Home / Gadget / Inilah Beberapa Perbedaan IPhone SU dan FU
Perbedaan IPhone SU dan FU

Inilah Beberapa Perbedaan IPhone SU dan FU

Apakah anda memiliki rencana untuk membeli iPhone, akan tetapi masih bingung di dalam memilih antara iPhone SU dengan iPhone FU? Pada dasarnya, tidak terlalu rumit guna membedakan antara iPhone SU dengan iPhone FU. Hal yang harus anda kerjakan yaitu mencari informasi tentang perbedaan mendasar di antara iPhone FU dengan iPhone SU.

Perbedaan IPhone SU Dengan IPhone FU

Apakah anda cukup penasaran untuk mengetahui perbedaan-perbedaan yang lumayan besar pada iPhone SU dan iPhone FU? Berikut adalah ulasannya.

Apabila andacukup penasaran dengan istilah iPhone SU dan iPhone FU, pada dasarnya hal tersebut tidaklah ada. Dan ternyata memang tidak pernah ada. Kondisi tersebut dibuktikan pihak Apple hanyalah menjual iPhone yang tidak diembel-embeli dengan istilah SU atau software unlocked dan FU atau factory unlocked. Lantas, kenapa istilah iPhone software unlocked dan iPhone factory unlocked muncul?

Seluruh iPhone yang dijual oleh pihak Apple tentunya sudah mempunyai spesifikasi yang sama, selama model iPhone tersebut sama. Cuma, kadang kala suatu operator menjalin kerjasama dengan pihak Apple guna memproduksi Apple untuk kepentingan khusus. Contohnya adalah untuk kepentingan bundling atau sampai dengan kepentingan subsidi dengan teknik kontrak dalam tertentu.

Sejumlah perbedaan besar antara iPhone SU dan iPhone FU

Berdasarkan kondisi di atas, seluruh iPhone yang dijual langsung oleh Apple dan tidak memiliki kerjasama dengan pihak operator manapun dikenal dengan istilah unlocked. Anda tentunya bebas memakai operator manapun selama operator tersebut kompatibel dengan jaringan iPhone. Kondisi tersebut tentu berbeda dengan iPhone yang sudah terkunci pada operator tertentu. Contohnya adalah iPhone locked dengan operator A, maka hanya dapat memakai operator A saja.

Baca:   Cara Mengatasi IPhone Dan IPad Tidak Terdeteksi ITunes

1.     Sisi kompatibilitas

IPhone yang tidak bekerjasama dengan operator manapun tentunya dapat Anda masukkan kartu sim dari operator apapun selama jaringan yang dimilikinya kompetibel. Contohnya ketika Anda membeli iPhone GSM unlocked di luar negeri, maka anda dapat memakainya di Indonesia dengan menggunakan operator lain, saratnya adalah sama-sama menggunakan jaringan GSM. Berbeda dengan iPhone yang sudah locked pada satu operator saja. Anda tentunya sudah tidak lagi dapat mengganti operator semaunya.

Supaya iPhone yang sudah locked atau terkunci dapat memakai banyak operator secara bebas, dibutuhkan teknik unlocking dengan cara merombak software. Tentunya, proses unlock di luar persetujuan pihak operator serta proses yang tidak melalui operator merupakan sebuah tindakan yang tidak dibenarkan dan ilegal.

Proses unlock dengan teknik seperti ini tentu melibatkan beberapa proses. Salah satu yang cukup terkenal yaitu jail break. Proses ini Tentunya masuk ke dalam kategori illegal, walaupun di hasil akhirnya anda sudah dapat memakai semua operator.

Selanjutnya, iPhone yang sudah di unlock dengan cara memodifikasi software tersebut dikenal dengan istilah iPhone SU atau iPhone software unlocked. Sementara itu, iPhone yang dari awal tidak memiliki ikatan dengan suatu operator dikenal dengan iPhone factory unlocked atau FU.

2.     Sisi Status iPhone

IPhone factory unlocked atau FU merupakan iPhone resmi yang dari sananya sudah dalam status unlock. Artinya adalah anda hanya perlu untuk membeli iPhone tersebut pada toko resmi atau bahkan yang tidak resmi, selanjutnya Anda dapat memakai iPhone FU menggunakan kartu sim dari operator mana pun. Anda dapat memakai SIM dari operator apapun secara legal dan aman.

IPhone software unlock atau SU pada dasarnya merupakan iPhone resmi yang dibuat serta dijual oleh pihak Apple, namun disebabkan karena sudah di unlock pada sisi softwarenya, maka software yang dipakai merupakan software yang tidak lagi murni buatan Apple, software yang telah ada campur tangan pihak ketiga dan sifatnya tidak resmi. Dengan demikian, garansi yang ditawarkan oleh Apple secara otomatis hangus apabila masih memiliki garansi iPhone SU.

Baca:   Panduan Lengkap Cara Memindahkan Foto Dari Laptop Ke iPhone Sangat Mudah

3.     Sisi kenyamanan

IPhone 4 Story unlocked atau FU tentu saja begitu nyaman dan tidak memiliki rasa khawatir pada saat terdapat update ios atau pembaharuan pada sisi software. Anda cukup mendownload ios baru dan melakukan instalasi seperti biasa. Selanjutnya, anda sudah dapat memakainya tanpa harus melewati sejumlah proses yang sangat menyebalkan.

IPhone software unlocked atau SU wajib menggunakan tool khusus untuk bisa menggunakan ios versi yang paling baru. Intinya, pada saat terdapat update ios terbaru, tidak dapat langsung di-download. Anda diwajibkan untuk memakai tools yang tepat supaya tidak ada error atau bahkan dapat merusak iPhone yang anda miliki secara permanen.

Demikianlah informasi singkat tentang perbedaan iPhone SU dan iPhone FU yang bisa saya bahas Pada kesempatan kali ini. Kesimpulannya adalah seluruh iPhone yang anda temui pada toko reseller Apple resmi di negara Indonesia merupakan versi Apple iPhone FU dan tidak ada satupun yang masuk ke dalam iPhone software unlocked atau SU. Apabila anda ditawari iPhone SU, maka dapat dipastikan bahwa iPhone tersebut bukanlah iPhone resmi yang dijual di negara Indonesia. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *