Home / Tips dan Trik / Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Android

Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Android

Di zaman dahulu, aktivitas fotografi memang lebih dikenal dengan sebutan teknik pengambilan gambar yang memakai kamera profesional, misalnya adalah kamera DSLR. Akan tetapi, di zaman sekarang ini kita telah masuk pada peralatan fotografi mobile, di mana perangkat smartphone sekarang ini telah memiliki kamera yang semakin canggih serta experience yang bisa mengalahkan kemampuan kamera profesional.

Namun, terlepas dari sejumlah smartphone yang anda pakai, anda dapat memaksimalkan penggunaan kamera supaya memperoleh hasil tangkapan yang berkualitas dan unik. Berdasarkan beberapa sumber, anda bisa bereksperimen dengan sejumlah ide kreatif serta mencoba mengerjakan beberapa tips dan trik aktivitas fotografi profesional memakai kamera smartphone berbasis Android yang akan penulis bahas Pada kesempatan kali ini.

Beberapa Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Berbasis Android

Berikut ini adalah 15 tips serta trik yang bisa Anda coba untuk memaksimalkan penggunaan kamera pada smartphone Android.

1. Membersihkan Lensa Kamera Smartphone

Membersihkan Lensa Kamera Smartphone

Sebelum anda memulai mencoba teknik fotografi menggunakan kamera smartphone, bagian pertama yang bisa anda kerjakan dan bersifat sangat sederhana yaitu dengan membersihkan bagian lensa kamera pada smartphone anda. Smartphone Android yang kerap kali digunakan, tentunya sangat sering digunakan, kemanapun Anda melangkah. Disebabkan karena sering dipakai, bagian dari lensa kamera hampir pasti akan ada debu maupun sidik jari, baik yang kasat mata atau pun yang bisa terlihat. Apabila anda membersihkan bagian lensa kamera sebelum mempraktekkan pengambilan gambar, maka hasil tangkapan gambar pada kamera smartphone menjadi lebih bagus.

2. Memakai Tombol Kamera Untuk Tombol Shutter

Memakai Tombol Kamera Untuk Tombol Shutter

Rata-rata, smartphone Android tidak dilengkapi dengan bagian tombol kamera khusus. Gantinya adalah Anda dapat mengatur bagian tombol volume untuk dijadikan tombol shutter. Tujuannya adalah untuk meminimalisir getaran. Demikian pula untuk aktivitas foto selfie, Dimana anda bisa memakai tombol volume sehingga menjadikan Anda dapat lebih fokus untuk memperoleh background foto yang menakjubkan.

3. Memaksimalkan Pemakaian Shortcut Kamera

Memaksimalkan Pemakaian Shortcut Kamera

Pada umumnya, smartphone berbasis Android mempunyai shortcut special yang bisa digunakan untuk memanggil aplikasi kamera dengan cukup cepat. Tentunya, kondisi tersebut jauh lebih praktis, utamanya Pada saat Anda hendak mengambil gambar di momen dadakan yang berlangsung pada waktu yang sangat singkat.

Oleh sebab itu, apabila anda bisa memulai untuk belajar shortcut yang telah disediakan setiap vendor pada smartphone yang anda pakai. Tentunya, masing-masing vendor berbeda. Rata-rata, ada pada bagian bawah area lock screen, atau Anda cukup menekan tombol home sebanyak 2 kali di Smartphone berbasis bermerek Samsung, atau dengan menekan tombol volume yang mengarah ke bawah dua kali pada smartphone Android Asus generasi Zenfone.

4. Fotografi Dengan Mode Landscape

Fotografi Dengan Mode Landscape

Fotografi dengan mode landscape memiliki format aspect ratio 16:9, dan ini rata-rata dipakai di dalam mengabadikan pemandangan di sekitar maupun. Aktivitas ini merupakan aktivitas untuk merekam keindahan alam. Pemandangan alam dapat dikatakan sangatlah indah, namun terlebih di masa sekarang ini di saat yang sangat sensitif serta Anda dapat menandai sifat maupun arah pancaran sinar matahari. Contohnya, di saat sore hari dan pagi hari ketika pada saat sinar matahari masih berwarna kekuning-kuningan serta arah dari jatuhnya membentuk bayangan objek yang begitu panjang.

Baca:   Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Recycle Bin Windows

5. Janganlah Memakai LED Flash

Janganlah Memakai LED Flash

Pakailah selalu cahaya asli atau alami guna memperoleh kualitas foto yang bagus. Termasuk pula para profesional di bidang fotografer yang memakai kamera DSLR, pranandari lampu LED Flash secara umum tidak digunakan, dan hanya dimanfaatkan Pada momen darurat saja. Posisi dari LED Flash di smartphone sangatlah berdekatan dengan bagian lensa, sehingga efek negatif cukuplah mencolok.

Apabila cahaya alami Tidaklah terlalu kuat, anda dapat menaikkan nilai dari iso maupun exposure (EV) di kamera. Namun, harap selalu ingat bahwasanya menaikkan nilai iso juga dapat menghasilkan adanya noize. Kecuali apabila anda melakukan pengambilan gambar pada siang hari disaat matahari berada pada belakang subjek yang akan difoto.

6. Hindari Pemakaian Zoom Digital

Hindari Pemakaian Zoom Digital

Memakai subtitle pada smartphone adalah sama dengan menghancurkan hasil fotografi anda. Kecuali apabila kamera smartphone anda mempunyai fasilitas Zoom optik, di mana bagian lensa kamera bisa menjorok keluar dari perangkat smartphone Anda, misalnya pada Samsung Galaxy K Zoom. Alternatif yang lainnya, anda dapat melakukan zoom dengan cara mengedit foto setelah menyelesaikan pengambilan gambar.

7. Mengenali Spesifikasi Kamera Smartphone Yang Dipakai

Mengenali Spesifikasi Kamera Smartphone Yang Dipakai

Apabila anda sudah membeli smartphone yang harganya cukup tinggi, silakan Anda manfaatkan kecanggihan kamera yang ada secara maksimal. Terlebih pada smartphone di masa sekarang ini, walaupun bukan tipe flagship, kualitas kamera yang dimiliki pada smartphone mid end maupun low end tentunya telah memenuhi keperluan fotografi bagi orang awam.

Adapun yang wajib anda perhatikan dan anda lakukan yaitu dengan mengenali seluk beluk kamera yang dipasang pada smartphone anda. Silakan Anda lakukan perubahan settingan pada bagian brightness, resolusi, filter, mode pengambilan gambar dan bagian yang lainnya. Anda tentu mengenali peribahasa yang berbunyi ala bisa karena biasa. Silakan Anda berlatih membiasakan diri supaya semakin jago.

8. Lebih Mendekat Serta Memenuhi Penuhkan Bagian Viewfinder

Lebih Mendekat Serta Memenuhi Penuhkan Bagian Viewfinder

Ketika anda berada pada posisi yang cukup jauh dari objek yang hendak di foto, maka anda hanyalah nantinya anda cuma akan memperoleh figura kecil yang akan kalah dari background disekelilingnya. Guna memperoleh hasil jepretan foto yang bagus baik, silakan Anda hindari penggunaan fasilitas zoom, sebab fasilitas tersebut hanyalah akan mengurangi kualitas dari gambar. Bagian pekerjaan yang harus anda lakukan yaitu dengan mendekati objek sekaligus memenuhkan viewfinder maupun layar smartphone dengan objek yang anda bidik.

Baca:   Tips Mengatasi Google Play Store Force Close

9. Ingatlah Selalu Komposisi Rule Of Third

Ingatlah Selalu Komposisi Rule Of Third

Pada kenyataannya, anda tidak akan bisa selalu menempatkan sebuah foto di bagian tengah frame. Apabila anda menginginkan foto yang dijepret senatural mungkin, silakan Anda pakai komposisi dari rule of the earth. Konsep pemikiran yang ada dibalik komposisi rule of third yaitu guna memecah frame ke dalam 3 bagian yang sama, baik secara vertikal maupun secara horizontal.

Sejumlah kamera pada smartphone Android mempunyai fungsi setting yang bisa menempatkan garis-garis guna memudahkan Anda didalam melihat komposisi paling baik ketika mengambil gambar. Adapun poin pada garis garis tersebut yang berpotongan tersebut merupakan bagian Dimana anda wajib menempatkan objek yang hendak difoto. Jika anda mengerjakan hal tersebut, anda dipastikan anda akan terkagum-kagum dengan hasilnya.

10. Gunakan Pencahayaan Paling Baik

Gunakan Pencahayaan Paling Baik

Konsep pencahayaan alami atau natural akan selalu menawarkan komposisi warna foto yang jauh lebih baik dibandingkan dengan foto yang dijepret memakai lampu flash kamera. Apabila anda hendak mencegah foto yang berada di dalam ruangan, Carilah cahaya kecil maupun cahaya buatan yang bersifat natural guna merefleksikan hasil jepretan foto anda.

11. Memakai Objek Manusia Guna Supaya Hasil Yang Diperoleh Lebih Baik

Memakai Objek Manusia Guna Supaya Hasil Yang Diperoleh Lebih Baik

Konsep pemandangan indah yang dilihat oleh mata manusia akan begitu sulit diabadikan jika hanya memanfaatkan kamera smartphone. Guna memperoleh hasil paling baik, pakailah objek manusia yang ada pada foto tersebut. Kondisi ini akan menjadikan hasil foto menjadi lebih memorable dan lebih pribadi. Dan tentunya, hal tersebut akan memberikan suatu nilai lebih pada pemandangan yang anda jepret.

12. Menjepret Panorama Dengan Orang Ganda Sebagai Objeknya

Menjepret Panorama Dengan Orang Ganda Sebagai Objeknya

Kamera pada smartphone yang ada di kelas menengah ke atas secara umum telah dibekali dengan fitur yang bernama Kamera Panorama. Apabila anda hendak menjepret panorama menggunakan objek maupun orang yang terlihat ganda, tutorialnya yaitu ketika kamera sedang mengambil gambar pada posisi 360°, orang yang dijepret tersebut dipindah tempat dari sisi kiri ke sisi Tengah, kemudian ke sisi kanan mengikuti arahan dari pergerakan kamera.

13. Menjepret Panorama Ketika Di Kendaraan

Menjepret Panorama Ketika Di Kendaraan

Tidak wajib untuk memutar kamera sejauh 360°, Anda juga dapat memotret panorama ketika berada di kendaraan. Yang wajib Anda kerjakan adalah memasang kamera di mode panorama, lalu menjepret dengan tangan dan usahakan dalam kondisi stabil.

14. Zoom Memakai Lensa Teropong Atau Lensa Binocular

Zoom Memakai Lensa Teropong Atau Lensa Binocular

Hampir seluruh smartphone yang berada pada kelas menengah ke atas mempunyai kamera yang telah dilengkapi dengan fasilitas Zoom. Akan tetapi, secara umum fitur yang dimilikinya yang melekat pada kamera smartphone jaraknya tidak terlalu jauh. Di samping itu, 1 bagian yang wajib untuk diperhatikan adalah menjepret memakai fasilitas Zoom pada kamera smartphone biasanya rata-rata akan menghasilkan gambar dengan kualitas yang buruk, gambar yang cenderung banyak memiliki noise dan gambar yang tidak tajam.

Baca:   Cara Ampuh Untuk Membasmi Virus di Android

Guna mengakali kondisi tersebut, anda dapat menggunakan lensa teropong atau lensa binocular guna menggantikan lensa Zoom yang terpasang pada kamera smartphone di bagian depan.

15. Memakai Tetesan Air Pada Saat Memotret Macro

Memakai Tetesan Air Pada Saat Memotret Macro

Apabila anda tidak mempunyai lensa makro luar atau external, anda dapat memakai air yang diteteskan pada bagian atas lensa kamera smartphone anda. Adapun bentuk air yang melengkung dapat menggantikan fungsi dari filter lensa macro. Namun, Anda harus memastikan air tersebut tidak masuk ke dalam smartphone anda.

16. Memakai Penutup Kaca Pada Mobil Sebagai Reflektor

Memakai Penutup Kaca Pada Mobil Sebagai Reflektor

Apabila tidak ada terdapat reflektor, anda dapat memakai yang dapat anda pakai pada kegiatan fotografi aktivitas fotografi profesional, anda dapat pula memakai penutup kaca mobil yang memiliki warna emas maupun perak guna dijadikan sebagai pengganti reflektor.

17. Cara Menggantikan Tombol Shutter

Cara Menggantikan Tombol Shutter

Tentunya, Anda juga dapat menjepret selfie foto selfie tanpa harus menekan tombol shutter yang ada pada smartphone Android. Anda dapat menggunakan headset sebagai alat untuk menyambung disambungkan guna menekan tombol shutter. Dengan demikian, jarak antara smartphone dengan Anda dapat lebih jauh. Smartphone dapat anda Letakkan pada tembok maupun meja dengan memakai dudukan atau tripod yang dibuat menggunakan bahan dari kertas karton. Sebagai catatan, Anda harus memastikan bahwa headset yang digunakan sudah mendukung fasilitas shutter dan bisa terhubung ke aplikasi kamera.

18. Foto Bawah Air Atau Underwater

Foto Bawah Air Atau Underwater

Tips yang paling akhir yaitu dengan menjepret underwater. Adapun yang dimaksud dengan menjepret underwater yaitu smartphone yang dimasukkan pada gelas bening. Lalu, setengah badan dari gelas tersebut dicelupkan ke dalam air guna memotret objek menjepret objek. Dengan demikian, hasil jepretan akan kelihatan seperti pemotretan yang berada di dalam air. Proyek ini Tentunya sangatlah beresiko, sehingga diperlukan kehati-hatian yang sangat tinggi supaya gelas tidak kemasukan air tidak masuk ke dalam gelas.

Demikianlah penjabaran singkat tentang tips fotografi memakai smartphone Android yang perlu Anda pahami dan anda praktekkan supaya mendapatkan hasil jepretan yang baik serta memiliki makna sehingga momen-momen Indah akan terdokumentasikan dengan baik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Ampuh Untuk Membasmi Virus di Android

Cara Ampuh Untuk Membasmi Virus di Android

Malware atau malicious software atau sering dikenal dengan istilah perangkat lunak jahat terus mengalami perkembangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *