Home / Tips dan Trik / Cara Simpel Menghapus Dan Menghilangkan Virus Di Windows 10
Cara Simpel Menghapus Dan Menghilangkan Virus Di Windows 10

Cara Simpel Menghapus Dan Menghilangkan Virus Di Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi modern yang telah memiliki antivirus bawaan seperti yang sudah diterapkan pada windows 8.1, yakni Windows Defender. Antivirus Windows Defender tentunya dapat berjalan secara otomatis dan real time terus menerus di belakang layar guna selalu mengamankan windows dari sejumlah ancaman dan serangan malware maupun virus.

Scanning Serta Update Secara Otomatis

Windows Defender merupakan antivirus yang sama dengan antivirus yang lainnya, di mana Windows Defender memiliki kemampuan untuk selalu berjalan dibelakang layar, melakukan scanning terhadap sejumlah data atau file yang hendak dibuka atau diakses.

Windows Defender memiliki kemampuan untuk menampilkan notifikasi berupa pop up apabila menemukan adanya virus pada komputer, serta memiliki kemampuan pula untuk mengkarantina atau menghapus virus dan malware yang ditemukan secara otomatis. Apabila Windows Defender menemukan malware dan virus, maka akan dimunculkan pop up notifikasi detected threats are being cleaned atau Windows Defender is talking action to clean detected malware.

Notifikasi Windows Defender

Sementara itu, update pada antivirus Windows Defender akan berjalan lewat windows update dan tentunya secara otomatis akan terinstal sehingga kita tidak lagi perlu memikirkan proses update antivirus Windows Defender secara manual.

Update Windows Defender secara manual

Sistem Konfigurasi Pada Windows Defender

Pada dasarnya, sistem konfigurasi pada Windows Defender sudah terintegrasi dengan setting di aplikasi windows 10. Untuk membukanya, silakan anda Klik Start Menu, kemudian silakan pilih Settings. Di bagian kategori Update And Security, silakan anda pilih Windows Defender.

Konfigurasi Windows Defender Windows 10

Fitur Scan Manual

Barangkali, suatu saat anda ingin men scan komputer secara manual. Silakan anda gulung sampai ke bagian bawah di halaman setting Windows Defender. Kemudian, silakan anda klik menu “Use Windows Defender” agar jendela Windows Defender ditampilkan di desktop.

Baca:   Cara Cepat Uninstall Program Bawaan Di Windows 10

Berikutnya, di sebelah bagian kanan terdapat opsi “Scan Options“, pilih menu “Custom“, kemudian klik tombol “Scan Now“. Selanjutnya, akan dimunculkan pop up dan anda bisa memilih folder atau partisi mana yang akan di scan. Klik OK untuk memulai proses scanning.

Scan manual pada Windows Defender WIndows 10

Windows Defender merupakan antivirus yang cukup cerdas, di mana pada saat anda menginstal antivirus lain pada komputer bersistem operasi windows 10 maka secara otomatis Windows Defender akan terdisable. Demikian pula sebaliknya, apabila anda meng Uninstall antivirus dari komputer bersistem operasi windows 10, maka Windows Defender akan secara otomatis aktif.

Itulah beberapa cara simple di dalam menghilangkan atau menghapus virus pada windows 10 yang bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan antivirus Windows Defender yang cukup powerful

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Software browser Google Chrome mempunyai picture in picture mode yang berfungsi bagi anda untuk menjadikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *