Home / Tips dan Trik / Hemat Kuota Internet Dengan Cara Mencegah Update Driver Otomatis Di Windows 10

Hemat Kuota Internet Dengan Cara Mencegah Update Driver Otomatis Di Windows 10

Pada settingan default, Windows 10 akan otomatis mendownload serta menginstal driver hardware yang telah terpasang lewat WSUS (Windows update) bagian ini rata-rata berjalan pada saat ada update kumulatif, yang mana juga dilakukan update terhadap sejumlah driver yang sudah terinstal.

Namun, pada sisi yang lain, update software driver yang diberikan kadangkala tidak terlalu kompetibel dengan hardware yang sudah dipasang. Apabila kondisi tersebut terjadi, salah satu bagian yang bisa anda kerjakan yakni dengan rollback driver. Akan tetapi, supaya Anda tidak terlalu repot melakukan roll back driver, anda juga bisa mencegah update driver secara otomatis dengan cara mensetting supaya Windows 10 tidak update driver dengan otomatis.

Cara Mencegah Update Driver Otomatis Pada Windows 10

Berikut ini adalah langkah mudah untuk mencegah proses update driver secara otomatis pada Windows 10. Tentunya proses ini juga sangat bermanfaat bagi anda yang masih menggunakan koneksi internet berbasis kuota, dimana Sampai dengan saat ini harga dari kuota internet masih lumayan mahal.

Tahap pertama, silakan Anda tekan kombinasi tombol Windows + R atau membuka secara manual jendela Run. Selanjutnya, silahkan anda ketik perintah “gpedit.msc”

gpedit pada windows 10

Tahap berikutnya, Silakan anda perhatikan menu pada bagian kanan. Silakan Anda double klik di bagian opsi “do not included driver with Windows update”.

Do not include drivers with Windows Update pada windows 10

Tahapan selanjutnya adalah dengan memilih opsi enabled. Apabila sudah selesai, silakan Klik tombol OK guna menutup jendela group Policy editor.

setting enable Do not include drivers with Windows Update pada windows 10

Langkah yang terakhir adalah dengan merestart Windows 10 Anda agar perubahan yang anda lakukan segera diaplikasikan.

Sebagai catatan, bagi Anda yang masih memakai Windows 10 home Edition, menu group Policy editor tidaklah tersedia. Oleh sebab itu, anda bisa mencoba trik Bagaimana menjalankan group Policy editor terlebih dahulu, baru lah mengaplikasikan tutorial sederhana ini.

Baca:   Cara Mengaktifkan Fitur NFC Pada Smartphone Android Dengan Cepat

Demikianlah tulisan singkat tentang cara mencegah update driver otomatis pada Windows 10 yang bisa mencegah kerusakan pada driver hardware yang telah terpasang pada komputer sekaligus menghemat kuota internet bagi yang masih menggunakan koneksi berbasis kuota. Semoga saja, artikel Ini bisa memberikan manfaat yang baik bagi komputer anda. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *