Home / Tips dan Trik / Cara Mudah Screenshot Di Laptop Asus Dengan Cepat
Cara Mudah Screenshot Di Laptop Asus

Cara Mudah Screenshot Di Laptop Asus Dengan Cepat

Secara umum, cara screenshot di laptop Asus juga bisa diterapkan di laptop dengan merk yang lain, termasuk pada PC atau personal komputer. Hanya saja, cara screenshot di laptop Asus memang perlu dibahas, sebab pengguna dari laptop Asus sekarang ini sangatlah banyak.

Namun, sebelum kita membahas Langkah Demi Langkah screenshot pada laptop Asus, Mari kita bahas terlebih dahulu Apa yang dimaksud dengan screenshot. Screenshot adalah aktivitas mengambil tampilan layar aktif pada monitor. Artinya, layar yang sedang aktif pada monitor kita shoot yang nantinya dapat kita simpan dalam format gambar.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari screenshot di layar laptop, misalnya adalah untuk keperluan membuat tutorial. Dengan adanya tambahan gambar screenshot maka tutorial yang kita buat akan semakin hidup dan interaktif serta mudah dipahami pembaca.

Tombol Printscreen pada laptop Asus:

Pada praktek Cara Mudah Screenshot Di Laptop Asus maupun PC yang menggunakan OS Windows, anda akan banyak menemukan penggunaan tombol Printscreen. Untuk itulah anda harus paham terlebih dahulu dimana letak dari tombol Printscreen sekaligus nama lain dari tombol Printscreen jika pada keyboard tertentu menggunakan nama yang berbeda.

Tombol Printscreen/Prt sc Sysrq/Prt sc

tombol screenshot atau printscreen pada laptop

Model Screenshot Di Laptop Asus Dan Merek Lain Serta PC:

Berdasarkan hasil screenshot yang didapat, ada beberapa model screenshot yang bisa diambil, yakni:

  1. Proses screenshot yang secara otomatis akan tersimpan dalam sebuah file gambar.
  2. Proses screenshot yang hanya tersimpan pada clipboard. Jika ingin menyimpan screenshot tersebut, maka kita harus mem paste kan terlebih dahulu pada editor gambar, baru menyimpannya ke dalam format gambar.
  3. Proses screenshot yang mengambil tampilan jendela yang sedang aktif aja, bukan seluruh area layar di laptop.

Tentunya, ketika proses screenshot diatas membutuhkan teknik yang berbeda pula. Pada kesempatan kali ini, Mari kita bahas satu demi satu proses screenshot di atas sehingga kita bisa mempraktekkannya sesuai dengan kebutuhan.

1. Cara Screenshot Di Laptop Asus Dan Langsung Menyimpan Dalam File Gambar

Cara screenshot dengan metode ini bisa anda lakukan hanya jika Anda menggunakan sistem operasi versi Windows 8.1 atau sistem operasi dengan versi di atasnya. Jadi, bagi Anda yang masih menggunakan Windows 7 masih belum bisa menggunakan fitur ini. Cara yang bisa anda lakukan untuk proses screenshoot agar langsung tersimpan dalam bentuk file adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, silakan Anda aktifkan atau posisikan tampilan layar sesuai dengan keinginan.
  2. Tekan kombinasi tombol Windows + Print Screen pada keyboard secara bersamaan dalam waktu beberapa detik. Adapun tanda bahwa layar sudah ter print screen atau sudah ter screenshot adalah layar berkedip Atau ngeflash.
    tombol Windows plus Printscreen
  3. File gambar print screen atau screenshot akan secara otomatis tersimpan di dalam folder Picture yang bisa dengan mudah diakses lewat menu Explorer.
Baca:   Cara Menambahkan Menu Masuk Safe Mode Pada Klik Kanan Mouse Di Windows 7 Dan 8

Lalu, Bagaimanakah jika kombinasi tombol Windows + print screen tidak bekerja? Ada beberapa jenis laptop yang mengharuskan untuk menggunakan kombinasi tombol Windows + Fn + Print Screen. Apabila kombinasi tiga tombol tersebut juga belum bisa bekerja, anda bisa mencoba menggunakan kombinasi tombol Windows + Ctrl + Print Screen. Lantas, mana kombinasi tombol yang bisa bekerja tentu hanya bisa diketahui setelah anda mencobanya. Sekali lagi, harap untuk dipahami bahwa cara screenshot di laptop Asus agar File print screen hasil bisa langsung tersimpan Hanya bekerja pada Windows 8.1 dan versi di atasnya.

2. Cara Screenshot Di Laptop Asus Agar Tersimpan Pada Clipboard

Cara screenshot pada laptop Asus maupun pada merek yang lain serta pada semua personal computer model ini cukup banyak diterapkan. Sebab, cara screenshot agar tersimpan sementara pada clipboard bisa dilakukan pada hampir semua versi sistem operasi Windows. Langkah yang bisa dilakukan juga tergolong mudah dan sederhana. Silakan simak beberapa urutan di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silakan Anda Buka layar laptop merek Asus dan merek yang lainnya atau bahkan pada personal komputer sesuai dengan yang diinginkan.
  2. Silakan Anda tekan tombol Print Screen agar tampilan layar tersimpan pada clipboard.
  3. Selanjutnya, anda bisa membuka software editor gambar seperti microsoft paint atau Photoshop. Bahkan, anda juga bisa menggunakan software bukan untuk editor gambar, misalnya Microsoft Word.
  4. Untuk menempelkan tangkapan atau screenshot layar yang sebelumnya sudah tersimpan pada clipboard, tekan kombinasi tombol Ctrl + V atau tekan menu Paste pada software yang Anda gunakan.

Secara otomatis, screenshot layar yang sebelumnya tersimpan pada clipboard akan tampil pada software yang Anda gunakan tersebut. Jika Anda menggunakan software editor gambar seperti microsoft paint atau Photoshop, maka anda bisa menyimpan dalam format gambar, misalnya JPG, PNG atau format yang lainnya. Akan tetapi, jika anda menggunakan software Microsoft Word, maka gambar yang ter paste pada lembar kerja hanya sebagai bagian dari dokumen anda dan format penyimpanan tetap menggunakan format dokumen atau doc.

Baca:   Tips Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android

3. Cara Screenshot Di Laptop Asus Hanya Pada Jendela Yang Aktif Saja

Cara screenshot di laptop Asus dan merek yang lainnya agar bisa mengambil hanya jendela yang aktif saja juga bisa dikerjakan dengan teknik yang sederhana. Berikut ini adalah urutan nya.

  1. Silakan Anda buka jendela yang akan anda screenshot dan pastikan jendela tersebut dalam kondisi aktif dan berada di bagian paling atas layar.
  2. Langkah selanjutnya, tekan kombinasi Ctrl + Print Screen untuk screenshot pada jendela yang aktif tersebut. Secara otomatis, hasil print screen pada jendela aktif tersebut akan tersimpan pada clipboard.
  3. Berikutnya, lanjutkan membuka software editor gambar, bisa menggunakan Photoshop, microsoft paint atau software yang lainnya.
  4. Klik menu paste pada software editor gambar untuk menempelkan hasil screenshot yang sebelumnya masih tersimpan pada clipboard. Shortcut nya, anda bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + V.
  5. Langkah terakhir, anda bisa menyimpan hasil gambar screenshot tersebut ke format gambar seperti JPG, PNG, TIFF dan yang lainnya.

4. Cara Screenshot Di Laptop Asus Menggunakan Fungsi Software Snipping Tool

Selain menggunakan kombinasi tombol yang ada di keyboard, terdapat pula software bawaan Windows yang bisa dimanfaatkan untuk screenshot layar. Software yang dimaksud adalah software snipping tool. Software snipping tool merupakan software yang cukup sederhana sehingga cukup mudah untuk dioperasikan.

Langkah-langkah menggunakan software snipping tool untuk screenshot layar di laptop Asus:

  1. Langkah pertama, silakan Anda posisikan layar laptop Asus pada posisi siap untuk di screenshot.
  2. Langkah Kedua, silakan Anda buka Software Snipping Tool. Caranya adalah dengan Klik tombol Start menu, kemudian ketik “snipping tool“, maka secara otomatis shortcut untuk software snipping tool akan ditampilkan. Silakan klik shortcut software snipping tool untuk membukanya.
    akses software snipping tool
  3. Software snipping tool yang terbuka menyediakan beberapa option screenshot, diantaranya adalah Free Form Snip, Rectangular Snip, Window Snip, dan Full Screen Snip.
    pilihan snipping tool
Baca:   Review Asus ZenBook UX333FN yang Membuatmu Ingin Memilikinya

Masing-masing dari fitur software snipping tool memiliki perbedaan, di antaranya adalah:

Free Form Snip : kita bisa menentusave as file hasil scrennshot snipping toolkan area yang di screenshot secara bebas hanya dengan memilih area yang diinginkan. Bentuk dari area yang bisa diambil menggunakan free form snip adalah tidak beraturan dan sesuai dengan area yang kita seleksi tersebut.

Rectangular Snip : fitur ini bisa kita manfaatkan untuk screenshot layar dengan area persegi atau persegi panjang. Artinya, bentuk dari hasil rectangular slip ini berupa kotak.

Window Snip : fitur ini bisa kita manfaatkan untuk screenshot layar yang aktif pada laptop Asus maupun personal computer anda. Fitur ini hampir sama dengan fungsi tombol ctrl + print screen pada keyboard. Untuk itu, agar fungsi Window snip bisa maksimal, maka buka dan aktifkan salah satu jendela yang akan di screenshot terlebih dahulu.

Full Screen Snip : sesuai dengan namanya, fungsi dari fitur ini adalah untuk screenshot seluruh area layar yang ada pada laptop atau personal komputer anda. Dengan kata lain, semua area akan masuk adalah wilayah screenshot.

  1. Setelah anda mengaktifkan salah satu fitur dari software snipping tool di atas, maka begitu anda mengambil screenshot pada layar, secara otomatis hasil dari screenshot akan masuk ke dalam software snipping tool tersebut.
    contoh screenshot pada snipping tool
  2. Anda bisa menyimpan hasil screenshot menggunakan software snipping tool dengan cara klik menu File kemudian pilih Menu Save As.
    save as hasil screenshot snipping tool
  3. Selanjutnya, Silakan Anda beri nama file tersebut dan pilih Format gambar yang diinginkan. Akhiri dengan Klik tombol Save.
    save as file hasil scrennshot snipping tool

Ternyata, cukup banyak cara screenshot di laptop Asus yang bisa anda pilih dan anda praktekan. Semua metode di atas hampir pasti bisa bekerja pada laptop Asus serta pada laptop bermerek yang lainnya, bahkan pada komputer personal sekali pun. Satu hal yang berbeda hanyalah pada model screenshot yang hasilnya langsung tersimpan dalam bentuk file gambar, sebab option tersebut hanya bisa bekerja pada Windows 8.1 dan versi Windows diatasnya. Untuk screenshot yang lainnya bisa berjalan pada semua versi sistem operasi Windows. Sekian dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Software browser Google Chrome mempunyai picture in picture mode yang berfungsi bagi anda untuk menjadikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *