Home / Tips dan Trik / Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Ngeprint
Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Ngeprint

Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Ngeprint

Apakah anda pernah menemukan permasalahan di mana printer yang ingin anda gunakan dalam posisi ready, namun tidak bisa buat ngeprint. Kondisi tersebut tentu sangatlah menjengkelkan, Terlebih jika anda dalam posisi gugup ingin mencetak suatu dokumen penting.

Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Ngeprint

Sebagai awalan, perlu di ketahui bersama bahwa printer adalah suatu perangkat keras yang mempunyai kegunaan untuk mencetak tulisan atau gambar yang diolah oleh komputer ke dalam format cetakan diatas kertas. Tentunya, bagi Anda yang bekerja di perkantoran sangat membutuhkan alat yang satu ini.

Disamping itu, printer juga mempunyai beberapa jenis, antara lain adalah printer laser, printer inkjet dan printer dot matrix. Semua jenis printer tentu memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing. Sebagai catatan, supaya printer bisa bekerja dengan baik tentu harus terhubung dengan laptop atau PC. Selain itu, supaya printer bisa digunakan untuk mencetak, maka laptop atau pc yang Anda gunakan harus sudah terinstal dengan driver printer.

Apabila semua kebutuhan peralatan printer sudah terpenuhi, namun anda mengalami permasalahan di mana printer yang Anda gunakan tersebut dalam kondisi ready namun tidak bisa buat ngeprint, anda harus melakukan penelusuran kesalahan dan trouble shooting terhadap permasalahan  pada printer

Cara Mengatasi Printer Ready Namun Tidak Bisa Digunakan Untuk Ngeprint

Seringkali, kita menemukan permasalahan pada printer di mana printer tersebut tidak bisa digunakan untuk ngeprint dokumen meskipun dalam kondisi ready. Apabila suatu saat Anda menemukan permasalahan tersebut, anda tidak perlu khawatir, sebab kondisi tersebut bisa saja terjadi kapan saja dan menimpa pada printer jenis apa saja.

Sebelum anda melakukan trouble shoting cara mengatasi printer yang tidak bisa ngeprint meskipun dalam kondisi ready adalah dengan memperhatikan sejumlah faktor, di antaranya adalah:

  1. Anda harus memastikan bahwa driver printer sudah terinstal dengan baik pada laptop atau komputer anda.
  2. Bagian katrid pada printer telah terpasang dengan benar dan sempurna
  3. Bagian katrid pada printer telah terisi tinta dengan kapasitas yang cukup. Pada printer jenis laser tentunya sudah terisi toner atau serbuk. Termasuk pada printer. Matrix harus sudah terpasang kita.
  4. Pastikanlah bagian dari kabel power telah terpasang dengan baik ke jaringan listrik.
  5. Lakukan pengecekan Pada lampu indikator.
Baca:   Cara Memblok Web Notifications atau Notifikasi Web pada Firefox

Apabila Setelah anda melakukan beberapa pemeriksaan di sejumlah bagian yang telah disebutkan di atas, akan tetapi printer tetap tidak dapat mencetak dokumen, maka bisa dimungkinkan terdapat permasalahan yang menyebabkan gangguan pada printer anda. Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba untuk menjabarkan sejumlah cara yang dapat anda kerjakan supaya Printer Anda yang bermasalah bisa berfungsi kembali seperti semula. Akan tetapi, sebagai catatan bahwa seluruh ulasan yang penulis bahas Pada kesempatan kali ini hanya bisa berfungsi guna melakukan perbaikan terhadap sejumlah permasalahan yang terjadi pada printer pada sisi software atau perangkat lunak.

1.  Menggunakan Fitur Control Panel

Langkah pertama untuk mengatasi permasalahan printer yang tidak bisa ngeprint meskipun dalam kondisi ready adalah dengan memanfaatkan fitur control panel di Windows. Urutannya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, silakan Anda klik Start Menu, kemudian pilih Control Panel.
  • Setelah jendela control panel terbuka, silakan Anda klik menu View Devices And Printers
  • Pada tahap berikutnya, anda akan dibawa ke jendela yang berisi beberapa shortcut printer. Silakan Anda pilih printer yang sedang anda gunakan namun mengalami masalah. Klik Kanan shortcut printer tersebut, lalu pilih menu Set as default printer.
  • Selesai dan silakan Anda coba lagi printer tersebut untuk mencetak dokumen.

Permasalahan pertama ini kerap terjadi pada pemula yang masih sangat awam di dunia printer. Sebab, kerap kali  driver printer ter set secara default pada bukan printer yang aktif. Tentu, jika pengguna mencetak dokumen menggunakan printer yang sebenarnya tidak ada Unit printernya itu sendiri, maka permasalahan gagal cetak akan terjadi.

2.  Mengikuti Nama Printer

Adapun cara mengatasi printer ready namun tidak bisa digunakan untuk ngeprint yakni dengan melakukan penyesuaian nama printer.nya Berikut ini adalah urutan singkatnya.

  • Tahap pertama, silakan Anda cetak suatu dokumen dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + P pada keyboard.
  • Langkah berikutnya, silakan Anda klik tanda panah ke arah bawah yang berisi daftar printer yang telah terinstal.
  • Dari tahap di atas, silakan Anda pilih nama printer sesuai dengan printer yang sedang digunakan dan aktif.
  • Selesai dan anda bisa memulai proses mencetak dokumen.
Baca:   Cara Mengatasi IPhone Dan IPad Tidak Terdeteksi ITunes

3.  Membuat Kosong Print Query

  • Untuk mengosongkan print query pada driver printer, silakan Anda Click tanda panah yang berada di sebelah kiri bawah monitor atau berdekatan dengan jam komputer.
  • Temukan icon printer dan klik 2 kali
  • Ketika aktivitas mencetak sedang berlangsung namun terjadi penundaan, maka anda bisa melihat daftar dokumen yang sedang terpending. Untuk mengosongkan jendela print query, silakan Anda Klik Kanan pada nama dokumen yang akan dibatalkan proses cetaknya. Pilih menu cancel Untuk membatalkan proses cetak dokumen tersebut.
  • Jika anda sudah mengosongkan print query, anda bisa mencoba untuk mencetak kembali dokumen.

4.  Memakai fitur service.msc

Tahapan terakhir cara mengatasi printer ready namun tidak bisa buat ngeprint adalah dengan memanfaatkan fasilitas yang bernama service.msc. Urutannya adalah sebagai berikut.

  1. Tahap pertama, silakan Anda klik Start menu, lalu pilih menu Run. Jika anda ingin memakai shortcut keyboard, gunakanlah kombinasi tombol Windows + R.
  2. Setelah jendela run terbuka,  ketiklah perintah “service.msc“, lalu Klik tombol OK atau tekan  tombol Enter pada keyboard.
  3. Langkah berikutnya, silakan Anda pilih menu screen spoiler, lalu Klik Kanan menu tersebut.pada menu yang ditampilkan, silakan klik menu cancel guna menonaktifkan screen spooler.
  4. Berikutnya, silakan Anda klik tombol Start Menu, lalu silakan Anda tuju ke drive C:/Windows/System32/Spool. Silakan Anda klik printer kemudian lakukan penghapusan pada seluruh file yang ada pada folder dengan nama printers.  Lakukan penghapusan dengan cara menekan kombinasi tombol CTRL + A, kemudian Klik Kanan lalu pilih menu delete.
  5. Tahap berikutnya, silakan Anda kembali ke jendela print spooler.
  6. Silakan Anda Klik Kanan pada bagian spooler, kemudian klik menu Start guna mengaktifkan kembali proses print.
Baca:   Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop Atau Mati Total

Itulah sejumlah cara sederhana yang bisa Anda coba praktekkan guna mengatasi printer ready tapi tidak bisa buat ngeprint. Semoga saja, salah satu dari tutorial diatas bisa bekerja dengan baik pada printer Anda sehingga Anda bisa melanjutkan pekerjaan cetak mencetak dokumen.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *