Home / Hardware / Selamat Datang AMD Ryzen, Apa Yang Istimewa Dari Generasi Prosesor Ini?
Selamat Datang AMD Ryzen Apa Yang Istimewa Dari Generasi Prosesor Ini

Selamat Datang AMD Ryzen, Apa Yang Istimewa Dari Generasi Prosesor Ini?

Hampir semua di antara kita menyukai kalimat Selamat datang. Barangkali anda merupakan penggemar dari olahraga sepak bola bisa jadi tidak akan pernah melupakan event final Liga Champion di tahun 2005 yang dilaksanakan di Istanbul, dimana Liverpool mampu untuk membalikan skor ketertinggalan 3-0, yang memaksa AC Milan mengikuti adu pinalti dan pada akhirnya berhasil untuk bisa mengangkat trofi kemenangan dikala itu.

Lantas, Bagaimanakah dengan dunia hardware komputer? Untuk yang masih merasa Awam pada dunia hardware namun memiliki keinginan untuk merakit PC, sebuah pertanyaan yang hampir pasti akan ditanyakan yaitu processor apakah yang akan saya gunakan? Apakah Intel atau AMD? Dan ternyata sejumlah jawaban akan muncul, misalnya “gunakan Intel saja, meskipun harganya mahal namun memiliki performa yang sangat bagus”.

Ada pula yang menjawab “jika anda ingin menggunakan komputer bermain game, gunakan saja prosesor AMD, sebab lebih bagus”. Ada pula yang memiliki jawaban cukup bijak, contohnya adalah “Pilihlah prosesor sesuai dengan budget dan kebutuhan anda. Intel memang lebih bagus, namun mahal, sedangkan AMD cepat panas, boros listrik, namun harganya lebih murah”.

Lantas, diluar jawaban yang sudah ada, bisa dikatakan posisi dari prosesor AMD belum pernah ada pada wilayah yang bagus, baik dari sisi brand image maupun kualitas. Sementara itu, Intel menempati posisi yang terbaik. Intel lebih terkenal mahal, mirip daya dan bagus. Sementara itu AMD terkenal panas, boros listrik dan murah. Lantas Apakah pernyataan seperti itu selalu benar? Semua kembali ke diri pribadi masing-masing.

Selanjutnya, pada beberapa Dekade terakhir sekarang ini, pihak Intel secara terus-menerus membuat banyak terobosan yang berkaitan dengan arsitektur dari prosesornya. Sementara itu, pihak AMD bisa dibilang baru memoles prosesor yang telah ada tanpa diimbangi dengan membuat terobosan teknologi yang cukup berarti, hanya agar bisa survive pada industri ini.

Baca:   Peralatan Standart Lengkap Untuk Para Youtuber Yang Ingin Sukses

Singkatnya, ketika orang hendak merakit komputer baru, dia tentu akan diberikan pilihan untuk menggunakan prosesor yang bagus tapi mahal yakni Intel atau menggunakan prosesor yang panas, boros daya dan murah dan serta mempunyai performa yang tidak lebih bagus dari intel. Singkatnya, terdapat kompromi yang wajib diterima ketika memilih menggunakan prosesor AMD.

Akan tetapi,Jika kita balik kembali, tidak bisa disimpulkan bahwa proses AMD jelek, di mana ternyata processor AMD mampu untuk dijadikan solusi bagi mereka yang hendak merakit komputer untuk game dengan dana terbatas. Coba anda ingat prosesor legenda AMD FX series, khususnya adalah FX 6300 yang bisa menjadi pilihan banyak sekali pengguna komputer yang hendak merakit komputer untuk tipe game. Jika dilihat dari sisi harga dan performa bisa dikatakan processor AMD fx-6300 sangatlah mantap. Namun bagaimana dengan sekarang? Jangan terlalu berharap karena AMD FX series diluncurkan di tahun 2005 sehingga sekarang ini jangan harap prosesor tersebut mengalami update. Mungkin pepatah yang cocok adalah “Hidup Segan Mati Pun tidak mau”.

Dan akhirnya sedikit Harapan muncul ketika AMD membuat pengumuman bahwa akan muncul processor generasi baru yang diberi kode “Zen”. Prosesor tersebut adalah prosesor baru yang menggunakan arsitektur baru serta soket baru, yakni AM4. Meskipun ketika itu hanyalah berupa wacana dan tentunya tidak terdapat informasi yang cukup rinci mengenai prosesor baru ampe tersebut, namun setidaknya Sudah muncul Harapan Baru untuk bisa merakit PC menggunakan prosesor AMD yang begitu melegenda tersebut.

Dan tepatnya pada bulan Februari di tahun 2017, moment Selamat datang untuk processor AMD akhirnya ada. Kita dapat melihat Lebih detail dan lebih jauh tentang AMD ryzen. AMD ryzen adalah nama official dari processor AMD terbaru tersebut. Ryzen 7 merupakan prosesor yang ditujukan untuk kelas high n. Sementara itu, amd ryzen 5 ditujukan untuk kelas menengah dan AMD ryzen 3 ditujukan untuk kelas low end.

Baca:   Tips Memilih PC Komputer Desktop Untuk Desain Grafis

Pada hari diluncurkan, dengan mengenalkan AMD ryzen 7, AMD telah mengalahkan rekor yang dimilikinya sendiri, yang mana ketika mengenalkan ZEN, AMD membuat target kenaikan akan instruction clock atau IPC sebesar 40% dibandingkan dengan arsitektur pendahulunya. Namun ternyata target AMD tersebut sedikit melenceng, Namun mampu meraih PC yang jauh lebih besar, yakni 52% dari arsitektur pendahulunya.

Diproses Benchmark juga bisa dilihat hasil yang sangat mencengangkan, di mana prosesor AMD ryzen 7 memiliki kemampuan mengalahkan prosesor dari intel pada kelas antusias pada tes skor cinebench. Perlu untuk diketahui bahwasanya harga processor Intel kelas antusias berada di Kisaran 3 kali lipat dibandingkan denganharga AMD ryzen 7.

Lantas, Bagaimanakah dengan AMD ryzen 5? Ternyata AMD ryzen 5 juga sudah cukup bagus digunakan oleh mereka yang akan merakit PC yang nantinya akan digunakan untuk game. Bukan mengada-ada namun fakta AMD ryzen 5 memang sudah cukup bagus digunakan pada PC rakitan game untuk menjalankan game 3D sekarang ini.

Akan tetapi, sebenarnya yang banyak Ditunggu oleh para pengguna yang low budget yakni kelas AMD ryzen 3, yang mana dari sisi harga jelas sangatlah terjangkau untuk mereka yang hendak merakit PC dengan spesifikasi low end sampai dengan mid end yang nantinya akan bermain game.

Perkiraan dari penulis, jika AMD ryzen 3 mampu mengangkat performa PC setara Intel i3 atau mungkin saja i5 yang memiliki harga premium maka hampir pasti AMD ryzen 3 akan sangat laris di pasaran bak layaknya kacang goreng. Dan tentunya tidak ada yang mengetahui secara pasti, kita tunggu saja hasilnya.

Intinya, di tahun ini lah sebuah momen AMD kembali dan meluncurkan produk barunya di mana mampu untuk mengangkat nama besar AMD di bidang prosesor. Bagi anda yang akan merakit komputer tentu sudah memiliki pilihan processor baik dari intel maupun Dari AMD yang memiliki kualitas setara tanpa harus berkompromi ketika memilih diantara salah satunya.

Baca:   Ingin beli Laptop Baru, Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Laptop Baru Agar Tidak Salah Pilih

Saran dari penulis, silakan Anda acuhkan mereka para fanatik yang tentu tidak akan selesai berargumen bahwa prosesor merekalah yang paling baik. Tentunya, para fanatik Intel yang cukup merasa terancam akan menyerang performa dari single core dan juga gaming nya ryzen. Sementara itu, para fanatik AMD pada akhirnya memperoleh angin segar untuk bisa membanggakan pilihannya.

Demikianlah sejumlah penggambaran tentang prosesor terbaru dari AMD yang diberikan nama AMD ryzen. Proses tersebut tentu prosesor yang sangat istimewa sekarang ini sebab pangsa pasar dari AMD dari dulu sangatlah luas. Dengan hadirnya prosesor terbaru dari AMD tersebut, maka referensi bagi Anda yang hendak merakit PC akan semakin banyak dan beragam. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Upgrade HDD Laptop Menggunakan HDD External

Cara Upgrade Atau Ganti HDD Laptop Menggunakan HDD External

Di hari yang baik ini, penulis akan mencoba untuk Sharing tentang cara cara upgrade atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *