Home / Tips dan Trik / Cara Menonaktifkan Antivirus Avast Secara Sementara Dan Permanen
Cara Menonaktifkan Antivirus Avast Secara Sementara Dan Permanen

Cara Menonaktifkan Antivirus Avast Secara Sementara Dan Permanen

Antivirus Avast adalah salah satu antivirus yang masuk ke dalam jajaran antivirus terbaik di samping Avira, AVG, Kaspersky, serta beberapa antivirus yang lainnya. Barangkali, anda sudah menginstal antivirus Avast pada komputer. Penulis memiliki anggapan bahwa antivirus Avast adalah antivirus yang cukup keren dari sisi desain dan antarmuka nya, sebab interfacenya sangatlah memukau. Disamping itu, barangkali terdapat sejumlah alasan yang lainnya kenapa sejumlah pengguna komputer menggunakan antivirus Avast sebagai pengaman pada komputer mereka.

Perjalanan dari antivirus Avast sebagai salah satu software security pada komputer cukuplah panjang. Avast Antivirus telah ada mulai tahun 1988 dan termasuk pada software antivirus perdana yang dibuat khusus untuk Windows 64 bit atau windows x64.

Dengan bermodalkan pengalaman yang sudah sangat lama di dalam aktivitas mengamankan komputer, tentunya antivirus Avast sudah tidak lagi diragukan dari sisi kemampuannya. Sebagai informasi saja bahwa antivirus Avast dibuat oleh perusahaan antivirus di Praha oleh alwin software di Republik Ceko.

Cara Menonaktifkan Antivirus Avast

Akan tetapi, dengan sejumlah alasan, bisa jadi anda memerlukan proses mematikan antivirus Avast secara temporary atau sementara waktu, atau mungkin mematikan Avast secara permanen. Pada artikel kali ini, penulis akan mencoba sharing Bagaimana cara menonaktifkan antivirus Avast secara sementara dan permanen.

Pada dasarnya, cara cara mematikan Avast yang penulis bahas bisa berlaku untuk semua produk antivirus Avast. Silakan disimak.

1. Mematikan Semua Proteksi Keamanan Dari Avast

Jika anda mematikan semua proteksi dari antivirus Avast, artinya adalah antivirus Avast akan dinonaktifkan secara keseluruhan. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan untuk mengaktifkannya kembali guna mengurangi resiko dari komputer anda terkena serangan Malware, Trojan hape virus dan beberapa program jahat yang lainnya. Untuk mematikan seluruh proteksi keamanan dari antivirus Avast bisa dilakukan dengan langkah sederhana sebagai berikut:

Baca:   Cara Mengetahui Product Key Windows 10 Yang Sudah Terinstall Di PC

Langkah yang pertama, silakan Anda buka system tray pada taksbar di Windows anda. Silakan anda cari kemudian klik icon Antivirus Avast yang ada di situ. Bisa juga anda perlu klik tanda panah yang mengarah ke atas apabila belum menemukannya. Kadangkala, icon antivirus Avast bersembunyi di dalamnya, terutama pada Windows 10.

membuka Avast shields control

Langkah yang kedua, apabila icon apa sudah ditemukan, lanjutkan dengan Klik Kanan pada icon Avast tersebut. Silakan Anda pilih menu Avast shields control, kemudian pilih dan klik salah satu dari pilihan yang disediakan, bergantung durasi yang dibutuhkan untuk menonaktifkan Avast. Disitu, terdapat pilihan 10 menit, satu jam, sampai komputer di restart, dan juga dinonaktifkan atau di disable secara permanen.

Langkah yang ketiga, Setelah Anda menentukan pilihan tersebut, anti virus Avast akan menampilkan jendela guna mengkonfirmasikan kepada Anda Apakah Anda yakin akan mematikan antivirus Avast. Lanjutkan dengan Klik tombol Yes. Selanjutnya, maka semua perlindungan dari antivirus Avast akan dimatikan atau dinonaktifkan.

konfirmasi component stop pada avast antivirus

2. Cara Mematikan Antivirus Avast Secara Sementara Pada Proteksi Tertentu

Jika pada pembahasan diatas kita sudah memahami cara mematikan antivirus secara keseluruhan, terdapat pula cara yang bisa kita gunakan untuk mematikan antivirus Avast pada proteksi tertentu saja. Untuk melakukan hal tersebut, silakan Anda ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Langkah yang pertama, silakan buka Antivirus Avast. Kemudian, silakan Anda buka menu pengaturan ( yang memiliki gambar icon Gear yang berada pada sudut sebelah kanan atas), kemudian pilih komponents. Pada antivirus Avast versi lawas, menu tersebut memiliki nama active protection. Pada bagian itu, anda akan bisa menemukan semua proteksi dari antivirus Avast, yaitu Web Shield, Mail Shield dan File System Shield.

Baca:   Tips Ampuh Mengatasi Lupa Pola Kunci di Android

Langkah yang kedua, Pilihlah jenis proteksi mana yang hendak Anda aktifkan, lalu klik Switch On. Nantinya, sejumlah pilihan juga akan ditampilkan guna menentukan durasi anda di dalam mematikan Avast anti virus tersebut, apakah selama 10 menit, satu jam, sampai dengan komputer restart, atau mungkin secara permanen.

setting komponents pada avast settings

Apabila telah dipilih, maka tombol yang semula On akan berganti menjadi Off. Pada jendela antivirus Avast juga mengalami perubahan warna menjadi kuning serta akan memiliki pesan “You Are at Risk“. Jika anda ingin mengaktifkan lagi, silakan Anda klik turn on. Proses tersebut akan menjadikan Avast menyala lagi serta pesan You are protected akan dimunculkan.

3. Cara Menghapus Avast Antivirus Secara Permanen

Sejumlah pengguna barangkali lebih tertarik untuk uninstall atau menghapus Avast Antivirus secara permanen. Alasannya barangkali cukup beragam, misalnya Avast Antivirus versi trail yang dipakai telah habis, atau mungkin lisensi 1 tahun antivirus Avast yang mereka peroleh juga telah habis dan tidak memiliki keinginan untuk memperpanjang lisensi tersebut. Untuk menghapus antivirus Avast, bisa dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.

Langkah pertama, silakan Anda masuk ke control panel Windows dengan cara Klik Kanan pada Start menu atau ikon Windows, kemudian pilih menu control panel. Lanjutkan dengan klik menu uninstall a program atau program and features. Nama dari menu tersebut menyesuaikan dari versi Windows yang anda pakai.

uninstall antivirus avast dari programs and features

Langkah yang kedua, Silakan anda cari dan temukan software antivirus Avast, kemudian Click tombol uninstall. Proses uninstall antivirus Avast akan segera berjalan. Silahkan anda tunggu beberapa saat sampai dengan proses penghapusan antivirus Avast selesai.

Finish dan antivirus Avast sudah terhapus dari komputer anda secara permanen.

Baca:   Kegunaan Factory Reset di Android Yang Harus Diketahui

Itulah beberapa tahapan Bagaimana cara menonaktifkan antivirus Avast baik secara sementara maupun permanen. Namun, perlu diingat bahwa komputer yang tidak memiliki proteksi antivirus akan sangat rentan dari berbagai macam serangan program jahat, misalnya virus, Malware, Trojan dan yang lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tetap memasang antivirus. Lebih baik lagi jika komputer anda diproteksi menggunakan dua antivirus, yakni satu antivirus luar dan 1 antivirus lokal.

Antivirus luar memiliki fungsi untuk memproteksi komputer anda dari berbagai macam serangan program jahat dari luar negeri. Sementara itu, antivirus lokal bertugas untuk melindungi komputer anda dari serangan virus virus lokal yang sekarang ini juga sudah cukup banyak. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Software browser Google Chrome mempunyai picture in picture mode yang berfungsi bagi anda untuk menjadikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *