Home / Tips dan Trik / Cara Mengatasi Masalah Game Yang Keluar Sendiri di Android

Cara Mengatasi Masalah Game Yang Keluar Sendiri di Android

Pada artikel di kesempatan kali ini, penulis akan mencoba membahas tips Bagaimana cara mengatasi masalah game yang sering keluar sendiri di Smartphone berbasis Android. permasalahan tersebut tentunya kerap kali dialami oleh para pengguna smartphone di era modern sekarang ini, di mana banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan permasalahan Game yang keluar sendiri.

Terdapat satu buah keuntungan Ketika anda memainkan game di smartphone Android, yakni dapat bermain dimana saja dan kapan saja. di samping itu, Google Play Store juga telah menyediakan banyak sekali game gratis yang siap untuk Anda download sekaligus Anda mainkan. Apabila dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, bisa dipastikan Android lebih banyak pilihan gamenya.

Lantas, Mengapa Game Pada Android Sering Keluar Sendiri?

Ketika anda sedang asyik memainkan game, kadangkala muncul permasalahan dengan pesan “game Android keluar sendiri”. permasalahan tersebut adalah yang kerap kali dialami oleh banyak pengguna smartphone berbasis Android yang sering menggunakannya untuk bermain game. adanya sebuah error seperti “sayangnya, aplikasi telah berhenti” juga kerap kali melanda pengguna Android. ada lagi pesan “Unfortunately, game has been stopped”, dan beberapa pesan yang lainnya.

Hal Yang Menyebabkan Game Android Sering Keluar Sendiri

Sejumlah Aplikasi yang sifatnya publik seperti browser, editor, Messenger dan media sosial cukuplah berbeda dengan aplikasi game, sehingga bisa dipastikan hal yang menjadikan game keluar sendiri lebih kompleks dibandingkan dengan aplikasi tersebut. lantas, apa sajakah hal yang menyebabkan game pada Android keluar sendiri? Beberapa alasan berikut akan memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

1. Koneksi Internet Yang Terputus Atau Lelet

Apabila koneksi jaringan internet yang anda miliki cukup lambat pada saat bermain game, pasti Anda akan merasakan cukup berat. terlebih, kondisi tersebut berlaku di game yang sifatnya online. selanjutnya, apabila setelah dirasa sangat lambat, maka di akhir sesi game Akan. bekerja dan keluar sendiri. tidak sampai di situ saja, apabila koneksi internet yang anda miliki terputus, sejumlah game online kadangkala langsung keluar sendiri.

2. Cache Yang Menumpuk Secara Berlebihan

Setiap anda bermain menggunakan aplikasi di Android, entah itu game maupun aplikasi yang lain, bisa dipastikan akan meninggalkan sejumlah file Cache yang letaknya ada di memori. selanjutnya, jika file Cache terus-menerus menumpuk serta tidak pernah di delete, imbasnya adalah aplikasi atau game tertentu akan mengalami error dan keluar dengan sendirinya.

Bagian ini Tentunya tidak hanya berlaku pada game saja, namun juga berlaku pada sejumlah aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, line dan BBM.

3. Game Yang Masih Versi Beta

Sebuah game yang masih pada tahap pengujian kadangkala bisa mengalami permasalahan, bukan disebabkan oleh smartphone Android yang anda miliki, namun disebabkan karena game tersebut masih terdapat beberapa error di dalamnya. game versi beta kadangkala terdapat sejumlah bugs dan kesalahan, sehingga Anda harap maklum.

4. Perangkat Yang Tidak Kompatibel

Beberapa jenis game yang anda install barangkali tidak cocok dengan smartphone yang Anda gunakan. bisa jadi karena smartphone yang Anda gunakan tidak cukup canggih dengan kualitas perangkat keras yang tidak mumpuni. tentunya, tidak hanya dari sisi perangkat keras saja, namun juga dari sisi perangkat lunak juga wajib untuk diperhatikan. beberapa game tidak dapat dimainkan pada sejumlah smartphone dengan sistem operasi Android.

Baca:   Cara Ampuh Untuk Membasmi Virus di Android

5. Sistem Operasi Android Versi Lawas

Apabila anda menggunakan Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android versi lawas, misalnya versi 2.3 ke bawah, maka sangat dimungkinkan akan sulit digunakan untuk bermain game, utamanya adalah game yang terbaru dan berat. barangkali, Game tersebut dapat di instal, namun ketika dimainkan akan terasa begitu berat dan pada akhirnya akan keluar sendiri atau force close secara tiba-tiba.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya sebelum anda menginstal sebuah permainan, diharapkan terlebih dahulu membaca detail dari game tersebut. Apakah bisa diinstal pada sistem operasi yang sekarang ada gunakan atau tidak.

6. Smartphone Yang Sudah Di-Root

Sejumlah pemakai smartphone Android cukup menyukai gadget mereka dalam kondisi root. kondisi tersebut tentu sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi setiap pemakai Android. salah satu keuntungan dari smartphone yang sudah di-root yakni dapat memaksimalkan pemakaian smartphone sesuai dengan yang diinginkan sang pemiliknya. dengan root, game yang awalnya tidak dapat dimainkan menjadi dapat dimainkan.

Beberapa aplikasi yang sebelumnya tidak begitu kompetibel, akan berubah menjadi kompetibel. namun, efek negatif dari root juga cukup besar, apabila secara tiba-tiba game keluar dengan sendirinya, anda jangan heran, sebab efek dari root salah satunya adalah seperti itu.

8. Kapasitas RAM Yang Tidak Mencukupi

Kondisi RAM yang sudah penuh tentu sangat berbeda dengan RAM yang tidak mencukupi. RAM yang dikatakan tidak mencukupi jika memang dari awalnya sudah tidak mencukupi lagi untuk memainkan game kesukaan anda. meskipun anda menutup seluruh aplikasi yang sedang terbuka, game tersebut tetap tidak akan dapat dimainkan karena disebabkan oleh game tersebut memang memerlukan Space yang wajib melampaui RAM dari smartphone Android yang Anda gunakan.

Sebagai contoh, smartphone Android Anda memiliki kapasitas RAM 512 MB atau mungkin di bawahnya, sementara itu game yang anda ingin mainkan memerlukan sebesar 512 MB. lantas, apakah yang akan terjadi? Di game tersebut tentu tidak akan dapat dimainkan.

9. Smartphone Yang Overheat Atau Terlalu Panas

Ketika anda sedang asik-asiknya memainkan game, kadangkala lupa dengan keadaan smartphone yang Anda gunakan tersebut. smartphone yang suhunya terlalu panas tentu bisa menimbulkan kerusakan perangkat keras apabila anda tidak segera menghentikan permainan yang sedang anda kerjakan. pada kondisi ini, tentunya Anda dapat maklum apabila game yang anda sedang mainkan secara tiba-tiba keluar sendiri, atau bisa jadi smartphone Smartphone bisa jadi langsung mati karena suhunya yang terlalu panas.

10. Terdapat File Yang Rusak Atau Hilang

Apabila ada sejumlah file game yang rusak atau error atau bahkan hilang, maka dapat dipastikan akan menjadikan game tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar. kondisi tersebut bisa jadi dikarenakan anda tidak pernah mengupdate Game milik anda, tidak melakukan scanning terhadap virus, atau bahkan tidak pernah menghapus file cache Android.

Cara Mengatasi Game Android Yang Keluar Sendiri Atau Force Close

Setelah anda memahami sejumlah penyebab game yang keluar sendiri, Mari kita lanjutkan pembahasan Bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut berdasarkan kondisi yang ada. Ada sejumlah tips yang dapat Anda coba untuk mengatasi permasalahan game Android yang keluar secara tiba-tiba. berikut ulasannya.

1. Mengaktifkan Koneksi Jaringan Internet Pada Smartphone

Apabila di awal game yang anda mainkan keluar secara tiba-tiba disebabkan oleh koneksi internet yang pelan atau lelet, maka anda bisa mencoba untuk memutuskan dan menyambungkan kembali koneksi jaringan internet pada smartphone. Anda bisa mencoba untuk mencari lokasi yang memiliki kualitas sinyal operator tidak terputus-putus dan cukup bagus. bahkan, apabila disediakan area WiFi, maka anda bisa mencoba mengkoneksikan smartphone dengan wifi tersebut. barangkali, koneksi dari WIFI bisa lebih kencang dibandingkan dengan internet yang menggunakan data.

Baca:   Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

2. Disable Koneksi Internet

Apabila anda hanya memainkan game pada mode offline, maka tentu anda tidak perlu untuk mengaktifkan jaringan internet. lebih baik, anda bisa memutuskan koneksi jaringan internet supaya RAM pada smartphone Android tidak cepat penuh dan tentunya Anda dapat memainkan game lebih leluasa.

3. Menghapus Cache Game

Pekerjaan yang sangat penting supaya smartphone berbasis Android bisa bekerja lebih maksimal ketika bermain game yaitu dengan cara membersihkan file cache dan juga file sampah yang ada pada sistem Android. sejumlah file sampah yang secara terus-menerus menumpuk pada internal memory smartphone akan menurunkan performa. di samping itu, bersih-bersih file sampah juga bisa menjadikan game terhindar dari macet atau force close secara tiba-tiba. guna membersihkan sejumlah file cache game pada Android, silakan Anda ikuti beberapa langkah berikut ini:

Cukup banyak tips dan cara untuk mengatasi permasalahan game yang sering keluar sendiri atau force close pada Android baik dari sisi hardware maupun software

Masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih menu setelan tambahan, kemudian pilih menu manajemen aplikasi, lalu Carilah nama aplikasi atau nama game yang dimaksud. selanjutnya, silahkan anda tekan tombol “hapus cache“.

Sebagai catatan, langkah di atas sudah penulis praktekkan pada smartphone yang menggunakan OS versi 5.1.1 atau Android Lollipop. Apabila Anda memakai smartphone yang menggunakan sistem operasi Android versi yang lain, maka anda dapat menyesuaikan sendiri.

4. Memaksa berhenti Dan Menghapus Data Game

Disamping bersih-bersih file sampah, anda juga tentunya dapat menghapus data pada game tersebut. Teknik ini tentunya akan menjadikan game kembali pada posisi baru mirip setelah diinstal, dan semua data yang tersimpan pada game akan hilang. Untuk menghentikan paksa game tersebut serta menghapus data pada game, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

paksa berhenti dan hapus data game android

Silakan Anda masuk ke menu pengaturan, lalu pilih menu setelan tambahan, lalu pilih menu manajemen aplikasi, kemudian cari nama game yang dimaksud. selanjutnya, silakan Anda tekan tombol “paksa berhenti“, lalu lanjutkan dengan menekan tombol “hapus data“.

Sebagai catatan, langkah di atas sudah penulis praktekkan pada smartphone Android berbasis Lollipop versi 5.1.1. Apabila Anda memakai smartphone yang berbeda versi sistem operasi, silakan Anda sesuaikan sendiri.

5. Mengupdate Game

Sudah berapa lamakah anda tidak mengupdate game yang anda mainkan? Aktivitas update game tidak hanya akan memperoleh fitur paling baru pada game tersebut, namun beberapa bugs dan juga kerusakan yang ada pada game ikut diperbaiki. oleh karena itulah, anda wajib melakukan update pada game tersebut supaya nantinya game yang anda mainkan tidak force close atau keluar sendiri secara tiba-tiba ataupun menampilkan pesan pop-up error.

6. Hapus Game

Apabila setelah anda mengaktifkan game tersebut mengupdate game tersebut, namun permasalahan tidak juga bisa teratasi, Silakan anda hapus atau uninstall game tersebut. berikutnya, anda bisa mendownload kembali secara langsung lewat Google Play Store. namun sebelumnya, Silakan anda hapus terlebih dahulu cache serta data game supaya nantinya aktivitas pengunduhan serta pemasangan bisa berjalan dengan lancar.

Baca:   Cara Mengetahui Product Key Windows 10 Yang Sudah Terinstall Di PC

Urutan untuk meng uninstall atau menghapus game bisa anda lakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

uninstall game android

Silakan Anda masuk ke menu pengaturan, lalu pilih menu setelan tambahan, lalu pilih menu manajemen aplikasi, kemudian carilah nama game yang dimaksud. selanjutnya, silakan Anda pilih tekan tombol “hapus instalasi“.

Sebagai catatan, langkah diatas bisa anda praktekkan jika menggunakan sistem operasi Android versi Lollipop atau versi 5.1.1. Apabila Anda memakai smartphone Android versi yang lain, silakan Anda menyesuaikan.

7. Shutdown Smartphone

Shutdown atau mematikan smartphone Android Anda, lalu silahkan cabut baterai, SD card atau micro SD dan simcard. selanjutnya, silakan Anda biarkan beberapa menit supaya tidak ada arus listrik yang masuk pada smartphone. berikutnya, anda bisa mencoba untuk memasang serta menyalakan kembali smartphone android anda. dengan menerapkan metode ini, diharapkan smartphone Android yang Anda gunakan bisa kembali normal dan dapat dipakai untuk memainkan game kesayangan anda.

8. Mengupdate Sistem Operasi Android

Apabila sistem operasi Android yang Anda gunakan sudah tidak kompatibel lagi dengan game yang ingin anda mainkan, maka mau tidak mau anda harus mengupgrade OS Android yang Anda gunakan. tentunya, versi paling baru dari sistem operasi Android akan memberikan jaminan yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. minimal, Android yang Anda gunakan pada smartphone adalah versi KitKat, Lollipop, marshmallow atau bahkan yang paling baru sekarang ini.

9. Melakukan Factory Reset

Factory reset memang sangat beresiko, sebab smartphone Android Anda akan dikembalikan settingannya ke pengaturan pabrik atau pengaturan awal. tentunya seluruh data game yang anda simpan akan hilang, akan tetapi smartphone android anda tentu akan kembali fresh seperti baru beli. sebelum anda mengerjakan hard reset atau factory reset, lakukan backup seluruh data penting pada smartphone anda.

Beberapa urutan factory reset bisa anda ikuti langkah berikut ini:

factory reset smartphone android

Langkah pertama, Silakan masuk ke menu pengaturan, lalu masuk ke setelan tambahan, lalu pilih menu buat cadangan dan reset. selanjutnya, silakan tekan tombol “hapus data aplikasi dan aplikasi yang dapat dibongkar“.

Sebagai catatan, langkah di atas sudah penulis praktekkan pada sistem operasi Android versi 5.1.1 atau Lollipop. apabila anda pengguna smartphone Android versi yang lain, silakan Anda sesuaikan menu nya.

Setelah anda mengerjakan beberapa tips di atas, penulis harapkan game yang anda ingin mainkan sudah bisa berjalan secara normal. Anda bisa mencoba satu demi satu tips-tips diatas, jadi tidak perlu mengerjakan semuanya, sebab terlalu banyak. Apabila ternyata pada prakteknya anda tidak berhasil menormalkan kembali game kesayangan Anda, maka anda bisa memikirkan untuk membeli, smartphone yang baru, karena barangkali Smartphone anda sekarang ini sudah terlalu jadul atau lawas.

Sekian penjabaran tentang tips Bagaimana cara mengatasi permasalahan game yang keluar sendiri di Android secara tiba-tiba atau force close. semoga saja, tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda. Apabila Anda ingin menambahkan ada sesuatu hal yang perlu Anda tambahkan, silakan tinggalkan tulisan pada kotak komentar. Terima kasih.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone baru

Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

Bisa dipastikan di setiap bulannya selalu muncul generasi smartphone terbaru di pasaran. Dan tentunya bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *