Home / Tips dan Trik / Tidak Suka Dengan Aplikasi Bawaan Android? Coba Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Android
Coba Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Android

Tidak Suka Dengan Aplikasi Bawaan Android? Coba Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Android

Berbeda teknik dengan menghapus aplikasi di smartphone Android secara umum, untuk dapat menghapus aplikasi bawaan pada smartphone Android memang diperlukan teknik khusus. Kenapa aplikasi bawaan pada smartphone Android atau yang sering kita kenal dengan istilah bloatware perlu untuk dihapus? Sebab, tidak semua aplikasi memiliki kegunaan di Smartphone, bahkan kadangkala dapat mengganggu. Lebih-lebih, sejumlah aplikasi hanya membuang kapasitas memori penyimpanan saja.

Lantas, Bagaimanakah teknik untuk menyingkirkan aplikasi bawaan pada smartphone Android? Pada tulisan kali ini penulis akan mencoba untuk membahas serta menguraikan Bagaimana cara mudah menghapus aplikasi bawaan di smartphone Android baik smartphone yang sudah di-root ataupun yang belum di root.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Smartphone Android Yang Telah Di-Root

Pada dasarnya menghapus aplikasi bawaan di Android bisa dilakukan dengan lebih mudah jika smartphone anda dalam kondisi sudah di root. Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan sejumlah aplikasi berikut ini.

1. Aplikasi Root Explorer

Aplikasi Root Explorer

Aplikasi Root Explorer dapat dikatakan sebagai aplikasi wajib yang harus terinstal pada smartphone Anda yang sudah di-root. Aplikasi tersebut memang tidak terlalu jauh berbeda dengan aplikasi File Manager yang lainnya, akan tetapi Root Explorer bisa mengedit, menghapus, dan membuka file yang sudah ada.

Untuk keperluan menghapus bloatware juga dikatakan lebih mudah. Silakan Anda Buka aplikasi root explorer, kemudian klik pada tombol “Mount as R/W” yang berada di bagian pojok kanan sebelah atas. Pastikan pula posisinya dalam kondisi read and write atau “R/W”, bukan read only atau “R/O”.

Baca:   Tips Mengatasi Smartphone Android Tidak Terbaca di PC

Berikutnya, buka pada bagian folder system, kemudian pilih app. Selanjutnya, akan dimunculkan sejumlah aplikasi bloatware yang tersimpan di Smartphone milik anda. Apabila Anda ingin menghapusnya, silakan Anda tekan dan tahan, kemudian pilih menu delete.

Anda harus memastikan bahwa aplikasi yang dihapus memang benar-benar sudah tidak dipakai, bukan termasuk aplikasi vital. Apabila anda salah didalam menghapus aplikasi, maka smartphone Anda tidak akan bisa berjalan dengan normal, bahkan kerap kali bisa terjadi bootloop.

2. Aplikasi ES Explorer

Aplikasi ES Explorer

Aplikasi ini Tidaklah terlalu jauh berbeda dengan aplikasi root explorer, dimana aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengakses serta memodifikasi file system. Selain itu, ES Explorer juga sudah dibekali dengan sejumlah fasilitas dan fitur yang lebih lengkap serta memiliki interface yang jauh lebih friendly.

Adapun cara menghapus aplikasi bawaan pada smartphone Android menggunakan ES Explorer juga tergolong lebih mudah. Langkah pertama, silakan Anda berikan izin akses root terlebih dahulu. Lanjutkan dengan memilih aplikasi yang akan dihapus. Cara yang bisa anda kerjakan adalah sama dengan memakai aplikasi root explorer.

3. Aplikasi Link2SD

Aplikasi Link2SD

Nyatanya, disamping bisa digunakan untuk memindahkan aplikasi aplikasi ke kartu SD, aplikasi Link2SD juga bisa anda pakai untuk menghapus berbagai macam aplikasi bloatware di smartphone Android anda. Penggunaan aplikasi Link2SD ini juga sangatlah mudah. Berikut ini adalah urutan nya.

Langkah pertama, silakan Anda download dan install terlebih dahulu aplikasi link to SD. Berikutnya, Pilihlah aplikasi-aplikasi yang akan anda hapus dengan cara mengklik tombol “action”, kemudian pilih tombol “uninstall”. Selanjutnya, apabila dimunculkan halaman warning, silahkan anda pilih saja OK untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Selanjutnya, proses penghapusan akan segera dimulai.

Baca:   Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Recycle Bin Windows

4. Aplikasi Super User

Cara untuk menghapus aplikasi bawaan atau bloatware pada smartphone Android juga bisa dikerjakan tanpa mendapatkan akses root pada smartphone. Dalam kondisi ini, sistem user tentunya tidak perlu Anda aktifkan terlebih dahulu. Beberapa tahapan untuk menghapus aplikasi bawaan Android menggunakan super user adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama, silakan Anda unduh dan install aplikasi yang bernama ccleaner
  • Langkah berikutnya, silakan Anda Buka aplikasi tersebut, kemudian tap pada menu titik tiga yang berada di bagian pojok atas kiri.
  • Lanjutkan dengan memilih menu App Manager
    Aplikasi Super User
  • Tahap selanjutnya, silakan Anda pilih sistem, kemudian tap pada tombol Icon yang berbentuk tempat sampah
  • Ketika anda akan menghapus aplikasi bloatware di Android, rata-rata akan dimunculkan tanda peringatan. Silakan Anda tap tombol continue untuk tetap melanjutkan.
    Hapus Aplikasi bawaan dengan CCleaner
  • Selanjutnya, Pilihlah aplikasi yang akan anda hapus. Anda harus memastikan tidak menghapus aplikasi aplikasi yang vital pada smartphone Android. Misalnya, penulis mencoba untuk menghapus aplikasi bernama Google Duo.
  • Langkah terakhir, silakan Anda tap menu uninstall untuk mulai menghapus aplikasi. Pada bagian ini, akan dimunculkan peringatan apakah anda benar-benar yakin ingin menghapus aplikasi tersebut? Apabila anda sudah yakin, Silakan anda tap menu OK.
    Confirm penghapusan aplikasi bawaan dengan ccleaner

Sekian penjabaran singkat tentang empat cara mudah untuk menghapus aplikasi bawaan atau bloatware pada smartphone Android. Semakin sedikit aplikasi bawaan di smartphone Android, kinerja dari smartphone anda akan semakin ringan dan pada akhirnya akan mempercepat kinerja dari smartphone tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Kamera Smartphone Anda Error? Ikuti Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Seluruh smartphone Android di zaman sekarang ini pasti memiliki kamera. Bisa dikatakan, kamera pada smartphone …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *