Home / Tips dan Trik / Kegunaan Factory Reset di Android Yang Harus Diketahui
Kegunaan Factory Reset di Android

Kegunaan Factory Reset di Android Yang Harus Diketahui

Bagi sejumlah pemakai smartphone Android, pada saat mendengar istilah factory reset selalu menterjemahkan dengan munculnya sebuah permasalahan. Artinya adalah pemakai hanya memiliki keberanian untuk melakukan faktori reset pada saat munculnya error pada smartphone. Padahal, di Liga Jika dilihat dari sisi yang lain, pada sejumlah manfaat serta keuntungan melakukan factory reset pada smartphone Android yang dapat kita peroleh.

Kegunaan waktu reset atau hard reset pada smartphone Android secara umum yaitu guna mengembalikan settingan Android ke posisi awal atau ke pengaturan pabrik. Maksudnya adalah seluruh hal yang berhubungan dengan pengaturan dan data yang sudah anda buat akan kembali di reset atau dikembalikan ke posisi awal seolah-olah smartphone Android Anda dalam kondisi baru. Namun, Apakah fungsi dari factory reset hanya sampai itu saja?

Kegunaan Factory Reset Pada Smartphone Android

Berikut ini akan menulis Coba jelaskan sejumlah keuntungan dan manfaat melakukan factory reset pada smartphone Android. Terlebih, apabila jumlah kan dijumlahkan, kegunaan faktor reset pada Android sangatlah banyak, sebab beberapa diantaranya bisa saling berhubungan. Namun, Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba menguraikan bagian-bagian penting yang kadangkala dilupakan atau belum diketahui oleh sejumlah pemakai smartphone.

1. Menyelamatkan Dari Malware Dan Virus

Kadangkala, terdapat suku banyak file dan data yang bersifat penting dan rahasia yang disimpan pada smartphone Android, sampai dengan data login akun internet banking yang memakai aplikasi pada Android. Guna menghapus Malware atau virus, salah satu solusi jitu yang bisa anda tempuh adalah dengan melakukan factory reset.

2. Performa Smartphone Android Semakin Lembut Dan Ngebut

Anda kerjakan tentunya, masing-masing setting yang Anda kerjakan, baik itu dalam posisi settingan default ataupun setingan aplikasi secara individu memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap performa dan kinerja smartphone ketika mengerjakan multitasking. Apakah Anda masih ingat setting yang telah diterapkan? Anda bisa melakukan factory reset supaya smartphone Android Anda bisa ngebut kembali.

Baca:   Kumpulan Fitur, Trik, dan Tips Yang Tersembunyi Pada Windows 10

3. Menghapus Berbagai Macam Aplikasi Sampai Ke Akar-Akarnya

Masing-masing aplikasi yang anda hapus tidaklah benar-benar bersih, namun masih menyisakan residual atau sisa-sisa file pada Story smartphone. Silahkan Anda coba periksa memakai aplikasi File Explorer, dimana nantinya Anda akan menemukan sejumlah file ataupun folder sisa dari sejumlah aplikasi yang sudah dihapus.

4. Menghapus Berbagai File Digunakan Yang Dibuang Oleh Aplikasi

Bagian ini hampir sama dengan poin nomor 3, dimana terdapat folder maupun file yang Membekas akibat dari penghapusan. File dan folder tersebut jumlahnya cukup banyak. Ditambah lagi dengan sejumlah file tersembunyi. Salah satu keuntungan dari reset ulang smartphone Android yaitu mampu menghapus file-file sisa yang posisinya tersembunyi.

5. Memulai Penginstalan Aplikasi Yang Digunakan Saja

Setelah anda mereset smartphone Android dengan fasilitas factory reset, anda dapat mengetahui serta menginstal ulang sejumlah aplikasi yang anda butuhkan saja dan tentunya sering dipakai. Dengan melakukan hal tersebut, smartphone anda akan terjaga kinerja nya.

6. Kapasitas Penyimpanan Internal Kembali Bertambah

Walaupun secara umum Anda dapat menambahkan media penyimpanan eksternal seperti micro SD guna meningkatkan kapasitas penyimpanan, Namun apabila penyimpanan internal mempunyai ruang yang banyak tentu akan berefek pada lembutnya aplikasi smartphone ketika digunakan untuk mengerjakan multitasking.

7. Kegunaan Factory Reset Apabila Dikerjakan Secara Terjadwal

Tentunya terdapat cukup banyak tutorial aplikasi yang ada pada blog ini. Tentunya, beberapa diantaranya sudah anda praktekan. Dengan begitu, tentu anda bisa membayangkan Berapa banyak kah aplikasi yang sudah terinstal di dalam membuat artikel maupun membantu pengunjung blog ini. Adapun salah satu dari trik supaya performa smartphone tetap terjaga Yakni dengan mengerjakan faktor riset yang ter schedule atau terjadwal. Biasanya, dilakukan setiap sebulan 1 kali.

Baca:   Kumpulan Game Simulasi Balap Terbaik Sepanjang Tahun

Berdasarkan beberapa keterangan di atas, maka bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa supaya Anda tetap memperoleh kinerja dan performa smartphone Android secara maksimal, anda tentu tidak perlu takut untuk melakukan factory reset atau hard reset. Bagian yang penting sebelum melakukan factory reset yaitu membackup data lebih dahulu guna mengamankan data Anda secara keseluruhan. Dengan melakukan factory reset, maka sejumlah manfaat dan keuntungan akan anda peroleh. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Software browser Google Chrome mempunyai picture in picture mode yang berfungsi bagi anda untuk menjadikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *