Home / Tips dan Trik / Inilah Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot Dan Tidak Cepat Panas
Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot Dan Tidak Cepat Panas

Inilah Cara Agar Smartphone Android Tidak Lemot Dan Tidak Cepat Panas

Terdapat sejumlah cara supaya smartphone tidak lemot serta tidak cepat panas. Langkah ini diambil guna memaksimalkan kinerja dari smartphone itu sendiri. Smartphone termasuk kedalam salah satu alat komunikasi yang kerap kali dipakai baik untuk menelepon, mengirim gambar dan mengirim pesan.

Sekarang ini, smartphone sudah mengalami perkembangan dengan pesat dan canggih. Tidak hanya berperan sebagai alat komunikasi saja, namun smartphone telah memiliki sejumlah fitur yang amat berguna bagi pemakainya.

Smartphone mempunyai cukup banyak kelebihan, yaitu bisa diinstal permainan atau software tertentu yang mungkin saja dibutuhkan oleh anda. Namun, seiring bertambahnya aplikasi yang terinstal pada smartphone menjadikan kinerja dari smartphone tersebut mengalami penurunan dan cepat panas.

Apabila smartphone anda sudah mulai lemot dan cepat panas ketika digunakan, tentunya anda akan cukup terganggu ketika memakainya, sebab tidak akan bisa maksimal di dalam menggunakannya. Apabila smartphone bekerja dengan lemot, maka sangat dimungkinkan juga cepat panas. Guna menghindari permasalahan tersebut, anda bisa mengatasinya dengan menerapkan sejumlah cara.

Cara Mengatasi Smartphone Yang Lemot Dan Cepat Panas

Dibawah ini adalah sejumlah cara supaya smartphone anda tidak lemot dan tidak cepat panas yang bisa anda terapkan pada smartphone anda masing-masing.

Baca:   Inilah Tutorial Memotret Time Lapse Pada Berbagai Kejadian Paling Mudah

1. Menutup Aplikasi Yang Sedang Berjalan Dan Tidak Digunakan

Apabila terdapat aplikasi yang sedang tidak anda pakai, Sebaiknya anda tutup supaya smartphone anda tidak cepat panas. Apabila cukup banyak aplikasi yang berjalan, kayaknya bukan hanya panas, namun juga menjadi lemot. Disamping itu, langkah ini bisa pula untuk menghindari supaya baterai anda tidak cepat terkuras habis.

2. Hindari Memakai Smartphone Ketika Sedang Dicas

Cukup banyak pengguna smartphone yang memiliki kebiasaan tidak baik ini, sehingga berimbas baterai pada smartphone lebih cepat menggelembung. Apabila telah terjadi hal seperti itu, maka pada saat selesai dicas, smartphone anda akan lebih mudah panas dan lebih cepat habis.

3. Hindari Menggunakan Jaringan Wifi

Meskipun jaringan internet wifi dapat anda peroleh dengan gratis, Namun apabila jaringan tersebut tidak bisa tertangkap oleh smartphone anda akan mengakibatkan Smartphone tersebut terus menerus mencari jaringan. Kondisi ini yang menjadikan smartphone Android lebih cepat panas.

4. Matikan Fitur Sinkronisasi

Anda bisa memilih fitur maupun aplikasi tertentu saja yang kerap kali dipakai untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Jika anda menonaktifkan fitur sinkronisasi, maka smartphone Anda tentunya tidak akan cepat panas. Untuk mematikan sinkronisasi, anda bisa masuk ke menu “settings”, kemudian masuk ke “account and sync”, kemudian hilang kan tanda ceklis pada aplikasi yang tidak anda pakai

5. Mematikan Pemberitahuan Dari Sejumlah Aplikasi

Adapun pengaruh dari adanya notifikasi atau pemberitahuan dari sejumlah aplikasi Tidaklah terlalu besar, namun dapat Anda coba terapkan guna lebih meningkatkan usaha anda di dalam mengatasi permasalahan smartphone yang lemot dan cepat panas. Adapun contoh aplikasi yang kerap kali memberikan notifikasi pemberitahuan adalah whatsapp dimana pada saat ada pesan masuk tentunya akan muncul notifikasi atau pemberitahuan yang muncul di homescreen.

Baca:   Puluhan Game Android Offline Terbaik !! Bisa Dimainkan Tanpa Internet

6. Mengganti Baterai

Apabila baterai pada smartphone telah mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh seringnya mati disebabkan sudah menggelembung ataupun kehabisan daya, sangat disarankan untuk secepatnya mengganti baterai tersebut dengan yang baru. Efeknya, penggunaan baterai baru tentu akan lebih maksimal dan tidak akan cepat panas.

7. Hindari Untuk Selalu Online Pada Sejumlah Aplikasi

Usaha yang lain di dalam mengatasi smartphone Android agar tidak lemot dan cepat panas yaitu dengan menonaktifkan sejumlah aplikasi yang sedang online dan tidak dibutuhkan. Adapun salah satu contoh yaitu pada saat Anda hendak bepergian jauh, anda biasanya akan mengaktifkan fitur Google Maps sehingga aplikasi tersebut akan berjalan. Apabila telah sampai ke tempat tujuan, sangat disarankan untuk menonaktifkan aplikasi tersebut.

8. Memakai Kartu Memori Eksternal Yang Bagus

Cara supaya Smartphone tidak lemot dan tidak cepat panas yang berikutnya yaitu dengan memakai kartu memori eksternal dengan kualitas bagus. Adapun salah satu peranan apabila anda memakai kartu memori berkualitas bagus yaitu memori tersebut tidak akan mudah error atau corrupt yang nantinya menyebabkan performa dari smartphone Android melambat di dalam proses pengolahan data. Akibatnya adalah smartphone Android mudah panas. Apabila data pada memori eksternal telah corrupt, maka tidak hanya mudah panas, namun juga akan mengalami penurunan kecepatan.

9. Memakai Aplikasi Untuk Menghemat Baterai

Sejumlah aplikasi untuk menghemat Baterai di smartphone Android telah tersebar cukup banyak dan telah diinstal oleh banyak pemakai smartphone Android. Anda bisa mencoba untuk memakai aplikasi tersebut guna menghemat penggunaan baterai serta untuk membantu proses pengisian daya supaya lebih cepat.

10. Mengupdate Aplikasi Yang Di Pakai

Apabila ada salah satu aplikasi yang sering anda pakai meminta untuk di update, Maka segeralah untuk mengupdate aplikasi tersebut, sebab aplikasi yang selalu diperbaharui juga bisa mencegah supaya smartphone tetap memiliki performa yang bagus dan tidak mudah panas

Baca:   Tips Mengatasi Android Tidak Bisa Mengakses Internet

11. Melakukan Root

Apabila smartphone Anda sangat mudah naik suhunya dan juga lemot, anda dapat mencoba untuk me-root smartphone tersebut serta meng-uninstall atau menghapus sejumlah aplikasi yang berjalan secara background dan tidak Anda gunakan. Teknik ini tentu akan menjadikan kinerja smartphone Anda semakin ringan dan efeknya adalah tidak mudah panas.

12. Melakukan Factory Reset

Cara supaya Smartphone tidak lemot dan tidak mudah panas yang paling akhir yaitu dengan melakukan factory reset. Di samping melakukan root, anda juga bisa mencoba mengembalikan smartphone ke settingan pabrik. Faktori reset pada smartphone memiliki kegunaan untuk menghapus berbagai macam sisa file yang telah anda hapus sehingga tidak menumpuk. Penumpukan banyak file tentu mengakibatkan smartphone Android menjadi lemot dan mudah panas.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai cara mudah untuk mengatasi smartphone yang kinerja nya lemot dan mudah panas. Mudah-mudahan, setelah anda mempraktekkan beberapa tips di atas, smartphone Anda bisa bekerja dengan cukup baik dan tidak mudah panas.in Terimakasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Hidden Atau Menyembunyikan Aplikasi Pada Android

Anda Memiliki Aplikasi Privat? Inilah Cara Hidden Atau Menyembunyikan Aplikasi Pada Android

Apakah anda telah mengetahui bahwa teknik untuk menghitung atau menyembunyikan aplikasi pada smartphone Android tersedia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *