Home / Tips dan Trik / Hal Yang Menjadi Penyebab Wifi Lambat Atau Lemot Dan Lengkap Dengan Cara Mengatasinya
Penyebab Wifi Lambat Atau Lemot Dan Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Hal Yang Menjadi Penyebab Wifi Lambat Atau Lemot Dan Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Koneksi jaringan nirkabel Wifi yang tidak bagus dapat menjadikan orang merasa lebih tertekan. Utamanya adalah pada saat koneksi internet menjadi 1 bagian di dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari aktivitas liburan sampai dengan ke pekerjaan.

Akan tetapi, anda tidak perlu Terlalu panik jika koneksi jaringan wifi di tempat tinggal Anda secara tiba-tiba mengalami hambatan. Langkah perdana yang dapat Anda coba kerjakan yaitu dengan cara melakukan pengecekan router yang anda pakai. Sebab, dimulai dari proses sampai dengan setting router tersebut akan memiliki dampak pada Kuat atau tidaknya sinyal Wifi.

Cara Mengatasi Wifi Yang Lambat

Pada saat anda melakukan pengecekan router, anda dapat mencoba untuk mengaplikasikan 10 langkah sederhana berikut ini.

1. Melakukan Pengecekan Posisi Router

Dapat dibilang bahwa mengecek lokasi dari router memang sangat sederhana, namun memiliki efek yang sangat besar. Bagian dari router memiliki sistem kerja untuk mengirimkan sinyal ke segala arah. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menaruh router pada bagian tengah di sebuah ruangan atau kelas.

Jika bagian router ditaruh di samping jendela, maka akan menjadikan sinyal router tersebut dikirim ke arah luar. Praktek ini tentunya akan menjadikan wifi sia-sia di dalam memancarkan sinyal serta tidak bisa Untuk menjangkau semua bagian ruangan.

Baca:   Cara Menghilangkan Write Protected Pada Flashdisk Di Windows

2. Dilarang Untuk Meletakkan Di Atas Lantai

Silakan Anda Letakkan router pada tempat yang cukup tinggi, contohnya adalah lemari atau meja. Posisi yang jauh lebih tinggi memiliki keuntungan, sebab router memang dibuat untuk dapat mengirimkan sinyal ke arah bawah. Disamping itu, bagian lantai kadangkala masih mengandung bahan semen, logam dan beton yang cukup sulit untuk diakses oleh sinyal Wifi.

3. Paruh Router Pada Tempat Yang Paling Baik.

Sinyal Wifi yang ada akan terpancar dengan lebih kuat di sebuah ruangan di mana anda menyimpan router tersebut. Dari kondisi itulah, alangkah baiknya anda menaruh router pada ruangan yang kerap kali Anda tempati ketika memakai internet.

4. Memilih Tempat Yang Lebih Terbuka

Terdapat cukup banyak bahan yang dapat digunakan untuk menyerap sinyal router serta berimbas pada kinerja nya yang semakin berkurang. Guna menjaga supaya kinerja sinyal smartphone tetap maksimal, sangat disarankan kepada anda untuk tidak menaruh router diantara mebel yang memiliki ukuran cukup besar. Anda bisa memilih posisi yang bebas himpitan dan menjadikan komponen router bisa terlihat di manapun dan Oleh siapa pun.

5. Singkirkan dari peralatan Elektronika yang lainnya

Silakan Anda jauhkan posisi router milik anda dari sejumlah perangkat Elektronika yang lainnya, misalnya TV, telepon nirkabel serta microwave.

6. Mengatur Antena Supaya Bisa Berdiri

Silakan Anda setting supaya antena router dapat berada di posisi vertikal. Posisi vertikal akan menjadikan sinyal terpancar secara horizontal yang menjadikan sinyal Wifi lebih mudah terjangkau.

7. Mengecek Kekuatan Sinyal

Terdapat beberapa aplikasi, misalnya Amped, Cloudcheck untuk bisa dipakai mengatasi permasalahan ini. Ketika mengecek sinyal, anda dapat memetakan bagian mana sajayang kebagian sinyal kuat serta mana saja yang menerima sinyal lemah.

Baca:   Cara Mempercepat Koneksi Wifi Dengan CMD Pada Windows

8. Setting Software Router

Anda dapat meningkatkan kecepatan pada koneksi Wifi dengan jalan pengaturan tertentu lewat menu setting di Android. Adapun akses untuk menuju software tersebut dapat dibuka lewat IP khusus. Anda dapat melakukan pengecekan di bagian bawah router maupun pada panduan yang diikutsertakan di dalam box nya.

Jika anda sudah masuk ke dalam menu pengaturan, silakan Anda Coba belajar mengenai frekuensi router. Pada umumnya, terdapat 14 channel yang dapat dipilih. Adapun channel yang paling baik biasanya yaitu 1, 6, dan 11. Pada channel tersebut rata-rata cukup minim dengan gangguan, sebab cukup jarang bersinggungan dengan channel yang dipakai oleh orang lain. Di samping setting channel, anda bisa mengecek pula aktivitas pemutakhiran firmwere. Rata-rata, para developer router akan merintis pembuatan firmwere guna memperbaiki kinerja perangkat yang bermasalah.

9. Mengerjakan Speedtest

Kerjakan pengujian menggunakan Speed Test guna mengetahui Apakah permasalahan yang menimpa diri anda. Langkah pertama, silakan Anda mencoba untuk mengkoneksikan pada jaringan wi-fi, lalu mengerjakan hal yang sama memakai koneksi kabel. Apabila kedua-duanya sama buruknya, artinya adalah sumber permasalahan pada wifi yang lambat atau lemot dikarenakan masalah yang ada di ISP internet anda.

10. Membeli Router Yang Baru

Langkah ini merupakan jalan yang paling akhir. Jika seluruh tahapan di atas telah dicoba dan tidak diperoleh hasil yang cukup signifikan, Anda bisa mengambil keputusan untuk membeli router yang baru.

Demikianlah penjabaran singkat tentang bagaimana cara memperbaiki wifi yang lemot atau lambat dilengkapi dengan sejumlah penyebab yang dapat menimbulkan permasalahan tersebut. Semoga saja, artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang memiliki masalah dengan koneksi Wifi yang terlalu pelan. Terima kasih.

Baca:   Cara Mengetahui Pengguna Wifi Melalui CMD

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Kamera Smartphone Anda Error? Ikuti Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Seluruh smartphone Android di zaman sekarang ini pasti memiliki kamera. Bisa dikatakan, kamera pada smartphone …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *