Home / Hardware / Tips Memilih Casing PC Antara Fungsional Dan Estetika
Tips Memilih Casing PC Antara Fungsional Dan Estetika

Tips Memilih Casing PC Antara Fungsional Dan Estetika

Bisa jadi, memilih casing PC atau komputer adalah hal paling akhir untuk dipertimbangkan bagi anda ada yang hendak merakit PC. Alasannya juga cukup simpel, karena pemilihan casing PC tidak akan berpengaruh terhadap performa komputer, tidak akan bisa menambah FPS ketika bermain The Witcher 3 serta memilih casing PC bukanlah sesuatu yang dapat dibanggakan ketika sedang mengobrol mengenai spesifikasi PC.

Tentu, beberapa obrolan yang sering didengar di antaranya adalah:

  1. Saya baru saja mengupgrade processor ke AMD ryzen 7 nih,
  2. Ini saya juga baru upgrade VGA lawas saya ke 1080 Ti,
  3. Nah kalau saya baru saja mengganti casing PC saya yang menggunakan window side panel.

Okelah, sebut saja pemilihan casing PC tidaklah menjadi sebuah pengalaman yang memukul pada saat merakit PC dibandingkan dengan memilih serta memutuskan untuk menggunakan prosesor seri yang mana, apakah ryzen 7 dari AMD atau Intel Core i7 seri kabylake, menggunakan grafik dari Ati atau Nvidia.

Namun, hal tersebut tidak berarti anda bisa asal-asalan pada proses pemilihan casing PC. Setidaknya, terdapat fungsi yang dapat diberikan dari casing PC yang kalian pakai, di luar permasalahan performa, yaitu adanya fungsi pamer.

Intinya, Apakah anda mau menggunakan prosesor AMD ryzen 7 yang saat ini paling kenceng atau menggunakan Intel Core I9 yang harganya sama dengan anda menjual pekarangan di rumah, tentunya akan percuma apabila dipamerkan diatas test bed.

Minimal, terdapat dua bagian yang wajib mendapat perhatian ketika memilih casing PC yang. Dua bagian tersebut yaitu faktor estetika dan faktor fungsional. Namun, sebelum kita masuk ke pembahasan dua hal tersebut, aturan umumnya yaitu sama dengan proses memilih komponen komponen PC yang lainnya, di mana ada budget pasti ada kualitas.

Artinya, semakin tinggi anggaran yang anda miliki, maka akan semakin mudah anda di dalam menyeimbangkan dua bagian antara estetika dan fungsional tadi. Perhitungan paling umum yang bisa kita pakai yakni Anda bisa menyisihkan setidaknya 10% dari harga total PC yang akan kalian rakit di dalam casing tersebut.

Antara Air Flow Dan Form Faktor

Bisa dikatakan bahwa 2 bagian ini adalah faktor fungsional yang sangat penting pada pemilihan casing PC. Artinya, jika anda kurang cermat di dalam memilih, maka dimungkinkan rakitan pc anda tidak akan dapat beroperasi secara maksimal.

Baca:   Tips Memilih PC Komputer Desktop Untuk Desain Grafis

Bagian yang pertama adalah form faktor. Sekarang ini, minimal terdapat 4 form faktor yang bisa diurutkan dari ukuran paling besar ke ukuran yang paling kecil, yakni casing full tower, casing mid Tower, casing Mini Tower dan casing small form Factor. Disamping itu, dapat pula dibagi menjadi 3 berdasarkan ukuran dari motherboard yang dipakai, yakni Mini ITX, micro ITX dan ATX.

Konsep ini adalah bagian pertama yang wajib anda perhatikan ketika hendak memilih dan membeli casing PC. Anda harus menyesuaikan dengan form faktor motherboard yang akan dipakai. Janganlah sampai terjadi niatnya mau lucu-lucuan menggunakan casing Mini ATX, namun membelinya motherboard model ATX. Tentunya, motherboard tersebut tidak akan muat pada casing tersebut.

Masih terkait dengan ukuran casing PC, bagian lain yang perlu mendapat perhatian yakni ukuran VGA card atau grafik yang akan Anda pakai, apakah nantinya bisa muat di dalam casing atau tidak. Caranya yaitu dengan membandingkan ukuran dari VGA card yang anda miliki dengan lebar bagian dalam pada casing.

Bagian selanjutnya adalah yang berkaitan dengan aliran udara atau air flow pada bagian dalam casing. Pada casing yang harganya sedikit mahal rata-rata air flow tidak akan menjadi permasalahan, sebab memiliki ukuran yang cukup lebar, kecuali pada casing Mini itx yang memang memiliki desain lebih kompak. Selain itu, casing mahal juga rata-rata memiliki lubang ventilasi yang cukup banyak, tidak akan kekurangan fan serta possibility untuk ditambahkan water cooling, dan juga sejumlah hal yang berkaitan dengan Maintenance, contohnya adalah dust filter.

Sementara itu, untuk casing yang berharga murah, contohnya yang ada di bawah angka Rp. 500.000, rata-rata faktor ini yang akan menjadi kompromi serta akan dikorbankan demi sejumlah faktor lain yang memiliki sifat estetika, contohnya adalah Windowed side panel yang tentunya menggunakan bahan akrilik, penggunaan LED sampai dengan cover PSU. Yang sering ditemukan biasanya tidak Tersedianya fan untuk exhaust air flow yang posisinya ada di bagian belakang casing yang menjadikan Anda harus membeli sendiri fan tambahan tersebut.

Pemilihan Casing Serta Rencana Upgrade

Lalu apa hubungannya antara casing dan rencana upgrade? Sebenarnya pada bagian inilah kita bisa melihat peranan casing yang tidak hanya sekedar Bagian untuk memasang komponen PC, namun menjadi bagian dari skenario pemakaian PC pada beberapa tahun yang akan datang. Hindari hanya berpikir untuk waktu sekarang saja, namun Apakah rencana upgrade yang akan anda lakukan di masa mendatang.

Baca:   Apa Saja Kelebihan Kekurangan Prosesor Intel dan AMD? Apa Saja Perbedaannya? Mana Yang Lebih Bagus?

Mau menggunakan Crossfire atau SLI? Apakah mau menambahkan banyak Hard Drive atau mengganti dengan SSD? ( dimana kondisi tersebut sangat besar kemungkinannya terjadi) di, atau Anda mau memasang water cooling? Bisa dipastikan hal tersebut berkaitan erat dengan kemampuan casing milik anda di dalam mengakomodir sejumlah hal tersebut.

Adanya Optical Drive Bay, Card Reader Dan Front Panel USB 3.0.

Ketiga unsur di atas memiliki sifat fungsional, namun juga bersifat opsional tergantung Apakah anda memerlukannya ada atau tidak. Sering sekali terjadi di mana maderbot sudah dilengkapi fitur yaspi 3.0 port, akan tetapi pada casing nya tidak tersedia front panel USB 3.0. Selanjutnya, tentang keberadaan optical Drive yang masih penting atau tidak di era sekarang ini, juga belum bisa disimpulkan. Sebab, sekarang ini Eranya sudah beralih ke USB dan Cloud.

Secara pribadi, penulis juga tidak memiliki pikiran untuk menambahkan optical drive pada PC yang dirakit. Di samping bisa mengurangi anggaran perakitan PC serta sangat dimungkinkan tidak digunakan pula. PC yang masih menggunakan optical drive rata-rata adalah jenis puisi 10 tahun yang lalu. Akan tetapi, penulis juga masih sangat memahami sejumlah alasan mengapa masih terdapat komputer yang menggunakan optical drive di saat sekarang ini.

Alasan bagi mereka yang masih mempertahankan optical Drive di komputernya yaitu mereka yang masih cukup sering belanja ke Mangga Dua untuk mencari CD maupun DVD yang isinya game atau software baik yang bajakan maupun original.

Bagaimana Jika Dilihat Dari Sisi Estetika?

Pada saat dihadapkan kepada dua buah pilihan di antara estetika dan fungsional, jawaban penulis cukuplah jelas, yakni tergantung dari budget. Apabila anggaran atau budget tersedia cukup besar, maka tidak harus berkompromi di antara estetika dan fungsi penting anda dapat membeli casing PC yang memiliki fitur lengkap serta memiliki tampilan yang paling keren.

Bagian susah yakni apabila budget yang tersedia tidak terlalu banyak. Ingin membeli casing keren namun pada akhirnya terdapat sejumlah hal yang bersifat fungsional yang dihilangkan. Lantas, apa sajakah yang masuk ke dalam faktor estetika di dalam memilih casing?

Baca:   Panduan Merakit Komputer PC Sesuai Dengan Kebutuhan

Faktor estetika pertama di dalam memilih casing yakni dari sisi design. Konsep ini Tentunya terlihat sangat subjektif. Di antara pengguna komputer tentu ada yang menyukai casing dengan tampilan gaming serta sangar banget. Penulis sendiri lebih senang memilih casing yang sifatnya simple, minimalis namun elegan. Namun tentunya semua keputusan tetap kembali kepada Pengguna masing-masing.

Berikutnya adalah bagian Windowed side panel. Bagan ini tentu sangat jelas peranannya yakni digunakan untuk pamer. Namun, apakah benar ada yang bisa dipamerkan di dalam bagian casing? Apakah mengenai VGA card yang harganya mahal atau memiliki tampilan super keren, perapihan sistem, RGB strip, serta yang lainnya. Jika ternyata tidak ada hal yang akan dipamerkan, alangkah baiknya menggunakan casing side panel standart saja.

Windowed side panel terbagi atas 2 bagian bahan yang dipakai. Bahan yang pertama adalah Tempered Glass untuk beberapa merek yang mempunyai budget sangat tinggi, atau menggunakan bahan akrilik untuk pengguna yang tetap ingin pamer namun budgetnya sedikit minim.

Bagian selanjutnya yaitu PS cover. Menurut penulis, fitur ini juga dapat dimasukkan ke dalam estetika, di mana dengan memakai PSU cover, system bagian dalam dari PC akan kelihatan lebih rapi, Terlebih jika kabel pada PSU bisa disembunyikan. Sekarang ini, PSU cover tidak hanya tersedia pada casing-casing berharga mahal, namun juga tersedia pada casing berharga minim, contohnya adalah keluaran dari cube gaming.

Pada umumnya, casing yang harganya dibawah Rp. 500.000 juga telah dilengkapi fitur PSU cover. Namun, seperti yang sudah penulis bahas di bagian atas, diharapkan apabila anda memiliki anggaran yang Minim, alangkah baiknya membeli casing PC yang secara fitur fungsional terpenuhi terlebih dahulu. Selebihnya, apabila budget sedikit berlebih, anda bisa mulai merambah untuk memikirkan Sisi estetika.

Lalu, Bagaimanakah Menurut kalian di dalam memilih casing PC? Tentunya, dengan adanya tips memilih casing PC antara fungsional dan estetika Anda bisa lebih memprioritaskan mana dulu yang akan diambil, apakah casing dengan fitur fungsional atau fitur estetika atau dua-duanya. Semuanya akan kembali lagi ke masalah budget yang anda miliki. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Upgrade HDD Laptop Menggunakan HDD External

Cara Upgrade Atau Ganti HDD Laptop Menggunakan HDD External

Di hari yang baik ini, penulis akan mencoba untuk Sharing tentang cara cara upgrade atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *