Home / Tips dan Trik / Punya Folder Atau File Rahasil? Praktekan Cara Menyembunyikan Folder Atau File Di Windows 10

Punya Folder Atau File Rahasil? Praktekan Cara Menyembunyikan Folder Atau File Di Windows 10

Pada dasarnya, komputer sudah memiliki fasilitas otentikasi dan keamanan yang sangat lengkap, tinggal kembali ke pemakainya Apakah sudah mampu untuk menggunakan fasilitas yang disediakan untuk mengamalkan berbagai macam data yang ada didalamnya.

Namun, apabila dikarenakan sejumlah alasan khusus Anda cukup kesulitan untuk menggunakan PIN dan password, Anda juga dapat menyembunyikan file dan folder tertentu sehingga hanya andalah yang dapat mengakses kembali file dan folder tersebut.

Untuk bisa menyembunyikan folder dan file di Windows 10, anda memerlukan bantuan aplikasi yang bernama easy file Locker, dimana aplikasi tersebut adalah aplikasi open source yang cukup sederhana serta mudah dipakai. Selain itu, ukurannya juga sangat kecil, yakni kurang dari 2 MB.

Cara Menyembunyikan Folder Atau File Di Windows 10

Berikut ini adalah tahapan demi tahapan menyembunyikan file dan folder pada Windows 10 menggunakan software easy file Locker. Silakan disimak.

1. Tahap Persiapan

Untuk memulainya, silakan Anda download terlebih dahulu software bernama easy file Locker lewat situs resminya (https://www.xoslab.com/download.html). Setelah itu, lanjutkan dengan menginstall serta menjalankan software tersebut.

2. Tahap Menyembunyikan Folder

Untuk memulai proses menyembunyikan folder pada Windows, silakan Anda klik pada menu “file & folder“, lalu klik pada menu “add folder“.

Menyembunyikan folder Easy File Locker

Pada tahapan selanjutnya akan dimunculkan sebuah jendela pop up. Pada jendela tersebut silakan Anda klik pada tombol browse yang ditandai dengan titik 3. Selanjutnya akan dimunculkan kembali sebuah jendela pop up file explorer. Pada jendela itu, silakan Anda memilih folder yang hendak disembunyikan. Silakan Anda Tandai dan Klik tombol OK 2 kali.

Browser for folder pada Easy File Locker

Pada saat folder sudah berhasil ditambahkan, anda perlu untuk menonaktifkan tanda ceklis yang muncul di bagian bawahnya. Jika anda menghilangkan opsi Accessible, akan menjadikan folder dapat/ tidak dapat diakses meskipun bisa dilihat pada opsi writable, folder dapat/ tidak dapat digunakan untuk untuk ditambahkan atau menyimpan file baru. Sementara itu, opsi deletetable akan membuat folder dapat/ tidak dapat dihapus. Dan yang terakhir adalah opsi visibel yang bisa digunakan supaya file disembunyikan atau terlihat.

Baca:   Kumpulan Cara Mengustomisasi Start Menu Pada Windows 10

Apabila dalam kondisi di beri centang atau di ceklis, maka artinya folder tersebut dapat dioperasikan. Apabila tidak diberikan centang, berarti folder tersebut tidak bisa dioperasikan.

File and folder setting pada Easy File Locker

Pada kasus ini, penulis mencoba menghilangkan seluruh tanda diakses, tidak dapat dihapus, tidak dapat digunakan untuk menyimpan file baru dan tentunya tidak bisa dilihat.

3. Tahap Menyembunyikan File

Selanjutnya, anda bisa mencoba untuk menyembunyikan file di dalam komputer Windows 10 anda. Pada proses menyembunyikan file, pada dasarnya sangat mirip dengan beberapa langkah di atas. Tahap pertama, silakan Anda klik pada menu “file & folder“, kemudian pilih menu “add Files“.

Menyembunyikan file pada Easy File Locker

Tahap berikutnya, silahkan anda pilih file yang hendak disembunyikan

Memilih file yang akan disembunyikan pada Easy File Locker

Proses selanjutnya yaitu sama dengan tahapan di atas, yakni meniadakan tanda centang sesuai dengan fungsi yang anda ingin gunakan. Bisa pula dengan cara menghilangkan tanda centang pada opsi visible supaya file tidak bisa dilihat.

setting file pada Easy File Locker

Tahap terakhir, silakan Anda Klik tombol OK dan finish, file-file akan disembunyikan dan tidak bisa diakses oleh siapapun dan dari manapun.

Lantas, Bagaimanakah apabila terdapat teman Anda yang mengetahui dengan cara kerja dari aplikasi easy file Locker? Tentu sangat percuma, sebab teman Anda tentunya dapat membuka seluruh fungsi-fungsi pada aplikasi tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihak pengembang dari software easy file Locker sudah menyediakan fitur password yang berfungsi guna mengunci aplikasi. Dengan demikian, hanya andalah yang memiliki password yang dapat menjalankan aplikasi tersebut. Langkah-langkahnya bisa anda ikuti sebagai berikut.

Tahap pertama, silakan Anda klik menu sistem, kemudian pilih menu set password

Set password pada Easy File Locker

Selanjutnya, silakan Anda masukkan password yang mudah untuk diingat namun tidak mudah ditebak oleh pihak lain

Baca:   Langkah Demi Langkah Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Confirm password pada Easy File Locker

4. Cara membuka kembali akses file dan folder

Apabila suatu saat Anda hendak memunculkan kembali folder dan file yang telah anda sembunyikan, anda cukup menjalankan aplikasi easy file Locker, lalu silakan Anda klik dua kali file yang hendak ditampilkan pada jendela utama serta berikan tanda ceklis pada opsi yang sudah disediakan.

Confirm password pada Easy File Locker

Finish dan sekarang folder serta file yang anda ingin Munculkan sudah tampil di Windows Explorer.

Demikianlah penjabaran singkat tentang langkah demi langkah bagaimana menyembunyikan folder dan file di Windows 10. Pada dasarnya, Teknik ini juga bisa berjalan pada Windows versi yang lain. Anda cukup mendownload aplikasi easy file Locker sesuai dengan versi Windows yang anda miliki. Terima kasih dan semoga bermanfaat, Salam sukses untuk anda.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *