Home / Review / Review Asus ZenBook UX333FN yang Membuatmu Ingin Memilikinya
Review Asus ZenBook UX333FN yang Membuatmu Ingin Memilikinya

Review Asus ZenBook UX333FN yang Membuatmu Ingin Memilikinya

Apabila anda memiliki anggapan bahwa Sanya macbook Air adalah laptop yang paling sederhana dan ringkas, maka sekarang ini sudah ada saingan nya. Saingan tersebut adalah laptop Asus zenbook UX333FN. Pada awal tahun 2019, Asus berhasil meluncurkan sebuah laptop yang memiliki ukuran casing atau bodi yang semakin ramping secara total. Dengan begitu, maka laptop tersebut akan tampil jauh lebih ringkas dan tentunya lebih mudah dibawa kemana-mana.

Review Laptop Asus Zenbook UX333FN

1. Display Yang Menggunakan Teknologi Nano Edge

Pihak Asus mulai merancang suatu teknologi yang memiliki nama Nano Edge display. Teknologi Nano Edge hadir guna mengurangi ukuran dari bezel di layar laptop sampai dengan hanya beberapa milimeter saja. Dengan adanya Nano Edge display, ukuran dari layar dapat dikurangi dengan signifikan dengan otomatis pola membuat ukuran dari body laptop lebih ringkas secara total. Inilah yang dapat dirasakan pada laptop Asus zenbook UX333FN.

Laptop Asus zenbook UX333FN adalah salah satu dari varian zenbook paling baru yang dirilis oleh pihak ASUS Indonesia. Dari sisi ukuran, Laptop tersebut adalah varian yang paling Mungil di antara dua varian yang lainnya, yakni zenbook ux433 dan 533, dimana keduanya mempunyai ukuran display 14 inci dan 15 inci.

Seperti halnya dengan pendahulunya, laptop Asus zenbook UX333FN adalah laptop kelas premium yang memang mentargetkan para pemakai on-the-go. Laptop tersebut dibuat secara khusus supaya lebih powerful guna menjalankan sejumlah aplikasi bekerja sekaligus bisa dipakai untuk hiburan. Kondisi tersebut didukung oleh perangkat keras, di mana laptop Asus zenbook UX333FN setelah memakai prosesor dari Intel Core generasi ke-8 serta penggunaan chipset grafis dari Nvidia geforce.

2. Ukuran Bezel Yang Tipis

Bezel pada Asus zenbook UX333FN

Disebabkan karena ukuran bezel dari display Asus zenbook UX333FN begitu tipis, maka anda akan merasakan lebih lega di dalam pemakaiannya walaupun sebenarnya laptop tersebut memakai layar dengan ukuran 13 inci. Tentunya, ukuran bezel yang begitu tipis akan menjadikan tampilan visual yang ada semakin tidak mempunyai batas, yang pada akhirnya akan menjadikan tampak jauh lebih lega.

Di samping mempunyai bezel yang begitu tipis, layar dari Asus zenbook UX333FN juga tentunya memiliki kualitas visual premium. Display di layar laptop ini memakai panel jenis LED yang memiliki resolusi 1920 x 1080 pixel full HD serta mempunyai sudut pandang cukup lebar sampai dengan 178 derajat akan menjadikan Anda begitu nyaman pada saat menggunakan laptop tersebut untuk menikmati hiburan.

Sementara itu, guna menunjang kegiatan bekerja Anda, khususnya bagi anda yang memiliki pekerjaan pada bidang desain grafis profesional, layar dari zenbook Asus zenbook UX333FN tentunya sudah sangat mumpuni. Layar yang dipakai pada laptop Asus zenbook UX333FN mempunyai tingkat reproduksi warna di color Space srgb sampai dengan 100%. Untuk anda para fotografer dan desain grafis yang bekerja memakai color Space tersebut, zenbook Asus zenbook UX333FN telah memenuhi keperluan anda.

3. Body Casing Yang Kuat Dan Lebih Ringkas

Asus zenbook UX333FN mempunyai ukuran body yang begitu ringkas, bahkan bisa dikatakan merupakan laptop 13 inchi paling ringkas untuk saat ini. Lebih menariknya, Laptop tersebut mempunyai body yang ukurannya tidak jauh dari ukuran kertas kuarto atau A4 sehingga menjadikan laptop sangat mudah dibawa kemana-mana. Termasuk dapat dimasukkan pada tas yang berdimensi kecil.

Seperti yang sudah disampaikan di awal, Asus dapat mengurangi ukuran dari body zenbook Asus zenbook UX333FN karena adanya teknologi nano Edge display. Teknologi itu menjadikan bezel pada layar laptop menjadi lebih tipis, yakni berukuran 2,8 mm di bagian Sisi, 5,9 mm pada bagian atas, serta 3,3 mm pada bagian bawah. Tentunya, bezel yang berukuran tipis tidak hanya ada pada dua maupun tiga sisi saja, namun hadir pada keempat Sisi laptop tersebut.

Baca:   Review Keunggulan Acer Switch 7 Black Edition Beserta Info Harga Terbarunya

Ukuran bezel yang begitu tipis menjadikan dimensi dari body laptop juga lebih ringkas. Ukuran panjang serta lebar dari laptop tersebut adalah 30,2 cm x 18,9 cm, sangat mirip dengan ukuran kertas kuarto atau A4 di mana mempunyai ukuran 29,7 cm x 21 cm. Apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yakni zenbook ux311 yang sama-sama telah memakai layar berukuran 13 inci, Asus zenbook UX333FN mempunyai body 14% lebih kecil.

Selain itu, Asus zenbook UX333FN mempunyai body dengan ketebalan 16,9 MM, ukuran kurang dari 2 cm. Dengan begitu, Laptop tersebut termasuk pada kategori ultrabook. Walaupun bukan yang tertipis, akan tetapi Asus zenbook UX333FN mempunyai kelebihan lain yang ada. Adapun keunggulan yang dimaksud yaitu body yang Sangat kokoh serta telah mempunyai sertifikasi Military Grade MIL STD-810G dengan begitu, anda tidak lagi perlu khawatir pada saat membawa zenbook tersebut ke mana-mana, utamanya ketika disimpan pada tas bersamaan dengan benda yang lain, sebab kekuatan bodynya telah teruji.

4. Desain Yang Ergolift

Desain Ergolift pada Asus zenbook UX333FN

Asus juga mempunyai sejumlah fitur dan teknologi eksklusif yang dibenamkan pada zenbook UX333FN. Misalnya adalah pada bagian desain laptop tersebut secara keseluruhan. Di samping memiliki visualisasi yang mewah menggunakan desain Spun metal finish yang cukup khas, zenbook UX333FN juga dibuat menggunakan bodi yang sangat tipis akan tetapi sangat kuat.

Desain bodi yang dipakai pada zenbook UX333FN tentu berlainan dengan laptop secara umum. Pihak Asus membenamkan fitur eksklusif ergolift desain pada laptop tersebut. Fitur itu akan menjadikan body pada zenbook UX333FN lebih terangkat serta membentuk sudut sebesar 3 derajat ketika dipakai. Desain unik tersebut memang tidak sembarangan digunakan serta mempunyai tiga manfaat pokok pada pemakaiannya.

Manfaat pertama supaya proses pendinginan menjadi lebih baik. Disebabkan karena bagian body yang terangkat ketika dipakai, zenbook UX333FN mempunyai ruang extra pada bagian bawah body, yang menjadikan sirkulasi udara jauh lebih lancar. Sehingga, proses pendinginan akan lebih baik serta komponen yang ada di dalam laptop bisa bekerja lebih maksimal.

Manfaat kedua dari fitur ergolift design yakni untuk meningkatkan kualitas audio. Adanya rongga ekstra yang hadir karena body yang terangkat ketika dipakai nyatanya sangat mempengaruhi kualitas audio. Rongga yang ada menjadikan suara jauh lebih kencang dan keras serta tidak Terpendam pada saat dipakai. Ditambah lagi dengan penggunaan speaker yang telah disertai adanya sertifikasi Harman Kardon, menjadikan kualitas audio zenbook UX333FN menjadi sangat baik.

Nyatanya, ergolift desain juga menjadikan aktivitas mengetik jauh lebih nyaman. Aktivitas mengetik pada keyboard yang posisinya miring akan menjadi lebih nyaman dibandingkan dengan posisi yang mendatar. Kondisi itulah yang terjadi pada zenbook UX333FN dimana bodynya terangkat serta membentuk sudut 5 derajat yang akan menjadikan kegiatan mengetik jauh lebih nyaman. Seluruh kelebihan tersebut hadir dengan adanya ergolift desain.

Di samping karena ergolift desain, keyboard yang ditanamkan pada zenbook UX333FN juga menjadikan aktivitas mengetik lebih nyaman. Keyboard pada laptop tersebut telah dilengkapi dengan fitur LED backlight yang akan menjadikan Anda masih dapat mengetik walaupun berada pada tempat yang gelap. Fitur ini sangat bermanfaat pada saat anda mengetik di perjalanan tengah malam hari pada kondisi minim cahaya atau gelap.

Baca:   Daftar Laptop Paling Baik dari Merek Terkenal yang Harus Anda Miliki

Masing-masing tombol pada keyboard di laptop tersebut sudah dirancang khusus serta mempunyai posisi dan ukuran yang sangat pas untuk aktivitas mengetik. Bahkan, masing-masing tombol sudah memiliki jarak titik f l yang sangat tepat untuk mengetik, yakni berukuran 1,4 mm. Dengan adanya jarak kaya travel tersebut, menjadikan tombol tidak akan terasa terlalu berat namun juga tidak akan terasa terlalu dangkal pada saat ditekan.

Berpasangan dengan keyboard, 1 buah touc,ad yang dapat dipakai sebagai bagian navigasi serta control untuk kursor pada saat tidak memakai Mouse. Adapun yang menarik pada bagian touc,ad pada zenbook UX333FN adalah perbedaannya dengan touc,ad bagian touc,ad di zenbook UX333FN mempunyai fitur berbeda yang memiliki nama numberpad. Fitur tersebut bisa digunakan untuk menyulap touc,ad menjadi numpad yang memang tidak disediakan pada zenbook UX333FN disebabkan oleh minimnya ruang.

Pada bagian ujung dari touc,ad zenbook UX333FN ada 1 buah icon guna mengaktifkan fasilitas numberpad. Pada saat ditekan, lampu indikator LED khusus pada bagian touc,ad akan aktif serta menampilkan numpad. Fasilitas tersebut memungkinkan numpad secara fisik tampil pada bagian touc,ad, sehingga memudahkan Anda yang sering memakai numpad pada saat mengetik. Ketika fitur numberpad aktif, Anda masih dapat menggerakkan pointer, namun fungsi dari tap akan digantikan jadi tombol pada numberpad.

Bagian menarik yang lainnya dari sisi desain zenbook UX333FN yakni kamera. Pihak Asus masih menanamkan kamera di bagian layar atas laptop walaupun ukuran bezelnya sangat tipis, yakni 5,9 MM atau sekitar setengah CM saja. Selain itu, kamera yang dibenamkan juga bukan kamera standar.

Kamera yang dipakai pada zenbook UX333FN adalah jenis 3D IR HD Camera yang memiliki fitur memindah wajah bahkan pada kondisi cahaya yang minim. Tentunya, kamera tersebut telah terintegrasi pada sistem Windows hello yang dapat anda pakai untuk masuk pada sistem operasi Windows 10 tanpa memakai password. Cukup hanya men scan wajah, anda dapat masuk pada sistem Windows 10 secara langsung. Disebabkan memakai IR kamera, aktivitas Ken bisa dikerjakan dengan cukup cepat.

5. Konektivitas Yang Lengkap

Konektifitas pada Asus zenbook UX333FN

Target penting pemakai zenbook UX333FN yaitu para profesional yang selalu bekerja secara mobil serta memerlukan laptop powerful, akan tetapi bersifat portable. Selain itu, mereka juga tentu memerlukan kemudahan dari sisi konektivitas guna menunjang pekerjaan. Barangkali kondisi itulah yang menjadi alasan mengapa Asus menyematkan fitur konektivitas yang cukup lengkap pada laptop zenbook UX333FN.

Zenbook UX333FN memiliki 3 port USB. 2 port USB adalah port USB type A, yang menjadikan anda tetap dapat mengkoneksikan sejumlah Devi selama tanpa membutuhkan dongle tambahan. Untuk kebutuhan perangkat modern, zenbook UX333FN juga menghadirkan port USB 3.1 generasi kedua tipe C yang mempunyai kecepatan transfer data begitu cepat, yakni sampai dengan 10 gbps.

Disamping konektivitas di atas, zenbook UX333FN juga memiliki port HDMI sehingga dapat dipakai untuk aktivitas presentasi memakai proyektor. Selain itu, alat pembaca dari kartu micro SD juga dibenamkan pada laptop ini yang bisa memudahkan Anda mentransfer data dari sejumlah perangkat digital yang lainnya.

Supaya bisa selalu terhubung ke jaringan internet, zenbook UX333FN memiliki Dual Band gigabit class wifi yang sudah didukung oleh teknologi Asus wifi Master. Teknologi itu menjadikan koneksi pada laptop tersebut selalu stabil walaupun lokasinya cukup jauh dari router. Menambah dari sisi koneksi tanpa kabel, zenbook UX333FN juga mengusung fitur bluetooth 5.0 yang menjadikan Anda dapat menghubungkan sejumlah perangkat nirkabel.

Baca:   Review Harga MSI PS42 8RB Prestige Terbaru Lengkap dengan Spesifikasinya

6. Kinerja Yang Handal

Kinerja pada Asus zenbook UX333FN

Zenbook UX333FN adalah salah satu laptop yang memiliki performa premium. Disebabkan karena mentargetkan pemakai professional on-the-go, laptop zenbook UX333FN dibuat menggunakan hardware yang sangat mumpuni sehingga tidak akan menghambat aktivitas bekerja. Yang lebih menarik, perangkat keras tersebut nyatanya sangat cukup di dalam menjalankan sejumlah aplikasi hiburan, misalnya game kasual.

Zenbook UX333FN menggunakan dapur pacu prosesor Intel Core i7 seri 8565U atau kerap kali disebut dengan istilah whiskey Lake. Prosesor Intel generasi yang ke-8 tersebut mempunyai sejumlah keunggulan, di antaranya adalah penggunaan daya yang cukup rendah akan tetapi mempunyai performa yang sangat bagus guna menjalankan sejumlah aplikasi aplikasi professional.

Processor Intel Core i7 seri 8565U adalah prosesor yang menggunakan konfigurasi 8 thread dan 4 Core yang telah memakai teknologi hyperthreading. Prosesor tersebut juga memiliki fitur teknologi turboboost yang menjadikan kecepatan dari pemrosesan data bisa dipacu sampai dengan 4,6 GHz, sementara itu angka baslok nya base bloknya masih berada pada angka 1,8 GHz.

Supaya performanya lebih maksimal dan dapat menunjang keperluan para profesional, zenbook UX333FN sudah menggunakan GPU atau chipset grafis dari Nvidia geforce mx150. Memang, chipset grafik tersebut bukanlah diperuntukkan guna bermain game, akan tetapi Vega tersebut sangat berguna di dalam mendongkrak kualitas grafis pada laptop tersebut sehingga bisa menjalankan sejumlah aplikasi-aplikasi profesional, misalnya Adobe Photoshop dan Adobe Premiere sehingga lebih optimal.

GPU Nvidia geforce mx150 juga cukup menyokong skor benchmark grafik pada laptop tersebut menjadi lebih baik daripada laptop yang hanya memakai GPU terintegrasi. Lantas, Bagaimanakah dengan game? Zenbook UX333FN barangkali bukan lah laptop game seperti varian laptop Asus TUF atau Asus ROG yang memang didesain untuk game meskipun sama-sama memakai GPU terpisah. GPU Nvidia geforce mx150 adalah GPU yang memiliki daya rendah dan memang dirancang supaya ultrabook seperti zenbook UX333FN dapat hadir dengan kualitas performa grafis lebih mumpuni.

Akan tetapi, tidak berarti bahwa zenbook UX333FN tidak dapat dipakai untuk menjalankan game. Laptop tersebut masih dapat digunakan untuk memainkan game AAA versi lama serta sejumlah game yang memang tidak terlalu fokus pada kualitas grafis, misalnya Beyond Earth dan Sid Meier’s Civilization VI. Game-game tersebut dapat berjalan cukup lancar pada frame rate yang cukup baik, yakni ada di kisaran 30fps, walaupun setting dari grafisnya tidak optimal.

Zenbook UX333FN setelah memakai M.2 nVME SSD untuk storage device nya. Tidak disediakan storage yang kedua pada laptop ini sehingga akses datanya jauh lebih cepat. Pada zenbook UX333FN ini, Asus menyediakan SSD dengan kapasitas 512 GB, sehingga sangat mencukupi untuk menyimpan sejumlah data hiburan dan pekerjaan anda.

Berpindah ke sisi baterai, zenbook UX333FN menggunakan baterai jenis lithium-ion Polymer berkekuatan 50 WH. Pada proses pengujian memakai pcmark 8 batery di mode home konvensional, zenbook UX333FN memiliki ketahanan cukup baik, yakni sampai dengan 5 jam 22 menit. Hal tersebut berarti pada pemakaian aplikasi rumahan, Laptop ini dapat bertahan sekitar 5,5 jam. Proses pengujian tersebut juga dikerjakan pada posisi laptop terkoneksi kan dengan wifi serta menggunakan tingkat kecerahan display hingga 50%.

Sekian review Asus zenbook UX333FN yang bisa penulis sampaikan di kesempatan kali ini. Barangkali, anda yang sekarang ini sedang memiliki keinginan untuk membeli laptop berdesain premium, memiliki performa maksimal, Laptop ini bisa menjadi pilihan. Semoga bermanfaat dan terima kasih

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Harga dan Spesifikasi HP Spectre X360 13-AP0055TU Terbaru 2019

Harga dan Spesifikasi HP Spectre X360 13-AP0055TU Terbaru 2019

Laptop yang menggunakan desain 2 in 1 convertible, yang dapat berubah fungsi menjadi Perangkat tablet …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *