Home / Tips dan Trik / Cara Merekam Layar PC Tanpa Dan Dengan Aplikasi
Cara Merekam Layar PC

Cara Merekam Layar PC Tanpa Dan Dengan Aplikasi

Tentu, anda memiliki cukup banyak Tujuan mengapa merekam layar PC, misalnya untuk keperluan pembuatan tutorial yang bisa dibagikan kepada orang lain, record aktivitas game yang dimainkan guna bisa di-share ke youtube dan juga situs-situs yang lainnya. Apapun tujuan yang anda miliki, merekam layar laptop atau PC dapat dikerjakan dengan 2 teknik, yaitu dengan menggunakan software aplikasi pihak ketiga maupun hanya dengan memakai fitur terbaru yang dimiliki pada Windows 10.

Dengan munculnya fitur atau aplikasi terbaru yang digunakan untuk merekam layar, tentu saja akan membuat muda setiap pengguna yang memerlukan proses perekam layar. Terlebih sekarang ini tutorial dalam bentuk konten video bisa dipastikan jauh lebih membantu dibandingkan hanya memakai teks saja.

Baiklah, Mari kita bahas Cara merekam layar PC baik yang memanfaatkan fitur terbaru dari Windows 10 maupun yang menggunakan software aplikasi pihak ketiga. Silahkan disimak.

Cara Merekam Layar PC Tanpa Software Aplikasi

Apabila anda mengharapkan proses capture layar laptop atau PC dilakukan lebih cepat, maka anda tidak perlu menginstal software aplikasi. Anda bisa memanfaatkan salah satu fitur paling baru yang ada pada Windows 10 Creators update. Fitur tersebut memiliki nama game DVR yang sengaja didesain untuk bisa merekam Layar Pada saat Anda memainkan game di PC. Namun, ternyata fitur tersebut juga bisa digunakan pada semua software aplikasi yang terinstal pada Windows 10.

Untuk mulai merekam layar PC dengan memanfaatkan game DVR tersebut, anda cukup menekan kombinasi tombol Windows + G pada keyboard di seluruh aplikasi yang sudah terinstal pada Windows 10. Selanjutnya, game bar akan ditampilkan. Anda cukup memilih “Yes this is a game” walaupun software aplikasi yang sedang dijalankan tidak masuk kategori game.

merekam layar menggunakan Windows 10

Apabila game bar tidak tampil, dimungkinkan anda sudah pernah mendisable atau menonaktifkan nya. Guna meyakinkan, silakan Anda masuk ke menu settings, pilih gaming, lalu pilih game bar. Silakan anda Pastikan bahwasanya menu “Record game clips, screenshot and broadcasting using Game Bar” sudah dalam kondisi aktif. Apabila Game Bar telah aktif serta sudah tampil, maka anda cukup memilih tombol Start recording.

mulai merekam layar pada Windows 10

Selanjutnya, terdapat sebuah timer yang posisinya melayang pada sebelah kanan di layar PC atau laptop anda. Tanda itulah yang merupakan indikator bahwa Game Bar sedang dalam proses perekaman layar PC. Anda dapat pula menghidupkan atau mematikan microphone dengan cara klik icon mikrofon. Game Bar tentunya mampu merekam seluruh suara yang asalnya dari laptop atau PC serta masukkan dalam klip rekaman layar yang sedang dilakukan.

Baca:   Tips Mengatasi Smartphone Android Tidak Terbaca di PC

proses perekaman pada Windows 10

Anda dapat menghentikan aktivitas perekaman layar dengan cara Klik tombol stop yang memiliki Icon gambar kubus. Rekaman layar PC yang sudah anda kerjakan tersimpan pada folder C:usersnamevideoscaptures dan memiliki format video MP4

Cara Merekam Layar Pc Menggunakan Software Aplikasi Pihak Ketiga Gratis

Apabila anda tidak memiliki menggunakan Windows 10 pada PC Anda, maka anda bisa menggunakan software aplikasi Pihak ketiga untuk membantu Anda pada proses perekaman layar. Pada bagian ini, penulis merekomendasikan software yang bernama Open broadcaster. Software tersebut merupakan software gratis yang cukup powerful. Software open broadcaster bisa anda download pada alamat OBSprroject.com

Aplikasi gratis tersebut juga bisa digunakan untuk aktivitas live streaming. Di samping aplikasi open broadcaster, ada pula aplikasi yang bisa digunakan untuk merekam layar PC, yakni software VLC.

1. Cara Merekam Layar PC Menggunakan Open Broadcaster

Setelah anda mendownload software open broadcaster atau OBS, silakan Anda jalankan. Ketika anda menjalankan pertama kali software OBS, maka anda akan mendapati layar berwarna hitam. Software OBS itu sendiri memakai “scene” dan juga “source” pada proses pembuatan video rekaman anda. “scene” adalah hasil final dari proses perekaman video yang anda lakukan. Sementara itu, “source” adalah sumber dari videonya, yakni apa saja yang hendak ditampilkan pada video rekaman.

software Open Broadcaster

Jika anda hendak memulai aktivitas perekaman, silakan Anda Klik Kanan di bagian dalam box Source  pada bagian bawah jendela, kemudian klik menu Add lalu pilih Display Capture. Berikan nama Source sesuai dengan yang anda inginkan, kemudian Klik tombol OK.

add display capture Open Broadcaster

Pada tahap selanjutnya, anda akan melihat review dari layar yang anda miliki. Terdapat pula opsi yang digunakan apakah akan menampilkan kursor Mouse atau tidak. Pada bagian ini, anda cukup memberikan tanda centang pada menu “Capture Cursor” apabila anda menginginkan kursor Mouse tetap ditampilkan pada proses perekaman. Jika anda ingin menghilangkan kursor Mouse, maka hilangkan tanda centang pada menu “Capture Cursor

capture cursor pada open broadcaster

Lanjutkan dengan Klik tombol OK guna menambahkan sumber, dan anda nantinya akan melihat preview yang berasal dari layar pc anda pada jendela OBS.

display capture pada open broadcast

Apabila anda hendak merekam Pada area di satu aplikasi saja, tidak secara full screen, maka anda dapat mengatur keinginan tersebut di OBS. Langkahnya yaitu dengan cara Klik Kanan pada box source, kemudian pilih menu Add > Windows Capture.

Windows capture open broadcaster

Silakan Anda kasih nama sesuai dengan keinginan Anda, kemudian Klik tombol OK. Langkah berikutnya, silakan Anda pilih aplikasi mana yang akan anda rekam. Jangan lupa, anda juga dapat menampilkan kursor atau menyembunyikannya.

Baca:   Tutorial Cara Sharing Printer Pada Windows 10 Paling Sederhana

capture cursor open broadcaster

Tahap berikutnya, Klik tombol OK, kemudian pada jendela aplikasi tadi akan ditampilkan di preview. Sangat dimungkinkan, ukuran proses perekaman aplikasi tidak bisa penuh dalam satu layar, namun anda dapat mengubah resolusi supaya dapat ditampilkan secara full screen.

rekam layar full screen pada open broadcaster

Proses mengubahnya yakni dilakukan dengan memilih menu file, kemudian pilih menu settings, lalu pilih video. Selanjutnya, Pilihlah resolusi yang diinginkan atau di paskan dengan resolusi layar monitor yang Anda gunakan.

Bagian tab mixer yang ada di sebelah bawah dari software aplikasi OBS memberikan kemudahan kepada anda untuk bisa memilih sumber dari audio mana yang nantinya akan anda pakai sebagai bagian dari proses perekaman layar laptop atau PC. Defaultnya, baik itu microphone maupun desktop audio yang telah aktif, obat akan melakukan perekaman suara yang sumbernya dari microphone maupun dari desktop audio.

Proses pengaturan volumenya bisa anda lakukan dengan cara menggeser bar yang berada di bagian sebelah bawah nama dari sumber audio. Anda tentunya dapat mendesain salah satu dari sumber audio dengan cara klik icon sound. Fasilitas ini Tentunya amat bermanfaat apabila anda hanya mengharapkan salah satu dari sumber audio yang masuk proses perekaman.

properties open broadcaster

Apabila anda telah menyelesaikan setting Apakah hendak merekam layar pada satu aplikasi atau merekam layar secara penuh serta telah mengatur sumber dari audio, anda bisa melanjutkan dengan Klik tombol Start recording agar proses perekaman dimulai.

start recording open broadcaster

Tahap selanjutnya, OBS akan melakukan penyimpanan dari file video perekaman apabila anda Klik tombol stop. Silakan Anda klik menu file, lalu pilih menu show recordings agar folder yang menyimpan file video hasil perekaman terbuka. Dilihat secara default, software OBS menyimpan file perekaman menggunakan format flv. Apabila Anda ingin mengganti dengan format yang lain, silakan Anda akses menu file, lalu pilih menu settings, kemudian klik menu output. Lakukan pengubahan opsi pada bagian recording.

pengaturan output open broadcast

Anda juga dapat mengkombinasikan hotkeys supaya aktivitas perekaman baik start maupun stop dapat dilakukan dengan lebih cepat. Langkahnya adalah dengan mengakses menu file, kemudian pilih menu hotkeys. Pada bagian tersebut, anda dapat mengisi sendiri hotkey yang hendak digunakan.

hotkeys open broadcaster

Anda dapat pula menambahkan layar webcam pada video rekaman yang anda buat, langkah-langkahnya adalah dengan Klik Kanan pada bagian Box Source, kemudian pilih menu add, kemudian pilih video capture device. Silakan Anda pilih sejumlah pengaturan pada webcam yang anda inginkan. Anda juga dapat memindahkan posisi webcam sekehendak hati anda dengan cara drag webcam. Selain itu, Anda juga dapat memperkecil atau memperbesar ukuran dari webcam dengan langkah klik and drag pada bagian pojok di layar webcam.

Baca:   Cara Menambahkan Menu Masuk Safe Mode Pada Klik Kanan Mouse Di Windows 7 Dan 8

video capture device open broadcaster

Disamping itu, Anda juga dapat menambahkan Watermark. Langkahnya yaitu dengan cara Klik Kanan pada box source, kemudian pilih menu add, lalu pilih menu image. Jika Anda menggunakan software aplikasi perekaman ini, anda dapat merekam aktivitas layar PC dengan kualitas HD.

Selain software OBS, terdapat cukup banyak software aplikasi sejenis yang tersebar luas di jaringan internet, misalnya adalah free Screen Recorder, camtasia studio, screencast o matic, dan software VLC media player.

2. Cara Merekam Layar PC Menggunakan Software VLC

Dapat diibaratkan bahwa software VLC seperti pisau Swiss Army, namun dalam konteks Media Player. Fungsi dari software VLC tidak hanya untuk memutar konten video namun juga bisa digunakan untuk proses merekam layar di PC.

Langkah-langkah menggunakan software VLC untuk merekam layar PC atau laptop adalah sebagai berikut:

Langkah pertama, silakan Anda buka software VLC, kemudian klik menu view, lalu pilih Advanced control.

advanced controls VLC media player

Langkah selanjutnya, silakan Anda memilih menu media, kemudian pilih menu open capture device. Jika anda ingin menggunakan shortcut keyboard, tekan kombinasi tombol Ctrl + C.

open capture device VLC media player

Pada jendela Open capture device yang ditampilkan, silakan Anda setting capture device ke “desktop“, kemudian silakan pilih frame rate minimal 10 FPS.

capture mode VLC media player

Untuk memulai aktivitas perekaman layar, silakan Anda klik tombol Play. Anda bisa memastikan agar software VLC tidak full screen. Jika tidak, anda akan mendapati layar VLC yang dibeli secara terus-menerus oleh Windows.

Silakan Anda klik tombol record supaya proses perekaman bisa dimulai. Selanjutnya, anda bisa meminimalis jendela VLC. Jika proses perekaman sudah selesai, anda bisa Klik tombol record supaya proses perekaman stop.

record pada VLC media player

Selanjutnya, software VLC akan menyimpan video hasil perekaman menggunakan format AVI. Namun demikian, diluar pembahasan kemudahan pemakaian dari software VLC, anda ternyata tidak dapat merekam suara secara langsung dan di render pada video perekaman layar. Disamping itu, software VLC juga hanya dapat digunakan untuk merekam layar dalam mode full screen, tidak dapat digunakan untuk merekam hanya pada satu aplikasi saja.

Demikianlah penjabaran singkat tentang Cara merekam layar PC baik yang menggunakan software aplikasi pihak ketiga maupun yang hanya memanfaatkan fitur baru dari Windows 10. Metode apapun metode pilihan Anda pada proses perekaman layar PC, hasil outputnya adalah sama yakni video. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone baru

Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

Bisa dipastikan di setiap bulannya selalu muncul generasi smartphone terbaru di pasaran. Dan tentunya bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *