Home / Tips dan Trik / Cara Mudah Aktifkan Build-in Translator pada Firefox
Cara Mudah Aktifkan Build-in Translator pada Firefox

Cara Mudah Aktifkan Build-in Translator pada Firefox

Pada software browser Google Chrome, terdapat fasilitas untuk menterjemahkan bahasa yang diberikan pada saat anda berkunjung pada blog atau website yang menggunakan bahasa asing. Perangkat tersebut pada dasarnya merupakan sebuah alat bantu yang dibuat guna memudahkan pembaca di dalam mengartikan serta memahami isi konten dari halaman blog atau website tersebut. Meskipun pada kenyataannya sejumlah pemakai memutuskan untuk tidak memakainya.

Berbeda dengan Google Chrome, Mozilla Firefox tidak membiasakan untuk memberikan tawaran fasilitas seperti itu. Namun, kondisi tersebut bukan disebabkan karena tidak memiliki. Namun disebabkan oleh alasan yang lainnya, Mozilla Firefox lebih memilih untuk menyembunyikannya secara default. Apabila anda memiliki keinginan untuk mengaktifkan built-in translator pada Mozilla Firefox seperti yang dimiliki oleh Google Chrome, tentunya tidak menjadi masalah.

Cara Mudah Mengaktifkan Built-In Translator Pada Mozilla Firefox

Anda dapat mencoba mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini untuk mengaktifkan fasilitas penterjemah pada Mozilla Firefox.

  1. Langkah pertama, silahkan anda buka software browser Mozilla Firefox, lalu ketikkan perintah “about:config” pada address bar, kemudian tekan tombol enter pada keyboard.
  2. Pada saat dimunculkan halaman seperti di bawah ini, silakan Anda klik menu I accept the risk!.
    menu I accept the risk! pada mozilla firefox
  3. Pada bagian pencarian, silakan Anda copy paste atau ketik kode sebagai berikut: “browser.translation.ui.show”.
  4. Apabila sudah ditemukan, silakan Klik Kanan dan klik menu toggle.
    menu Toggle pada mozilla firefox
  5. Jika isian status, type dan value-nya sudah berubah seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini, artinya pekerjaan Anda telah selesai.
    isian status, type dan value pada mozilla firefox
  6. Tahap berikutnya, silakan Anda restat software browser Google Chrome Mozilla Firefox atau tutup dan buka kembali.
  7. Setelah software Mozilla Firefox terbuka kembali, lanjutkan dengan Klik tombol settings, kemudian pilih menu options
    Menu settings Options pada mozilla firefox
  8. Pada bagian menu general, silakan Anda cari option language serta berikan tanda ceklis pada bagian Translate web content.
    Translate web content pada mozilla firefox
  9. Finish dan anda bisa mencoba untuk membuka situs maupun web yang menggunakan bahasa asing, lalu lihatlah pesan pop-up yang muncul pada bagian atas software browser Mozilla Firefox anda.
Baca:   Kumpulan Tips Dan Trik Microsoft Word 2016 Yang Belum Banyak Diketahui

Sebagai informasi, software Mozilla Firefox memakai tool yang berasal dari Microsoft Translate, p&d hingga kualitas penterjemahan tentu berbeda dengan hasil terjemahan Google Translate. Oleh sebab itu, apabila anda sudah terbiasa dengan layanan Google Translate, maka janganlah merasa kaget akan perbedaan hasil penerjemahannya.

Harap untuk diingat bahwa fitur tersebut hanya akan aktif pada situs yang menggunakan bahasa asing. Jika yang Anda pilih yaitu bahasa Inggris, maka tools tersebut tidak akan muncul, kecuali jika anda membuat website selain menggunakan bahasa Indonesia.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

5 Fitur Baru Pada Google Chrome 74 Keatas Yang Menjadikan Anda Meninggalkan Firefox

Apabila anda sudah menggunakan software browser Google Chrome versi 74 ke atas, maka anda akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *