Home / Hardware / Tips Memilih PC Komputer Desktop Untuk Desain Grafis
Tips Memilih PC Komputer Desktop Untuk Desain Grafis

Tips Memilih PC Komputer Desktop Untuk Desain Grafis

Pekerjaan desain grafis merupakan sebuah pekerjaan yang sangat digemari oleh kaum milenial, Sebab mereka dapat memperoleh penghasilan meskipun Hanya bekerja di rumah saja. Para desainer grafis berusaha untuk menciptakan karya terbaiknya, kemudian memasarkan karya terbaik mereka menggunakan media internet. Apakah anda ingin mempelajari tentang Desain grafis dan memerlukan komputer desktop lengkap dengan keyboard dan Mouse yang baru?

Jika iya, maka Anda membutuhkan pemahaman Bagaimana memilih PC komputer desktop yang cocok digunakan untuk keperluan desain grafis. Perlu Anda ketahui bahwa spesifikasi komputerakan berbeda-beda, tergantung dari penggunaannya. Spesifikasi komputer desain grafis berbeda dengan spesifikasi komputer game dan juga berbeda dengan spesifikasi komputer office. Lantas Bagaimana menentukan spesifikasi PC komputer desktop yang cocok digunakan untuk desain grafis? Lanjutkan terus membaca artikel ini.

Tips Di Dalam Memilih PC Komputer Desktop Untuk Desain Grafis

Berikut ini adalah beberapa tips di dalam memilih komponen-komponen komputer yang digunakan untuk desain grafis

1. Kapasitas Storage Atau Hard Drive/Hardisk Yang Besar

Pilihlah PC yang mempunyai ukuran besar dari sisi storage atau Hard Drive/ hardisk. Apabila dibutuhkan, anda juga bisa menyiapkan hardisk eksternal. Kenapa menggunakan hardisk dengan ukuran yang besar? Sebab, komputer yang digunakan untuk desain grafis memerlukan lokasi Penyimpanan file yang cukup longgar guna menyimpan foto, video serta sejumlah desain yang sudah dibuat. Tentunya, ukuran hardisk yang terlalu kecil akan menjadikan anda kesulitan untuk menyimpan beragam file video yang sekarang ini ukurannya lumayan besar.

Baca:   Ingin Tahu Spesifikasi Minimum Windows 10 Yang Sebenarnya? Simak Ulasan Berikut Ini

Lantas, berapakah kapasitas harddisk yang perlu disiapkan untuk komputer desain grafis? Paling tidak, Anda harus menyediakan hardisk dengan kapasitas minimal 500gb. Syukur-syukur, anda bisa menyediakan harddisk dengan kapasitas 1TB atau 2tb.hardisk eksternal bisa anda gunakan pola untuk menyimpan backup file-file penting Anda sehingga Anda bisa meminimalisir kehilangan data-data penting anda yang ada di komputer.

2. Ukuran Monitor

Anda bisa memilih monitor yang memiliki kualitas resolusi high definition atau HD guna mendukung pekerjaan Anda sebagai seorang desain grafis. Monitor juga harus memiliki layar yang jernih serta ukuran yang cukup besar sehingga Anda dapat melihat secara the tale hasil dari desain logo yang sudah anda kerjakan tersebut. Anda bisa membandingkan monitor HD dengan monitor biasa. Monitor HD tentu akan menampilkan gambar yang lebih jernih dan lebih cantik. Jika dana Anda cukup lega, anda bisa membeli monitor full HD yang bisa dipastikan akan membuat kerja Anda semakin nyaman. Sebagai pelengkap, gunakan pola keyboard dan Mouse komputer yang bagus serta berkualitas sehingga enak digunakan.

3. Kapasitas RAM

Paling tidak, komputer yang anda sediakan wajib mempunyai ram dengan kapasitas 8 GB. Kenapa dibutuhkan RAM sebesar itu? Sebab, apabila anda sering menggunakan komputer untuk aktivitas multitasking, maka RAM yang kecil hanya akan memperlambat kinerja komputer. Dengan RAM berkapasitas besar, maka anda bisa membuka beberapa program aplikasi isi dalam satu kali waktu. Kapasitas RAM yang besar akan tetap menjaga performa komputer untuk bisa berjalan secara maksimal.

4. Gunakan Sistem Operasi Platform 64 Bit Atau X64

Guna memaksimalkan kinerja RAM yang berukuran besar serta prosesor terbaru, gunakanlah sistem operasi platform 64-bit. Pada dasarnya, anda bisa Memakai sistem operasi Windows paling baru, yakni Windows 10 64 tips. Apabila anda merasa software OS Windows terlalu mahal, maka anda bisa memakaioperasi Linux yang memiliki sifat open source alias gratis. Bahkan, apabila anda memiliki kemampuan, Anda juga dapat memodifikasinya.

Baca:   Kumpulan Game Strategi Perang Untuk PC Paling Seru

5. Menggunakan Prosesor Multithread

Semakin kesini, processor pada komputer memiliki threads yang cukup banyak. Artinya, semakin banyak threads  pada prosesor akan membuat kinerja semakin cepat dan terhindar dari ngelag atau macet. Contoh prosesor yang memiliki 4 threads  buatan dari intel yakni seri Intel i5 dan Intel i7.

Lantas, Bagaimanakah apabila komputer yang Anda gunakan belum memiliki spesifikasi seperti yang sudah penulis jabarkan? Pada dasarnya, komputer dengan prosesor biasa, kapasitas RAM yang tidak terlalu besar, monitor yang standar juga sudah dapat dipakai untuk desain grafis, selama software-software untuk kebutuhan desain grafis bisa terinstal. Hanya saja, jika komputer anda memiliki spesifikasi minimal maka kinerja yang dimilikinya tentu lambat dan bisa jadi ngelag serta hang. Sebab, pada saat Anda mendesain tentu membutuhkan tenaga komputer yang cukup besar. Anda harus ekstra sabar apabila menggunakan komputer dengan spesifikasi pas-pasan untuk desain grafis.

Demikianlah Uraian singkat tentang panduan bagaimana kita memilih komponen-komponen komputer PC desktop yang nantinya digunakan untuk bekerja di dunia desain grafis. Semoga saja, Uraian singkat diatas mampu memberikan gambaran umum kepada anda mengenai komponen komputer yang akan dibeli dan pada akhirnya komputer anda benar-benar bisa maksimal diajak bekerja untuk mendesain.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Upgrade HDD Laptop Menggunakan HDD External

Cara Upgrade Atau Ganti HDD Laptop Menggunakan HDD External

Di hari yang baik ini, penulis akan mencoba untuk Sharing tentang cara cara upgrade atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *