Home / Tips dan Trik / Cara Mengaktifkan Antivirus Windows Defender Windows 7, 8 Dan 10

Cara Mengaktifkan Antivirus Windows Defender Windows 7, 8 Dan 10

Terdapat beragam antivirus komputer yang bisa anda gunakan secara gratis. Salah satu yang sering kita jumpai pada sistem operasi Windows 7, 8 dan 10 yaitu Windows Defender. Hal tersebut disebabkan karena antivirus Windows Defender merupakan antivirus asli bawaan Windows kepunyaan dari Microsoft. Antivirus Windows Defender bisa digunakan secara gratis baik untuk Windows 7, Windows 8 dan 10.

Windows Defender mampu memberikan proteksi terhadap komputer dari ancaman Spyware maupun program perangkat lunak perusak yang lainnya. Lewat artikel kali ini, penulis akan mencoba sharing tentang cara mengaktifkan antivirus Windows Defender baik pada Windows 7, 8 maupun 10. Sebelum kita membahas tentang cara mengaktifkan Windows Defender, Mari kita pelajari terlebih dahulu tentang Windows Defender.

Sejarah Tentang Windows Defender

Dalam kurun waktu yang cukup lama, sistem operasi Windows belum mempunyai software atau perangkat lunak yang mampu memberikan keamanan pada komputer. Padahal, sistem operasi Windows adalah sistem operasi yang sering kali mendapat serangan. Pihak Microsoft sendiri baru mau mengakui adanya ancaman Spyware pada sistem operasi Windows beberapa tahun belakangan ini, dengan diluncurkannya Windows Defender.

Sebagai informasi, antivirus Windows Defender telah ter paketkan mulai Windows XP dan juga Windows 7, akan tetapi belum banyak yang memakainya. Memang, pada saat itu Windows Defender tidak secara langsung diluncurkan persamaan dengan peluncuran Windows XP dan juga Windows 7.

Ketika peluncuran Windows 8, pihak Microsoft telah menyediakan versi yang sudah cukup disempurnakan pada antivirus Windows Defender, bahkan anti virus tersebut memiliki kemampuan memproteksi komputer pengguna dari ancaman Malware. Pada bagian ini, pihak Microsoft melakukan penggabungan pada software security essential ( yang merupakan software antivirus gratis buatan Microsoft) dan Windows Defender menjadi satu. Pada Windows 10, hal tersebut juga dilakukan.

Mengapa Windows Defender Perlu Diaktifkan? Kenapa Tidak Dinonaktifkan Saja?

Seperti yang sudah disampaikan di depan bahwa penulis akan mencoba menjabarkan cara mengaktifkan Windows Defender di Windows 7, 8 dan 10. Tentunya, Meskipun banyak pengguna yang mengaktifkan Windows Defender tersebut, cukup banyak pula yang menonaktifkannya. Adapun sejumlah alasan kenapa beberapa pengguna memiliki keinginan untuk menonaktifkan Windows Defender.

Alasan menonaktifkan Windows Defender yang sering kali didengar adalah pengguna sudah menginstal software antivirus maupun software anti malware yang lainnya, sehingga supaya software antivirus pihak ketiga bisa berjalan dan bekerja dengan lancar, maka pengguna wajib menonaktifkan Windows Defender. Sebab, Apabila terdapat dua atau lebih antivirus yang berjalan bersamaan pada sebuah komputer sangat dimungkinkan akan terjadi konflik

Baca:   Cara Menonaktifkan Antivirus Avast Secara Sementara Dan Permanen

Namun demikian, bisa dibilang Windows Defender cukuplah bandel, di mana setelah proses penonaktifan, Windows Defender akan kembali aktif secara otomatis. Oleh lantas, bagaimana cara untuk menonaktifkan Windows Defender? Bagaimana juga langkah-langkah mengaktifkan nya? Sebelum kita membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita mengecek terlebih dahulu status dari Windows Defender Apakah dalam kondisi aktif atau tidak aktif pada komputer anda.

Mengecek Apakah Windows Defender Dalam Keadaan Aktif Atau Tidak Aktif

Tahap pertama, silakan Anda buka Windows Defender. Urutannya adalah silakan Anda buka bagian notifikasi yang posisinya berada di bagian sudut kanan bawah di desktop komputer anda, lebih tepatnya ada di sebelah jam. Pada bagian tersebut, anda dapat melihat icon dari Windows Defender.

Apabila pada bagian tersebut terdapat icon Windows Defender, dan apabila disorot akan keluar hint bertuliskan “PC status: protected”, hal tersebut menandakan Windows Defender dalam kondisi aktif pada komputer serta sudah bekerja memproteksi komputer yang Anda gunakan. Kemudian, Bagaimana apabila kita tidak melihat icon Windows Defender pada status bar? Mungkin saja Anda telah menginstal software antivirus yang lain yang mempunyai kegunaan yang sama dengan antivirus Windows Defender, yang menyebabkan Windows Defender menjadi tidak aktif serta tidak dapat dilihat pada status bar.

Akan tetapi, apabila anda memiliki perasaan belum pernah atau memang tidak pernah menginstal software atau perangkat lunak antivirus jenis apapun di komputer anda, serta icon dari Windows Defender tidak terlihat, maka anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini guna memastikannya.

Tahap pertama, silakan Anda buka menu Windows Defender. Anda dapat menemukannya dengan cara Klik tombol Start menu. Pada Windows 8 maupun Windows 10 bisa dilakukan dengan lebih mudah. Sebab, anda dapat langsung mencari Windows Defender dengan mengetikan perintah ” Defender” pada kotak pencarian Windows.

Pada contoh kali ini, penulis memakai Windows 10, sehingga cukup klik bagian Icon yang bergambarkan kaca pembesar atau Lup yang posisinya berada di sebelah tombol Start atau icon Windows dan berada di bagian sudut kiri bawah. Selanjutnya, silakan ketik perintah “Defender” yang akan berfungsi memunculkan windows Defender. Kemudian, Klik Menu Windows Defender atau tekan tombol enter pada keyboard.

Baca:   Cara Cepat Uninstall Program Bawaan Di Windows 10

Membuka Windows Defender

Langkah berikutnya, jendela Windows Defender akan terbuka sehingga pada jendela tersebut akan didapat informasi Apakah Windows Defender dalam kondisi aktif atau tidak. Apabila aktif, maka anda akan mendapatkan tanda yang berwarna hijau dengan bentuk tanda centang. Namun, apabila tidak aktif, maka akan memiliki warna merah dengan Tanda berbentuk silang. Akan tetapi, pada sejumlah kasus, utamanya pada Windows 7, apabila Windows Defender tidak aktif serta tidak dapat diaktifkan, anda akan memperoleh pesan error seperti pada gambar di bawah ini.

Pesan ketika Windows Defender Belum Aktif

Apabila Windows Defender dalam kondisi tidak aktif, atau apabila anda melihat pesan di atas, serta anda ingin memastikan bahwa Windows Defender benar-benar memang tidak dalam kondisi aktif, maka anda dapat melakukan pemeriksaan lewat menu control panel dengan cara Klik Kanan pada “Start Menu“, kemudian pilih “Control Panel“. Selanjutnya, pada jendela control panel yang telah terbuka, silakan Anda klik menu “System And Security“, kemudian lanjutkan klik “Security And Maintenance“. Untuk lebih jelasnya, Perhatikan gambar di bawah ini.

Security and Maintenance pada Windows 10

Informasi : bagian menu Security And Maintenance hanya bisa anda temukan pada Windows 10. Apabila anda pengguna Windows 7 maupun Windows 8, pengganti menu tersebut adalah Action Center.

Tahap berikutnya, pada menu security and maintenance, silakan Anda buka menu security. Silakan Anda klik tanda panah kebawah. Pada bagian ini, anda bisa menemukan adanya sistem keamanan yang memproteksi Spyware serta memberikan perlindungan pada software yang tidak diharapkan. Anda dapat melihat apakah firewall pada Windows dalam keadaan aktif atau tidak, termasuk di dalamnya adalah Apakah komputer anda telah terproteksi antivirus.

Cara Mengaktifkan Windows Defender Pada Windows 7, 8 Dan 10

Apabila Windows Defender pada komputer anda dalam keadaan aktif, maka di bagian virus protection akan ada logo maupun icon dari Windows Defender yang memiliki tulisan “Windows Defender is helping to protect your PC“. Pada kondisi itu, anda tidak lagi perlu mengaktifkan Windows Defender.

Security pada Windows 10

Akan tetapi, apabila Windows Defender dalam keadaan nonaktif, yang rata-rata disebabkan oleh adanya software antivirus lain pada komputer anda. Contohnya dapat Anda lihat di gambar berikut ini. Di bagian virus protection sudah Dimunculkan software antivirus yang telah terinstal pada komputer anda. Pada contoh dibawah ini, anti virus yang telah terinstal yaitu AVG.

Baca:   Ingin Data Anda Lebih Aman? Ikuti Cara Backup Data Android Secara Aman Dan Mudah

Virus Protection Menggunakan AVG

Sebagai informasi, Windows Defender tidak akan dapat anda aktifkan selama antivirus AVG maupun antivirus yang lainnya masih aktif dan terinstal pada komputer. Oleh karena itu, Silakan anda hapus atau uninstal antivirus yang terpasang pada PC anda lewat Control Panel, kemudian pilih menu Program And Feature, lalu pilih Uninstall Program.

Programs and Features Windows 10

Berikutnya, apabila anda sudah instal antivirus maupun anti-spyware yang ada di dalam komputer anda, silakan Anda ketik lagi “Windows Defender” pada kotak pencarian di Windows. Jika anda pengguna Windows 7, gunakan kotak pencarian pada Star menu. Ketika Windows Defender terbuka, silakan Anda Klik tombol “turn on” guna mengaktifkannya. Anda juga dapat membuka settings pada Windows Defender guna mengaktifkannya lewat menu tersebut.

Setting Windows Defender

Tahap selanjutnya, karena Anda selama ini tidak memakai Windows Defender sebagai media proteksi pada komputer ( Windows Defender dalam kondisi nonaktif), dapat dipastikan bahwa database pada Windows Defender dalam kondisi tidak ter-update. Untuk membuktikannya, Silakan anda Simak pada bagian Virus And Spyware Definitions, dimana pada bagian tersebut tertulis Out Of Date.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk segera mengupdatenya. Caranya adalah dengan mengklik tombol Check For Update. Apabila definisi dari Windows Defender telah diperbaharui, maka statusnya akan berubah menjadi Up To Date. Jangan lupa untuk mengaktifkan perlindungan Real Time Windows Defender pada komputer anda. Caranya adalah dengan klik Setting pada Windows Defender.

Windows Defender Protected

Sebagai informasi, spesial Untuk pemakai Windows 10, apabila tidak terdapat antivirus yang sudah terinstal pada komputer anda, apabila anda menonaktifkan Windows Defender, maka pada periode yang tidak terlalu lama, ketika komputer anda Matikan dan anda Nyalakan kembali, Windows Defender akan otomatis aktif guna memberikan perlindungan pada komputer anda.

Demikianlah uraian tentang cara mengaktifkan antivirus Windows Defender pada Windows 7, 8 dan 10. Walaupun ilustrasi yang diberikan pada artikel ini menggunakan Windows 10, namun pada dasarnya tetap bisa anda ikuti dan anda aplikasikan pada Windows 7 maupun Windows 8. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *