Home / Tips dan Trik / Fingerprint Android Anda Mogok? Pelajari Penyebab Dan Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Tidak Berfungsi Di Android
Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Tidak Berfungsi Di Android

Fingerprint Android Anda Mogok? Pelajari Penyebab Dan Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Tidak Berfungsi Di Android

Sebagian besar smartphone kelas premium sudah memiliki sensor fingerprint atau sensor sidik jari sebagai bagian dari sisi keamanan. Termasuk pada sejumlah smartphone kelas menengah juga telah menawarkan fitur fingerprint scanner kepada setiap pelanggannya.

Beberapa tahun yang lalu, fasilitas keamanan standar yang dimiliki oleh smartphone Android yaitu menggunakan password dan PIN. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, sejumlah produsen smartphone sangat memperhatikan Sisi keamanan pada perangkat yang dibuatnya. Di samping adanya sensor fingerprint, pada beberapa smartphone kelas flagship Dapat anda temukan fasilitas keamanan seperti air scanner dan Face Unlock.

Walaupun cukup canggih, tidak berarti fasilitas tersebut tanpa masalah. Terdapat sejumlah faktor yang dapat menjadikan alat pemindai sidik jari tidak dapat bekerja. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Adanya gesekan dengan sejumlah benda keras seperti kunci ketika disimpan di dalam tas atau saku
  • Bug atau permasalahan perangkat lunak di upgrade yang terbaru
  • Sidik jari yang kotor atau berminyak
  • Kerusakan permanen terjadi pada sensor

Cara Mengatasi Sensor Fingerprint Tidak Berfungsi Di Android

Oleh sebab itu, ada sejumlah cara untuk mengatasi fingerprint yang tidak dapat berfungsi pada perangkat android. Silakan anda Simak secara lengkapnya pada uraian berikut ini.

1. Membersihkan Bagian Sensor

Pekerjaan pertama yang dapat anda kerjakan yaitu dengan cara membersihkan di bagian scanner fingerprint. Apabila ada noda debu atau minyak meskipun sedikit, silakan Anda coba bersihkan menggunakan minyak kayu putih serta kain yang halus/ tisu. Tekniknya yaitu dengan membasahi tisu dengan beberapa tetes minyak kayu putih, lalu bersihkan fingerprint scanner menggunakan tisu tersebut sampai bersih.

2. Restart Smartphone Anda

Sebelum Anda masuk ke tahapan yang lebih sulit, alangkah baiknya anda mencoba untuk merestart smartphone android anda. Akan lebih baik lagi apabila anda mencoba untuk melepas sejumlah komponen removable, misalnya micro SD, sim card, serta baterai untuk beberapa saat guna menghilangkan adanya daya statis di Smartphone. Apabila sudah, silakan Anda pasang kembali, lalu hidupkan smartphone kembali smartphone anda.

Baca:   Tips Mengatasi Google Play Store Force Close

3. Daftarkan Atau Registrasi Sidik Jari Anda Lebih Dari Satu

Tahap ini bisa dikatakan sangat sederhana, akan tetapi dapat sangat membantu Anda apabila smartphone tidak dapat membaca salah satu sidik jari anda. Terlebih, smartphone Android memang mempunyai fasilitas untuk dapat mendaftarkan lebih dari satu sidik jari.

Prosesnya juga lumayan mudah, begitu Anda selesai registrasi sidik jari yang akan dipakai untuk membuka smartphone, Anda dapat menambahkan sidik jari yang lainnya yang paling mudah untuk mencapai sensor fingerprint.

4. Memakai Jari Dari Kedua Tangan

Kondisi ini perlu untuk diperhatikan, alangkah baiknya anda bisa menghindari pemakaian dua jari dari 1 tangan. Pada kondisi ini, anda dapat memakai jari dari tangan yang lain sebagai data cadangan atau tambahan. Kondisi ini akan begitu membantu, utamanya Ketika anda menggenggam smartphone memakai tangan yang berbeda dari kebiasaan. Bukan hanya dijadikan sebagai alternatif ketika sensor tidak mampu membaca jari utama, anda dapat memakai perangkat smartphone Android menjadi lebih fleksibel.

5. Membersihkan Jari

Apabila sensor fingerprint tidak bisa membaca sidik jari Anda, cobalah untuk membersihkan tangan anda dari keringat, minyak dan debu. Kondisi Tangan yang kotor tentu saja dapat menjadikan sensor fingerprint tidak dapat bekerja dengan cukup baik. Oleh karena itu, ketika Anda membersihkan jari Anda, rata-rata akan langsung bisa terbaca langsung di fingerprint.

6. Reset Ulang Ke Settingan Pabrik

Apabila seluruh tutorial diatas tidak membuahkan hasil, anda dapat mencoba untuk mereset ulang smartphone ke settingan pabrik. Akan tetapi, sebelum anda melakukan hal tersebut, disarankan untuk membackup data di Smartphone Android Anda terlebih dahulu, sebab nantinya seluruh data yang ada di dalam smartphone akan terhapus.

Baca:   Puluhan Game Endless Runner Atau Berlari Di Android

Proses reset ulang atau yang sering dikenal dengan istilah faktor riset bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih menu “setelan tambahan“, lalu pilih “buat cadangan dan reset“, lalu pilih menu “Hapus semua konten dan pengaturan. Selain cara tersebut, Anda juga dapat melakukan reset ulang perangkat ke settingan pabrik lewat recovery mode, lalu pilih menu “wipe data“.

7. Melakukan Upgrade Atau Downgrade ROM Dengan Flashing Ulang

Apabila anda merasakan bagian sensor fingerprint pada smartphone anda memiliki masalah setelah anda mengupgrade sistem operasi Android, anda dapat men downgrade ke versi Android yang sebelumnya atau menunggu update dari OS yang lebih baru lagi. Rata-rata, pembaharuan sistem operasi berguna untuk memperbaiki adanya bug, termasuk pada bug pada sensor fingerprint.

8. Memperbaiki Ke Service Center

Langkah ini adalah langkah paling akhir yang dapat penulis sarankan untuk anda. Di server Center sejumlah teknisi ahli tentunya akan melakukan pemeriksaan serta memberikan informasi tentang kerusakan pada fingerprint smartphone kesayangan anda. Langkah perbaikan akan dilakukan setelah anda menyetujui berbagai macam prosedur yang berlaku di service center tersebut.

Sekian Uraian singkat tentang penyebab serta cara untuk mengatasi permasalahan pada sensor fingerprint atau sidik jari yang tidak berfungsi di smartphone Android. Mudah-mudahan, tanpa membawa ke service center, permasalahan pada sensor sidik jari di Smartphone anda bisa teratasi hanya dengan menerapkan beberapa cara sederhana di atas. Namun demikian, apabila setelah anda mempraktekkan beberapa teknik sederhana di atas tidak membuahkan hasil, tidak ada salahnya Anda membawanya ke service center agar bisa ditangani oleh artinya. Terima kasih.

Baca:   Tips Mengatasi Smartphone Android Sering Lag, Macet Dan Lemot

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *