Home / Tips dan Trik / Cara Untuk Mengatasi Aplikasi Android Yang Tiba-tiba berhenti
Cara Untuk Mengatasi Aplikasi Android Yang Tiba-tiba berhenti

Cara Untuk Mengatasi Aplikasi Android Yang Tiba-tiba berhenti

Pada bahasan kali ini, penulis akan mencoba mengangkat tema cara mengatasi aplikasi Android yang berhenti secara Tiba-tiba berhenti Adapun beberapa pesan yang kerap kali muncul pada permasalahan tersebut adalah “sayangnya, aplikasi telah berhenti” atau force close secara mendadak.

Kondisi ini Tentunya sudah kerap kali dialami oleh para pengguna smartphone berbasis Android. Tentu, rasa kesal dan marah pastinya ada terlebih, apabila pengguna Android tersebut sedang asik asiknya bermain game. Penyebab dari permasalahan pada aplikasi Android yang Tiba-tiba berhenti juga sangat beraneka ragam.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, penulis akan mencoba terlebih dahulu berbagi pengalaman, sebab penulis juga sudah pernah mengalaminya.in beberapa minggu yang lalu, penulis membuka aplikasi whatsapp, dan pada saat itu jaringan internet memang sedang sangat pelan dan pada akhirnya aplikasi whatsapp tersebut merespon dengan pesan pop up up “sayangnya aplikasi telah berhenti” atau “unfortunately, app has stopped”. Kadangkala, ada pula yang memberikan pesan “sayangnya, aplikasi tidak menanggapi”, atau “sayangnya, whatsapp telah berhenti”.

Pada waktu yang lainnya, aplikasi Google Play Store juga mendadak mengalami kondisi yang sama, yakni keluarnya pesan yang berbunyi “sayangnya, Google Play Store telah berhenti”. Pertama kalinya, penulis juga merasa Joko bingung. Mengapa hal tersebut dapat terjadi. Apakah pada sumber permasalahan berasal dari koneksi internet yang lelet? Tentunya tidak, sebab terdapat permasalahan yang lainnya yang menjadikan sebuah aplikasi pada smartphone Android. Secara Tiba-tiba berhenti

Penyebab Smartphone Android Macet, Error Dan Berhenti

Dibawah ini adalah sejumlah penyebab yang berpotensi menjadikan aplikasi pada smartphone macet, eror dan berhenti Secara mendadak.

1. RAM Android Yang Sudah Kepenuhan

Smartphone yang penulis miliki memiliki mempunyai kapasitas RAM yang memang cukup kecil, yakni hanya 1 GB. Kondisi inilah yang menjadi sumber permasalahan aplikasi kadangkala force close dengan sendirinya. Lantas, ada pula yang memiliki Android dengan RAM cukup besar namun juga tetap mendapatkan permasalahan force close. Kapasitas RAM yang besar tentunya bisa mengalami permasalahan yang sama, sebab bisa jadi karena cukup banyak aplikasi yang sedang berjalan secara bersamaan.

2. File Cache Yang Menumpuk

File sementara atau sering dikenal dengan istilah file cache yang tidak pernah atau sangat jarang dihapus bisa menimbulkan menyebabkan aplikasi terasa lemot dan berat. Dari permasalahan berat itulah yang menjadikan aplikasi force close atau menutup secara Tiba-tiba berhenti

Baca:   Tidak Suka Dengan Aplikasi Bawaan Android? Coba Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Android

3. Koneksi Internet Yang Putus Atau Lemot

Streaming video atau game online tentunya memerlukan koneksi internet yang stabil dan juga cepat. Apabila koneksi internet yang Anda gunakan lelet seperti keong, maka hal tersebut bisa menimbulkan aplikasi. Secara Tiba-tiba berhenti menulis sendiri juga sudah pernah mengalami permasalahan tersebut.

4. Aplikasi Yang Tidak Kompatibel

Aplikasi yang tidak cocok atau kurang kompatibel dengan sistem operasi serta perangkat keras Android bisa menjadi salah satu penyebab. Secara tiba-tiba atau error. Sebagai contoh, sebuah aplikasi hanya kompetibel pada OS Android versi 5.0 atau lolipop, Lalu Anda memaksanya untuk menginstall pada OS Android versi 4.4 atau kitkat. Pada kondisi ini, tentunya akan ada penolakan dari sistem Android operasi Android yang Anda gunakan dan pada akhirnya akan menjadikan aplikasi sering error, force close,. Secara tiba-tiba atau tidak dapat dibuka.

Berdasarkan beberapa pembahasan diatas, apakah ada salah satu hal bagian yang sekarang ini anda alami? Apabila ia, silakan Anda mencoba untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menyimak serta mempraktekkan sejumlah metode berikut ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Force Close Atau Berhenti Secara Tiba-Tiba

Setelah anda memahami sejumlah penyebab dari permasalahan aplikasi Android yang berhenti secara tiba-tiba, anda bisa mencoba menerapkan beberapa tips di bawah ini. Tips ini tentu bisa anda terapkan untuk memperbaiki sejumlah pesan error yang bertuliskan “sayangnya, aplikasi telah berhenti” atau “unfortunately, app has stopped”.

Namun, sebagai catatan Tulisan ini tidak bisa memberikan jaminan 100% Anda berhasil untuk menyelesaikan permasalahan diatas. Akan tetapi, mencoba tentu tidak salah. Barangkali, salah satu dari pembahasan berikut ini bisa bekerja pada smartphone anda. Metode yang paling sederhana untuk mengatasi permasalahan di atas Yakni dengan cara membersihkan sejumlah file sampah, menginstal ulang aplikasi, mengupdate aplikasi, menghapus data aplikasi dan lain sebagainya. Marilah kita bahas satu demi satu.

1. Menghapus File Cache Aplikasi

Tahapan perdana yang dapat anda kerjakan yaitu dengan cara menghapus file cache pada seluruh aplikasi di smartphone Android. Anda bisa memakai beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti CCleaner, Master Cleaner Clean Master dan aplikasi yang sejenisnya.

Aplikasi-aplikasi itu tentunya di atas tentunya bisa membantu untuk menghapus sejumlah file cache Android yang sudah terlanjur menumpuk. Selanjutnya, jika file cache sudah anda hapus dari smartphone Android, anda bisa mencoba untuk merestart dan membuka kembali aplikasi yang sebelumnya error. Semoga saja, permasalahan yang sebelumnya muncul pada aplikasi tersebut bisa hilang.

Tahapan untuk membersihkan file cache pada aplikasi di smartphone Android bisa anda kerjakan dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Baca:   Tips Fotografi Menggunakan Smartphone Android

hapus cache aplikasi android

Tahap pertama, silakan Anda masuk ke menu pengaturan. Selanjutnya, silakan Anda masuk ke menu setelan tambahan. Berikutnya, silakan Anda memilih menu manajemen aplikasi, lalu lanjutkan dengan mencari nama aplikasi yang akan dibersihkan file cache nya. Langkah terakhir, Silakan anda tetap pada tombol “Hapus Cache“.

Tutorial di atas sudah penulis praktekkan pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android versi 5.1.1 atau versi lolipop. Silakan Anda sesuaikan jika menggunakan versi OS Android yang lain OS Android versi yang lain.

2. Memaksa Berhenti Dan Hapus Data Pada Aplikasi

Tahap berikutnya, anda dapat mencoba untuk menghentikan paksa aplikasi serta menghapus data pada aplikasi yang dimaksud. Langkah ini pada umumnya cukup ampuh di dalam mengatasi permasalahan aplikasi yang error ataupun macet, utamanya yang muncul pesan seperti yang telah dijelaskan pada bagian disampaikan pada bagian sebelumnya.

Fungsi dari menghapus data pada aplikasi yakni untuk menghilangkan data yang sifatnya temporary, misalnya adalah data login, bookmark, history, file cache atau file sampah, dan basis data. Perlu diketahui juga bahwa langkah ini tidaklah menghapus aplikasi, namun hanya sebatas menghapus data pada aplikasi nya saja. Langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk menghentikan paksa dan menghapus data aplikasi adalah sebagai berikut.

paksa berhenti dan hapus data aplikasi android

Langkah pertama, silakan Anda masuk ke menu pengaturan, kemudian masuk ke setelan tambahan, lalu masuk ke menu manajemen aplikasi, kemudian carilah nama aplikasi yang dimaksud. Berikutnya, silakan Tap secara berurutan tombol “paksa berhenti” dan “hapus data“. Sebagai catatan bahwa langkah ini sudah penulis praktekan pada smartphone ber sistem operasi Android versi 5.1.1 atau Android Lollipop. Silakan Anda sesuaikan jika menggunakan Android versi yang lainnya.

3. Mengupdate Aplikasi Yang Terinstal

Pada metode yang ketiga, anda dapat mencoba untuk mengupdate aplikasi yang bermasalah. Tentunya, langkah ini akan bisa menghilangkan sejumlah kerusakan dan bugs yang ada pada aplikasi yang bermasalah. Pada update aplikasi, Anda harus memastikan jaringan internet yang digunakan lancar dan cepat.

Proses update aplikasi juga tentunya dapat anda lakukan secara langsung pada Google Play Store. Apabila anda aplikasi whatsapp anda sedang bermasalah, silakan Anda masuk ke Google Play Store, lalu Carilah whatsapp dan melakukan update aplikasi. Tentunya, Teknik ini juga bisa anda terapkan untuk sejumlah aplikasi yang lain, misalnya telegram, Instagram, BBM, Facebook dan sejumlah aplikasi yang lainnya.

4. Melakukan Instal Ulang Aplikasi

Apabila permasalahan pada sebuah aplikasi di smartphone Android cukup serius dan tidak bisa, jalan yang lain yang bisa dicoba adalah dengan cara menghapus aplikasi yang di maksud serta menggantinya dengan yang terbaru. Langkah ini Tentunya menjadi langkah pasrah di dalam mengatasi permasalahan aplikasi yang bermasalah atau error.

Baca:   19 Cara Agar Laptop Tidak Lemot Pada Windows Paling Manjur 100%

Namun demikian, metode menginstal ulang aplikasi pada banyak kasus berhasil, sebab telah diganti dengan aplikasi yang paling baru. Namun, setelah anda selesai menghapus aplikasi, jangan lupa pula untuk membersihkan sejumlah file sampah serta merestart smartphone android anda.

Proses penghapusan data aplikasi isi aplikasi pada smartphone bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

paksa berhenti dan hapus data aplikasi android

Langkah pertama diawali dengan masuk ke menu pengaturan. Selanjutnya, silakan Anda akses menu setelan tambahan, lalu masuk ke manajemen aplikasi, kemudian carilah nama aplikasi yang akan di instal ulang. Tahap selanjutnya, silakan Anda tap tombol hapus instalasi. Sebagai catatan dan sama dengan catatan-catatan sebelumnya, langkah ini bisa anda terapkan pada smartphone berbasis Lollipop versi 5.1.1.

5. Melakukan Factory Reset Pada Smartphone

Jika seluruh metode di atas telah Anda coba dan nyatanya tidak berhasil mengatasi permasalahan aplikasi yang error macet dan lain sebagainya, maka metode terakhir yang dapat anda kerjakan yaitu dengan mengembalikan settingan smartphone ke settingan pabrik atau lebih dikenal dengan istilah factory reset.

Sesungguhnya, Teknik ini tidaklah direkomendasikan, sebab data-data yang ada pada smartphone akan otomatis hilang dan smartphone akan dikembalikan settingannya pada posisi awal, seperti pada saat Anda baru membelinya.

Berdasarkan risiko tersebut, maka anda harus melakukan backup terhadap seluruh data yang ada pada smartphone dan menyimpannya pada media penyimpanan yang lebih aman. Beberapa jenis data yang sering di backup adalah data dokumen, aplikasi, video dan foto.

Untuk mengembalikan smartphone ke settingan pabrik atau factory reset bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

factory reset smartphone android

Langkah pertama, Masuklah ke menu pengaturan, kemudian masuk ke menu setelan tambahan. Selanjutnya, akses lah menu buat cadangan dan reset. Pada jendela berikutnya, Silakan anda tap tombol “hapus data aplikasi dan data aplikasi yang dapat dibongkar“.

Selanjutnya, anda cukup menunggu beberapa saat hingga proses factory reset smartphone selesai. Sebagai catatan, metode ini bisa anda lakukan pada smartphone yang memakai OS Android versi 5.1.1 atau Android Lollipop. Bagi anda pengguna smartphone berbasis Android versi yang lainnya, silakan disesuaikan saja.

Setelah anda mengerjakan beberapa metode di atas, harapan penulis semoga smartphone yang anda miliki bisa kembali bekerja secara normal dan bisa menemani aktivitas harian anda. Barangkali, memang tidak ada yang bisa berhasil 100%, namun minimal anda sudah mencoba terlebih dahulu dan memiliki pengalaman. Nantinya, anda bisa melihat hasilnya di kemudian hari.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara di dalam mengatasi aplikasi Android yang Tiba-tiba berhenti. Semoga saja, salah satu teknik di atas bisa anda praktekkan dengan sempurna dan bekerja dengan baik sehingga aplikasi yang bermasalah bisa normal kembali.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Kamera Smartphone Anda Error? Ikuti Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Seluruh smartphone Android di zaman sekarang ini pasti memiliki kamera. Bisa dikatakan, kamera pada smartphone …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *