Home / Tips dan Trik / Cara Menghilangkan Write Protected Pada Flashdisk Di Windows
Cara Menghilangkan Write Protected Pada Flashdisk Di Windows

Cara Menghilangkan Write Protected Pada Flashdisk Di Windows

Penggunaan flash disk saat ini bisa dibilang sangat tinggi. Hampir semua pengguna laptop atau PC memiliki flash disk sebagai salah satu media penyimpanan data atau dokumen sehingga lebih mudah di bawah atau di pindah. Kapasitas atau ukuran penyimpanan yang dimiliki flash disk untuk saat ini juga lumayan besar sehingga lebih banyak file yang bisa disimpan di dalam nya.

Namun, seiring dengan penggunaan perangkat flash disk tersebut mengalami error. Salah satu error yang kerap kali dijumpai oleh para pemakai flash disk adalah munculnya pesan write protected pada saat hendak menyalin data atau dokumen ke flashdisk. Tentu, error write protected tersebut akan menjadikan flashdisk anda serasa beku, sebab tidak bisa ditulisi file apapun juga.

Oleh karena itu, supaya flash disk yang Anda gunakan bisa kembali normal dan dapat digunakan untuk menyimpan dokumen penting anda, maka wajib bagi anda untuk memahami cara di dalam menghilangkan error write protected pada flashdisk. Teknik ini bisa anda terapkan apabila anda menggunakan sistem operasi Windows, baik Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10.

Namun, sebelum kita mempelajari bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang mengalami error write protected, Alangkah baiknya apabila kita juga memahami beberapa hal yang menyebabkan flash disk mengalami error write protected. Permasalahan write protected pada flashdisk memang ada yang disengaja oleh pemiliknya, namun ada juga yang disebabkan oleh permasalahan pada flash disk tersebut.

Beberapa Hal Yang Menjadikan Flashdisk Mengalami Write Protected:

  • Malware yang menyerang flash disk dan mampu mengubah Kondisi flash disk menjadi hanya bisa dibaca saja atau bersifat read only. Tentunya, kondisi seperti itu akan menjadikan pengguna tidak dapat melakukan aktivitas copy paste pada flash disk tersebut. Bahkan, ada beberapa jenis malware yang menjadikan flashdisk benar-benar beku atau freeze sehingga tidak bisa dilakukan format.
  • Ada beberapa flashdisk yang menyediakan tombol yang memiliki fungsi menjadikan isi flashdisk menjadi read only nanti dengan menggunakan tombol itu, pemilik flashdisk mampu memproteksi flashdisk tersebut agar hanya bisa dibaca saja sehingga akan lebih aman terhadap serangan Malware maupun virus.
  • Dari pemilik flash disk itu sendiri yang mengubah properties flashdisk menjadi read only sehingga lebih aman dari penyusupan baik itu virus maupun Malware.
Baca:   Penasaran Ingin Tahu Tips Agar Wajah Lebih Fotogenik? Inilah Caranya

Cara Menghilangkan Write Protected Pada Flashdisk Di Windows

Tentunya, cara menghilangkan permasalahan write protected pada flash disk bisa dilakukan dengan melihat penyebabnya. Sebagai contoh, apabila penyebab dari flashdisk yang error write protected dikarenakan tombol pada flash disk yang digeser ke mode read only, maka pengguna cukup memindahkan tombol pada flash disk tersebut ke mode read write.

Demikian pula jika flashdisk mengalami error write protected yang dikarenakan oleh pengguna flash disk itu sendiri yang merubah properties flashdisk ke mode read only, mama Anda cukup mengembalikan properties dari flashdisk ke mode read write.

Permasalahan error write protected pada flashdisk yang perlu penanganan khusus adalah ketika permasalahan tersebut disebabkan oleh masuknya Malware yang mengubah properties flash disk menjadi read-only. Rata-rata, metode standar tidak akan bisa digunakan untuk mengembalikan properties flash disk ke mode read write. Oleh sebab itu, diperlukan beberapa metode yang bisa Anda coba praktekkan untuk menghilangkan error write protected pada flashdisk Yang anda miliki.

1. Format Flashdisk Menggunakan Software Low Level Format.

Software low level format memiliki fungsi untuk memformat secara total dan menyeluruh flash disk yang bersifat read only. Rata-rata, dengan memakai software low level format untuk memformat flash disk, permasalahan error write protected pada flashdisk akan segera lenyap.

Cara menggunakan software low level format untuk menghilangkan write protected pada flashdisk di sistem operasi Windows adalah sebagai berikut:

Langkah pertama, silakan Anda download software low level format tool Pada halaman http://hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool.

Setelah anda berhasil mendownload software low level format tool, silakan Anda install software tersebut seperti biasa.

Setelah proses instalasi software low level format tool selesai, jalankan software tersebut.

Selanjutnya, jika software low level format tool berjalan, Anda bisa langsung memilih drive letter yang digunakan oleh flash disk tersebut. Berikutnya, silakan Anda Klik tombol “Continue” untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

Setelah proses format flashdisk menggunakan software low level format tool selesai, lanjutkan proses format flash disk seperti biasa. Caranya, silahkan anda panggil menu Run lewat Start menu atau gunakan shortcut tombol Windows + R, kemudian ketik perintah diskmgmt.msc. Tekan tombol Enter pada keyboard atau klik tombol OK untuk melanjutkan.

Baca:   5 Aplikasi Fotografi Keren Untuk iPad dan iPhone Anda

Disk management pada Windows

Pada jendela disk management yang ditampilkan, silakan Anda cari driver untuk flash disk yang sebelumnya sudah diformat menggunakan software low level format tool. Klik Kanan flashdisk tersebut, lalu pilih menu Format.

2.  Menghilangkan write protected pada flashdisk dengan mengedit registry editor Windows

Beberapa langkah yang bisa anda tempuh untuk menghilangkan masalah write protected pada flashdisk dengan mengedit registry editor pada Windows adalah sebagai berikut.

Langkah pertama, silakan Anda masuk menu Run dengan cara menekan kombinasi tombol Windows + R pada keyboard atau lewat Start menu.

Selanjutnya, masukkan perintah “regedit.exe’, diikuti dengan Klik tombol OK atau tekan tombol Enter pada keyboard. Tunggulah hingga jendela registry editor Windows ditampilkan.

memanggil menu regedit

Langkah berikutnya, Silakan masuk ke menu HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\currentcontrolset\Control. Silakan anda perhatikan menu bagian sebelah kiri. Apakah di situ sudah terdapat menu storagedevicepolicies. Apabila belum, silakan Anda buat, caranya adalah dengan Klik Kanan, lalu pilih New klik new, kemudian pilih Key. Pada key baru yang anda buat, Berikan nama storagedevicepolicies. Untuk lebih jelasnya, silakan Perhatikan gambar di bawah ini.

menu regedit untuk memperbaiki flashdisk write protected

Langkah berikutnya, silakan Anda aktifkan storagedevicepolicies yang baru saja anda buat. Pada menu sebelah kanan, silahkan Anda Klik Kanan mouse pada area kosong. Lalu, pilih menu new, lalu pilih menu DWORD (32-bit) Value. Ganti nama menu tersebut dengan writeprotect, lalu ganti nilai default nya menjadi angka dengan cara klik 2 kali pada key tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda Perhatikan gambar di bawah ini.

membuat key DWORD WriteProtect

Edit nilai DWORD pada regedit

Tutup jendela registry editor Windows.

Selesai dan silakan Anda restart laptop atau komputer anda agar perubahan pada registry editor Windows bisa diaplikasikan. Setelah komputer selesai booting dan siap untuk digunakan, silakan Anda coba tancapkan flashdisk pada port USB. Selamat, flashdisk anda sudah bisa kembali diisi dengan data atau file penting anda.

3.  Menghilangkan write protected pada flashdisk dengan Command prompt

Apabila langkah-langkah diatas masih belum membuahkan hasil, kita bisa mencoba untuk menghilangkan masalah write protected pada flashdisk menggunakan fitur command prompt yang ada pada Windows.

Baca:   Cara Mudah Instal Progressive Web App/PWA di Google Chrome

Langkah pertama, silakan Anda akses command prompt as administrator. Akses command prompt as administrator adalah wajib agar tutorial ini bisa pekerja. Caranya adalah dengan Klik Kanan shortcut command prompt, kemudian pilih menu Run as administrator.

Pada jendela command prompt yang sudah ditampilkan, ketik perintah:

Diskpart

List Disk

command prompt disk part dan list part

Lalu eksekusi dengan menekan tombol Enter. Perhatikan informasi yang dimunculkan pada jendela command prompt tersebut. Silakan Anda hafalkan atau Jika perlu dicatat nomor urut dari flash disk yang anda ucapkan pada laptop atau komputer. Untuk memastikan disk manakah yang termasuk flash disk adalah dengan menyamakan ukuran flash disk yang anda miliki pada bagian size.

Langkah berikutnya, silakan Anda ketik perintah:

Select Disk X

Tentunya, huruf “X” di atas anda ganti dengan nomor Disk dari flash disk yang anda miliki. Misalnya, “Select Disk 1” dengan asumsi flash disk anda ada pada posisi disk 1.Tekan Enter pada keyboard untuk mengeksekusi perintah di atas.

Langkah selanjutnya, silakan Anda masukkan perintah:

Attributes Disk Clear Readonly

Attributes Disk Clear pada Windows untuk mengatasi disk write protected

Tekan tombol Enter untuk mengeksekusi, kemudian tunggulah beberapa saat hingga ditampilkan sebuah informasi pada jendela command prompt bahwa perubahan atribut telah berhasil.

Langkah terakhir, silakan Anda tutup jendela command prompt, kemudian cabut USB flash disk anda dari laptop atau PC. Tunggulah beberapa saat kurang lebih sekitar 5 sampai 10 detik. Selanjutnya, silakan Anda coba lagi tancapkan flash disk pada port USB, kemudian cobalah isi flashdisk tersebut dengan beberapa File atau data. Seharusnya, flashdisk anda sudah bisa bekerja normal kembali.

Demikianlah tiga cara yang bisa anda tempuh untuk menghilangkan permasalahan write protected pada flashdisk di komputer bersistem operasi Windows. Adakalanya, dari 3 tutorial yang sudah penulis bahas hanya satu saja yang bisa bekerja. Oleh karena itu, anda bisa mencoba satu demi satu langkah langkah di atas agar anda bisa menemukan metode mana yang paling cocok dan berhasil untuk menjadikan flashdisk bisa ditulisi kembali. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *