Home / Software / Pahami Perbedaan Windows 10 Pro Dan Enterprise Agar Tidak Salah Pilih !!
Perbedaan Windows 10 Pro Dan Enterprise

Pahami Perbedaan Windows 10 Pro Dan Enterprise Agar Tidak Salah Pilih !!

Dari sejumlah pengguna sistem operasi Windows 10, masih ada perbedaan pemahaman mengenai versi dari Windows 10. Sejumlah kalangan memiliki pendapat bahwasanya Windows 10 Enterprise merupakan Windows 10 paling Lengkap fiturnya, sebab memiliki harga yang paling mahal dibandingkan versi Windows 10 yang lainnya. Windows 10 Enterprise juga Dianggap merupakan varian terbaik dari Windows 10.

Perbedaan antarat Windows 10 Pro dan Windows 10 Enterprise

Dari pemahaman itu, cukup banyak pengguna Windows di kalangan rumahan, contohnya mahasiswa atau pelajar yang memilih untuk memakai Windows 10 enterprise, sebab dianggap sebagai varian Windows 10 dengan kasta paling tinggi dibandingkan dengan varian yang lainnya. Padahal, sebenarnya pemahaman seperti itu tidaklah 100% benar adanya.

Guna menentukan pilihan varian versi Windows 10 mana yang cocok anda gunakan tentunya adalah memahami perbedaan Windows 10 pro dan enterprise. Sebab, bisa dibilang Windows 10 pro dan Enterprise memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Kita tentu bisa kembali ke Ilmu Ekonomi bahwa harga secara rata-rata membawa kualitas.

Perbedaan Windows 10 Pro Dan Enterprise

Secara umum, pihak Microsoft Membuat Windows 10 versi Enterprise ditargetkan untuk kalangan ke bisnis menengah hingga pebisnis besar.Dari kondisi itu, maka sejumlah besar fitur yang ditanamkan pada Windows 10 enterprise tentu sudah disesuaikan untuk kebutuhan enterprise atau bisnis. Jadi, tidak lagi ditargetkan untuk kebutuhan Perumahan.

Memang, kita tidak bisa memungkiri bahwa seluruh fitur yang terdapat pada Windows 10 Pro juga terdapat pada Windows 10 enterprise. Namun, apabila anda termasuk pengguna rumahan, tentunya sejumlah fitur tambahan yang tersedia pada Windows 10 Enterprise tidak terlalu bermanfaat untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Sebagai contoh, misalnya adalah fitur DirectAccess yang berfungsi sebagai remote bagi pengguna untuk mengakses jaringan internal melalui suatu sistem seperti VPN, yang mana fitur tersebut secara instan berguna untuk mengakses dari dua sisi ketika komputer yang digunakan terhubung dengan jaringan internet.

Baca:   Daftar Aplikasi Android Terbaik yang Direkomendasikan Untuk Smartphone Anda

Demikian pula fitur Applocker yang bisa dimanfaatkan oleh pihak administrator guna memberikan batasan akses pada aplikasi aplikasi khusus di perangkat yang lainnya. Terdapat pula fitur yang bernama branchcache yang berfungsi guna menyimpan cache online dari suatu halaman web dan server Sehingga nantinya dapat diakses dengan kecepatan yang lebih tinggi pada jaringan WAN yang memiliki kecepatan rendah.

Segala macam fitur yang sudah disampaikan di atas tentu amat dibutuhkan oleh para pebisnis atau enterprise. Begitu pula sebaliknya, fitur-fitur tersebut tentu Tidaklah terlalu berguna untuk pengguna Windows 10 rumahan yang menggunakan laptop atau PC nya untuk bekerja sehari-hari.

Berdasarkan fakta yang ada, mereka para pemakai Windows 10 rumahan akan menganggap bahwa fitur-fitur yang ada di Windows 10 enterprise yang tidak dipakai hanyalah dijadikan sebagai suatu bloat yang nantinya hanya akan memenuhi kapasitas hardisk serta membebani kinerja dari sumber daya komputer yang Anda gunakan.

Selanjutnya, terdapat pertimbangan yang lainnya di dalam menentukan untuk menggunakan Windows 10 Pro atau Windows 10 enterprise. Pertimbangan tersebut yakni perlakuan dari pihak Microsoft kepada Windows 10 Enterprise yang jauh berbeda dengan Windows 10 untuk para consumer. Sebagai contohnya adalah Windows 10, di mana Windows 10 akan memperoleh update dengan frekuensi yang lebih sering, termasuk adalah 2 update besar atau mayor dalam kurun waktu 1 tahun.

Apabila anda merupakan pengguna Windows 10 rumahan, anda akan mendapatkan update sesuai dengan jadwal yang ada. Sementara itu, untuk pengguna Windows 10 Enterprise nantinya akan memperoleh update mayor serta sejumlah fitur baru dalam kondisi telat.

Adapun permasalahan dari Windows update di versi Windows 10 Enterprise disebabkan proses update baru akan dipublikasikan ke para pengguna Windows 10 enterprise setelah yakin sudah siap dan matang untuk dipakai pada kelas bisnis, di mana proses perilisannya jauh lebih lama dibandingkan dengan proses update mayor untuk pengguna consumer.

Baca:   Cara Mudah Melakukan TRIM SSD Secara Manual Pada Windows 7,8, Dan 10

Kondisi tersebut tentu berlainan dengan Windows 10 Pro atau profesional di mana akan memperoleh update Mayor serta sejumlah fitur baru Sesuai dengan jadwal perilisan update bagi setiap consumer nya.

Detail perbedaan secara lengkap Windows 10 pro dan Windows 10 Enterprise dapat anda lihat pada tabel di bawah ini:

Fitur Yang Dimiliki Windows 10 Pro Enterprise E3 Enterprise E5
1. Windows Ink
2. Live Tiles dan Start Menu
3. Mode Tablet
4. Gesture, touch, pen dan voice
5. Cortana
6. Microsoft Edge
7. Paint 3 Dimensi
8. Mobile Device Management (MDM)
9. Azure Active Directory Join
10. Domain Join
11. Mobile Application Management (MAM)
12. Mode Shared PC
13. Windows Store for Business
14. Managed User Experience
15. Windows Hello Management
16. Kiosk Mode
17. Manage Windows Store Access
18. Manage Consumer Experience
19. Cortana Management
20. Microsoft Dynamic Management
21. App Locker
22. Microsoft Application Virtualization (App-V)
23. Micrsoft User Environment Virtualization (UE-V)
24. Conditional Access
25. Windows Hello
26. BitLocker dan BitLocker to Go
27. Windows Information Protection
28. Direct Access
29. Device Guard
30. Credential Guard
31. Windows Defender Advanced Threat Protection
32. Windows Analytics
33. Windows Update for Business
34. Remote Desktop
35. Windows to Go
36. BranchCache
37. Microsoft Desktop Optimization Pack
Baca:   Puluhan Game Endless Runner Atau Berlari Di Android

Antara Windows 10 Enterprise Dan Windows 10 Pro, Manakah Yang Harus Anda Pilih?

Guna memperoleh manfaat dan performa komputer yang efisien dan maksimal, langkah terbaik yaitu menyesuaikan versi Windows 10 yang akan anda pakai dengan kebutuhan yang anda miliki.in apabila anda bekerja di kalangan enterprise atau bisnis kelas menengah ke atas serta membutuhkan operating system dengan sejumlah fitur serta security extra, silakan Anda pakai Windows 10 versi enterprise.

Namun, apabila anda merupakan pemakai rumahan seperti pekerja kantoran, mahasiswa atau pelajar yang menggunakan komputer atau laptop untuk aktivitas pribadi, silakan Anda pakai Windows 10 Pro atau windows untuk kalangan konsumen yang lainnya. Di samping lebih efisien, anda tentunya akan memperoleh update mayor dan update fitur secara bersamaan Sesuai dengan jadwal rilisnya. Anda tidak lagi perlu untuk menunggu dalam jangka waktu yang lama guna dapat menikmati sejumlah fitur update pada Windows 10 yang sekarang ini dirilis dalam satu tahun dua kali.

Sebagai kesimpulan, Windows 10 versi enterprise memang mempunyai segudang fitur yang sangat lengkap di antara Windows 10 versi yang lainnya untuk para consumer rumahan. Namun, fitur paling lengkap bukan artinya yang paling baik, terlebih apabila digunakan pada pemakaian yang bukan semestinya. Oleh sebab itulah, Silakan anda Pastikan untuk bisa menyesuaikan pemilihan dari sistem operasi dengan jumlah kebutuhan pemakaian anda sehari-hari.

Tentunya, setelah anda pahami sejumlah perbedaan Windows 10 pro dan Enterprise, anda sudah tidak lagi merasa kesulitan untuk menentukan versi Windows 10 mana yang akan digunakan. Sebab, orientasi dari penggunaan sistem operasi pada sebuah komputer adalah efektivitas dan efisiensi serta kemudahan di dalam mengoperasikan. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Game Bola Terbaik Yang Direkmendasikan Untuk Smartphone Android

Game Bola Terbaik Yang Direkmendasikan Untuk Smartphone Android

Antusiasme masyarakat akan permainan sepak bola memang sangat tinggi dan sudah tidak perlu ditanyakan lagi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *