Home / Hardware / Cara Upgrade Atau Ganti HDD Laptop Menggunakan HDD External
Cara Upgrade HDD Laptop Menggunakan HDD External

Cara Upgrade Atau Ganti HDD Laptop Menggunakan HDD External

Di hari yang baik ini, penulis akan mencoba untuk Sharing tentang cara cara upgrade atau mengganti HDD laptop atau hardisk laptop memakai hardisk eksternal. Nantinya, cara ini dapat Anda praktekan apabila hendak mengganti hardisk laptop yang anda miliki dengan kapasitas yang sama maupun yang lebih besar dari kapasitas harddisk yang diganti. Bahasa teknisnya adalah mengupgrade.

Pada kesempatan kali ini, saya hendak sharing bagaimana menjadikan hardisk eksternal dapat dipakai dan dipasang sebagai pengganti hardisk internal laptop. Mengapa kita bisa memakai hardisk eksternal? Hardisk internal laptop kan juga banyak yang jual?Alasannya, hardisk eksternal yang kita pakai sebagai pengganti hardisk internal laptop hanya digunakan dalam kondisi darurat saja.

Contohnya adalah ketika hardisk laptop yang Anda gunakan secara tiba-tiba mengalami bad sector atau rusak, sementara anda belum memiliki dana untuk membeli hardisk internal laptop yang baru. Oleh sebab itu, Jika anda memiliki hardisk eksternal, maka anda dapat melakukan uji coba memasang hardisk eksternal tersebut untuk menggantikan hardisk internal laptop.

Akan tetapi, hardisk eksternal yang penulis maksud di sini tidaklah bisa diterapkan pada semua jenis hardisk eksternal. Setidaknya, kondisi tersebut masih berlaku untuk saat ini. Adapun hardisk eksternal yang dapat dipakai untuk menggantikan hardisk internal laptop yakni yang memiliki merk Seagate, baik Seagate expansion maupun Seagate backup plus.

Berdasarkan pengalaman, penulis sudah pernah mencoba hardisk eksternal bermerek Western Digital atau WD, akan tetapi ukuran dimensi nya terlalu tebal, berbeda dengan ukuran hardisk internal pada laptop. Memang, kebanyakan hardisk eksternal memiliki klaim bahwa mempunyai ukuran 2,5 inci, yang mana secara teori adalah Sama persis dengan ukuran hardisk internal yang digunakan pada laptop. Akan tetapi, ternyata meskipun sama-sama memiliki ukuran 2,5 inchi ternyata tidak seluruhnya bisa digunakan untuk hardisk internal laptop.

Baca:   Daftar Laptop Paling Baik Dari Merek Terkenal Yang Harus Anda Miliki

Selanjutnya, alasan mengapa anda bisa memakai hardisk eksternal untuk digunakan di laptop yakni jika anda hendak mengupgrade ukuran hardisk laptop ke kapasitas yang lebih besar, misalnya 2TB atau bahkan lebih. Sebagai contoh, ukuran dari hardisk internal laptop anda sekarang ini yakni 5 12 GB atau 1TB. Anda juga memiliki keinginan untuk mengupgrade hardisk ke ukuran 2tb. Dalam kondisi ini, anda dapat memakai hardisk eksternal.

Lantas, apakah yang menjual hardisk internal laptop dengan kapasitas 2tb belum ada? Sebenarnya sudah ada, namun masih jarang. Barangkali, beberapa bulan kedepan sudah cukup banyak penjual komponen laptop yang menyediakan hardisk 2,5 inci dengan kapasitas 2 TB. Apabila sekarang ini anda benar-benar ingin mengupgrade kapasitas hardisk laptop internal anda ke ukuran yang lebih besar, maka anda bisa menggunakan hardisk eksternal yang memiliki kapasitas 2 TB tersebut.

Cara Upgrade Atau Ganti HDD Laptop Menggunakan HDD External

Baiklah, untuk dapat memanfaatkan hardisk eksternal menjadi hardisk internal pada laptop, langkah pertama yang harus dilakukan yakni membongkar casing enclosure hardisk terlebih dahulu. Apabila anda baru saja membeli hardisk eksternal, atau barangkali hardisk eksternal Anda masih dalam kondisi baru, maka pada kondisi ini anda harus benar-benar tega untuk membongkar casing enclosure harddisk tersebut.

Pada tulisan ini, penulis memberikan contoh pemakaian hardisk eksternal guna bisa digunakan untuk hardisk internal laptop. Intinya, saya memiliki niat untuk upgrade kapasitas hardisk pada laptop dari yang semula berukuran 1 Tb ke ukuran 2 TB. Kesimpulannya, yang saya contohkan pada bagian ini yaitu hardisk eksternal Merk Seagate expansion dengan kapasitas 2 TB.

Selain itu, saya juga memiliki rekomendasi untuk anda dimana apabila anda memiliki niatan untuk mengupgrade hardisk laptop, maksimal kapasitas yang bisa anda gunakan yaitu 2 kali dari ukuran hardisk bawaan. Contohnya, jika hardisk bawaan pada laptop Anda yaitu 512gb , maka anda bisa mengupgrade harddisk tersebut dengan kapasitas maksimal 1tb.seandainya hardisk bawaan memiliki kapasitas 1tb, Maka kapasitas maksimal hardisk yang digunakan untuk upgrade adalah 2tb.

Baca:   Apa Saja Kelebihan Kekurangan Prosesor Intel dan AMD? Apa Saja Perbedaannya? Mana Yang Lebih Bagus?

Janganlah melebihi kapasitas hardisk yang sudah ditentukan. Kenapa? Sebab, semakin besar Nilai kapasitas dari hardisk di laptop, maka secara otomatis akan menjadikan kinerja laptop semakin menurun. Kenapa performa laptop Mengalami penurunan? Sebab, semakin besar ukuran kapasitas dari hardisk laptop akan menjadikan kinerja laptop semakin berat . Terlebih apabila isi dari harddisk tersebut sudah penuh, tentu laptop akan bekerja ekstra di dalam membaca data yang ada di hardisk.

Langkah-Langkah Didalam Mengganti HDD Laptop Memakai HDD Eksternal

Tahap pertama, silakan Anda bongkar terlebih dahulu casing HDD enclosure sampai dengan hardisk di dalamnya bisa terlepas. Selanjutnya, silakan Anda bongkar casing enforcer pada hardisk eksternal siget expantion. Perhatikanlah gambar berikut ini.

Harddisk internal Laptop

Silakan Anda lepas adaptor USB 3.0, kemudian samakan dengan hardisk di laptop anda. Apabila memiliki ukuran yang sama, artinya hardisk eksternal dapat digunakan pada laptop. Pada pemakaian hardisk eksternal Seagate expansion, penulis sangat yakin bahwa HDD tersebut memiliki ukuran yang sama dengan HDD Internal laptop.

Cara Upgrade Atau Ganti HDD Laptop Menggunakan HDD External

Berdasarkan gambar di atas sangat terlihat bahwasanya hardisk internal laptop yang saya gunakan sebelumnya memiliki merk Western Digital atau WD yang kapasitasnya 1 Tb,yang nantinya akan penulis upgrade memakai hardisk eksternal bermerek Seagate expansion dengan kapasitas 2 TB. Secara ukuran adalah sama pada saat dimasukkan pada slot hardisk di laptop

Demikianlah Uraian singkat tentang cara upgrade atau mengganti HDD laptop menggunakan HDD external. Barangkali, hardisk eksternal anda sudah jarang digunakan. Jika Iya, mungkin saja Anda ingin bereksperimen menggunakan. Semoga saja, tutorial di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian, terutama yang sedang mencari tutorial cara memanfaatkan hardisk eksternal menjadi hardisk.

Baca:   Cara Memilih Monitor Komputer/PC Sesuai Dengan Budget Dan Kebutuhan

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Panduan Merakit Komputer PC Sesuai Dengan Kebutuhan

Panduan Merakit Komputer PC Sesuai Dengan Kebutuhan

Di kesempatan yang baik ini, penulis akan mencoba untuk Sharing kepada anda panduan merakit komputer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *