Home / Tips dan Trik / Inilah Cara Mengunci Aplikasi Di Smartphone Android Paling Aman Dan Mudah

Inilah Cara Mengunci Aplikasi Di Smartphone Android Paling Aman Dan Mudah

Mengamankan privasi smartphone Android adalah satu hal yang sangat penting. Sebab, sejumlah aplikasi memang memerlukan sistem keamanan yang lebih baik supaya tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Meskipun anda telah memakai aplikasi pengunci layar pada smartphone Android, kadangkala hal tersebut masih belum cukup. Misalnya adalah sejumlah koleksi foto pribadi yang ada di dalam galeri, aplikasi Instagram, aplikasi BBM, aplikasi whatsapp dan sejumlah aplikasi lain yang anda anggap cukup penting. Oleh karena itulah, cara mengunci aplikasi di smartphone Android sangat anda butuhkan untuk segera diterapkan.

Cara Mudah Mengunci Aplikasi Pada Smartphone Android

Tentunya, anda bisa mengunci sejumlah aplikasi pada smartphone Android dengan cara memakai aplikasi maupun tanpa memakai aplikasi. Kedua cara tersebut akan penulis bahas secara tuntas pada artikel di kesempatan kali ini. Silakan anda Simak Terus.

1. Cara Mengunci Aplikasi Pada Smartphone Android Menggunakan Aplikasi

Pada dasarnya, cukup banyak aplikasi yang memiliki fungsi guna mengunci aplikasi yang telah terinstal pada smartphone Android. Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba membahas mengenai aplikasi 360 Security. Berikut ini adalah langkah-langkah memakai nya. Silakan disimak.

  • Tahap pertama Bisa Anda mulai dengan mendownload serta menjalankan aplikasi 360 Security dari Playstore. Selanjutnya, Silakan anda cari opsi apps lock. Menu tersebut bisa anda temukan lewat tombol menu yang berada pada sebelah kiri atas, kemudian tab menu App Lock.
    menu 360 Security
  • Langkah berikutnya, lanjutkan dengan menandai aplikasi-aplikasi yang akan dikunci. Pilihlah aplikasi yang berisi informasi-informasi penting dan pribadi. Berikutnya, Silakan anda tetap tombol lock.
    Tandai aplikasi yang akan dikunci dengan 360 security
  • Lanjutkan dengan membuat pola gambar yang akan dijadikan sebagai akses untuk membuka aplikasi. Kerjakan sebanyak 2 kali untuk memverifikasi.
    Verifikasi pola pada 360 security
  • Sebelum bisa digunakan untuk mengunci, sistem Android memerlukan 1 buah langkah penting. Apabila muncul pesan seperti berikut ini, silakan Anda Tap pada tombol confirm.
    confirm pada 360 security
  • Lanjutkan dengan Tap 360 Security, kemudian Ubahlah posisi permit Usage Access ke posisi on
    Permit Usage Access ke On pada 360 security
  • Apabila telah selesai, Silakan anda tap kembali tombol sampai Anda mendapati tampilan seperti gambar di bawah ini. Kondisi ini memberikan informasi bahwasanya aktivitas penguncian aplikasi yang anda lakukan sudah berhasil.
    penguncian aplikasi 360 security berhasil
  • Selamat, sejumlah aplikasi yang sudah anda kunci tidak lagi bisa dibuka sembarangan oleh pengguna yang lainnya.
    Aplikasi android telah terkunci menggunakan 360 security
Baca:   Cara Lengkap Uninstall Program Aplikasi Di Laptop Sampai Bersih

Begitu anda merampungkan sejumlah langkah di atas, siapapun yang memiliki tujuan untuk mengakses aplikasi aplikasi pada smartphone anda diwajibkan untuk memasukkan PIN ataupun pola lebih dahulu agar bisa memakainya.

2. Cara Mengunci Aplikasi Pada Smartphone Android Tanpa Menggunakan Aplikasi

Perlu diketahui bersama bahwa langkah yang akan penulis bahas pada poin yang kedua ini hanya bisa berjalan apabila smartphone Android Anda telah memiliki fasilitas pengunci aplikasi. Untuk bisa mempraktekkannya, silakan Anda ikuti beberapa tutorial dibawah ini.

  • Langkah pertama, silakan Anda masuk pada menu pengaturan.
  • Tahap selanjutnya, silakan gulung ke bawah dan temukan menu pengaturan tambahan
  • Apabila anda telah masuk pada menu pengaturan tambahan, lanjutkan dengan memilih menu privasi
  • Tahap berikutnya, mulailah untuk mengunci satu demi satu aplikasi. Pada bagian ini, anda diwajibkan untuk menyusun pola kunci terlebih dahulu, di mana pola tersebut digunakan sebagai password untuk mengunci aplikasi privasi anda.
  • Apabila pola telah selesai anda buat, tahap berikutnya Anda cukup memilih aplikasi mana saja yang hendak diamankan.
  • Sampai dengan tahapan ini, aplikasi-aplikasi anda sudah berhasil dikunci.

Disamping anda bisa memakai aplikasi pengunci aplikasi, Anda juga dapat, Anda juga dapat mencoba mengikuti beberapa tips berikut ini guna melindungi privasi smartphone anda. Silakan disimak.

  • Hindari untuk meminjamkan smartphone Anda kepada orang yang belum Anda kenal dengan baik
  • Hindari untuk menyimpan berbagai macam berkas penting serta bersifat pribadi pada lokasi yang mudah ditemukan
  • Pastikan pula smartphone yang anda miliki lokasinya berdekatan dengan anda
  • Hindari untuk menyimpan password penting pada smartphone
  • Belajar pola untuk mengetahui mengenai cara melacak smartphone yang hilang guna mengantisipasi apabila di kemudian hari smartphone Anda benar-benar hilang
Baca:   5 Cara Memindahkan Foto Dari IPhone Ke Laptop Super Mudah

Tentu amat disarankan supaya memakai aplikasi pengunci bawaan yang sudah terinstal secara langsung begitu smartphone diaktifkan. Namun demikian, apabila pada smartphone anda tidak masuk daftar smartphone yang memiliki aplikasi pengunci, anda tetap bisa mencoba sejumlah aplikasi alternatif yang berguna untuk mengunci aplikasi pada smartphone Android. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *