Home / Tips dan Trik / Cara Menghilangkan Tab Yang Muncul Sendiri Di Google Chrome Karena Malware
Cara Menghilangkan Tab Yang Muncul Sendiri Di Google Chrome Karena Malware

Cara Menghilangkan Tab Yang Muncul Sendiri Di Google Chrome Karena Malware

Beraktivitas di internet menggunakan Google Chrome adalah salah satu hal yang cukup menyenangkan. Akan tetapi, aktivitas yang menyenangkan tersebut akan berubah menjadi aktivitas yang cukup menjengkelkan ketika secara tiba-tiba pada Google Chrome terbuka tab  sendiri secara otomatis.

Tab  Yang muncul sendiri di Google Chrome sangat besar kemungkinannya adalah dikarenakan Malware. Rata-rata, sebuah Tab yang muncul sendiri di Google Chrome nantinya akan menampilkan suatu iklan tertentu. Tentu, pada kondisi tersebut kita akan sangat terganggu dengan munculnya sebuah iklan pada tab baru, terlebih iklan tersebut membuka sendiri secara otomatis.

Salah satu alasan Malware disusupkan pada Google Chrome adalah karena Google Chrome sangat banyak penggunanya. Google Chrome adalah salah satu software Browser yang sangat ringan dan sangat mudah untuk digunakan, serta mendukung untuk menampilkan berbagai macam format file multimedia terbaru saat ini.

Terkadang, jumlah tab yang muncul sendiri di Google Chrome Pada saat Anda internet lebih dari satu. Kondisi seperti itu hampir Pasti akan sangat mengganggu setiap aktivitas penggunaan komputer di dalam akses internet. Disamping itu, bagi yang memiliki kuota internet cukup terbatas maka akan sangat menyedot kuota internet tersebut. Hal itu disebabkan rata-rata jenis iklan yang muncul secara otomatis pada tab baru di Google Chrome berupa animasi video.

Lantas, dari mana Malware tersebut masuk atau menyusup ke Google Chrome? Malware penyebab Tab pada Google Chrome terbuka sendiri biasanya datang bersamaan dengan anda mendownload file-file ilegal atau mengunjungi website yang sudah dipersiapkan untuk bisa menyusup ke software browser Google Chrome yang digunakan.

Tanpa sadar, Pada saat Anda berinternet menggunakan Google Chrome, anda mengklik tombol-tombol tertentu yang mana justru tombol tersebut memberikan izin kepada Malware untuk masuk menyusup software browser Google Chrome. Bisa pula pada saat Anda menginstal software tertentu, di mana kebanyakan pengguna komputer Hanya Mengklik tombol “Next”, “I Accept”, atau “I Agree” tanpa membaca informasi-informasi yang muncul pada jendela instalasi. Akibatnya ada beberapa langkah dimana malware diijinkan untuk masuk dan menyusup pada konputer, salah satunya masuk ke software google chrome.

Baca:   Cara Menonaktifkan Antivirus Avast Secara Sementara Dan Permanen

Pada dasarnya, cara menghilangkan tab yang muncul sendiri di Google Chrome bisa dilakukan dengan dua metode, Yakni dengan memasang aplikasi popper blocker atau dengan menginstal software antimalware. Metode mana yang cocok untuk Anda terapkan tentu tergantung kepada kondisi dari software Google Chrome itu sendiri.

Cara Menghilangkan Tab Yang Muncul Sendiri Di Google Chrome Karena Malware

Metode pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan pada Google Chrome yang muncul Tab secara otomatis adalah dengan menggunakan poper blocker. Teknik ini bisa dikatakan teknik yang cukup sederhana untuk mengatasi serangan Malware yang tidak terlalu kuat. Apabila nantinya metode pertama ini mengalami kegagalan, maka anda bisa melanjutkan ke metode yang kedua, yakni menggunakan software anti malware.

1. Cara Menghilangkan Tab Yang Muncul Sendiri Di Google Chrome Menggunakan Popper Blocker

Langkah pertama, silakan Anda buka software Google Chrome, lalu ketik Kata kunci “popper blocked“, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.

Langkah selanjutnya, silakan Anda klik hasil pencarian yang ditampilkan pada halaman pertama urutan pertama. Untuk lebih jelasnya, silakan Perhatikan gambar di bawah ini.

pop up blocked

Selanjutnya, silakan Anda klik pada menu “Tambahkan Ke Chrome“. Apabila settingan Google Chrome Anda menggunakan bahasa Inggris, maka silakan Anda klik menu “Add to Chrome“. Pada tahap selanjutnya, akan dimunculkan sebuah jendela pop up, silakan klik saja tombol “Tambahkan Ekstensi“.

tambahkan ke chrome poper blocked

Finish dan fungsi dari power blocked akan secara otomatis menghentikan tab yang terbuka dengan sendirinya pada Google Chrome.

2. Cara Menghilangkan Tab Yang Muncul Sendiri Di Google Chrome Menggunakan Anti Malware

Apabila metode pertama yang sudah menulis pulas tidak bekerja atau tidak mempan di dalam mengatasi tab yang muncul sendiri di Google Chrome, maka anda bisa mencoba menggunakan metode yang kedua, yakni memakai software anti malware. Software anti malware yang cukup terkenal adalah adwcleaner.

Baca:   Cara Mengaktifkan IDM Yang Tidak Bekerja Di Chrome Terbaru

Langkah pertama, silakan Anda download dan instal software adwcleaner. Software adwcleaner dapat anda download pada halaman https://www.malwarebytes.com/adwcleaner. Setelah anda download dan anda instal di laptop atau komputer anda, silakan jalankan software tersebut.

software adwcleaner

Langkah berikutnya, silakan Anda Klik tombol “Scan” pada software aplikasi anti malware adwcleaner.

scan laptop atau komputer menggunakan adwcleaner

Tunggulah beberapa saat hingga proses scanning pada laptop atau komputer anda selesai. Waktu yang dibutuhkan untuk proses scanning tentu bergantung kepada Kondisi serta spesifikasi dari laptop atau komputer.

Setelah proses scanning selesai, maka berikan tanda ceklist atau centang  pada software Browser yang dicurigai terkena infeksi Malware, lalu silakan Anda klik tombol “Clean“. Selanjutnya, anda cukup menunggu beberapa saat hingga software adwcleaner selesai melakukan penghapusan terhadap malware yang terdapat di software browser, salah satunya adalah Google Chrome.

malware ditemukan oleh software adwcleaner pada browser

clean malware menggunakan adwcleaner

Pada tahap berikutnya, akan dimunculkan sebuah jendela warning atau peringatan. Silakan Anda Klik tombol OK,  lalu Restart komputer anda.

scan selesai menggunakan adwcleaner

Setelah komputer anda Menyala kembali, silakan Anda uji coba untuk membuka software browser Google Chrome. Apabila anda berhasil menyelesaikan metode ini, maka tidak akan ada lagi Tab baru pada Google Chrome yang terbuka secara otomatis.

Kedua metode diatas adalah bagian dari cara untuk menghilangkan tab yang muncul sendiri di Google Chrome yang dikarenakan adanya infeksi Malware. Khusus untuk metode yang kedua, apabila software anti malware adwcleaner tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut, maka anda bisa mencoba untuk mencari software anti malware yang lainnya. Namun diharapkan cukup dengan menerapkan salah satu dari dua metode di atas, permasalahan Anda pada Google Chrome sudah terselesaikan.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *