Home / Tips dan Trik / Tips Mengatasi Google Play Store Force Close
Penginstalan Ulang Aplikasi Google Play Store

Tips Mengatasi Google Play Store Force Close

Permasalahan pada Google Play Store yang tiba-tiba keluar sendiri atau kerap kali disebut dengan Google play force close barangkali sering anda temui. Tentunya, permasalahan tersebut tidak melihat pada spesifikasi smartphone, sebab permasalahan Google play force close hampir terjadi pada semua smartphone berbasis Android. Permasalahan tersebut tidak mengenal Siapa pemilik smartphone dan datang secara tiba-tiba.

Permasalahan Google Play Store force close tentunya sangat mengganggu Ketika anda sering menggunakan fasilitas Google Play untuk mendownload aplikasi. Lantas, Bagaimanakah cara mengatasi Google Play Store force close? Silahkan anda ikuti terus ulasan berikut ini.

Penyebab Google Play Store Force Close

Sebelum membahas lebih jauh Bagaimana tips mengatasi permasalahan Google Play Store force close, Mari kita pahami terlebih dahulu sejumlah penyebab Google Play Store force close. Pada umumnya, permasalahan Google Play Store yang sering keluar sendiri disebabkan oleh virus, adanya file yang mengalami rusak atau corrupt pada saat di update, adanya file bentrok dan lain sebagainya.

Permasalahan Google Play Store force close juga sebenarnya sangat mirip dengan permasalahan Google Play Store yang membuka atau muncul sendiri. Bahkan, permasalahan tersebut juga hampir sama dengan masalah Google play store yang tidak dapat dibuka.

Cara Mengatasi Google Play Store Force Close

Lalu, Bagaimanakah tips untuk mengatasi permasalahan Google Play Store force close? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi permasalahan Google Play Store yang menutup sendiri.

1. Uninstall Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

Uninstall Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

An Memang benar, memasang atau menginstal aplikasi pada smartphone begitu mengasyikkan. Akan tetapi, hal tersebut justru dapat membawa beragam permasalahan. Salah satu contoh permasalahan yang seringkali ditemui oleh sejumlah pengguna smartphone Android yaitu adanya salah satu aplikasi yang menutup sendiri secara paksa.

Kenapa hal tersebut dapat terjadi? Sebab, sejumlah aplikasi yang dipasang secara brutal pada smartphone bisa menimbulkan efek memori internal kepenuhan dan menjadikan performa RAM internal bekerja dengan lebih keras. Pada kondisi tersebut, sejumlah komponen pada smartphone akan overheat, yang pada akhirnya akan menjadikan salah satu aplikasi dimatikan secara paksa supaya komponen pada smartphone tidak kepanasan.

Baca:   Cara Update Windows 10 Ke Versi Terbaru Secara Otomatis

Oleh sebab itulah, perlu adanya pembersihan sejumlah aplikasi pada smartphone berbasis Android yang tidak pernah digunakan atau sangat jarang digunakan agar memori internal pada smartphone kembali lega dan beban dari kinerja RAM internal semakin ringan.

2. Upgrade Sistem Operasi Android

Upgrade Sistem Operasi Android

Salah satu hal yang menjadi penyebab Google Play Store menutup sendiri yaitu sistem operasi Android yang ada bug nya. Kadangkala, p pemakai smartphone berbasis Android baik yang mempunyai spesifikasi tinggi maupun yang sedang-sedang saja sangat jarang mengecek dengan rutin sistem operasi Android yang digunakan.

Memang, untuk pemakai jaringan wi-fi, sistem operasi Android akan secara otomatis di update. Namun, untuk pemakai jaringan 3G maupun 4G, rata-rata agar sistem Android bisa di update, maka harus dilakukan pengecekan secara manual. Hal tersebut disebabkan apabila update dilakukan secara otomatis, tentu akan sangat menyita kuota.

Dari latar belakang itulah, maka perlu dilakukan proses pengecekan secara rutin supaya sistem operasi Android selalu dalam kondisi terupdate serta bisa menutupi berbagai macam bug , misalnya Google Play Store yang menutup sendiri.

Cara upgrade sistem operasi Android pada smartphone bisa dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

Tahap pertama, silakan Anda akses menu “Setting” yang ditandai dengan icon berbentuk seperti gerigi. Selanjutnya, silahkan anda pilih menu “About Phone”. Tahap berikutnya, Silakan anda tap menu “System Update”. Apabila tersedia update untuk sistem operasi, maka secara otomatis smartphone akan mendownload file untuk kebutuhan upgrade tersebut. Anda cukup menunggu sampai proses upgrade selesai.

3. Bersihkan Cache Pada Aplikasi Google Play Store

Bersihkan Cache Pada Aplikasi Google Play Store

Satu hal lagi yang bisa menjadi Biang Kerok Google Play Store keluar dengan sendiri yaitu Cache pada memori internal smartphone terlalu banyak tertimbun dan Sudah usang. Apabila Cache  dibiarkan begitu saja terlalu lama pada smartphone, secara perlahan-lahan justru akan menjadikan storage internal pada smartphone kepenuhan sehingga kinerja dari RAM akan sangat keras di dalam membuka sejumlah aplikasi yang ada pada smartphone.

Baca:   Cara Mudah Instal Progressive Web App/PWA di Google Chrome

Oleh sebab itulah, dibutuhkan proses clear Cache Agar permasalahan Google Play Store force close bisa segera tertangani. Berikut ini adalah beberapa urutan proses clear Cache pada Google Play Store.

Tahap pertama, silakan Anda disconnect internet lebih dahulu supaya proses clear Cache bisa berjalan lebih optimal. Tahap berikutnya, silakan Anda masuk ke menu “Pengaturan Android” dengan cara Tab icon yang berbentuk seperti gerigi. Tahap selanjutnya, Silakan anda cari dan temukan Icon atau menu “Application Manager ( Aplikasi Manager)”. Tahap berikutnya, silahkan anda temukan aplikasi Google Play Store. Selanjutnya, anda cukup menggulung sedikit halaman yang ditampilkan, kemudian tap menu “Clear Cache”.

Tahap berikutnya, silakan Anda Restart smartphone. Setelah smartphone kembali hidup dalam kondisi stand by, anda bisa melakukan uji coba membuka Google Play Store. Jika Google Play Store bisa terbuka dengan baik, maka usaha anda di dalam membersihkan Cache pada smartphone berhasil.

4. Melakukan Penginstalan Ulang Aplikasi Google Play Store

Penginstalan Ulang Aplikasi Google Play Store

Apabila proses clear Cache tidak membuahkan hasil, maka sejumlah hal yang menjadikan Google Play Store force close yaitu terdapat file yang ada pada Playstore mengalami kerusakan atau Ada pula yang bentrok. Apabila kondisi ini menimpa anda maka satu hal yang bisa Anda coba Yakni dengan menginstal ulang Google play store pada smartphone anda. Proses instal ulang aplikasi Google Play Store juga cukup mudah untuk dipraktekkan.

Langkah pertama, silakan Anda disconnect internet supaya hasil yang didapat nantinya lebih maksimal. Tahap selanjutnya, silakan Anda akses menu “Pengaturan Android” yang memiliki icon seperti gerigi. Tahap berikutnya, silahkan anda tap menu “Application Manager” atau “Aplikasi Manager”. Selanjutnya, silakan Anda pilih menu “Uninstall Updates”. Setelah anda berhasil menghapus aplikasi, segera Restart smartphone anda.

Baca:   Kumpulan Game Simulasi Balap Terbaik Sepanjang Tahun

Begitu smartphone anda sudah Menyala kembali dan dalam kondisi stand by, Jangan melakukan apapun terlebih dahulu. Berikutnya, silakan Anda hidupkan koneksi internet, lalu lanjutkan dengan membuka Playstore yang nantinya akan melakukan update secara otomatis. Setelah proses update selesai, anda bisa merestart smartphone anda.

5. Melakukan Reset Pabrik Atau Factory Reset

Reset Pabrik Atau Factory Reset

Apabila keempat langkah diatas belum juga membuahkan hasil, maka jalan terakhir yang bisa Anda coba praktekkan yaitu dengan memanfaatkan fitur factory reset atau dikenal pula dengan istilah reset pabrik jika menggunakan interface bahasa Indonesia.

Proses factory reset tentu sangat ampuh di dalam memperbaiki permasalahan Google Play Store force close atau keluar sendiri secara terus-menerus. Namun demikian, terdapat efek negatif yang amat fatal apabila menerapkan Teknik ini. Contohnya yaitu nomor kontak yang ada pada internal memori smartphone akan terhapus. Berbagai macam aplikasi, video, foto, Note, dan jenis file yang lainnya juga akan ikut terhapus Jika disimpan pada memori internal.

Kesimpulannya adalah, file apapun yang tersimpan pada internal smartphone akan terhapus secara keseluruhan. Dibutuhkan adanya backup data terlebih dahulu Jika Anda berniat untuk memanfaatkan fitur factory reset data pada smartphone berbasis Android.

Tahap pertama, silakan Anda masuk ke menu “Pengaturan Android” yang memiliki icon seperti gerigi. Langkah berikutnya, Silakan anda temukan dan Tap menu “Application Manager” atau “Aplikasi Manager”. Selanjutnya, silakan Anda masuk ke menu “Backup And Restore”. Tahap paling akhir, silakan Anda Tap menu “Factory Data Reset” yang ada di bagian bawah.

Demikianlah Uraian singkat tentang tips bagaimana mengatasi permasalahan Google Play Store force close atau menutup sendiri. Tentunya, ke-5 cara diatas bisa anda praktekkan satu demi satu guna mengetahui efeknya. Akhir kata, Selamat mencoba dan semoga berhasil.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *