Home / Tips dan Trik / Cara Mempercepat Booting Windows 10 Sampai Kurang Dari 5 Detik
Cara Mempercepat Booting Windows 10

Cara Mempercepat Booting Windows 10 Sampai Kurang Dari 5 Detik

Judul dari artikel ini memang cukup terlihat wow. Sebab, cara mempercepat booting windows 10 sampai kurang dari 5 detik memang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, bukan berarti memacu windows 10 untuk booting kurang dari 5 detik tidak bisa dilakukan. Minimal, dengan menerapkan beberapa langkah, komputer windows 10 anda bisa booting lebih cepat dari biasanya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa proses booting adalah proses dimana windows akan meload beberapa file yang dibutuhkan agar komputer bisa hidup dan sampai pada posisi stand by. Tentunya, proses booting akan memakan waktu beberapa saat dan lamanya tergantung dari kecepatan dari proses load itu sendiri.

Meskipun anda memiliki komputer dengan spesifikasi super canggih, hal tersebut bukan berarti bahwa komputer anda benar-benar bisa sangat cepat pada proses booting. Bisa jadi, karena sedikit kesalahan konfigurasi, komputer super canggih anda membutuhkan waktu yang lebih lama pada proses booting dibandingkan dengan komputer anda yang memiliki spesifikasi lebih rendah.

Komputer yang booting terlalu pelan atau lama juga bisa dipastikan sering menjadikan pengguna tidak sabaran. Jika windows 10 anda booting dengan waktu lebih dari 1 menit, maka kondisi tersebut bisa dikatakan terlalu pelan. Oleh sebab itu, anda perlu mempraktekkan cara mempercepat booting windows 10 yang akan penulis jabarkan pada kesempatan kali ini.

Tentunya, apabila anda berhasil memaksa windows 10 anda untuk bisa booting lebih cepat, maka waktu anda di dalam menunggu komputer sampai dengan siap digunakan bisa dipersingkat. Bagaimana caranya? Silakan ikuti terus artikel ini.

Cara Mempercepat Booting Windows 10

Ada beberapa tahap yang bisa anda kerjakan untuk meningkatkan kecepatan booting pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows 10. Silakan praktekkan satu demi satu hingga anda mendapatkan performa terbaik pada komputer anda.

1. Kurangi Jumlah Icon Pada Desktop

Kadangkala, karena ingin memudahkan di dalam proses memanggil software aplikasi, diletakkan cukup banyak icon atau shortcut pada desktop. Padahal, semakin banyak jumlah icon atau shortcut yang menempel pada desktop komputer windows 10 anda akan menjadikan proses booting menjadi lebih pelan, terutama pada sesi terakhir sebelum Windows 10 masuk ke mode standby.

Baca:   Cara Mempercepat Koneksi Wifi Dengan CMD Pada Windows

delete icon pada desktop Windows 10

Berdasarkan kondisi tersebut, maka anda bisa mencoba untuk mengurangi jumlah icon yang menempel pada desktop. Silahkan anda hapus atau delete cara manual icon-icon yang tidak terlalu produktif atau yang sangat jarang digunakan. Akan lebih bagus lagi apabila anda menyembunyikan atau hide icon pada desktop dengan cara klik kanan desktop kemudian hilangkan tanda ceklist pada menu show desktop icons.

hilangkan icon pada deks.top Windows 10

2. Mengurangi Software Yang Otomatis Berjalan Pada Saat Windows 10 Booting

Sejumlah software bisa dipastikan akan mengecat dirinya sendiri agar ikut berjalan pada saat komputer windows 10 anda dinyalakan. Memang, software aplikasi seperti antivirus wajib bisa running secara otomatis ketika komputer booting. Namun, ada juga beberapa software yang mengeset dirinya sendiri untuk ikut di load pada saat komputer windows 10 booting.

Hal inilah yang menjadikan proses booting windows 10 menjadi lebih pelan.untuk itu, alangkah baiknya anda bisa memilih dan memilah mana saja software aplikasi yang diperbolehkan jalan secara otomatis ketika komputer dinyalakan dan mana saja software yang perlu di disable dari fitur startup.

Adapun langkah yang bisa anda praktekan untuk mengurangi software yang otomatis berjalan pada saat windows 10 booting adalah dengan memanfaatkan fitur task manager. Silakan anda masuk ke menu task manager pada windows 10 yang anda gunakan. Caranya juga cukup mudah, salah satunya adalah dengan klik kanan bagian kosong taksbar windows 10, lalu pilih menu task manager. Selain itu, anda juga bisa tekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL. Pada pilihan menu yang ditampilkan, silahkan pilih task manager.

Setelah jendela tasek manager tampil, silakan anda klik pada bagian tab Startup. Jika anda perhatikan pada isi dari tab startup, maka anda akan memperoleh daftar nama software yang terinstal pada windows 10 anda, lengkap dengan status enable atau disable. Apabila anda sudah mampu mengenali antara software antivirus dengan software non antivirus, maka anda bisa mencoba untuk mendisable software software yang bukan antivirus.

Baca:   Cara Mudah Melakukan TRIM SSD Secara Manual Pada Windows 7,8, Dan 10

startup task manager pada Windows 10

Hati-hati di dalam menonaktifkan software lewat task manager, sebab jika salah efeknya adalah terjadi kerusakan pada windows 10 anda.

Setelah anda menonaktifkan beberapa software aplikasi yang dirasa tidak penting, silakan anda tutup jendela task manager.

3. Mengaktifkan Fitur Turn On Fast Startup

Pada windows 10 disediakan fasilitas yang bernama turn on fast startup. Fungsi dari fasilitas ini tentu untuk meningkatkan kecepatan booting windows 10 yang anda gunakan. Hanya dengan beberapa langkah saja, fitur turn on fast startup bisa anda nikmati.

Untuk memulai mengaktifkan fitur turn on fast start, silakan anda klik kanan icon indikator baterai yang berada di bagian kanan bawah berdekatan dengan jam, kemudian pilih menu power options.

klik kanan baterai pada Windows 10

Setelah jendela power option terbuka, lanjutkan dengan klik menu choose the power button does yang berada di sebelah kiri, lalu pilih menu change plan setting.

choose what the power button does pada Windows 10

Setelah jendela system setting terbuka, berikan tanda ceklist pada bagian turn on fast startup (recommended)

turn on fats start up recomended pada Windows 10

Akhiri dengan klik tombol Save Changes.

4. Menonaktifkan Atau Mematikan Fitur Visual Effect

Fitur visual effect pada windows 10 memang menjadi salah satu bagian tersendiri yang berguna untuk memikat para pengguna windows 10 dari sisi visual agar mereka benar-benar bisa betah menggunakan komputer bersistem operasi windows 10. Namun, visual effect yang sangat modern tersebut cukup mempengaruhi kinerja booting windows 10. Bahkan, apabila komputer anda memiliki spesifikasi yang tidak terlalu bagus, maka efek dari visual effect akan sangat terasa memangkas waktu booting komputer windows 10.

Dari kondisi tersebut, maka alangkah baiknya apabila kita menonaktifkan atau mematikan fitur visual effect agar performa komputer tetap bisa terjaga.

Baca:   Cara Mematikan Windows Defender Windows 10

Langkah pertama, silakan anda klik pada start menu, kemudian klik pada bagian systems, lalu pilih menu advanced system settings

Tahap berikutnya, pada jendela system properties yang muncul, silakan anda pilih tab performance kemudian klik tombol settings.

setting system properties pada Windows 10

Pada jendela performance option yang ditampilkan, silakan anda pilih opsi adjust for best performance. Untuk mengaplikasikannya, silakan anda klik tombol Apply atau klik tombol OK agar jendela performance option bisa tertutup secara langsung.

adjust for best performance pada Windows 10

5. Gunakan hardisk SSD

Hardisk SSD atau solid state drive tentu memiliki karakteristik yang berbeda dengan HDD atau harddisk drive. Sebab, di dalam harddisk SSD tidak terdapat piringan yang bergerak sehingga proses baca dan tulis bisa berjalan lebih cepat. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap proses booting windows 10 yang anda miliki.

Hanya saja, sampai dengan saat ini SSD masih memiliki harga yang cukup mahal sehingga untuk bisa memangkas waktu booting windows 10 dengan menggunakan SSD, anda harus merogoh kantong yang cukup dalam. Akan tetapi, biaya yang anda keluarkan untuk membeli SSD seimbang dengan performa komputer yang anda dapatkan.

Dari sekian banyak cara mempercepat waktu booting windows 10 yang telah penulis bahas mudah-mudahan mampu anda praktekan dan berhasil. Dengan keberhasilan mempraktekkan beberapa langkah di atas, maka secara tidak langsung anda sudah belajar bagaimana men tweak komputer bersistem operasi windows 10 agar booting lebih cepat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

2 comments

  1. Min, RAM laptop ane cuma 1 GB, apa bisa diinstall Windows 10? Banter gak nantinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *