Home / Tips dan Trik / Praktekan Cara Lengkap Mempercepat Kinerja Windows 7 Biar Komputer Lebih Ngebut
Cara Lengkap Mempercepat Kinerja Windows 7 Biar Komputer Lebih Ngebut

Praktekan Cara Lengkap Mempercepat Kinerja Windows 7 Biar Komputer Lebih Ngebut

Walaupun Windows 7 bukanlah sistem operasi terbaru saat ini, namun pengguna setia dari Windows 7 masih sangat banyak. Hal tersebut dikarenakan kemudahan yang ditawarkan oleh sistem operasi Windows 7 di dalam mengoperasikannya. Hanya saja, seiring dengan penggunaan komputer, performa komputer Windows 7 semakin lambat didalam bekerja, terutama jika tidak dilakukan perawatan secara berkala.

Bagi yang sudah memahami cara di dalam mempercepat kinerja Windows 7 tentunya akan sangat beruntung, sebab mereka akan mampu mempertahankan performa dari komputer sehingga akan memperoleh pengalaman terbaik pada saat menggunakan komputer sistem operasi Windows 7. Lantas, Bagaimana nasib anda para pengguna komputer yang memakai Windows 7 belum memahami dengan sebaik-baiknya menjaga performa komputer anda?

Tentunya anda tidak perlu berkecil hati, sebab dengan membaca ulasan pada artikel di kesempatan kali ini, sekaligus mencoba untuk mempraktekkan Langkah Demi Langkah membuat kinerja Windows 7 semakin ngebut maka komputer lama anda akan lebih cepat bekerja layaknya komputer yang baru diinstal ulang.

Daftar Isi:

  1. Penyebab komputer Windows 7 lambat atau lemot
  2. Cara mempercepat kinerja Windows 7

Penyebab Komputer Windows 7 Lambat Atau Lemot

Sebelum kita masuk ke pembahasan langkah demi langkah di dalam mempercepat komputer Windows 7, alangkah baiknya kita memahami beberapa hal yang membuat kinerja Windows 7 semakin menurun. Ketika anda memahami sejumlah hal yang menjadikan Windows 7 semakin melambat, maka anda bisa membuat antisipasinya lebih dini.

1. Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Tidak ada yang melarang kita untuk menginstal semua software aplikasi yang kita miliki atau kita inginkan. Namun, ternyata dengan semakin banyaknya software aplikasi yang terinstal pada Windows 7 akan membuat komputer semakin pelan kinerjanya, sebab terlalu banyak ruang hardisk yang tersita sekaligus terlalu banyak proses manajemen file dan registry pada Windows.

2. Ruang Hardisk Yang Hampir Penuh

Sebesar apapun kapasitas hardisk pada komputer anda, jika terlalu banyak file yang disimpan dan menjadikan hardisk Anda hampir penuh, maka hal tersebut akan membuat komputer Windows 7 semakin pelan. Hal tersebut dikarenakan Windows 7 akan kehabisan tempat untuk membuat virtual memory yang rata-rata disimpan pada hardisk.

3. Komputer Terinfeksi Virus

Virus yang berhasil masuk menyusup ke dalam sistem operasi Windows 7 pada umumnya akan selalu berjalan secara background, namun tetap menggunakan sumber daya komputer pada kapasitas yang cukup banyak. Hal tersebutlah yang menjadikan kinerja komputer semakin menurun, sebab sumber tenaga yang seharusnya bisa digunakan oleh software aplikasi ternyata diserap oleh virus yang selalu berjalan secara background tersebut.

4. Terjadi Kerusakan Pada Beberapa Hardware Atau Perangkat Keras

Kerusakan kerusakan yang tidak terlalu fatal pada perangkat keras, misalnya pada hardisk, processor dan RAM sangat mempengaruhi performa pada komputer. Bahkan, kerusakan minor pada beberapa hardware komputer akan membuat komputer freeze atau hang.

5. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Diload Pada Saat Komputer Nyala

Ada banyak software aplikasi yang memaksa dirinya untuk dijalankan atau diload pada saat komputer dinyalakan. Tentunya, semakin banyak aplikasi yang dijalankan ketika komputer dinyalakan akan menjadikan proses booting Windows 7 semakin lama.

6. File Sampah Yang Semakin Menumpuk

Terdapat cukup banyak jenis file sampah yang ada pada komputer. File-file sampah tersebut tentunya ada yang diproduksi secara manual dan ada pula yang dibuat secara otomatis. Contoh file sampah yang dibuat secara manual adalah file-file yang dihapus oleh pengguna komputer dan masuk ke Recycle Bin. Sedangkan contoh file sampah yang dibuat secara otomatis yaitu file-file yang ada di Cache, Cookies, History dan Temporary.

7. Kapasitas RAM Yang Terlalu Minim

Di zaman sekarang ini, perkembangan software komputer begitu pesat. Namun, perkembangan software yang begitu pesat akan membutuhkan spesifikasi perangkat komputer yang lebih tinggi. Salah satunya adalah dari sisi penggunaan RAM. Software sekarang ini rata-rata berukuran cukup besar sehingga sangat boros kapasitas RAM.

Baca:   Cara Menambahkan Menu Masuk Safe Mode Pada Klik Kanan Mouse Di Windows 7 Dan 8

8. Visual Effect Yang Berlebihan

Efek-efek yang diterapkan pada sistem operasi memang sangat memanjakan mata di saat mengoperasikan komputer. Namun, fasilitas tersebut tentunya harus dibayar mahal dengan menyediakan spesifikasi komputer yang cukup tinggi. Apabila tidak, maka siap-siap saja komputer yang Anda gunakan menurun drastis performanya.

Cara mempercepat kinerja Windows 7

Setelah kita memahami beberapa hal yang bisa menyebabkan serta menjadikan komputer bersistem operasi Windows 7 milik kita menurun performanya, maka mari kita lanjutkan pembahasan tentang langkah demi langkah untuk meningkatkan kinerja dari komputer Windows 7. Teknik yang diterapkan tentunya ada yang masih berkaitan dengan langkah di dalam mengatasi penyebab dari komputer Windows 7 yang menurun performanya, namun ada pula beberapa langkah yang memang memiliki tujuan untuk meningkatkan performa komputer Windows 7 secara mandiri. Berikut adalah ulasannya.

1. Uninstall Software Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Batasi komputer anda dari sisi software aplikasi yang terinstal. Sebab, dengan meminimalisir program aplikasi yang dipasang pada komputer, maka akan menjadikan komputer Windows 7 semakin enteng dan tentunya akan semakin ngebut. Apabila anda sudah terlanjur menginstal banyak aplikasi, maka anda bisa menghapusnya dengan cara masuk ke control panel, lalu pilih menu program and features. Selanjutnya, silakan Anda uninstall program-program yang tidak pernah anda gunakan.

add or remove programs pada control panel windows 7

programs and features windows 7

jendela programs and features

2. Hapus File-File Yang Tidak Digunakan Dari Hardisk

Meng uninstall software aplikasi memang mampu memberikan tambahan ruang kosong pada harddisk komputer anda. Namun, apabila anda ingin meningkatkan performa komputer lebih jauh lagi, maka silakan Anda pilah dan pilih file-file yang sebenarnya sudah tidak lagi anda butuhkan untuk kemudian dihapus. Anda bisa menyingkirkan file tersebut dari hardisk komputer, namun sebelumnya silahkan anda backup terlebih dahulu pada keping DVD agar jika suatu saat nanti dibutuhkan maka anda masih memiliki cadangannya.

3. Install 2 Antivirus, Antivirus Lokal Dan Antivirus Luar

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, perkembangan dari virus virus pengganggu dan perusak komputer juga semakin pesat. Sekarang ini, sangat banyak bermunculan virus-virus lokal buatan orang Indonesia yang memiliki kemampuan luar biasa di dalam merusak komputer dari berbagai macam Sisi. Oleh sebab itulah, alangkah baiknya anda bisa memproteksi komputer dari serangan virus lokal dan virus luar negeri.

Salah satu antivirus yang cukup terkenal untuk menangani serangan virus lokal adalah Smadav. Sementara itu, anda bisa menambahkan antivirus luar negeri yang gratis dan cukup terkenal, misalnya adalah AVG antivirus, Avira antivirus, ESET antivirus, NOD antivirus, Microsoft Essential antivirus, dan beragam antivirus yang lainnya.

Pastikan pula bahwa antivirus antivirus yang anda pasang pada komputer selalu dalam kondisi terupdate, sehingga mampu untuk mendeteksi atau mengenali adanya varian virus baru yang mungkin saja menyusup ke dalam komputer Windows 7 yang anda miliki dari berbagai macam Jalan.

4. Matikan Program-Program Yang Diload Otomatis Pada Saat Komputer Dinyalakan

Guna mempercepat proses booting Windows 7, maka anda bisa memilih program-program apa saja yang perlu dijalankan otomatis ketika komputer dinyalakan. Program yang wajib dijalankan secara otomatis yakni antivirus. Selain itu, jalankanlah program tersebut secara manual supaya tidak membebani proses start up dari komputer Windows 7.

Cara yang bisa anda kerjakan untuk mendisable program aplikasi yang di load otomatis ketika komputer dinyalakan adalah dengan klik tombol Start Menu, kemudian ketik perintah “msconfig“. Setelah itu, masuk ke tab Startup, lalu Buanglah ceklist pada nama software yang tertera di situ yang tidak begitu penting untuk dijalankan secara otomatis.

Baca:   Cara Mudah Install Ulang Windows 7 Dengan Media DVD

jendela msconfig windows 7

Sebagai pengaturan lanjutan, anda juga bisa masuk ke tab Services, Lalu lakukan hal yang sama guna mematikan beberapa servis yang dijalankan otomatis pada saat komputer Windows 7 startup.

5. Lakukan Pengetesan Pada Processor, Hardisk Dan RAM.

Guna mengecek kesehatan dari komponen-komponen komputer, anda bisa menggunakan beberapa software pihak ketiga. Sebagai contoh, misalkan anda ingin mengetes kesehatan prosesor, anda bisa menggunakan software Stressing. Software Stressing nantinya akan memacu processor untuk bekerja secara full load dalam jangka waktu yang cukup lama. Apabila prosesor tersebut masih sehat, maka semua instruksi akan selesai dilaksanakan. Begitu pula sebaliknya, apabila prosesor dalam kondisi tidak sehat, maka biasanya komputer Akan berhenti bekerja atau hang.

software stressing prosesor

Pada hardisk, anda juga bisa mengetahui tingkat kesehatan hardisk dengan cara melakukan Benchmark dari sisi kecepatan baca dan kecepatan tulis harddisk tersebut. Selain itu, ada beberapa software juga mampu untuk menganalisa tingkat kesehatan dari hardisk. Lakukan hal yang sama untuk komponen komputer yang lain, misalnya adalah RAM dan kartu grafis atau VGA.

Jika anda menemukan salah satu komponen pada komputer anda mengalami gangguan pada saat dilakukan testing, alangkah baiknya anda bisa segera menggantinya dengan yang baru supaya pekerjaan Anda selalu bisa berjalan dengan lancar sehingga pada akhirnya bisa selesai tepat pada waktunya.

6. Bersihkan Berbagai Macam Jenis File File Sampah Yang Menumpuk

Terdapat beberapa langkah yang bisa anda kerjakan untuk melakukan proses pembersihan terhadap file-file sampah yang ada di komputer Windows 7. Secara default, anda bisa memanfaatkan fitur Disk Clean Up yang telah disediakan, dengan cara klik Start, kemudian pilih All Programs, Accessories, System Tool, lalu pilih menu Disk Clean Up. Setelah itu, anda cukup memilih drive mana yang hendak dibersihkan.

disk cleanup pada windows 7

Selain Disk Clean Up, anda juga bisa memanfaatkan software pihak ketiga yang memiliki kemampuan lebih bagus. Anda bisa mencoba menggunakan software aplikasi Ccleaner yang sudah terbukti kehandalannya di dalam membersihkan berbagai macam jenis file sampah yang bersemayam di komputer Windows 7, mulai dari file temporary, file cache, file cokies, registry dan sejumlah file sampah yang lainnya. Aplikasi ccleaner sangat bisa dipercaya, sebab pengguna aktif untuk program tersebut juga sangatlah banyak.

7. Tingkatkan Kapasitas Dari RAM

RAM memiliki fungsi untuk menampung sementara berbagai macam software aplikasi yang nantinya akan dieksekusi oleh prosesor. Semakin besar kapasitas RAM akan menjadikan tampungan software aplikasi semakin banyak pula. Software aplikasi yang masuk ke RAM tentunya akan lebih cepat dipanggil oleh prosesor, sebab kecepatan kerja dari RAM tersebut juga cukup tinggi dan mampu mensuplai kebutuhan file atau data yang dibutuhkan oleh prosesor.

Namun, manakala kapasitas RAM semakin menipis, maka Windows 7 akan secara otomatis menyimpan software aplikasi yang dibuka pada virtual memory. Virtual memory adalah RAM sementara yang dibuat di hardisk sebagai pengganti dari RAM karena kapasitas dari RAM utama sudah semakin menipis. Inilah yang menjadikan komputer mengalami penurunan performa, sebab kecepatan hardisk sangat jauh di bawah kecepatan RAM.

Oleh sebab itulah, dengan menambah kapasitas RAM akan menjadikan semua software aplikasi yang sedang dijalankan di tampung di dalamnya dan mencegah Windows 7 untuk menaruh aplikasi di hardisk yang memiliki kecepatan sangat rendah.

8. Matikan Saja Tampilan Visual Effect Yang Berlebihan

Siapa yang tidak senang menggunakan Windows 7 dengan efek visual Yang cukup bagus dan gemerlap? Tentunya, dengan bekerja menggunakan Windows 7 bertemakan visual effect akan menjadikan lebih betah. Namun, siapa sangka efek-efek visual yang berlebihan tersebut justru akan memakan sumber daya komputer semakin banyak terkuras.

Baca:   Cara Simpel Convert File PDF Ke Excel Paling Cepat

Lebih baik, matikan saja tampilan visual effect yang berlebihan, gunakanlah tampilan klasik yang tidak menggunakan sumber daya komputer terlalu banyak sehingga bisa dialokasikan untuk bagian yang lainnya yang lebih membutuhkan tenaga dari komputer tersebut.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan Klik Kanan pada Computer, kemudian pilih Properties. Selanjutnya, anda bisa memilih menu Advanced Sistem Setting. Pada jendela System Properties yang ditampilkan dan berada pada Tab Advanced, silakan klik tombol Setting. Lanjutkan dengan memilih pada bagian Adjust For Best Performance. Lalu, silakan Klik tombol Apply dan OK untuk mengaplikasikan pada komputer.

performance option windows 7

9. Disable Virtual Memory Dan Gunakan Hanya Memori Utama

Masih berkaitan dengan cara meningkatkan performa Windows 7 pada bagian nomor 7, pengguna komputer juga bisa mematikan fasilitas virtual memory sehingga semua software aplikasi yang dijalankan akan disimpan pada memori atau RAM utama. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa komputer akan memiliki performa yang terbaik.

Namun, sebelum anda mengambil keputusan untuk mendesain virtual memory pada Windows 7, pastikan bahwa kapasitas RAM utama pada komputer anda lumayan besar, sebab jika tidak maka akan sering muncul pesan “out of memory” yang menjadikan software aplikasi yang sedang dijalankan error jika anda cukup banyak membuka software dalam satu kali waktu.

Silahkan anda klik start menu, lalu klik kanan Computer. Selanjutnya klik tombol Settings pada bagian Performance. Pada jendela Performance Option yang muncul, silahkan masuk ke Tab Advanced. Pada bagian Virtual Memory, silahkan klik tombol Change. Buanglah cheklist pada bagian “automatically manage paging file size for all drive“. Lalu, pilihkan opsi No Paging Files di bagian bawah dan klik tombol Set untuk mengaplikasikannya. Lanjutkan klik tombol OK untuk mengaplikasikan dan menutup jendela yang terbuka.

disable virtual memori pada windows 7

10. Percepat “Menu Show Delay” untuk meningkatkan performa dari menu

Apakah anda ingin menu-menu yang muncul tampil lebih cepat? Anda tentunya bisa menyingkat beragam menu yang tampil dengan mengatur “Menu Show Delay” yang ada pada settingan registry.

Caranya, anda cukup klik start, kemudian ketik perintah “regedit“. Tahap berikutnya, silakan Anda tuju dan explore bagian “HKEY_CURRENT_USER“, lalu lanjutkan dengan mengeksplor bagian “control panel“. Tahap selanjutnya, Silakan Anda klik menu “desktop“. Perhatikan bagian menu yang ditampilkan di sebelah kanan dan temukan menu yang bernama “Menu Show Delay“.

menu show delay pada regedit windows 7

Silahkan anda ubah nilai dari “Menu Show Delay” dengan cara double Click. Gantilah dengan angka yang lebih kecil atau bahkan anda bisa menggantinya dengan angka 0 untuk mendapatkan kecepatan paling tinggi. Setelah itu, silakan Klik tombol Ok untuk menyimpan settingan dan restart atau Log Off komputer untuk mengaplikasikan perubahan yang anda lakukan.

Perlu diingat, sebelum anda melakukan gerakan perubahan settingan pada komputer Windows 7 milik anda, lakukan backup settingan terlebih dahulu, atau minimal anda sudah memahami Langkah Demi Langkahmenerapkannya, sehingga apabila terjadi kegagalan setingan maka anda bisa mengembalikan ke settingan sebelumnya. Disamping itu, Apabila Anda ingin mengembalikan ke settingan awal, maka anda juga bisa melakukannya dengan cukup mudah karena anda sudah memahami dengan sebaik-baiknya proses perubahan settingan pada Windows 7 tersebut.

Beragam perubahan-perubahan yang dilakukan pada settingan Windows 7 diatas tentunya akan sangat mempengaruhi terhadap performa dari komputer yang Anda gunakan. Dengan menerapkan berbagai macam cara mempercepat kinerja Windows 7 di atas, anda tentunya akan merasakan perubahan yang cukup signifikan terhadap komputer yang Anda gunakan, sehingga Anda akan lebih betah lagi bekerja menggunakan komputer tersebut.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone baru

Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

Bisa dipastikan di setiap bulannya selalu muncul generasi smartphone terbaru di pasaran. Dan tentunya bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *