Home / Software / Cara Mudah Install Ulang Windows 7 Dengan Media DVD
jendela install windows 7

Cara Mudah Install Ulang Windows 7 Dengan Media DVD

Halo pengunjung sekalian? Apa kabar hari ini? Semoga saja, anda dalam keadaan sehat walafiat. Di kesempatan kali ini, penulis akan mencoba untuk membahas tutorial cara mudah install ulang Windows 7 dengan menggunakan media DVD. Tujuan dari install ulang Windows 7 adalah untuk menghapus seluruh instalasi software aplikasi, termasuk sistem operasi pada komputer Sehingga nantinya software yang terinstal pada komputer benar-benar Baru.

Beberapa kondisi pada komputer yang menuntut untuk dilakukannya install ulang Windows 7 di antaranya adalah komputer yang terkena virus, komputer yang performanya sudah semakin menurun, banyak software aplikasi yang sudah crash atau tidak jalan, serta beberapa kondisi yang lainnya yang menjadikan komputer sudah tidak bisa berfungsi secara normal.

Daftar isi:

  1. Alat dan bahan untuk install ulang Windows 7
  2. Cara mendapatkan master Windows 7
  3. Cara install ulang Windows 7

Bisa dikatakan bahwa pengguna sistem operasi Windows 7 sampai dengan saat ini masih sangat banyak. Hal tersebut tentunya dikarenakan Windows 7 merupakan salah satu sistem operasi buatan Microsoft yang benar-benar ringan serta mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya. Dari sisi interfacenya, Windows 7 juga cukup modern sehingga membuat setiap pengguna merasa nyaman.

Alat Dan Bahan Untuk Install Ulang Windows 7

Bagian pertama yang perlu Anda persiapkan Ketika anda hendak menginstal ulang komputer menggunakan Windows 7 adalah sebagai berikut:

  1. Master sistem operasi Windows 7
  2. Software driver
  3. Software aplikasi

Tentunya, semua peralatan dan bahan di atas wajib untuk Anda persiapkan sebelum anda memulai proses install ulang Windows 7. Apabila salah satu dari ketiga jenis alat di atas tidak anda miliki, maka proses install ulang tidak bisa berjalan dengan sempurna. Bahkan, lebih parahnya lagi komputer yang diinstall ulang tidak bisa digunakan.

Oleh karena itulah, siapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan pada saat hendak menginstal ulang Windows 7, hindari untuk mencari berbagai macam kebutuhan alat dan bahan ketika proses instalasi Windows 7 sedang berlangsung. Jika anda melakukan hal tersebut, maka anda berpotensi untuk membuang waktu yang cukup lama.

Cara Mendapatkan Master Windows 7

Ada berbagai macam cara yang bisa ditempuh untuk memperoleh Master software Windows 7. Namun, sebelum anda mencoba untuk mencari Master software Windows 7, alangkah baiknya anda mengecek terlebih dahulu spesifikasi hardware dari komputer yang hendak Anda install tersebut. Apabila komputer yang anda miliki mempunyai kapasitas RAM kurang dari 4GB, maka anda bisa menggunakan sistem operasi Windows 7 32 bit. Akan tetapi, apabila komputer anda memiliki kapasitas RAM diatas 4GB, maka silakan Anda gunakan sistem operasi Windows 7 64 bit.

Alasan menggunakan sistem operasi Windows 7 32 bit atau 64 bit adalah menyesuaikan dari spesifikasi hardware yang dimiliki. Sebagai contoh, misalkan komputer anda memiliki RAM dengan kapasitas 8 GB, maka anda wajib untuk menggunakan Windows 7 64 bit. Sebab, apabila anda menginstal Windows 7 32 bit pada komputer yang menggunakan RAM dengan kapasitas 8 GB, maka total kapasitas RAM yang bisa terbaca hanyalah 4 GB.

Setelah anda mengetahui spesifikasi komputer yang anda miliki, maka langkah berikutnya yaitu berusaha untuk mendapatkan master Windows 7 tersebut. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa ditempuh.

1. Langsung Mendownload Dari Situs Resmi Microsoft

Download windows 7 ultimate 64 bit iso original maupun download windows 7 ultimate 32 bit iso original bisa dikerjakan secara langsung lewat situs resmi Microsoft. Pihak Microsoft memang sengaja menyediakan link download software sistem operasi Windows guna mempermudah para penggunanya untuk memperoleh Master Windows, sekaligus bisa digunakan sebagai tahap uji coba.

Akan tetapi, sistem operasi Windows 7 yang anda download lewat situs resmi Microsoft adalah versi trial. Artinya, Apabila Anda ingin menggunakan secara penuh semua fitur yang disediakan oleh Windows 7, maka anda harus meregistrasi atau membayar biaya lisensi kepada pihak Microsoft.

Baca:   Cara Membagi Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Install Ulang

Untuk meyakinkan Anda supaya tidak salah mendownload software Windows 7, maka silakan pahami dengan sebaik-baiknya spesifikasi komputer yang anda miliki. Apabila, komputer anda menggunakan RAM berkapasitas kurang dari 4 GB serta menggunakan prosesor generasi lawas, maka silakan Anda download iso Windows 7 Ultimate 32 bit. Perlu digarisbawahi, Seri Ultimate merupakan seri yang cukup tinggi sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Sementara itu, apabila komputer anda memiliki spesifikasi cukup tinggi, misalnya kapasitas RAM lebih dari 4 GB serta menggunakan prosesor generasi yang cukup baru, maka pilihan Windows 7 Ultimate 64 bit iso merupakan pilihan yang bijak.

Selanjutnya,Sebagai tambahan informasi saja bahwa situs resmi Microsoft juga menyediakan fitur fitur update yang dibutuhkan pada sistem operasi Windows 7 buatannya. Apabila terdapat beberapa kekurangan, maka pihak Microsoft akan langsung menambal kekurangan tersebut dan merilis system update berupa Service Pack.

Untuk mencari Windows 7 Service Pack 1 offline installer juga cukup mudah dilakukan, bahkan di situs resmi website Microsoft juga menyediakan update offline untuk sejumlah generasi dari sistem operasi Windows. Oleh sebab itu, silakan Anda download Service Pack offline Installer agar sistem operasi Windows 7 bisa semakin aman.

Dengan metode ini, pihak pengguna tetap harus melakukan aktivasi Windows 7 yang nantinya akan diinstall pada komputer. Biasanya, proses aktivasi Windows 7 bisa dilakukan via internet dan juga bisa dilakukan via telepon. Sebelum anda melakukan aktivasi Windows 7 yang telah terinstal, persiapkan product key yang sebelumnya sudah anda beli ke pihak Microsoft.

2. Membeli Langsung Di Microsoft Indonesia

Bagi Anda yang jarang online atau berkutat di dunia internet, maka solusi berikutnya yang bisa anda tempuh adalah membeli langsung Windows 7 di Microsoft Indonesia. Tentunya, anda perlu mengunjungi kantor Microsoft Indonesia supaya Anda bisa melakukan transaksi pembelian Windows 7 yang Anda gunakan tersebut.

Tentunya, Metode ini cukup banyak kelemahannya, salah satunya adalah tingginya beban biaya, terutama untuk ongkos perjalanan menuju kantor Microsoft Indonesia. Apabila tempat tinggal Anda jauh dari kota Jakarta. Namun, dengan Anda membeli Master Windows 7 langsung di Microsoft Indonesia, maka jaminan keasliannya sangat terjaga. Dengan membeli software Windows 7 secara langsung ke Microsoft Indonesia, maka secara otomatis anda akan memperoleh product key untuk digunakan pada saat install ulang Windows 7.

3. Membeli Di Marketplace

Di zaman yang serba online sekarang ini, marketplace merupakan salah satu tempat penjualan berbagai macam software, salah satunya adalah Windows 7 original. Para riseller dari software Windows 7 berlomba-lomba untuk bisa menjual sebanyak-banyaknya Master dari Windows 7 sehingga mereka juga akan memperoleh keuntungan yang cukup tinggi.

Akan tetapi, membeli Windows 7 di marketplace haruslah hati-hati, jangan sampai Anda tertipu dengan Windows 7 bajakan. Anda harus mampu untuk menganalisa manakah penjual yang jujur memiliki dagangan Windows 7 original dan mana pula penjual yang sebenarnya berjualan software Windows 7 bajakan.

Cara Install Ulang Windows 7

Setelah anda berhasil memperoleh Master Windows 7, baik itu 32 bit maupun 64 bit, maka Mari kita lanjutkan untuk membahas proses install ulang Windows 7 pada komputer.Pada artikel kali ini, penulis akan menjabarkan Langkah Demi Langkah install Windows 7 menggunakan DVD sebagai Master installer nya.

Sebenarnya, terdapat pula cara install ulang Windows 7 tanpa CD, yakni menggunakan media flash disk. Dengan menggunakan media flash disk, maka pada umumnya proses instalasi akan berjalan lebih cepat, sebab proses pembacaan file Master Windows 7 langsung diarahkan ke USB flashdisk yang mana kecepatan bacanya lumayan tinggi dibandingkan CD atau DVD. Tutorial mengenai cara install Windows 7 dengan flashdisk akan dibahas pada artikel yang lainnya.

Baca:   Cara Downgrade Windows 10 Ke Windows 7 Terbukti 100% Jalan

Kembali ke topik pembahasan, Berikut ini adalah cara install ulang Windows 7 yang diyakini cukup mudah untuk Dipahami, diikuti dan dikerjakan oleh siapa pun. Silakan disimak.

1. Setting Bagian Boot Pada BIOS Dan Arahkan Ke CD Atau DVD Drive

Untuk masuk ke menu bios bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Namun, secara umum pada komputer desktop kita bisa menggunakan tombol delete atau Del ketika komputer baru dihidupkan. Ciri khas dari bios adalah memiliki tampilan warna biru dengan teks warna kuning/putih.

boot menu pada BIOS

Anda cukup melakukan perubahan setting di menu boot dengan cara melakukan konfigurasi first boot ke media CD or DVD. Selanjutnya, silakan Anda simpan settingan bios tersebut dengan cara menekan tombol F10 atau menggunakan menu “Save And Exit“. Supaya komputer tidak gagal booting, maka secepatnya Anda masukkan Master Windows 7 ke optical drive agar nantinya bisa langsung dibaca setelah komputer menjalankan proses post atau Power on self test.

2. Proses Install Ulang Windows 7

Setelah proses Post selesai, maka Master DVD Windows 7 akan dibaca dan komputer akan menampilkan pesan ” press any key to boot from CD or DVD…”. Silakan Anda tekan sembarang tombol untuk memulai menjalankan proses install ulang Windows 7. Tunggulah beberapa saat sampai dengan jendela proses instalasi berikutnya ditampilkan dan meminta anda untuk melakukan aksi selanjutnya.

menu press any key to boot from CD or DVD Windows 7

Pada tahap berikutnya, akan tampil jendela pengaturan bahasa/language yang digunakan, format waktu dan format mata ulang/time and currency format dan keyboard input methode. Perhatikan gambar dibawah ini.

jendela install windows 7

Pilihkan English pada bagian Language to install, English (united states) untuk time and currency format dan US untuk bagian keyboard or input method. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

pilihan jenis install windows 7

Terdapat beberapa opsi install windows 7, yaitu What to know before installing Windows (untuk mengetahui apa saja yang perlu dipahami pengguna Windows 7 nantinya), Repair your computer (untuk memperbaiki instalasi Windows 7 yang mengalami kerusakan) dan Install Now (untuk memulai proses instalasi Windows 7 sekarang). Karena kita akan meng install windows 7 dalam mode clean install, maka silahkan klik tombol Install Now.

setup is starting pada windows 7

Tunggulah beberapa saat hingga tampil jendela seperti dibawah ini

pilihan sistem operasi windows 7 yang akan diinstall

Silahkan anda pilih sistem operasi yang akan anda install berdasarkan platformnya. Jika sudah klik tombol Next.

License Terms pada windows 7

Jendela berikutnya berisi Microsoft Software License Terms. Jika anda setuju dengan lisensi tersebut, silahkan berikan tanda ceklist pada bagian “I accept license terms” dan lanjutkan dengan klik tombol Next

tipe install windows 7

Jendela selanjutnya berisi pilihan jenis install Windows 7. Pada tahap ini, kita diberikan 2 buah pilihan, yaitu:

  1. Upgrade
    Upgrade adalah salah satu fitur pada saat instalasi Windows 7 yang berguna untuk mengupgrade atau menaikkan versi Windows. Artinya, untuk bisa menggunakan fitur upgrade HP maka komputer anda harus sudah terinstal sistem operasi Windows versi sebelumnya. Apabila Anda ingin mengupgrade ke Windows 7, maka komputer tersebut harus sudah terinstal Windows versi sebelum Windows 7, misalnya adalah Windows XP.
  2. Custom (Advanced)
    Pilihan custom Pada tahapan instalasi Windows ini memberikan keleluasaan kepada pengguna komputer di dalam menginstall ulang sistem operasi. Pada pilihan custom, maka komputer akan dilakukan clean install ulang atau install ulang secara full sehingga komputer benar-benar seperti baru.

Silakan Anda klik bagian custom (advanced) melanjutkan proses instalasi

mengatur besarnya partisi pada windows 7

Pada komputer baru, maka anda diharuskan untuk membagi ruang harddisk menjadi beberapa bagian. Pembagian ruang harddisk tersebut dikenal dengan istilah partisi. Pada proses ini, anda bisa memulai untuk membuat partisi drive C dengan cara klik menu drive option (advanced)

Baca:   Praktekan Cara Lengkap Mempercepat Kinerja Windows 7 Biar Komputer Lebih Ngebut

mengatur besarnya partisi pada windows 7

Selanjutnya, silahkan anda klik menu “New“, lalu masukan berapa besar partisi yang anda inginkan untuk drive C.

mengatur besarnya partisi pada windows 7

Setelah anda memasukan besarnya partisi C, klik tombol Apply. Selanjutnya akan tampil jendela seperti berikut ini.

Klik tombol OK untuk melanjutkan proses Install Ulang Windows 7

mulai proses install ulang windows 7

Pilih partisi yang ke 2 sebagai drive Windows 7 diinstall ulang. Lanjutkan dengan klik tombol Next dan tunggulah beberapa saat hingga proses Installing Windows selesai.

proses installing windows 7 berjalan

Setelah proses Installing Update selesai, maka komputer akan otomatis Restart

komputer restart pada saat install windows 7

Setelah komputer Restart, akan otomatis menyala dengan tampilan loading pertama seperti pada gambar dibawah ini.

komputer nyala kembali

Tahap selanjutnya, proses install akan melakukan update registry setting

setting dan update registry windows 7

Setelah updating registry setting selesai, proses berikutnya dilanjutkan dengan starting services

windows 7 starting service

Setelah proses starting services selesai, maka proses install ulang akan dilanjutkan kembali secara otomatis seperti ditampilkan pada gambar dibawah ini.

proses instalasi windows 7 dilanjutkan

Setelah tahapan Completing Installation selesai, komputer akan restart untuk yang ke dua kalinya. Anda cukup menunggu saja sampai komputer menyala kembali. Setelah menyala, proses instalasi Windows 7 akan dilanjutkan dengan proses preparing your computer for first use seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini.

preparing your computer for first use windows 7

Proses berikutnya adalah proses checking video performance yang memiliki peranan sangat penting untuk menentukan apakah nantinya Windows 7 akan mengaktifkan fitur aero atau tidak.

pengecekan performa pada saat install windows 7

Selesai proses diatas, maka proses berikutnya adalah setting nama pengguna atau username yang nantinya akan digunakan pada saat menggunakan Windows 7 tersebut.

setup username instalasi windows 7

Silahkan anda isikan data nama pada “Type a user name” dan nama komputer pada isian “Type a computer name“. Setelah selesai lanjutkan dengan klik tombol Next

setting password install windows 7

Pada jendela berikutnya mengijinkan anda untuk mensetting password pengguna komputer. Silahkan isi jika dibutuhkan. Jika anda tidak ingin komputernya di password, maka anda bisa melewati langkah ini. Klik tombol Next untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

setting proteksi dan sekuriti pada instalasi windows 7

Tahap selanjutnya, anda akan diminta untuk menentukan jenis sekuriti atau keamanan pada Windows 7. Jika anda masih awan dengan setting keamanan tersebut, anda bisa memilih untuk menggunakan opsi “Use Recomended Setting“. Setelah itu, akan ditampilkan jendela seperti berikut ini.

setting timezone, tanggal dan jam

Silahkan lakukan pengaturan pada bagian zona waktu/Time Zone, setting tanggal dan jam jika diperlukan. Klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

setting jaringan pada instalasi windows 7

Tahapan selanjutnya adalah setting jaringan pada komputer. Bagi anda yang masih awam dengan pilihan diatas, anda bisa menggunakan opsi Home Network. Setelah itu, proses konfigurasi jaringan akan dijalankan. Silahkan tunggu beberapa saat.

proses konfigurasi jaringan

Proses Windows finalizing your setting akan berjalan. Pada tahap ini anda juga hanya perlu menunggu saja.

Windows finalizing your setting

Selesai menjalankan proses diatas, komputer akan restart untuk ke tiga kalinya. Setelah itu, proses install ulang Windows 7 selesai dan komputer siap untuk dilanjutkan instalasi driver sesuai dengan hardware yang terpasang.

install windows 7 selesai

Apabila disimak, memang cara install ulang Windows 7 yang telah dijabarkan diatas cukuplah panjang. Namun, pada kenyataannya Ketika anda sudah benar-benar memahami alur dari proses instalasi sistem operasi, anda akan merasa cukup mudah untuk mempraktekkan tahapan demi tahapan instalasi sistem operasi Windows, bukan hanya Windows 7 saja, namun juga untuk versi Windows yang lainnya.

Guna meningkatkan pemahaman Anda di dalam menginstall ulang komputer berbasis sistem operasi Windows, maka anda harus sering membaca tutorial lengkap yang berisi proses awal sampai dengan proses akhir di dalam melakukan install ulang sistem operasi Windows 7, salah satunya yang ada pada blog rerakit.com. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Daftar Aplikasi Pelacakan Nomor Ponsel Terbaik Android

Daftar Aplikasi Pelacakan Nomor Ponsel Terbaik Android

Bagaimana kabar anda hari ini? Ini apakah anda pernah mendapat telepon dari nomor ponsel yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *