Home / Tips dan Trik / Kamera Smartphone Anda Error? Ikuti Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka
Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Kamera Smartphone Anda Error? Ikuti Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Seluruh smartphone Android di zaman sekarang ini pasti memiliki kamera. Bisa dikatakan, kamera pada smartphone Android menjadi standarisasi tersendiri di dalam menentukan apakah smartphone tersebut bagus atau tidak. Untuk bisa menggunakan kamera, kita memerlukan suatu aplikasi. Rata-rata aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan. Ketika aplikasi tersebut dijalankan, seharusnya akan dimunculkan gambar preview dari hasil tangkapan kamera. Normalnya seperti itu.

Sebab, kadangkala terdapat permasalahan pada kamera smartphone dimana kamera tersebut mengalami error. Beberapa error yang kerap kali terjadi pada kamera di smartphone Android diantaranya adalah:

  • Tidak bisa dibukanya kamera smartphone
  • Munculnya pesan tidak terhubung pada kamera
  • Munculnya pesan gagal pada kamera
  • Kamera tidak bisa bekerja sama sekali

Berhubung tingginya kebutuhan kamera pada smartphone, utamanya adalah pada pengguna yang memiliki hobi menggunakan Instagram serta Facebook, hampir pasti menginginkan supaya permasalahan seperti itu dapat selekasnya diatasi.

Di bawah ini penulis akan mencoba untuk Sharing mengenai cara-cara memperbaiki kamera pada smartphone Android yang tidak dapat dibuka. Akan tetapi Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai penyebab dari kamera smartphone yang eror serta tidak dapat dibuka.

  • Masalah atau bug pada sistem Android, contohnya Pada saat Anda mengalami kegagalan dalam mengupdate sistem. Kadangkala, kondisi ini cukup berpengaruh
  • Tidak stabilnya sistem android, contohnya adalah karena banyaknya file sampah, RAM yang telah penuh, dan lain sebagainya. Kondisi ini dapat menjadikan aplikasi kamera mengalami error.
  • Efek dari root, dimana proses root pada Android kerapkali menjadikan smartphone mengalami permasalahan. Salah satu. Permasalahan yang sering sekali terjadi yaitu error pada kamera.
  • Aplikasi kamera yang mengalami error, biasanya error ini dikarenakan oleh kesalahan dari file cache atau file yang lainnya
  • Komponen smartphone yang mengalami error dimana rata-rata bagian yang rusak adalah pada chipset dan IC dan bahkan yang paling sering kali mengalami kerusakan yaitu langsung pada kameranya. Kondisi ini rata-rata terjadi karena efek kepanasan, terkena air atau jatuh.

Cara Memperbaiki Kamera Smartphone Android Yang Error Baik Karena Tidak Dapat Dibuka, Tidak Terhubung Dan Tidak Berfungsi Yang Lainnya

Barangkali, ada satu hal yang perlu dipahami bersama bahwa kerusakan pada smartphone dibagi menjadi dua jenis, yaitu kerusakan komponen dan kerusakan sistem. Setelah kita mengetahui penyebab dari kerusakan kamera, dapat kita ambil sebuah kesimpulan bahwa permasalahan pada kamera smartphone Android juga dapat diakibatkan oleh komponen dan sistem. Walaupun hampir pasti kita tidak akan mengetahui apakah error yang terjadi disebabkan oleh komponen atau oleh sistem. Iya bukan?

Dari sini, anda tidak perlu membawa smartphone tersebut ke service center terlebih dahulu, namun bisa mencoba untuk melakukan sejumlah tips di dalam memperbaiki kamera smartphone yang error agar bisa bekerja kembali.

Sebagai catatan, tutorial ini penulis buat agar dapat bekerja pada semua smartphone Android mulai dari Evercross, Vivo, Oppo, Lenovo, Samsung, Asus, Xiaomi dan beberapa merek yang lainnya.

Baca:   Senang Bermain Catur? Download Aplikasi Catur Online Terbaik Sepanjang Masa

1. Merestart Smartphone Android

Kondisi sistem yang tidak stabil akan menjadikan aplikasi berjalan dengan tidak normal. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila muncul suatu error pada kamera. Contohnya adalah ketika aplikasi kamera itu dijalankan, secara tiba-tiba akan keluar dengan sendirinya. Kadangkala, akan dimunculkan sebuah pesan berbunyi “sayangnya kamera telah berhenti”.

  • Langkah awal yang bisa anda kerjakan yaitu dengan me restart smartphone anda.
  • Silakan Anda tekan dan tahan tombol power pada smartphone anda
  • Selanjutnya, silakan Anda tap menu mulai ulang
  • Silakan Anda tunggu sampai smartphone kembali standby setelah restart selesai
  • Jika sudah selesai, silakan Anda coba membuka kembali aplikasi kamera Smartphone untuk memastikan Apakah sudah bisa bekerja dengan normal atau belum

2. Melakukan force close pada aplikasi kamera

Pada sejumlah smartphone Android, terdapat aplikasi kamera yang running secara background tanpa diketahui oleh penggunanya. Kondisi tersebut barangkali merupakan hal yang normal. Namun, perlu diketahui bahwasanya jika ada error di kamera, maka error tersebut akan terjadi secara terus-menerus. Anda bisa mencoba untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini.

Silakan Anda masuk ke setelan pada smartphone Android

  • Akses ke menu aplikasi
  • Temukan aplikasi kamera, lalu Buka
  • Silakan Anda memilih opsi force close atau paksa. Jika menggunakan menu berbahasa Indonesia

Teknik ini cukup efektif Efektif untuk mengatasi beberapa error pada kamera, diantaranya adalah:

  • Kamera yang tidak merespon sama sekali, baik tiba-tiba berhenti Atau hang
  • Tidak tampil gambar apapun pada kamera, biasanya hanya layar hitam atau gelap saja yang tampil
  • Menu pada kamera tidak dapat dibuka, hampir sama dengan hang

3. Clear Pada Data Aplikasi Kamera Dan Clear Cache

File cache merupakan salah satu bagian yang bisa menyebabkan sejumlah permasalahan di di aplikasi Android. Salah satunya yaitu kamera. Pada dasarnya, file cache memiliki kegunaan yang amat membantu. Fungsinya yaitu guna meningkatkan kecepatan dari kinerja suatu aplikasi.

Akan tetapi, kadang kala ada data error Yang secara tidak disengaja tersimpan pada file cache. Efeknya adalah menjadikan aplikasi yang bersangkutan mengalami masalah. Jika anda menemukan kondisi ini, anda tidak perlu khawatir, sebab Anda bisa mencoba menanganinya dengan cara menghapus file cache. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, silakan Anda masuk ke menu setelan pada smartphone Android
  • Langkah selanjutnya, tap pada menu aplikasi
  • Carilah aplikasi bernama kamera, kemudian buka
  • Selanjutnya, tap pada tombol hapus data

Dengan mengerjakan langkah tersebut, file cache akan terhapus. Langkah ini begitu efektif guna mengatasi permasalahan kamera yang error atau kamera yang tiba-tiba berhenti pada smartphone Android

4. Kerjakan Scanning Antivirus Pada Smartphone Anda

Secara umum, permasalahan virus di smartphone Android memang sangat jarang terjadi. Akan tetapi, makna dari jarang bukan berarti tidak ada. Kondisi ini berkaitan dengan permasalahan pada stabilitas aplikasi di Android. Dan tentunya dapat menimbulkan error pada aplikasi kamera.

Untuk bisa mengatasinya, anda dapat mengerjakan scanning memakai aplikasi antivirus. Sejumlah antivirus bisa anda download lewat Playstore. Apabila proses scanning telah selesai, melakukan penghapusan file cache yang sebelumnya telah dibahas.

5. Mencoba Aplikasi Kamera Yang Lain

Cukup banyak orang yang memiliki pikiran pagar selalu menggunakan aplikasi kamera bawaan dari smartphone. Padahal, kondisi tersebut adalah tidak wajib. Pada Google Playstore, terdapat cukup banyak aplikasi kamera yang dapat anda gunakan. Bahkan, dari sejumlah aplikasi kamera yang ditawarkan di Google Play Store, banyak yang memiliki fitur jauh lebih lengkap daripada aplikasi bawaan.

Baca:   Tips Mengatasi Touchscreen Macet Dan Error Pada Android

Beberapa contoh fitur yang lumayan lengkap diantaranya adalah untuk menguatkan kualitas foto, mengubah resolusi gambar, memberikan Efek warna khusus, dan sejumlah fitur menarik yang lainnya.

Disamping itu, efek positif yang lainnya yaitu dapat dijadikan sebagai salah satu solusi pada saat aplikasi kamera utama mengalami masalah, misalnya adalah error pada kamera yang berbunyi “kamera tidak terhubung”

6. Melakukan Faktor Reset Atau Reset Pabrik Di Smartphone Android

Apabila aplikasi pada kamera mengalami error dan sejumlah cara diatas belum dapat untuk mengatasinya, rekomendasi berikutnya yaitu dengan cara melakukan pengembalian ke settingan pabrik. Tujuannya yaitu dengan melakukan reset, seluruh pengaturan pada smartphone akan dihapus. Secara sistem tentunya akan dikembalikan seperti baru pertama kali membeli. Proses ini Tentunya sangat efektif untuk mengatasi permasalahan pada kamera smartphone yang error tidak dapat dibuka.

Cara untuk melakukan factory reset pada smartphone Android bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Langkah pertama, silakan Anda masuk ke menu setelan
  • Selanjutnya, silakan Anda gulung ke bagian bawah serta buka pada menu “cadangkan dan setel ulang
  • Selanjutnya, anda bisa tap pada bagian menu “Kembalikan ke setelan pabrik

Dengan melakukan beberapa langkah tersebut, smartphone anda akan segera di reset dan dikembalikan ke settingan pabrik, mirip dengan setingan baru membelinya. Sebagai catatan, mengerjakan reset pabrik akan mengakibatkan hilangnya data yang tersimpan pada memori internal smartphone. Dengan demikian, sangat disarankan untuk anda melakukan backup terlebih dahulu dengan cara memindahkan berbagai macam file dokumen, foto, video dan file yang lainnya ke eksternal memori.

7. Melakukan Un Root Pada Smartphone Android

Cukup banyak orang yang memiliki keinginan me root smartphone mereka. Sebab cukup banyak keuntungan yang diperoleh ketika smartphone sudah di-root. Namun tentunya keuntungan tersebut tidak bisa didapat selamanya. Sebab, proses root yang tidak dioptimasi justru akan mendatangkan sejumlah eror di aplikasi. Terlebih, apabila membahas tentang permasalahan kamera, eror yang kerap kali muncul di kamera dapat disebabkan oleh smartphone yang sudah di root. Beberapa error yang sudah di-root diantaranya yaitu:

  • Kamera tiba-tiba force close atau tiba-tiba keluar sendiri
  • Berhenti dengan  sendiri stop secara tiba-tiba
  • Memunculkan pesan gagal membuka kamera
  • Memunculkan pesan tidak dapat terhubung
  • Kamera tidak dapat dibuka
  • Dan permasalahan yang lainnya.

Oleh sebab itulah, apabila smartphone anda saat ini sudah dalam kondisi di root, anda bisa mencoba untuk menghilangkan akses root tersebut. Selanjutnya, lakukan reset ke settingan pabrik.

8. Mengupdate Sistem Operasi Android

Cukup banyak pengguna Android yang tidak begitu memperdulikan terhadap update dari sistem operasi smartphone Android yang mereka gunakan. Alasannya memang beraneka ragam. Beberapa di antaranya yaitu takut smartphone mengalami error, ukuran dari file update yang sangat besar, serta memang belum membutuhkan. Sementara itu, update pada sistem operasi secara umum memiliki efek yang lumayan bagus. Dapat meningkatkan performa dari sistem operasi Android serta mampu mengatasi error, Salah satunya yaitu error pada kamera.

Lantas, Apakah anda sudah memahami cara mengupdate sistem operasi Android? Jika belum, Berikut ini adalah urutannya.

  • Silakan Anda masuk ke menu “setelan
  • Gulung ke bawah serta tap pada menu “tentang ponsel
  • Langkah selanjutnya, silahkan anda cari dan lakukan update sistem apabila sudah tersedia

9. Memaksimalkan Kinerja Dari RAM Pada Smartphone

RAM merupakan sebutan pada memori yang berfungsi untuk menampung data aplikasi dan bersifat sementara. Masing-masing smartphone tentunya memiliki ukuran RAM yang berbeda-beda. Namun, sekarang ini rata-rata ram yang dimiliki oleh smartphone di antara 1 GB sampai dengan 4 GB.

Baca:   Inilah Cara Mengunci Aplikasi Di Smartphone Android Paling Aman Dan Mudah

RAM tentunya memiliki peranan yang begitu penting sehingga harus dijaga supaya tidak cepat penuh. Mengapa? Sebab apabila RAM kepenuhan akan mengganggu stabilitas pada sistem operasi serta pada sejumlah aplikasi yang berjalan. Beberapa contoh error yang diakibatkan oleh RAM terlalu penuh adalah:

  • Aplikasi tidak dapat dibuka
  • Aplikasi akan keluar sendiri
  • Aplikasi tiba-tiba berhenti

Beberapa Hero tersebut tentunya sangat berpotensi terjadi pada aplikasi kamera di smartphone Android. Untuk mengatasi hal tersebut, ada sejumlah cara yang dapat anda kerjakan agar RAM tidak terlalu penuh. Salah satu cara untuk mengoptimasi RAM bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama, silakan Anda akses menu “setelan
  • Selanjutnya, tab pada menu “aplikasi berjalan
  • Langkah selanjutnya, pilih menu “paksa berhenti” pada sejumlah aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi

Apabila anda menginginkan, anda juga bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi yang berguna di dalam mengoptimalisasi sistem operasi. Contoh nama aplikasinya yaitu greenify dan beberapa aplikasi yang lainnya.

10. Service Smartphone Android Anda

Apabila seluruh teknik di atas tidak juga mampu untuk mengatasi permasalahan kamera pada smartphone anda, maka sangat dimungkinkan letak permasalahan tidaklah pada sistem operasi, namun terletak pada perangkat keras atau hardware nya. Beberapa penyebab yang bisa menjadikan hardware smartphone mengalami kerusakan telah dijelaskan di bagian atas, misalnya disebabkan oleh smartphone yang jatuh, terkena air, komponen yang terlalu panas di dalam bekerja serta sejumlah penyebab yang lainnya.

Terkait dengan ciri dari permasalahan hardware pada smartphone antara lain adalah:

  • Masalah kamera pelangi : kamera pelangi merupakan sebuah kondisi dimana ketika kamera dibuka, yang muncul bukanlah gambar hasil bidikan, namun justru gambar yang berwarna-warni. Permasalahan ini rata-rata dikarenakan oleh masalah komponen atau hardware, dan dapat pula disebabkan oleh sistem.
  • Adanya garis : apabila terdapat garis, entah itu garis horizontal maupun garis vertikal, letak kerusakan pada umumnya terletak di layar maupun di komponen kameranya. Permasalahan ini dapat terjadi karena terdapat bagian dalam yang retak atau yang sejenisnya.
  • Tidak ada gambar pada kamera : jika tidak terdapat gambar pada kamera, rata-rata dikarenakan oleh koneksi kamera yang terputus.

Agar bisa mencoba untuk mengatasi permasalahan di atas, musti dilakukan penggantian atau perbaikan pada komponen elektronika di smartphone tersebut yang rusak. Oleh sebab itu, smartphone wajib untuk dibongkar. Namun, proses pembongkaran smartphone tersebut tentu harus dilakukan oleh ahlinya. Oleh sebab itulah, solusi yang paling jitu Yakni dengan cara membawa smartphone yang rusak tersebut ke service center.

Kesimpulan

Masalah kamera smartphone Android yang kerap kali error serta tidak dapat terbuka, tidak bisa terhubung maupun tidak bisa berfungsi kadangkala cukup mudah untuk dilakukan perbaikan, namun kadangkala juga sangat susah untuk diperbaiki. Namun demikian, penulis memiliki harapan dengan selesainya pembahasan materi ini, anda dapat mencoba untuk mengatasi berbagai macam permasalahan pada smartphone Android sesuai dengan kondisi riil yang anda alami. Berdasarkan pengalaman, langkah-langkah di atas sudah terbukti kebenarannya.

Lalu, Bagaimana jika Anda belum paham dengan beberapa penjelasan di atas? Anda bisa meninggalkan pertanyaan atau informasi dalam bentuk apapun di kolom komentar Sehingga nantinya penulis bisa mencoba untuk Sharing dan membahas kembali mengenai pertanyaan atau informasi yang ada di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Hidden Atau Menyembunyikan Aplikasi Pada Android

Anda Memiliki Aplikasi Privat? Inilah Cara Hidden Atau Menyembunyikan Aplikasi Pada Android

Apakah anda telah mengetahui bahwa teknik untuk menghitung atau menyembunyikan aplikasi pada smartphone Android tersedia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *