Home / Tips dan Trik / Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Secara Online Dan Offline
Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Secara Online Dan Offline

Menggabungkan file PDF dilakukan oleh anda yang ingin meringkas jumlah file sekaligus ingin merapikannya. Dengan Menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu, maka proses pengelolaan dari file menjadi lebih mudah serta akan memiliki ukuran yang lebih kecil. Apabila Anda berniat untuk menggabungkan sejumlah file PDF menjadi satu, maka anda akan memperoleh jawabannya pada artikel ini.

File berformat PDF memiliki banyak kelebihan, di antaranya adalah ukurannya yang cukup kecil dan ringan sehingga file PDF cukup populer pada proses pengiriman file. Selain itu, di dalam file PDF juga dapat berisi teks, gambar, dan grafik sehingga keberadaan dari file PDF bisa memenuhi kebutuhan para memakai dari file PDF itu sendiri.

Daftar Isi:

  1. Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Secara Offline
  2. Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Secara Online

Pemanfaatan dari file PDF sekarang ini sangatlah banyak, misalnya adalah pada pendistribusian buku elektronik atau ebook. Bahkan, popularitas dari format file PDF mampu mengalahkan format file Word yang dari dahulu sudah terlebih dahulu menguasai.

Satu kelemahan yang dimiliki oleh file PDF adalah dari sisi editing. File PDF termasuk file yang cukup susah untuk diedit, bahkan oleh software terkenal sekali pun. Dibutuhkan sejumlah langkah yang cukup rumit untuk mengedit file PDF. Salah satu aktivitas editing file PDF yang sering dijumpai adalah penggabungan beberapa file PDF menjadi satu.

Secara umum, cara menggabungkan file PDF menjadi satu bisa dilakukan secara online dan juga bisa dilakukan secara offline. Jika anda hendak Menggabungkan sejumlah file PDF menjadi satu, maka silakan Anda Baca terus ulasan berikut ini.

Cara menggabungkan file PDF menjadi satu Bisa dilakukan secara online dengan cara mengunjungi website yang menyediakan fasilitas penggabungan file PDF. Sekarang, sangat banyak website yang menyediakan fitur untuk menggabung sejumlah file menjadi satu. Selain bisa di gabung secara online, file PDF juga bisa digabung menjadi satu secara offline. Software yang bisa digunakan untuk menggabung file PDF juga cukup banyak.

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Berikut ini adalah sejumlah cara yang bisa anda tempuh untuk menggabungkan file PDF menjadi satu. Teknik penggabungan nya bisa dilakukan secara online, bisa pula dilakukan secara offline.

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Secara Offline

1. Menggunakan Software Adobe Acrobat

Nama besar Adobe dalam dunia software sudah Tidak diragukan lagi. Sesuai dengan namanya, software Adobe Acrobat merupakan software buatan dari Adobe. Salah satu fungsi dari software Adobe Acrobat adalah untuk mengedit file PDF. Kita bisa dengan cukup mudah menggabungkan file PDF menjadi satu menggunakan software Adobe Acrobat dengan beberapa langkah saja.

Cara menggabungkan file PDF menjadi satu menggunakan software Adobe Acrobat adalah sebagai berikut:

  1. Jika pada komputer anda belum terinstal software Adobe Acrobat, silakan Anda install terlebih dahulu.
  2. Silakan Anda buka software Adobe Acrobat, kemudian pilih menu “Combine Files“, Kemudian pilih menu “Merge Files Into Single PDF…
    combine files merge files into single PDF...
  3. Setelah jendela combine file company file terbuka, silakan Anda Klik tombol “Add Files” untuk memasukkan file file PDF yang akan anda gabungkan menjadi satu.
    add files pada combine file adobe acrobat
  4. Pada jendela add files, Pilihlah file-file berformat PDF yang akan anda gabungkan. Anda bebas memasukkan file PDF dengan jumlah berapapun.
    add files adobe acrobat
  5. Setelah file file PDF yang akan anda gabungkan masuk ke jendela “Combine Files”, anda bisa melakukan pengaturan ukuran dari file output yang nanti akan dihasilkan. Disediakan 3 buah pilihan pengaturan, yakni smaller file size dengan kualitas file PDF yang cukup rendah, default file size dan lots file size dengan kualitas file PDF yang cukup baik.
  6. Lanjutkan dengan Klik tombol “Next” Pada jendela berikutnya, silakan Anda memilih opsi “Merge file into a single PDF“.
    setting merge files adobe acrobat
  7. Kemudian silahkan pilih opsi “Merge Files into a single PDF“, lalu silakan Anda Klik tombol “Create
    create file PDF pada adobe acrobat
  8. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses penggabungan file PDF selasai sampai tampil jendela seperti dibawah ini. Lanjutkan dengan klik tombol “Save” untuk menyimpan file PDF hasil penggabungan.
    Save hasil penggabungan file PDF menjadi satu
  9. Berikan nama file untuk hasil penggabungan, lalu klik tombol “Save”
    penyimpanan file PDF hasil penggabungan pada adobe acrobat
  10. Selesai dan file-file PDF anda sudah digabungkan menjadi satu.

2. Menggunakan Software Icecream PDF Split & Merge

Mungkin saja, nama Software Icecream PDF Split & Merge tidak begitu populer ditelinga kita. Sebab software ini memang tidak dibuat oleh produsen kenamaan software seperti Adobe. Namun, walaupun demikian, Software Icecream PDF Split & Merge memiliki fungsi yang cukup powerfull, mudah digunakan serta sangat ringan.

Dengan menggunakan Software Icecream PDF Split & Merge, kita bisa menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Bahkan software ini juga memiliki kemampuan untuk memecah file PDF. Namun, karena bahasan kita adalah cara menggabungkan file PDF, maka kita hanya akan membahasan cara menggabungkan file PDF menjadi satu menggunakan Software Icecream PDF Split & Merge. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Silahkan anda download Software Icecream PDF Split & Merge pada link di https://icecreamapps.com/PDF-Split-and-Merge
  2. Install software tersebut seperti biasa.
  3. Jika sudah selesai, silahkan buka Software Icecream PDF Split & Merge, lalu pilih menu “Merge
    home Software Icecream PDF Split & Merge
  4. Untuk mulai menggunakan silahkan anda klik tombol “+” untuk add atau menambahkan file PDF yang akan di gabungkan (1). Bagian berikutnya adalah menentukan lokasi output penyimpanan dari hasil penggabungan file PDF (2). Untuk memulai proses penggabungan file PDF menjadi satu, silahkan anda klik tombol “MERGE” (3).
    Software Icecream PDF Split & Merge
  5. Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
Baca:   Cara Simpel Convert File PDF Ke Excel Paling Cepat

3. Menggunakan Software Nitro PDF

Nitro PDF merupakan software berbayar yang memang dirancang untuk mempermudah proses editing file PDF. Salah satunya adalah menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Meskipun berbayar, anda bisa mencoba software tersebut selama 14 hari sebelum memutuskan untuk membelinya atau tidak.

Berdasarkan pengalaman, hasil pengolahan dari software Nitro PDF sangatlah bagus. Hal tersebut tentunya seimbang dengan harga yang dimilikinya. Untuk anda yang tertarik mencoba software Nitro PDF ini bisa mendownload versi trialnya pada alamat https://www.gonitro.com/pdf-download.

Setelah anda download dan anda install, maka anda bisa mencoba menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Nitro PDF. Setelah jendela software Nitro PDF terbuka, silahkan anda klik tombol “Combine
    combine pada Nitro PDF
  2. Jendela berikutnya adalah combine files. Silahkan anda klik tombol “Add files“, kemudian pilihkan file-file mana saja pada komputer atau laptop yang ingin anda gabungkan menjadi satu.Add file pada nitro PDF
  3. Jika sudah maka nama file tersebut akan dimunculkan kedalam daftar antrian penggabungan file PDF.  Jika anda sudah selesai memasukan file-file PDF yang akan digabung, silahkan lanjutkan dengan klik tombol “Create” untuk memulai proses penggabungan file PDF tersebut.
    Add file PDF akhir pada Nitro PDF
  4. Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses penggabungan file PDF menjadi satu selesai. Jika sudah selesai, maka akan tampil jendela penyimpanan. Untuk menyelesaikan tahapan ini, silahkan anda klik tombol “Save
    Penyimpanan file hasil penggabungan Nitro PDF

4. Menggunakan Software PDFelement 6

Software berikutnya yang bisa anda gunakan untuk Menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu adalah PDF Element 6. Software PDF Element 6 masuk ke dalam kategori software premium, sebab memiliki fitur yang lumayan bagus dan bersifat free trial. Artinya, Ketika anda akan menggunakan software PDF Element 6 secara full versi, maka anda harus membeli lisensinya.

Karena masuk kedalam software premium, maka software.pdf Element 6 memiliki cukup banyak fitur, di samping kemampuannya untuk Menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh PDF Element 6 untuk versi standarnya adalah mengedit file PDF, membuat file PDF, menambahkan background, menambahkan Watermark, meng convert file PDF, memproteksi file PDF, akses ke template PDF, serta sejumlah fitur yang lainnya. Sementara itu, Fitur pada versi profesionalnya tentu lebih banyak lagi.

Apabila anda ingin mencoba software PDF Element 6 untuk menggabungkan file PDF yang jumlahnya banyak menjadi satu, maka silakan Anda ikuti beberapa langkah berikut ini.

  1. Jika Anda belum memiliki software PDF Element 6 ini, silakan Anda download pada Link https://pdf.wondershare.com/pdfElementt-6-release.html
  2. Tahap berikutnya, silakan Anda install software tersebut seperti biasa
  3. Setelah instalasi software selesai, silakan Anda buka software aplikasi tersebut, lalu klik menu “Combine PDF
    home PDF Element 6
  4. Pada jendela berikutnya, silahkan anda tambahkan file-file PDF yang akan digabungkan dengan klik menu Add Files... Pada jendela tersebut, anda juga bisa mengatur lokasi atau direktori dimana anda akan menyimpan file hasil penggabungannya dengan klik tombol Browse…. Lanjutkan proses penggabungan file PDF dengan klik tombol Next.
    combine file pada PDF Element 6
  5. Cara lain yang bisa anda coba dalam menggabungkan file PDF menggunakan PDF element 6 adalah dengan klik tombol Arrow yang posisinya ada dibagian kiri atas
    tombol arrow pada PDF Element 6
  6. Langkah berikutnya, silahkan klik menu Combine File yang ada pada bagian atas. Setelah jendela baru terbuka, anda bisa memasukan file-file PDF yang akan digabungkan dengan langkah-langkah yang sama dengan nomor 4 diatas.
    menu combine file pada PDF element 6
  7. Selain 2 metode diatas, anda juga bisa menggunakan metode ke 3, yaitu dengan cara klik menu Open File pada jendel utama software PDF element 6. Silahkan anda pilih salah satu file PDF yang akan digabungkan.
    open file pada PDF Element 6
  8. Setelah salah satu file yang akan digabungkan terbuka, silahkan anda masuk pada tab Page, kemudian pilih menu Insert, lalu pilih menu From PDF. Silahkan anda browse dan pilih file-file PDF lain yang akan di gabungkan menjadi satu.
    insert file PDF pada PDF element 6

5. Menggunakan Software WPS Office

Software WPS Office memang lebih terkenal sebagai software yang digunakan untuk membaca file-file berformat Excel, Word dan PDF. Namun nyatanya WPS Office memiliki fitur lebih dari itu, yakni mengedit file-file dengan format Excel, Word dan PDF.

Khusus untuk file PDF, kemampuan edit software WPS Office juga tidak ada terbatas untuk edit teks atau kata saja, namun juga menggabungkan atau merger beberapa file PDF menjadi satu. Dengan demikian, software WPS Office bisa menjadi alternatif software penggabung file PDF diantara bebeapa software yang sudah dibahas sebelumnya.

Baca:   Cara Ampuh Untuk Membasmi Virus di Android

Bisa dibilang, software WPS Office sangatlah ringan untuk dijalankan, sebab paket download softwarenya berukuran tidak lebih dari 100 MB. Anda yang akan mendownloadnya juga tidak akan takut kehabisan kuota paket data internet. Untuk memulai menggunakan software WPS Office, anda bisa mendownloadnya pada link https://www.wps.com

Selanjutnya, untuk memulai proses menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu bisa ikuti beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Install software WPS Office yang sudah anda download
  2. Buka software WPS Office, kemudian pilih menu tab “Special Features“, lalu pilihlah menu “PDF to Word
    PDF to Word pada WPS Office
  3. Pada jendela yang tampil, silahkan anda Add atau tambahkan atau drag file PDF.
    PDFconverter WPS Office
  4. Pada saat file PDF terload, maka secara otomatis menu untuk keperluan merge dan split file PDF akan terbuka. Silahkan anda pilih tab PDF Merge.
    PDF merge pada WPS Office
  5. Anda bisa memasukan beberapa file PDF yang akan digabungkan menjadi satu dengan klik tombol “Add a file

6. Menggunakan Software Xodo PDF Reader & Editor

Sesuai dengan namanya, Software Xodo PDF Reader & Editor adalah software yang bisa anda gunakan untuk membaca file PDF sekaligus untuk mengeditnya. Termasuk opsi edit file PDF yanga ada didalamnya adalah menggabungkan file PDF menjadi satu.

Software Xodo PDF Reader & Editor tidak perlu anda ragukan lagi kemampuannya, sebab software tersebut dibuat oleh pihak Microsoft sebagai raksasanya pembuat software untuk saat ini.  Jika anda ingin mencoba Software Xodo PDF Reader & Editor untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu, silahkan anda download terlebih dahulu software tersebut pada link https://www.microsoft.com/id-id/p/xodo-pdf-reader-editor/9wzdncrdjxp4?activetab=pivot%3Aoverviewtab

Langkah-langkah merge atau menggabungkan file PDF menjadi satu menggunakan Software Xodo PDF Reader & Editor adalah sebagai berikut:

  1. Install Software Xodo PDF Reader & Editor seperti biasa, kemudian buka.
  2. Langkah berikutnya, silahkan anda masuk pada tab “Open File“, kemudian pilih menu “Merge PDFs“. File-file PDF yang akan anda gabungkan bisa diambil dari komputer lokal, akun google drive dan akun dropbox anda.
    Xodo PDF Reader & Editor
  3. Setelah anda klik sumber file PDF (local computer/Google Drive/Dropbox), maka jendela Merge PDF akan terbuka. Pada jendela tersebut, anda bisa mengelola file-file PDF yang akan digabung, mulai dari menambahkan PDF atau mengahapusnya dari list. Untuk memperbesar tampilan view thumbnail, anda juga bisa mengatur slider pada bagian Grid size
    Jendela merge PDF pada Xodo PDF Reader & Editor
  4. Untuk memulai menambahkan file-file PDF yang akan digabung, silahkan anda pilih menu Add file, kemudian silahkan anda pilih sumber file PDF yang akan diambil, apakah dari komputer lokal, Dropbox atau Google Drive
    Add file PDF pada Xodo PDF Reader & Editor
  5. Untuk mempercepat proses, anda juga bisa menggunakan metode Drag and Drop dengan cara melepas file PDF yang di drag tersebut pada area kerja berwarna biru yang tertuliskan drag and drop to add files
    drag and drop file pada Xodo PDF Reader & Editor
  6. Apabila anda salah memilih file PDF yang akan digabung atau hendak menguranginya dari daftar gabung, anda bisa menghapusnya dengan memilih file PDF tersebut dari daftar thumbnail, kemudian klik tombol Remove File
    remove file Xodo PDF Reader & Editor
  7. Setting selanjutnya adalah pengaturan pada bagian pengaturan urutan dokument. Untuk mengurutkannya, anda cukup drag and drop file PDF pada posisi yang diinginkan.
    pengaturan urutan file PDF pada Xodo PDF Reader & Editor
  8. Jika semua tahapan diatas sudah anda kerjakan, tahap akhir adalah menyimpan hasil penggabungan file PDF menjadi satu dengan klik tombol Save. Selain disimpan pada komputer lokal, anda juga bisa menyimpan file hasil penggabungan langsung pada Dropbox atau Google Drive. Jika anda tidak pada posisi Sign In, maka akan muncul jendela pop up yang akan meminta anda untuk memasukan informasi akun, baik untuk google drive maupun dropbox.

7. Menggunakan Software PDF Utility – Lite

Software PDF Utility – Lite merupakan software berbasis APK android yang bisa anda install dan gunakan pada smartphone berbasis Android. Software PDF Utility – Lite termasuk APK yang cukup kecil sehingga sangat ringan untuk dijalankan pada smartphone dengan spesifikasi minim sekalipun.

Selain berfungsi untuk menggabungkan atau merge file PDF, Software PDF Utility – Lite juga menyediakan fitur untuk split/memecah file PDF, overlay, memproteksi file PDF, convert image ke PDF dan extrak image dari file PDF. Software PDF Utility – Lite bisa anda download pada link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telbyte.lite.pdf

Untuk memulai menggunakan Software PDF Utility – Lite dalam menggabungkan atau merge file, tentunya anda harus download di Playstore. Setelah proses download selesai akan dilanjutkan proses instalasi secara otomatis.

Untuk menggabungkan file-file PDF menjadi satu menggunakan Software PDF Utility – Lite bisa mengikuti urutan sebagai berikut:

  1. Jalankan aplikasi PDF Utility – Lite yang sudah terinstall pada smartphone, kemudian pilih menu “MERGE
    menu merge pada Software PDF Utility – Lite
  2. Langkah berikutnya, silahkan anda masukan file-file PDF yang akan digabung, terus akhiri dengan lik tombol “Merge File

merge file pada Software PDF Utility – Lite

8. Menggunakan Software PDF Utils

Software PDF Utils adalah software merge PDF yang masih sama basisnya, yakni berjalan pada smartphone ber sistem operasi Android. Fitur utama yang ditawarkan oleh Software PDF Utils adalah merge/menggabungkan file PDF, Reorder/mengurutkan file PDF, Split file PDF, ekstrak dan menghapus file PDF.

Baca:   Cara Mematikan Windows Defender Windows 10

Software PDF Utils merupakan salah satu APK berbasis android yang sangat ringan dijalankan sehingga lebih membuat nyaman para penggunanya. Untuk download APK Software PDF Utils anda bisa mengunjungi link https://play.google.com/store/apps/details?id=pdf.shash.com.pdfutility. Jika lewat playstore, anda cukup mengetik PDF Utils pada box pencarian.

Urutan menggunakan Software PDF Utils dalam menggabungkan file PDF adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan APK PDF Utils pada smartphone anda, kemudian pilih menu Merge
    menu merge pada PDF Utils
  2. Langkah selanjutnya, silahkan anda masukan file-file PDF yang akan digabungkan menjadi satu.
    insert file PDF pada PDF Utils
  3. Sebelum anda memulai proses penggabungan file PDF, anda juga bisa mengatur urutan dari file PDF yang akan digabung. Setelah semua konfigurasi selesai, klik tombol “CREATE PDF
    reorder file PDF pada PDF Utils
  4. Anda juga bisa memberikan watermark pada file PDF yang anda miliki. Berikan teks watermark pada bagian “Watermark Text“, atur kemiringan teks pada bagian “Rotation Angel” dan perataan Watermark pada bagian “Alignment“. Akhiri proses dengan klik tombol “CREATE PDF
    watermark pada PDF Utils

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Secara Online

Setelah kita membahas cara menggabungkan file PDF menjadi satu menggunakan software aplikasi offline, mari kita lanjutkan dengan tutorial menggabungkan file PDF secara online. Teknik ini tentunya menggunakan software browser yang hampir pasti sudah terinstall pada komputer anda. Jika ternyata belum, anda bisa mendownload software Google Chroome atau Mozilla Firefox atau software browser yang lainnya.

1. Menggunakan Smallpdf.com

Cara menggunakan Smallpdf.com untuk menggabungkan file PDF juga sangat mudah. Silahkan ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Silahkan kunjungi halaman https://smallpdf.com. Selanjutnya klik menu Merge PDF
    Smallpdfcom homepage
  2. Langkah berikutnya, silahkan pilih file PDF yang akan digabung dengan klik menu “Choose File“. Anda juga bisa langsung drag and drop file PDF dengan meletakan pada bagian Drop PDF(s) here.
    drag and drop file PDF yang akan digabung pada Smallpdf
  3. Langkah selanjutnya, jika file-file sudah masuk kedalam list,  silahkan anda klik tombol Merge PDF
    menggabungkan file PDF menggunakan Smallpdf
  4. Silahkan tunggu beberapa saat proses penggabungan file PDF berjalan
    proses merge file PDF Smallpdf
  5. Selasai dan anda bisa download file gabungan PDF dengan klik tombol Download. Anda bisa juga mengirim link ke Email. Bisa pula disimpan ke Google Drive dan Dropbox.
    download file PDF gabungan Smallpdf

2. Menggunakan ilovepdf.com

Selain smallpdf, ilovepdf juga bisa anda gunakan sebagai salah satu alternatif untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu. Cara yang dibutuhkan juga tergolong simple dan mudah. Cukup bermodalkan koneksi internet dan software browser anda sudah bisa menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

Langkah-langkah menggabungkan file PDF menjadi satu menggunakan ilovepdf:

  1. Silahkan kunjungi alamat https://www.ilovepdf.com/merge_pdf. Setelah jendela ilovepdf terbuka, klik tombol Select PDF Files. Anda bisa pula langsung drag and drop file pada bagian ini.
    select pdf files pada ilovepdf
  2. Setelah jendela Open terbuka, silahkan pilih file PDF mana saja yang akan digabungkan. Anda tentunya bebas menentukan jumlah file PDF yang akan digabung, boleh lebih dari satu file. Setelah anda seleksi file-file PDF yang akan digabungkan, klik tombol Open
    pilih file PDF pada ilovepdf
  3. Tunggulah beberapa saat hingga semua file PDF selesai di load pda web ilovepdf. Setelah semua file berhasil di load, klik tombol MERGE PDF
    merge PDF pada ilovepdf
  4. Tunngulah beberapa saat dan file-file PDF anda telah berhasil di gabungkan. Untuk mendownloadnya, silahkan klik tombol Download Merged PDF
    download merged PDF pada ilovepdf

3. Menggunakan pdfjoiner.com

Pdfjoiner juga merupakan aplikasi online yang sangat ringan digunakan untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Tampilannya juga sangat sederhana, sehingga dengan beberapa klik saja anda sudah bisa menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

Cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu menggunkan pdfjoiner adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan kunjungi alamat https://pdfjoiner.com/id, kemudian silahkan klik tombol Unggah File untuk memasukan file PDF mana saja yang akan di merge atau gabungkan
    unggah file PDF pada pdfjoiner
  2. Setelah jendela open terbuka, silahkan anda pilih file PDF mana saja yang hendak digabungkan. Klik tombol Open untuk melanjutkan.
    pilih file PDF pada ilovepdf
  3. Tunggulah beberapa saat hingga proses upload dari file-file PDF yang anda pilih selesai. Jika prosesnya sudah selesai, maka secara otomatis tombol gabungkan file akan aktif. Silahkan klik tombol Gabungkan File untuk memulai proses merger sekaligus mendownload file hasil penggabungannya. Anda juga bisa mengurangi file PDF yang akan digabungkan dengan memilih terlebih dahulu filenya, lalu klik tombol Hapus.
    gabungkan file pada pdfjoiner
  4. Selesai dan anda sudah memiliki file hasil penggabungannya.

Sangat banyak cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu yang bisa ditempuh, baik secara online maupun secara offline. Metode mana yang anda pilih tentunya menyesuikan dengan kondisi file PDF itu sendiri. Jika file PDF yang akan digabung memiliki ukuran cukup besar, maka cocok menggunakan metode offline, sebab prosesnya bisa lebih cepat dan hemat kouta internet. Namun jika file PDF yang akan digabungkan jumlah tidak banyak dan masing-masing berukuran kecil, maka metode online adalah pilihan bijak kareka tidak perlu instalasi dan proses bisa lebih cepat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *