Home / Tips dan Trik / Kumpulan Fitur, Trik, dan Tips Yang Tersembunyi Pada Windows 10
Kumpulan Fitur Trik dan Tips Yang Tersembunyi Pada Windows 10

Kumpulan Fitur, Trik, dan Tips Yang Tersembunyi Pada Windows 10

Saat ini, sistem operasi Windows 10 adalah salah satu sistem operasi terbaru buatan microsoft. Karena masih tergolong cukup baru serta diikuti cukup banyak dilakukan perubahan, menyebabkan tidak semua orang memahami seluruh fitur yang ditawarkan kepada pengguna Windows 10, apalagi jika fitur tersebut masih disembunyikan.

Oleh sebab itulah, pada kesempatan yang baik ini ini penulis akan mencoba untuk menyampaikan kumpulan fitur, tips dan trik tersembunyi di Windows 10. Barangkali, dari sekian banyak tips dan trik serta fitur tersembunyi pada Windows 10 yang hendak disampaikan untuk anda, beberapa diantaranya belum anda pahami.

Kumpulan Fitur, Trik, Dan Tips Yang Tersembunyi Pada Windows 10

Baiklah, berikut ini adalah sejumlah tips dan trik serta fitur tersembunyi yang dimiliki pada Windows 10.

1. Fitur Bash Linux

Bash Linux pada Windows 10

Apabila anda cukup rajin mengikuti sejumlah informasi tentang perkembangan sistem operasi Windows 10, maka bisa dipastikan anda telah memahami bahwa di dalam Windows 10 juga sudah terintegrasi Bash Linux. Namun, pada banyak pengguna Windows 10, fitur Bash Linux adalah fitur tersembunyi dan belum banyak yang mengetahuinya.

Fitur Bash Linux dapat anda gunakan pada keperluan development, contohnya adalah pada saat hendak menginstal software aplikasi serta menjalankan software aplikasi Linux, di mana anda bisa memanfaatkan Command Prompt.

Proses mengaktifkannya yaitu anda cukup membuka menu Turn Windows Features On Or Off, kemudian beri tanda centang pada Windows Subsystem For Linux (Beta), dan akhiri dengan Merestart komputer anda apabila diminta.

Setelah anda merestart komputer, silakan anda tunggu beberapa saat hingga komputer stand by kembali. Selanjutnya, silakan anda buka menu Settings, kemudian pilih menu Update And Security, kemudian pilih menu For Developer, lalu pilih menu Developer Mode.

Langkah terakhir, silahkan anda buka Command Prompt as administrator. Lanjutkan dengan mengetik perintah “Bash“, kemudian tekan tombol Enter. Setelah proses tersebut, apabila muncul konfirmasi instalasi, silakan tekan tombol “Y” pada keyboard.

Dari tahap ini, maka windows secara otomatis akan menginstal bash. Silakan anda masukkan username serta password anda. (dalam hal ini, anda bebas memasukkannya). Selanjutnya, apabila suatu saat nanti anda membutuhkan Bash Linux, maka anda tinggal mengetikkan bash pada Command Prompt.

Baca:   Cara Mempercepat Booting Windows 10 Sampai Kurang Dari 5 Detik

2. Fitur Transparan Pada Command Prompt

Command Propt Transparan pada Windows 10

Warna hitam dan kontras merupakan ciri khas dari Command Prompt di Windows 10. Namun, pada Windows 10 ternyata anda dapat melakukan perubahan warna teks dan warna background sesuai dengan keinginan, termasuk mengubahnya menjadi transparan.

Langkah yang bisa anda coba yakni dengan membuka Control Panel, kemudian silakan klik kanan bagian Title Bar, lalu pilih menu Properties, lanjutkan dengan memilih Color, akhiri dengan memilih warna background sesuai dengan keinginan. Disamping itu, anda juga dapat mengubah tingkat transparansi jendela command promt sesuai dengan keinginan anda.

3. Fitur Show Desktop Yang Tersembunyi

Show Desktop Windows 10

Pada saat anda membuka cukup banyak jendela dan hendak kembali ke tampilan desktop, secara umum pengguna komputer akan meminimize satu demi satu jendela yang aktif terbuka. Sementara itu, sama halnya dengan windows 7, pada Windows 10 juga terdapat tombol untuk “Show Desktop” yang tersembunyi, sehingga banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Silakan anda tuju di bagian sebelah kanan/ bagian sebelah paling kanan Taskbar, bagian itulah tombol untuk “Show Desktop“. Silakan anda klik tombol tersebut untuk meminimize atau menyembunyikan semua window atau jendela yang aktif terbuka. Untuk mengembalikannya, anda bisa klik sekali lagi.

4. Fitur Screenshot Area

Screenshot area Windows 10

Pada Windows 10, anda dapat mengambil screenshot area pada wilayah tertentu cukup dengan menekan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Nantinya, screenshot yang terekam akan secara otomatis tersimpan pada clipboard, sehingga anda dapat mem paste screenshot tersebut ke software yang diinginkan.

5. Fitur Print To Pdf

Print to PDF Windows 10

Ternyata, cukup banyak yang tidak menyadari bahwa Windows 10 sudah mengusung fitur print to pdf. Pada Windows 10, anda sudah tidak lagi membutuhkan aplikasi pihak ketiga hanya untuk sekedar mengubah format dokumen menjadi pdf. Pada Windows 10, sudah disediakan fitur microsoft print to pdf, maksudnya adalah anda dapat mencetak secara langsung dokumen apapun ke format pdf dengan cara yang sangat mudah.

Langkah menggunakan print to pdf pada Windows 10 yakni dengan print saja dokumen yang anda inginkan, kemudian di bagian pilihan printer, anda dapat memilih Microsoft Print To Pdf. Selanjutnya, akan dimunculkan sebuah jendela guna memilih lokasi penyimpanan file pdf tersebut. Nantinya, file pdf hasil print akan tersimpan pada lokasi yang anda pilih tersebut.

Baca:   Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Android

6. Fitur God Mode

Cukup banyak orang yang mengatakan bahwa fitur “God Mode“, sebab, pada saat menjalankan fitur tersebut pengguna seolah-olah secara langsung bisa menguasai Windows 10 serta dapat secara bebas mengatur sesuai dengan keinginannya masing-masing lewat tuh yang disediakan. Namun, pada dasarnya anda dapat menamakannya dengan sebutan apa saja.

Guna mengaktifkan fitur god mode tersebut, silakan anda klik kanan pada area desktop yang kosong, kemudian pilih menu new, pilih folder, kemudian silakan rename folder dengan menggunakan kode di bawah ini.

Godmode.{ed7ba470-8e54-465e-825c-99712043e01c}

Selanjutnya, silakan anda buka folder tersebut dan selamat, anda telah menguasai Windows 10.

7. Fitur Split Screen

Fitur split screen adalah fitur yang cukup penting, namun masih jarang yang menggunakan fitur tersebut pada Windows 10. Apabila anda menginginkan untuk bisa membuka dua jendela atau dua window secara berdampingan, makna anda cukup drag saja salah satu dari jendela yang sedang terbuka ke sebelah kiri, dan jendela yang satunya lagi ke sebelah kanannya. Selanjutnya, setelah anda masuk pada mode split screen tersebut, anda dapat menggeser-geser jendela guna mengubah proporsi dari ukuran sesuai dengan kehendak anda.

8. Fitur Focus Window

Fokus Window pada Windows 10

Pada saat anda membuka jendela atau window dalam jumlah yang banyak, namun anda ingin fokus kepada satu jendela saja, maka pada umumnya anda akan meminimize jendela yang lainnya. Padahal, anda dapat melakukannya jauh lebih cepat dan lebih mudah daripada itu.

Langkahnya adalah anda cukup menggoyangkan saja jendela atau window yang hendak anda fokuskan, dan tara…. Window yang lainnya secara otomatis akan disembunyikan. Untuk menampilkan ke posisi semula, silakan anda goyangkan jendela atau window tadi sekali lagi.

9. Fitur Drag And Drop Virtual Desktop

Virtual Desktop Windows 10

Pada Windows 10, telah dilengkapi dengan fitur virtual desktop. Secara umum, banyak pengguna windows yang membuat sejumlah virtual desktop dengan menekan Tanda +, lalu membuka sejumlah aplikasi pada masing-masing virtual desktop yang dibuat tersebut.

Baca:   Tutorial Cara Sharing Printer Pada Windows 10 Paling Sederhana

Sesungguhnya, anda dapat membuat virtual desktop hanya dengan drag and drop saja. Untuk mengawalinya, silakan anda buka seluruh aplikasi supaya tidak ada yang tertinggal. Selanjutnya, anda bisa membuka task view, lalu anda cukup drag and drop masing-masing jendela ke virtual desktop yang diinginkan. Bahkan, anda dapat drag jendela kepada tanda + agar masuk ke virtual desktop yang baru.

10. Fitur Start Menu “Kedua”

Start Menu kedua Windows 10

Secara umum, Start Menu pada Windows 10 didominasi deretan aplikasi yang sudah terinstal serta live Tile. Apabila anda bandingkan dengan Start Menu yang ada pada windows 7, maka secara tidak langsung Start Menu pada Windows 10 dianggap sudah kehilangan opsi shortcut ke sejumlah setting and tool yang cukup penting.

Namun, pada dasarnya tidaklah demikian. Anda cukup Klik Kanan Pada Start Menu di Windows 10, dan anda akan menemukan Start Menu yang “kedua”, yang isinya adalah shortcut menuju ke sejumlah tool and setting yang cukup penting, misalnya Power Option, Windows PowerShell, Task Manager, Run, dan lain sebagainya.

11. Fitur Slide To Shutdown

Slide to Shutdown Windows 10

Apabila anda sudah pernah memakai Windows 10 phone mobile atau windows phone yang lainnya, sudah barang tentu anda tidak asing lagi dengan istilah slide to shutdown. Fitur ini merupakan fitur yang mana anda dapat men shutdown windows hanya dengan cara slide ke arah bawah.

Ternyata, Windows 10 juga memiliki fitur tersebut, walaupun tersembunyi. Supaya bisa memakainya, anda cukup membuat shortcut dengan cara Klik Kanan Pada Desktop, kemudian pilih New, lalu pilih Shortcut. Selanjutnya, isikan “%windir%\system32\slidetoshutdown.exe” tanpa tanda petik. Apabila anda Double Klik shortcut tersebut, akan dimunculkan suatu slider shutdown. Apabila anda tarik slider tersebut ke arah bawah maka komputer anda akan di shutdown.

Demikianlah penjabaran singkat tentang kumpulan dari fitur, trik dan tips yang tersembunyi pada Windows 10. Barangkali, terdapat beberapa apa yang belum anda ketahui sehingga anda bisa mencoba untuk mempraktekkannya. Selain itu, ke depan juga diharapkan akan ditemukan lagi beberapa fitur, tips dan trik pada Windows 10 yang masih tersembunyi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone baru

Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

Bisa dipastikan di setiap bulannya selalu muncul generasi smartphone terbaru di pasaran. Dan tentunya bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *