Home / Tips dan Trik / Inilah Tutorial Memotret Time Lapse Pada Berbagai Kejadian Paling Mudah
Tutorial Memotret Time Lapse

Inilah Tutorial Memotret Time Lapse Pada Berbagai Kejadian Paling Mudah

Diantara teman-teman semuanya, apakah telah memahami Bagaimana cara Memotret time lapse? Namun sebelumnya, perlu diketahui bersama bahwa fotografi time lapse adalah sebuah teknik menggabungkan sejumlah foto yang saling berkaitan dan dapat menjadi sebuah video yang cukup menarik. Intinya yaitu foto timelapse memiliki tujuan an-naml membedakan objek di rentang waktu yang lumayan lama.

Oleh sebab itulah, cara untuk memotret timelapse dapat dikatakan lumayan sulit serta memerlukan kesabaran. Salah satu contoh foto timelapse yaitu perubahan nuansa dari siang hari ke malam hari, tumbuhan yang sedang tumbuh, fenomena gerhana bulan, dan lain sebagainya. Berhubung teknik memotret timelapse yang memerlukan kesabaran ekstra tinggi, di zaman dahulu, foto model seperti ini hanya dikerjakan oleh para fotografer time-lapse saja sebab, tidak terlalu banyak yang tertarik pada jenis foto ini.

Cara Memotret Time Lapse

Perkembangan zaman yang semakin modern serta semakin banyaknya tips di dalam memotret time lapse yang semakin mudah, sekarang ini foto timelapse telah memiliki lumayan banyak peminat, terlebih para fotografer juga mulai berkembang. Selain itu, foto timelapse juga dapat dipakai di dunia pekerjaan, pendidikan dan lain sebagainya. Sebab, p-man timelapse, anda dapat melihat perbedaan yang lumayan mencolok.

Sementara itu, permasalahan yang kerap kali terjadi pada saat memotret timelapse yaitu dari sisi penerangan. Oleh sebab itulah, anda wajib untuk memberi perhatian khusus pada sisi penerangan tersebut. Selanjutnya, yang wajib Anda persiapkan terlebih dahulu diantaranya yaitu tripod, intervalometer atau interval shoot dan juga kesabaran.

Baca:   3 Cara Mudah Melihat Password Wifi Di Windows 10 Dan Versi Windows Lainnya

Marilah kita mulai untuk memahami Bagaimana cara memotret timelapse dengan cukup mudah. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Menentukan Objek

Cara untuk memotret timelapse yang pertama yaitu dengan menentukan objek yang hendak Anda abadikan. Apabila foto lokasinya di luar ruangan, anda harus mengecek cuaca pada saat itu serta mempersiapkan beragam perlengkapan Apabila sewaktu-waktu terjadi hujan.

2. Menekan Tombol Shutter Lebih Halus

Langkah untuk memotret timelapse yang berikutnya yaitu Anda wajib menekan Rana jauh lebih lambat, sebab objek yang anda bidik lumayan banyak. Anda juga dapat memakai fitur blur gerak guna menciptakan ilusi Time lapse menjadi lebih halus. Guna mendapatkan hasil yang lebih halus, Anda dapat mengambil gambar sebanyak-banyaknya. Contohnya, apabila anda hendak membuat video dengan durasi 1 menit, maka target FPS dalam 1 menit adalah 24, sehingga Anda wajib untuk mengumpulkan gambar 1440 foto untuk 1 video.

3. Komposisi Yang Pas

Setting Komposisi adalah salah satu teknik di dalam memotret timelapse, sebab kondisi tersebut memang memiliki pengaruh terhadap hasil gambar yang diperoleh. Oleh karena itu, Ambilah sejumlah layar depan yang cukup menarik serta pastikan anda mengambil menggunakan sudut pandang yang pas. Komposisi tersebut cukuplah penting pada dunia fotografi.

4. Tetapkan Bagian Fokus

Menetapkan bagian fokus di dalam memotret timelapse dikerjakan guna memperoleh hasil pemotretan yang menarik dan pas. Sama halnya pada saat anda melakukan star trail yang memerlukan long exposure, maka tentunya anda membutuhkan pengaturan fokus dengan manual dan biasanya mengatur infinitas apabila anda memotret menggunakan mode landscape.

5. Memilih Interval Yang Tepat

Pada teknik pemotretan timelapse ini, durasi untuk mengatur interval antara melepas shutter memang berbeda, apabila anda menampilkan foto yang cukup cepat, maka interval yang digunakan bisa lebih pendek dibandingkan interval Ketika anda memotret fenomena alam, misalnya tumbuhan yang tumbuh atau gerhana. Sementara itu, pada objek yang cepat, misalnya sepeda atau pesawat terbang yang sedang bergerak, maka penekanan Shooter dengan manual memakai remote atau interval shoot.

Baca:   Cara Menonaktifkan Antivirus Avast Secara Sementara Dan Permanen

6. Memakai Tripod

Peralatan pendukung tripod merupakan salah satu komponen yang sangat penting di dalam memotret timelapse. Dengan peralatan tripod tersebut, hasil gambar menjadi lebih stabil dan tentunya jauh dari kata goyang.

Itulah sejumlah tips ataupun cara di dalam memotret timelapse supaya bisa mendapatkan gambar timelapse yang terbaik. Hal yang wajib anda perhatikan yaitu Selalu mempersiapkan baterai cadangan jika baterai Anda lumayan cepat habis. Apabila Anda dapat memakai baterai grip yang dapat dipakai sebagai baterai cadangan. Apabila Anda harus mengganti baterai ketika sedang dilakukan pemotretan timelapse, pastikan anda tidak merubah atau menggeser posisi dari kamera. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Kamera Smartphone Anda Error? Ikuti Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Seluruh smartphone Android di zaman sekarang ini pasti memiliki kamera. Bisa dikatakan, kamera pada smartphone …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *