Home / Tips dan Trik / Cara Mengganti User Agent di Google Chrome dengan ekstensi dan tanpa Ekstensi

Cara Mengganti User Agent di Google Chrome dengan ekstensi dan tanpa Ekstensi

Di dalam dunia komputasi, user agent adalah perangkat lunak yang berperan di dalam web browser menginformasikan website mengenai Browser dan sistem operasi. Kondisi ini memungkinkan sebuah website untuk dapat menyesuaikan konten untuk kemampuan device tertentu. Maksudnya adalah user agent bisa beradaptasi pada perangkat dan sistem operasi web browser yang dipakai.

Anda bisa memaksa software Browser dengan cara memanfaatkan user agent supaya seolah-olah website tersebut dibuka pada perangkat lain, contohnya Ketika saya sedang mengakses website tertentu pada browser desktop, dengan bantuan user agent Anda bisa memaksa software Browser untuk bisa menampilkan website memakai format tampilan mobile. Dengan demikian, secara otomatis web browser bisa menampilkan tampilan situs yang dibuka ke dalam versi mobile.

User-agent juga kerap kali dimanfaatkan oleh para debugger web guna menyesuaikan interface website yang dibuat apabila diakses di Smartphone, baik iphone maupun Android. Disamping itu, dengan memanfaatkan user agent juga bisa dipakai agar kuota internet lebih hemat. Sebab, dengan memakai interface mobile yang anda paksakan pada browser desktop, maka resources yang akan diload menjadi lebih kecil apabila di di bandingkan dengan mengakses website memakai tampilan desktop.

Cara Mengganti User Agent Pada Google Chrome Baik Dengan Ekstensi Maupun Tanpa Ekstensi

Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba untuk Sharing tentang cara mengubah atau mengganti user agent pada software browser Google Chrome. Untuk dapat mengganti user agent pada Google Chrome dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan extension dan tanpa memakai extension.

Cara mengganti user agent pada Google Chrome memakai ekstensi atau extension

Proses mengubah user agent pada Google Chrome tanpa memakai ekstensi bisa dikerjakan dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Tahap pertama, silakan Anda buka software browser Google Chrome, kemudian tekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + I, kemudian klik pada menu titik 3 di bagian atas kanan Browser, kemulian pilih menu More Tools, lalu pilih Developer Tools.
    menu Developer tools pada Google Chroome
  2. Langkah berikutnya, lanjutkan dengan klik pada menu titik tiga yang berada di bagian kanan atas menu Developer Tools, lalu pilih menu More Tools, lalu pilih Network Conditions.
    Menu Network conditions pada google chroome
  3. Berikutnya, pada bagian user agent unchecklist di bagian slide automatically, kemudian pilih user-agent yang dikehendaki pada menu custom.
    pilih user agent yang diinginkan pada google chroome
  4. Itulah interface website Google yang seolah-olah diakses menggunakan iPhone.
    tampilan Website Google seolah-olah dibuka di Iphone
Baca:   Tips Mengatasi Touchscreen Macet Dan Error Pada Android

Cara mengganti user agent pada Google Chrome menggunakan extension atau ekstensi

Disamping menggunakan cara diatas, terdapat cara yang jauh lebih mudah, Yakni dengan memakai ekstensi yang memiliki nama user agent Switcher. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Mulailah dengan mendownload ekstensi pada Google Chrome terlebih dahulu. Ekstensi tersebut bernama user agent switcher. (https://chrome.google.com/webstore/detail/user-agent-switcher/clddifkhlkcojbojppdojfeeikdkgiae)
    user agent switcher pada google chroome
  2. Selanjutnya, silakan Anda klik icon yang berada di bagian pojok kanan atas, kemudian Pilihlah user-agent yang dikehendaki.
    pilih User-Agent yang diinginkan
  3. Supaya bisa dikembalikan ke interface awal, anda cukup memilih yang default.

Demikianlah Uraian singkat tentang bagaimana cara mengganti user agent pada Google Chrome baik yang menggunakan ekstensi maupun yang tanpa ekstensi. Agar lebih aman, bagi yang masih pemula disarankan untuk mengaplikasikan tutorial ini dengan memilih metode yang kedua, yakni yang menggunakan extension. Semoga saja tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Software browser Google Chrome mempunyai picture in picture mode yang berfungsi bagi anda untuk menjadikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *