Home / Tips dan Trik / Cara Mempercepat Koneksi Wifi Dengan CMD Pada Windows
Cara Mempercepat Koneksi Wifi Dengan CMD

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Dengan CMD Pada Windows

Teknologi wifi terus mengalami perkembangan, sehingga cukup banyak perangkat yang memanfaatkan teknologi tersebut untuk berkomunikasi. Namun, saking banyaknya perangkat yang menggunakan koneksi Wifi menjadikan performa jaringan wifi Mengalami penurunan. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara untuk mempercepat koneksi Wifi, salah satunya adalah memanfaatkan CMD atau command prompt yang disediakan pada sistem operasi Windows.

Pada dasarnya, kecepatan dari koneksi Wifi memang masih dibawah kecepatan koneksi menggunakan kabel. Namun, koneksi Wifi tentu lebih praktis, hemat serta efisien serta rapi. Dengan menggunakan koneksi wifi, maka kabel-kabel yang berseliweran sudah tidak ditemukan lagi. Bahkan sebaliknya, tanpa adanya instalasi kabel, koneksi internet pada Windows tetap bisa diakses.

Hal Yang Menyebabkan Koneksi Internet Wifi Pelan Atau Lemot

Namun demikian, Adakalanya suatu saat Anda menemukan koneksi internet yang menggunakan wifi cukup pelan. Cukup banyak hal yang menyebabkan Kenapa koneksi Internet menggunakan wifi cukup pelan. Apa saja?

  1. Terlalu banyak Client yang mengakses satu jaringan Wifi sehingga server kewalahan untuk melayani permintaan data pada setiap client yang terhubung
  2. Jarak antara server dengan client cukup jauh, sehingga sinyal koneksi Wifi antara server dengan client tersebut melemah
  3. Koneksi internet yang sedang bermasalah
  4. Jaringan yang tidak standar

Untuk bisa mengetahui apakah yang menjadi penyebab utama koneksi internet wifi menjadi lemot atau pelan dibutuhkan diagnosa yang cukup rumit. Apabila kita hanya sebatas ingin mencoba cara mempercepat koneksi internet wifi, maka kita bisa memanfaatkan salah satu fitur yang ada di Windows yakni CMD atau command prompt. Tool kecil tersebut cukup ampuh dan efektif untuk meningkatkan kecepatan koneksi Wifi.

Akan tetapi, perlu penulis tegaskan kembali bahwa cara yang penulis bahas Pada kesempatan kali ini tidak menjamin 100% berhasil, sebab hasil yang dicapai tergantung kepada penyebab dari lemotnya koneksi internet wifi. Namun setidaknya, cara ini sudah cukup ampuh dan efektif dalam meningkatkan kecepatan koneksi internet wifi.

Baca:   Cara Mengetahui Pengguna Wifi Melalui CMD

Cara Mempercepat Koneksi Wifi Menggunakan CMD Atau Command Prompt Pada Windows

Beberapa langkah di bawah ini merupakan pengalaman penulis untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet wifi yang disebabkan oleh sinyal Wifi yang tidak begitu bagus. Namun, apabila penyebab pelangi koneksi internet wifi di tempat anda berbeda, tidak ada salahnya untuk dicoba.

Sebelum anda mempraktekkan tutorial ini, pastikan komputer atau laptop anda terkoneksi dengan baik lewat jaringan Wifi. Pastikan pula, jaringan wifi pada laptop atau komputer anda sudah terkoneksi pada salah satu jaringan yang tersedia.

Metode Ke 1 Mempercepat Koneksi Wifi Dengan CMD Pada Windows

Langkah yang pertama, silakan Anda klik start, kemudian ketik “CMD” pada kotak pencarian. Atau, anda juga bisa membuka command prompt dengan cara Klik tombol Start –> All Programs –> Accessories –> Command prompt.

ip config all pada windows

Pada jendela command prompt atau CMD yang telah terbuka, silakan Anda Ketik perintah “ipconfig/all“. Hasilnya adalah akan ditampilkan sejumlah informasi yang berkaitan dengan jaringan Wifi anda. Silakan Anda cari data atau informasi kode DNS server. Apabila sudah ditemukan, silakan catat atau hafalkan kode tersebut.

ip config all pada Windows

Tahap berikutnya, silahkan anda ketik perintah “ping -L 500000 10.0.28.66 -t“. Angka 500000 menunjukkan besarnya Bandwidth dalam satuan bit yang akan anda tarik. Dengan memberikan angka tersebut, maka command prompt akan berusaha mengunci dan menjaga koneksi supaya tidak terlepas dan tetap stabil.

Setelah anda mengerjakan tahapan di atas, maka biasanya koneksi internet wifi akan lebih stabil. Anda bisa meminimize jendela CMD atau command prompt ( jangan ditutup). Berikutnya, anda bisa menggunakan laptop atau komputer anda untuk internet seperti biasa. Rasakan perbedaannya.

Baca:   4 Cara Mempercepat Download Di IDM Terbukti Ampuh

Metode Ke 2 Mempercepat Koneksi Wifi Dengan CMD Pada Windows

Apabila metode di atas belum berhasil atau tidak bekerja pada laptop atau komputer anda, silakan Anda praktekan metode kedua berikut ini. Tekniknya hampir sama dengan metode yang pertama, Yakni dengan memanfaatkan command prompt atau CMD yang ada pada Windows. Berikut adalah urutannya.

Jalankan CMD atau command prompt dengan level administrator. Caranya adalah, silakan Anda Klik tombol Start menu, kemudian ketik CMD. Pada hasil pencarian yang diperoleh, Klik Kanan CMD.exe, lalu pilih menu Run as administrator.

Setelah jendela CMD atau command prompt terbuka, silakan Anda ketik perintah “cd C:\”. Selanjutnya, ketikan perintah lagi “netsh interface tcp set global autotuning=disabled“. Apabila berhasil, maka tampilan command prompt akan berubah seperti pada gambar di bawah ini.

netsh interface tcp set global autotuning=disabled pada windows

Selanjutnya, anda bisa mencoba untuk Berselancar Di Internet, merasakan perbedaannya, Apakah ada peningkatan kecepatan atau tidak. Apabila, anda ingin mengembalikan settingan ke posisi default, maka anda cukup mengetik perintah “netsh interface tcp set global autotuning=normal“.

Cara mempercepat koneksi internet wifi yang telah penulis bahas di bagian atas sudah di uji coba pada sistem operasi Windows 7 dan Windows 10. Artinya, kedua metode diatas bisa bekerja pada beberapa versi sistem operasi. Ada kemungkinan pula, langkah diatas dapat bekerja dengan baik pada Windows XP maupun Windows 8.

2 cara sederhana di dalam mempercepat koneksi Wifi dengan CMD pada sistem operasi Windows terbukti cukup efektif. Dari berbagai macam pengalaman yang sudah ditemukan oleh penulis, koneksi internet wifi menggunakan salah satu dari dua teknik di atas cukup berhasil dan mampu meningkatkan serta menstabilkan koneksi pada wifi sehingga kenyamanan di dalam internet bisa diperoleh. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, Terima kasih.

Baca:   4 Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10 Tercepat Dan Termudah

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Software browser Google Chrome mempunyai picture in picture mode yang berfungsi bagi anda untuk menjadikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *