aplikasi”, kemudian pilih “Semua”. Silakan anda mencari dan pilih aplikasi atau game yang hendak anda hapus. Lanjutkan dengan tap tombol “Copot Pemasangan” untuk memulai proses uninstall aplikasi atau game.

3. Pakailah Wallpaper Standar

Jika sebelumnya Anda pernah memasang launcher Android atau menginstal tema, silahkan anda hapus saja. Pakailah wallpaper biasa dan jangan gunakan Yang jenis animasi. Apabila smartphone android anda mempunyai ram dengan kapasitas 1 GB lebih, kondisi tersebut barangkali tidak akan menimbulkan permasalahan. Namun, apabila Android Anda memiliki RAM dibawah 1GB, maka ditakutkan akan menjadi suatu permasalahan. Oleh karena itu, lebih baik tidak memasang tema atau wallpaper animasi.

Baca:   Tips Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android

4. Memasang Dan Scan Antivirus

Pakailah antivirus paling baik untuk proses scanning. Barangkali, terdapat virus pada smartphone yang sudah masuk sehingga menjadikan performa Android semakin lemot dan berat. Beberapa rekomendasi antivirus untuk smartphone berbasis Android yaitu Kaspersky internet security, CM Security, AVG Antivirus Security dan Avast Mobile Security.

5. Pakailah Aplikasi Seeder

Aplikasi seeder bisa berfungsi untuk memaksimalkan smartphone Android supaya dapat bekerja lebih agresif lagi. Silakan Anda download aplikasi seeder, lalu pasang pada smartphone anda. Untuk memakai aplikasi tersebut juga sangat mudah, anda cukup menyalakan tombol mati sehingga menjadi nyala atau ON. Lalu, di bagian like, Silakan anda mengubah menjadi agresif. Hanya saja, langkah ini hanya dapat dikerjakan pada smartphone Android yang sudah dalam kondisi root.

6. Mengupdate OS Android

Jika pada sistem operasi Android terdapat cukup banyak bugs/kerusakan dan error, alangkah baiknya dilakukan update OS. Tujuannya supaya error atau bugs tersebut dapat hilang. Alangkah baiknya lagi Apabila Anda juga memperoleh sejumlah fasilitas paling baru dari kegiatan update OS Android tersebut.

7. Mengerjakan Factory Reset Atau Mengembalikan Ke Setting Pabrik

Apabila seluruh langkah diatas tidak membuahkan hasil, maka Langkah terakhir yang bisa Anda coba dengan memanfaatkan fasilitas factory reset yang berguna untuk mengembalikan setting smartphone ke kondisi awal seperti baru beli. Namun, sebelum Anda menggunakan fitur factory reset, silakan Anda backup seluruh data smartphone di kartu memori atau komputer. Tujuannya supaya nantinya dapat anda kembalikan.

Factory reset bisa anda akses dengan cara masuk ke menu “Pengaturan“, pilih “Buat Cadangan Dan Setel Ulang“. Selanjutnya, Silahkan pilih tombol “Kembalikan Ke Setelan Pabrik“. Tahap terakhir, silakan Anda tap tombol “Setel Ulang Telepon“.

Itulah sejumlah cara untuk mengatasi permasalahan smartphone Android yang sering lag, lemot dan juga macet. Harapan penulis, setelah anda mengerjakan beberapa hal di atas, performa smartphone Anda semakin meningkat dan lebih produktif lagi. Terima kasih dan selamat mencoba.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *