Home / Tips dan Trik / Mengatasi Play Store Yang Tidak Bisa Download
Mengatasi Play Store Yang Tidak Bisa Download

Mengatasi Play Store Yang Tidak Bisa Download

Terdapat banyak sekali buku, film, game, aplikasi yang bisa diunduh lewat Google Play Store. Kondisi tersebut tentunya akan sangat mengasyikkan untuk setiap pemakai smartphone Android. Akan tetapi, kadang kala terdapat masalah yang menjadikan Google Play Store tidak bisa merampungkan proses download aplikasi yang anda butuhkan. Misalnya proses loading yang terus-menerus sampai dengan aplikasi tersebut gagal tersimpan disebabkan karena memori yang penuh.

Kadangkala, anda sudah cukup lama menunggu pada saat mengunduh aplikasi, namun setelah proses pengunduhan selesai, smartphone malah menampilkan pesan error “insufficient storage available”. Pesan error tersebut menandakan bahwa Sanya ruang simpan pada storage anda sudah kepenuhan serta tidak dapat merampungkan proses instalasi aplikasi yang anda download. Kondisi tersebut tentu amat sangat menjengkelkan, utamanya Apabila Anda benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut.

Lalu, Adakah cara untuk mengatasi Google Play Store yang tidak dapat mendownload yang disebabkan oleh permasalahan memori yang kepenuhan maupun masalah yang lainnya? Anda tidak perlu khawatir, sebab Anda cukup mengikuti sejumlah langkah berikut, maka permasalahan tersebut akan segera teratasi.

Menghapus Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

Mempunyai smartphone berbasis Android tentunya tidak akan merasa lengkap apabila anda tidak menginstal berbagai macam aplikasi yang menarik. Barangkali, anda cukup menyenangi untuk mengoleksi sejumlah aplikasi game, sosial media, editing foto dan beberapa aplikasi yang lainnya. Namun, Apakah Anda menyadari bahwasanya kebiasaan tersebut bisa menghabiskan kapasitas dari media penyimpanan smartphone anda?

hapus aplikasi yang tidak digunakan

Kondisi tersebut akan mengakibatkan anda tidak lagi dapat mendownload aplikasi yang lainnya, sebab kapasitas penyimpanan pada smartphone sudah tidak lagi tidak cukup lagi. Oleh sebab itu, silakan Anda menghapus atau and install uninstall sejumlah aplikasi yang barangkali sudah tidak lagi anda pakai. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Silakan Anda masuk ke menu settings, kemudian silakan lanjutkan dengan memilih menu applications. Selanjutnya, Pilihlah aplikasi yang yang sudah tidak Anda gunakan lagi dan ingin anda hapus atau Anda uninstall. Selanjutnya, silakan tap menu “uninstall” pada aplikasi yang telah dipilih tersebut. Silakan anda ulangi langkah tadi pada sejumlah aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi.

Baca:   Cara Mematikan Windows Update Atau Auto Update Di Windows 10

Tahap berikutnya, anda bisa mencoba untuk menginstal kembali aplikasi anda yang sebelumnya gagal diinstal. Setelah berhasil, jangan lupa untuk menghapus cache pada seluruh aplikasi.

Cara Memperbaiki Play Store Dengan Cara Membersihkan Cache

hapus cache semua aplikasi android

Sejumlah pengguna smartphone berbasis Android kerap kali mengabaikan permasalahan cache yang selalu menumpuk pada aplikasi yang digunakan. Setiap aplikasi masing-masing aplikasi tentunya menyimpan sejumlah file cache atau file sampah yang wajib rutin untuk dibersihkan. Hal tersebut dikarenakan file cache akan cukup menghabiskan ruang pada kapasitas penyimpanan di smartphone Android. Di samping itu, cache yang menumpuk tentunya akan menjadikan performa smartphone semakin melambat.

Kebiasaan untuk tidak menghapus file cache juga memberikan kontribusi kegagalan pengunduhan aplikasi pada Google Play Store. Pada proses penghapusan file cache, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Tahap pertama, silakan Anda akses menu settings, kemudian silahkan Anda masuk pada menu applications.
  2. Berikutnya, silakan Anda memilih seluruh aplikasi yang ada pada Application Manager tersebut.
  3. Tahap selanjutnya, silakan Anda masuk pada salah satu aplikasi, kemudian silakan Anda memilih menu “clear cache
  4. Tahap berikutnya, anda bisa mengulangi langkah di atas guna membersihkan file cache yang ada pada masing-masing aplikasi yang sudah terinstall di Smartphone anda
  5. Berikutnya, anda bisa mencoba untuk menginstal kembali aplikasi yang sebelumnya tidak bisa diinstal lewat Google Play Store

Cara Memperbaiki Google Play Store Dengan Memindahkan Ke SD Card Atau Memori Eksternal

Permasalahan munculnya pesan error “Insufficient Storage Available” dikarenakan diakibatkan oleh kapasitas penyimpanan yang sudah sangat minim serta tidak bisa mencukupi untuk penyimpanan aplikasi dari Google Play Store. Pantas, Bagaimanakah cara Anda untuk memindahkan sejumlah aplikasi supaya bisa tersimpan pada memori eksternal? Hal tersebut disebabkan karena pada saat Anda mendownload aplikasi dari Google Play Store, maka secara otomatis aplikasi yang anda download akan tersimpan pada kartu memori internal smartphone.

Sebelum anda mempraktekkan Teknik ini, Anda harus memastikan telah memasang SD Card pada slot external storage di Smartphone anda. Berikutnya, proses pemindahan aplikasi isi dari internal memory ke external memory bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Tahap pertama, silakan Anda akses menu settings, kemudian Pilihlah menu applications.
  2. Selanjutnya, silakan Anda masuk ke menu settings pilih aplikasi mana saja yang hendak dipindahkan ke eksternal memori.
  3. Pada aplikasi yang telah terpilih, silakan Anda memilih menu “move to SD card“.
  4. Tahap berikutnya, anda bisa mengulangi beberapa langkah di atas guna memindahkan aplikasi aplikasi yang lain ke media penyimpanan eksternal.
  5. Jika seluruhnya telah selesai, anda bisa mencoba kembali untuk mengakses Google Play Store serta mendownload aplikasi yang anda butuhkan.
Baca:   Cara Mengaktifkan IDM Yang Tidak Bekerja Di Chrome Terbaru

Install Fasilitas Google Play Service

Bisa dikatakan bahwa Google Play service berkaitan erat dengan Google Play Store. Adapun permasalahan yang ada di Play service tentunya cukup memberikan dampak pada Google Play Store. Jalan keluar yang bisa diambil Yaitu anda bisa memperbaiki Play service Google Play service terlebih dahulu. Tekniknya adalah dengan meng uninstall Google Play service yang bisa dikerjakan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Tahap pertama, silakan Anda akses menu settings, lalu silahkan anda pilih menu applications.
  2. Tahap selanjutnya, Silakan anda cari dan temukan menu Google Play service.
  3. Pertama kalinya, silakan Anda memilih menu ‘Clear cache’ serta ‘Clear data’ terlebih dahulu. Lebih dahulu. Selanjutnya, anda dapat mencoba untuk mengunduh sejumlah aplikasi pada Google Play Store. Akan tetapi, apabila Google Play Store tidak juga dapat mendownload serta menginstal aplikasi yang anda butuhkan, maka anda bisa mencoba kembali pada langkah pertama dan kedua.
  4. Selanjutnya, anda bisa memilih menu “uninstall update” guna menonaktifkan “Google Play service“.

Mereset Smartphone Anda Ke Setting Default

Jika beberapa langkah di atas tidak berhasil, anda bisa mencoba untuk mendownload aplikasi di Play Store. Fasilitas Google Play service dibutuhkan oleh Google Play Store guna menyediakan fungsi inti untuk autentikasi pada layanan Google serta dipakai di dalam memperbarui dan memperbaiki memperbaharui adanya update aplikasi yang tersedia pada Google Play Store.

Menghapus Proxy

hapus proxy pada android

Apabila permasalahan pada Google play store yang tidak dapat mendownload disebabkan tidak disebabkan oleh kapasitas memori yang kepenuhan, akan tetapi, disebabkan karena anda memperoleh pesan error 403, error 49 dan lain sebagainya p. Untuk itulah, anda bisa mencoba mendelete proxy yang terdapat di pengaturan APN smartphone anda. Beberapa langkahnya adalah sebagai berikut

  1. Langkah pertama, silakan Anda akses menu settings, kemudian bila kan pilih menu More
  2. Berikutnya, silakan Anda akses menu mobile network
  3. Tahap selanjutnya, silakan Anda buka pilihan Akses Point Name
  4. Selanjutnya, silakan Anda memilih APN yang sedang anda pakai hapus, kemudian hapuslah pada kolom proxy serta portnya
  5. Sebagai tahapan paling akhir, silakan Anda coba simpan settingan tersebut, kemudian coba Kembali mendownload aplikasi lewat Google Play Store
Baca:   Cara Mengatasi Product Activation Failed Pada Microsoft Office 2016

Adapun metode lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kegagalan download pada Playstore yaitu dengan cara root di Smartphone anda. Akan tetapi, penulis tentunya sangat tidak menyarankan Teknik ini. Sebab, Pada saat Anda me-root Tablet atau smartphone Anda, garansi resmi dari untuk perangkat tersebut otomatis hilang.

Produsen dari smartphone Anda tentunya tidak akan mau bertanggung jawab terhadap rusak kerusakan yang ada pada perangkat anda. Intinya, root berfungsi untuk mematikan menghilangkan adanya klaim garansi resmi yang sudah disediakan Ketika anda membeli smartphone Baru. Selain itu, root juga bisa menjadikan harga jual dari Tablet atau smartphone Mengalami penurunan.

Kesimpulannya, guna mengatasi permasalahan Google play store yang tidak dapat mendownload, anda bisa memakai beberapa cara langkah diatas yang sudah penulis berikan. Sementara itu, jika sumber permasalahan ada pada koneksi internet ataupun yang lainnya, maka anda dapat mengikuti sejumlah tutorial membaca beberapa artikel yang lainnya pada blog ini.

Namun demikian, apabila seluruh cara telah dikerjakan di atas, namun smartphone anda tetap belum bisa bekerja dengan normal, anda bisa mencoba untuk membawanya ke tempat reparasi supaya bisa ditangani oleh ahlinya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone baru

Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

Bisa dipastikan di setiap bulannya selalu muncul generasi smartphone terbaru di pasaran. Dan tentunya bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *