Home / Software / Langkah Demi Langkah Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk
Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Langkah Demi Langkah Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Windows 10 adalah versi terbaru varian sistem operasi buatan Microsoft. Tentunya, banyak yang merasa penasaran untuk mencoba Windows 10. Oleh sebab itu, pada kesempatan yang baik ini penulis akan mencoba menguraikan dengan lengkap dan jelas langkah demi langkah Bagaimana cara instal Windows 10 dengan flashdisk. Kenapa media yang dipilih adalah flash disk? Sebab, flash disk adalah salah satu media yang memiliki kecepatan baca cukup tinggi sehingga proses instalasi Windows 10 bisa berjalan lebih cepat.

Sebelum kita memulai membahas tentang cara menginstal Windows 10 menggunakan flashdisk, perlu kita ketahui bersama bahwa Windows 10 adalah salah satu Windows yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi. Selain itu, interface yang dimiliki pada Windows 10 mengalami banyak sekali perubahan dari versi Windows sebelumnya, yakni Windows 8. Munculnya Kembali Start menu pada Windows 10 adalah salah satu perbaikan yang dilakukan pihak Microsoft menyusul dari Start menu yang dihilangkan pada Windows 8.

Daftar Isi:

  1. Alat dan Bahan yang dibutuhkan untuk Install Windows 10
  2. Cara Mendapatkan Master Windows 10
  3. Cara install windows 10 dengan flashdisk

Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Menginstal Windows 10

Sebelum kita memulai proses instalasi Windows 10 pada komputer desktop atau laptop, maka kita perlu mempersiapkan segala macam alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang penulis Sebutkan memiliki sifat wajib yang harus Anda persiapkan dan sediakan. Apa saja alat dan bahan tersebut?

  1. Master Windows 10
  2. Flash Disk Dengan Kapasitas Minimal 8gb
  3. Software Driver Yang Sudah Disesuaikan Dengan Hardware Komputer
  4. Software Aplikasi

Alat-alat yang wajib Anda persiapkan di atas harus anda sediakan sebelum anda memulai proses instalasi Windows 10. Sebab, jika terdapat kekurangan alat walaupun hanya satu, nantinya proses instalasi Windows 10 bisa terhambat.

Cara Mendapatkan Master Windows 10

Setelah anda memastikan bahwa seluruh peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk instalasi Windows 10 tersedia, maka Mari kita membahas mengenai cara memperoleh Master Windows 10. Aktivitas mendapatkan master Windows 10 adalah salah satu aktivitas yang sangat penting untuk dipahami oleh setiap pengguna komputer, sebab keberadaan Master Windows 10 adalah bagian yang paling penting.

Terdapat berbagai macam cara yang bisa ditempuh untuk memperoleh Master software Windows 10. Langkah-langkah inilah yang akan penulis coba bahas pada ulasan berikut ini.

1. Mendownload Master Windows 10

Aktivitas mendownload Master Windows 10 bukanlah sesuatu yang jarang dikerjakan oleh para pengguna komputer. Sebab, semenjak teknologi internet semakin berkembang, kemudahan di dalam memperoleh sesuatu di internet juga terbuka lebar. Salah satunya adalah memperoleh software Master Windows 10.

Untuk anda yang ingin memperoleh Master Windows 10 dengan cara mendownload, maka tentunya Anda harus memahami terlebih dahulu spesifikasi dari komputer atau laptop yang hendak diinstal tersebut. Anda harus memperhatikan kapasitas RAM yang terpasang pada komputer, apakah sudah berkapasitas besar atau belum.

Apabila komputer atau laptop anda sudah memiliki RAM dengan kapasitas diatas 8 GB, maka sebaiknya Anda download Windows 10 Pro 64 bit iso. Hal tersebut dikarenakan versi Windows 10 Pro 64 bit adalah versi Windows yang mampu untuk mengenali sekaligus membaca komputer dengan spesifikasi RAM di atas 8 GB. Apabila anda mendownload Windows 10 32 bit iso, maka bisa dipastikan kapasitas RAM pada komputer anda yang aslinya di atas 8 GB hanya akan terbaca sebesar 4 GB saja.

Namun demikian, apabila komputer atau laptop yang pakan anak install tersebut memiliki spesifikasi yang cukup rendah, misalnya memiliki RAM 4 GB, alangkah baiknya anda mendownload Windows 10 32 bit saja. Hal tersebut bertujuan supaya komputer tidak terlalu berat di dalam menjalankan sistem operasi Windows 10 tersebut.

Lalu, Bagaimanakah cara download iso Windows 10 64 bit tersebut? Untuk memperoleh software Master Windows 10 64 bit, maka anda bisa mengunjungi situs resmi Microsoft. Pada situs resmi Microsoft tentunya disediakan Master Windows 10 dengan berbagai macam versi dan varian, mulai dari Windows 10 Pro 64 bit iso, Windows 10 enterprise 64 bit iso, Windows 10 enterprise 64 bit iso dan Windows 10 versi yang lainnya.

Setelah anda mengunjungi situs resmi Microsoft, silakan Anda Berselancar Di dalamnya dan temukan link produk yang dimiliki pada website Microsoft tersebut. Salah satu produk yang cukup populer di situ adalah Windows 10. Anda tentunya bisa langsung download iso Windows 10 64 bit atau 32 bit, sesuai dengan spesifikasi komputer yang hendak diinstal.

Satu hal yang perlu dipahami oleh kita bersama bahwa ukuran dari Master Windows 10 cukuplah besar, rata-rata di atas 4 GB untuk setiap versinya, sehingga kita harus benar-benar sabar menunggu proses download Windows 10 iso 64 bit atau 32 bit tersebut. Terlebih jika koneksi internet yang kita miliki Tidaklah terlalu cepat. Biasanya, untuk menghemat waktu penulis melakukan download iso Windows 10 64 bit di malam hari sehingga bisa ditinggal tidur, Nantinya di pagi hari proses download sudah selesai.

Baca:   Cara Downgrade Windows 10 Ke Windows 7 Terbukti 100% Jalan

Namun, jika anda merupakan orang yang cukup sabar dalam menunggu proses download, maka silakan Anda download Windows 10 terbaru di situs resmi Microsoft sambil mengerjakan aktivitas yang lainnya.

2. Membeli Langsung ke Microsoft Indonesia

Microsoft Indonesia merupakan perwakilan dari Microsoft pusat. Di Microsoft Indonesia menyediakan penjualan berbagai macam produk dari Microsoft, salah satunya adalah Windows 10. Jadi, selain Anda bisa download Windows 10 64 bit terbaru, anda bisa pula membeli versi Windows 10 tersebut langsung di Microsoft Indonesia.

Tentunya, apabila anda membeli langsung Windows 10 ke Microsoft Indonesia, maka anda akan langsung mendapatkan serial number yang nantinya bisa digunakan sebagai salah satu syarat untuk proses aktivasi Windows 10 yang anda install tersebut. Dengan demikian, maka anda tidak perlu pusing lagi untuk memperoleh serial number Windows 10 Pro 64 bit yang anda download tersebut.

Perlu kita pahami bersama bahwa ketika kita mendapatkan master Windows 10 dengan cara download, maka kita juga harus memahami cara mendapatkan product key Windows 10. Berbeda ketika kita membeli software Master Windows 10 ke Microsoft Indonesia di mana serial number Windows 10 tersebut sudah pasti langsung diberikan. Kita tidak perlu lagi terlalu repot untuk memperoleh produk key Windows 10 yang hendak kita instal di laptop atau komputer.

3. Membeli Windows 10 pada reseller Microsoft

Sekarang ini, reseller dari produk Microsoft sangatlah banyak. Salah satunya adalah pada marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, shopee, dan lain sebagainya. Ketika anda cukup repot untuk datang ke Microsoft Indonesia, maka anda bisa membeli Windows 10 64 bit atau 32 bit di salah satu marketplace yang anda percayai.

Carilah pedagang-pedagang Windows 10 untuk versi 64 bit atau 32 bit yang anda percaya dan tentunya menjual Windows 10 versi original atau asli. Jangan tertipu dengan harga murah sebab rata-rata Windows 10 yang memiliki harga murah adalah versi Windows bajakan yang seakan-akan asli atau original.

Pahamilah karakter dan ciri-ciri dari penjual yang ada di marketplace serta bacalah ulasan atau review dari para pembelinya. Apabila ulasan atau review dari para pembelinya berupa ulasan positif, maka anda bisa membeli pada penjual tersebut. Begitu pula sebaliknya, apabila terdapat cukup banyak ulasan negatif serta feedback negatif, maka hindari untuk membeli software Windows 10 pada penjual tersebut.

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk

Setelah anda berhasil memperoleh Master Windows 10 baik yang 64 bit atau 32 bit, maka Mari kita lanjutkan proses instalasi Windows 10 pada laptop atau komputer. Penulis Ingatkan sekali lagi, sesuaikan versi Windows yang akan anda install dengan spesifikasi komputer atau laptop yang anda miliki. Apabila spesifikasi dari laptop atau komputer cukup tinggi, maka disarankan untuk menginstal Windows 10 64 bit.

Seperti yang sudah dibahas pada bagian depan, bahwa penulis akan mencoba untuk mengulas cara instal ulang Windows 10 dengan flashdisk. Tentunya, metode yang digunakan cukup berbeda dengan cara instal ulang Windows 10 menggunakan DVD. Bagian pertama yang perlu kita kerjakan adalah membuat atau menyalin file installer dari Windows 10 ke media flash disk. Mari kita bahas langkah-langkah di dalam membuat installer Windows 10 pada removable flash disk.

1. Cara Membuat Installer Windows 10 Pada Flashdisk

Untuk membuat installer Windows 10 di flashdisk, kita tidak bisa langsung menggunakan teknik copy paste, namun kita membutuhkan software yang berfungsi untuk membuat installer Windows 10 pada media flash disk. Sekarang ini, software software tersebut jumlahnya sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa nama software yang bisa anda manfaatkan untuk menyalin file Master Windows 10 yang ada di keping DVD atau yang masih berupa file iso hasil download. Istilah lainnya adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat USB bootable.

  • Software wintoflash
  • Software RMPREPUSB
  • Software Rufus
  • Software wintobootic
  • Software Yumi
  • Software Universal USB Installer
  • Software Windows Bootable Image Creator
  • Software Winsetup From USB
  • Software Lili
  • Software unetbootin

Tentunya, Penulis tidak akan membahas langkah demi langkah membuat USB bootable pada Windows 10 menggunakan seluruh software diatas. Menulis hanya akan mengambil satu software sebagai contoh, yakni software WinToFlash. Kenapa dipilih software wintoflash? Sebab, software tersebut sangat terkenal dan memiliki kualitas yang sangat baik sehingga hasil dari pembuatan installer Windows 10 pada media flash disk bisa berjalan dengan lancar.

Langkah-langkah yang bisa anda kerjakan untuk membuat USB portable menggunakan wintoflash adalah sebagai berikut:

Silakan Anda download software wintoflash pada Link https://wintoflash.com/download/en

Anda bisa memilih WinToFlash yang sifatnya gratis yakni wintoflash Lite. Apabila anda memiliki dana berlebih, anda bisa membeli WinToFlash versi Home, wintoflash versi profesional Atau wintoflash versi bussines. Pada tulisan ini penulisn menggunakan WinToFlash versi Profesional

Baca:   Cara Mengetahui Product Key Windows 10 Yang Sudah Terinstall Di PC

Setelah selesai download, silakan Anda install software WinToFlash seperti biasa

Setelah selesai, silakan Anda buka software WinToFlash tersebut

wizard mode pada WinToFlash

Silahkan anda klik pada bagian Wizard Mode, lalu klik tombol Windows Setup Boot USB Wizard. Opsi ini adalah opsi paling mudah didalam membuat USB Bootable untuk Windows 10

tahap persiapan pada WinToFlash

Pada jendela wizard diatas yang berisi welcome to Novicorp WinToFlash, klik kembali tombol Next untuk melanjutkan proses

memilih sumber file iso windows 10

Pada jendela diatas, anda diberikan 2 opsi pilihan sumber dari file installer, yaitu:

  • I have CD inserted …: JIka anda memiliki master Windows 10 dalam bentuk DVD, maka anda bisa memilih untuk menggunakan opsi ini
  • I have ISO image ….: Jika anda memiliki master Windows 10 dalam bentuk file image (ISO), silahkan anda pilih opsi ini. Jika Windows 10 yang anda miliki diperoleh dengan cara download, maka anda juga harus menggunakan pilihan ini.

Klik tombol Next untuk melanjutkan

pemilihan windows path dan USB flashdisk path pada WinToFlash

Langkah berikutnya adalah menetukan Windows file path pada komputer. Silahkan anda klik tombol Select untuk membuka jendela Open dan arahkan dimana file master Windows 10 anda simpan.

Pada bagian USB drive, silahkan anda pilih flashdisk yang telah terpasang dan akan anda gunakan sebagai media installernya. Jangan sampai keliru jika anda sedang memasang lebih dari 1 flashdisk dikomputer.

Klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

installer windows 10 siap untuk dibuat pada WinToFlash

Sebuah jendela yang berisi informasi dari beberapa setting sebelumnya ditampilkan. Silahkan anda pahami kembali beberapa informasi tersebut. Jika sudah yakin benar, maka USB Bootable Windows 10 siap untuk dibuat. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

warning formating flashdisk pada WinToFlash

Sebuah jendela warning akan dimunculkan. Warning tersebut menginformasikan bahwa proses berikutnya akan melakukan format dan menghapus seluruh data yang ada pada flashdisk target. Tentunya proses tersebut akan menghilangkan semua data yang ada pada flshdisk anda. Oleh sebab itu, backup terlebih dahulu data pada flashdisk anda sebelum anda kehilangan data penting anda.

Jika sudah yakin, klik tombol Continue untuk melanjutkan dan tunggulah beberapa menit hingga proses pembuatan bootable installer Windows 10 pada USB flashdisk selesai.

2. Proses Install Windows 10 dengan flashdisk

Proses Install Windows 10 menggunakan flashdisk adalah diawali dengan setting BIOS pada komputer supaya bagian “First Boot” adalah USB Flashdisk. Silahkan anda pasang/tancapkan Flashdisk yang sudah berisi installer Windows 10 pada port USB, lalu nyalakan komputer.

Tekan tombol Del untuk masuk ke BIOS pada komputer. Setelah masuk BIOS, lanjutkan dengan setting pada bagian Boot dan arahkan menu First Boot ke USB Flashdisk yang anda pasang tersebut.

first boot flashdisk pada BIOS

Selanjutnya simpan setting BIOS dan restart komputer. Tunggulah sampai dengan komputer menyala kembali dan muncul pesan “Press Any Key To Boot From CD or DVD…“. Tekan sembarang tombol (tombol Enter misalnya) untuk masuk ke sistem instalasi Windows 10. Jika berhasil maka akan dimunculkan tampilan seperti dibawah ini.

windows 10 loading installer

Tunggulah beberapa saat hingga tampilan instalasi Windows 10 berubah seperti ditunjukan pada gambar berikut ini.

pengaturan bahasa time currency dan keyboard pada install windows 10

Isikan beberapa setting pada tahap awal install Windows 10, yaitu:

  • Language to Install isikan dengan English (United Kingdom)
  • Time and CUrrency isikan dengan English (United Kingdom) atau English (United States)
  • Keyboard or Input Method isikan dengan United Kingdom

Untuk melanjutkan proses instalasi, klik tombol Next

pemilihan jenis instalasi pada Windows 10

Pada tahap ini disediakan 2 buah pilihan, yaitu Install Now dan Repair your computer. Fungsi Repair your computer bisa anda gunakan untuk memperbaiki instalasi Windows 10 sebelumnya yang mengalami kerusakan. Jenis kerusakan yang bisa diperbaiki dengan menu Repair your computer contohnya adalah Windows 10 yang terkena virus, Windows 10 yang error tidak bisa booting, dan beberapa jenis kerusakan OS Windows 10 yang lainnya. Karena pada tahap ini kita akan menginstall Windows 10 mode Fress, maka kita klik tombol Install Now

setup is starting pada windows 10

Tunggulah beberapa saat dan otomatis anda akan dibawa ketampilan jendela seperti berikut ini.

insert product key pada install windows 10

Jika anda sudah memiliki Product Key Windows 10, silahkan anda masukan pada bagian “Dashed will be Added Automatically”, lalu klik tombol Next. Namun, jika anda belum memiliki product key Windows 10, silahkan anda lewati tahap ini dengan klik tombol “Skip“.

pemilihan jenis OS Windows 10 yang akan diinstall

Tahap berikutnya adalah menentukan versi Windows 10 yang akan diinstall. Pada tutorial kali ini disediakan 2 versi Windows 10, yaitu Windows 10 10 Professional (Pro) 64 bit dan Windows 10 Home 64 bit. Silahkan anda pilih salah satu, lalu klik tombol Next untuk melanjutkan.

license term pada instalasi windows 10

Jendela berikutnya yang muncul adalah mengenai License Term atau sering dikenal istilah EULA. Anda harus menyetujui lisensi yang ada dengan memberikan ceklist pada pagian I accept the licence term. Selanjutnya, klik tombol Next untuk melanjutkan.

Baca:   10 Aplikasi Edit Video Untuk Windows 10 Paling Baru

tipe install windows 8

Sama dengan cara install ulang Windows 7, pada proses install ulang Windows 10 juga menyediakan 2 opsi atau 2 jenis tipe instalasi, yaitu Upgrade Install Windows and keep file…. dan Custom Install Windows only.

Masing-masing jenis instalasi Windows 10 tersebut memiliki perbedaan, yaitu:

  • Custom Install Windows only bisa anda pilih jika ingin melakukan fresh install ulang pada komputer. Artinya komputer akan diinstall dengan sistem operasi Windows 10 yang baru dan menghilangkan versi OS yang lain jika sebelumnya sudah pernah terinstall. Metode ini tentunya akan menghapus semua instalasi software yang sudah ada pada komputer yang akan diinstall ulang. Jenis instalasi ini wajib anda pilih jika komputer anda dalam kondisi baru.
  • Upgrade Install Windows and keep file… merupakan jenis instalasi Windows 10 yang memiliki fungsi yaitu mempertahankan semua software aplikasi yang ada pada sistem operasi yang akan di upgrade. Dengan memilih opsi Upgrade Install Windows and keep file, maka anda tidak perlu repot-repot untuk menginstall kembali software aplikasi yang sebelumnya telah terinstall pada OS yang di upgrade tersebut. Opsi Upgrade Install Windows and keep file…. tentunya hanya bisa bekerja jika komputer anda sebelumnya sudah terinstall OS yang mendukung untuk di upgrade ke versi Windows 10.

Jika anda ingin menginstall dengan opsi fresh, silahkan anda pilih Custom Install Windows only, lalu klik tombol Next untuk melanjutkan.

pengaturan pembuatan partisi pada instalasi windows 10

Buatlah partisi baru dengan klik tombol New, kemudian masukan angka berapa ukuran partisi yang akan dibuat dalam satuan MB. Jika sudah, klik tombol Apply.

pengaturan ukuran partisi windows 10

Akan dimunculkan konfirmasi pembuatan partisi. Jika anda setuju dan ingin melanjutkan ke proses berikutnya, silahkan klik tombol OK.

konfirmasi pembuatan partisi windows 10

Proses pembuatan partisi pada Windows 10 selesai, silahkan anda Klik tombol Next untuk melanjutkan proses Install Windows 10 menggunakan flashdisk

pembuatan partisi Windows 10 selesai

Setelah anda klik tombol Next,  maka proses awal install Windows 10 akan berjalan

proses installing windows 10 berjalan

Tunggulah beberapa saat hingga proses Installing Update selesai. begitu proses tersebut selesai, komputer akan restart.

windows 10 restrart pada proses install

Tunggulah proses restart Windows 10 beberapa saat. Setelah menyala kembali akan tampil sebuah layar seperti pada gambar berikut ini.

windows 10 loading nyala kembali pada saat install

Anda cukup menunggu saja proses diatas. Selanjutkan akan berjalan proses Getting Device Ready. Proses tersebut akan berjalan lumayan lama. Anda cukup menunggunya saja. Bentuk visualisasinya seperti pada gambar dibawah ini.

getting devie ready pada windows 10

getting ready windows 10

Setelah proses Getting ready selesai, maka komputer akan restart kembali. Silahkan anda tunggu hingga proses Install ulang Windows 10 dengan flashdisk berjalan otomatis kembali. Tampilannya adalah sebagai berikut.

enter product key windows 10

Silahkan anda masukan Product Key yang sudah anda peroleh pada saat membeli Windows 10. Apabila anda memperoleh master Windows dengan cara download, maka anda belumlah memiliki product key. Anda bisa memasukan product key belakangan setelah selesai menginstall ulang Windows 10. Silahkan klik menu Do This Later jika anda tidak memiliki product key.

pengaturan personalize awal setelah install windows 10

Tahap selanjutnya, anda akan diminta untuk melakukan setting dasar pada beberapa bagian. Jika tidak ingin repot mensetting bagian yang belum tentu dipahami, silahkan gunakan pilihan setting standart dengan klik tombol Use Express Settings.

just moment pada install windows 10

Selanjutnya anda akan dibawa ke tampilan yang layarnya hanya tertulis Just a moment. Artinya pada proses ini anda harus menunggu hingga anda akan dibawa ke tampilan jendela seperti berikut.

memasukan nama pengguna komputer Windows 10

Silahkan anda masukan nama komputer yang akan digunakan pada bagian Who’s going to use this PC. Jika anda menginginkan untuk memproteksi komputer dengan password, silahkan masukan password anda pada bagian Enter Password sebanyak 2 kali. Jika sudah, silahkan klik tombol Next untuk melanjutkan.

setting up pada install Windows 10

persiapan tampilan windows 10

persiapan tampilan taking care windows 10

persiapan tampilan just a few more tweaks windows 10

persiapan tampilan 2 windows 10

persiapan tampilan 3 windows 10

install windows 10 menggunakan flashdisk selesai

Akhirnya proses penerapan cara install Windows 10 dengan flashdisk bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga tutorial ini bisa dituliskan dengan cukup lengkap.

Sebelum diakhiri, perlu di ketahui bersama bahwa sistem operasi Windows 10 memiliki banyak sekali versi. Versi-versi pada Windows 10 itulah yang nantinya akan membedakan fasilitas serta fitur yang dimilikinya. Untuk Anda yang ingin mengetahui masing-masing perbedaan pada Windows 10, misalnya adalah perbedaan Windows 10 Pro dan Enterprise, anda bisa langsung mengunjungi website Microsoft. Di website tersebut tentunya sudah dijabarkan secara lengkap perbedaan pada masing-masing versi Windows 10.

Itulah beberapa langkah cara instal ulang Windows 10 dengan flashdisk yang bisa penulis jabarkan Pada kesempatan kali ini. Artikel ini memang cukup panjang, namun sebenarnya apabila kita pahami dengan seksama tentang cara instal Windows 10 dengan flashdisk bukanlah perkara yang sulit untuk dikerjakan, bahkan oleh para pemula sekalipun. Bagian yang diperlukan adalah niat dan tekad yang kuat untuk belajar memahami tahapan demi tahapan instalasi sistem operasi sehingga pada akhirnya anda benar-benar mampu memahami cara install ulang Windows 10 dengan flashdisk dengan baik dan benar. Sekian dan terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Daftar Aplikasi Android Terbaik yang Direkomendasikan Untuk Smartphone Anda

Daftar Aplikasi Android Terbaik yang Direkomendasikan Untuk Smartphone Anda

Begitu banyaknya aplikasi pada smartphone Android, barangkali menjadikan anda memiliki harapan baru yang belum pernah …

One comment

  1. Gan ko di pake instal adoble photoshop eror trus suka ada code 90.1 apanya y gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *