Home / Tips dan Trik / Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop Atau Mati Total
Power Supply Komputer

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop Atau Mati Total

Power supply komputer Adalah salah satu bagian dari komputer yang memiliki bentuk kotak dan pada umumnya terpasang pada bagian paling atas. Dengan adanya bagian power supply komputer, Seluruh komponen komputer memperoleh pasokan daya. Tentu, dapat kita bayangkan apabila terjadi kerusakan pada komponen power supply, di mana hal tersebut akan menyebabkan pasokan sumber daya listrik dari power supply tersendat atau bahkan berhenti sama sekali.

Memperbaiki power supply pada komputer bisa dilakukan dengan melihat gejala-gejala kerusakan yang ditimbulkannya. Dengan melihat berbagai macam kondisi komputer pada saat dinyalakan, maka kita akan bisa melakukan diagnosa kerusakan yang terjadi pada power supply itu sendiri.

Daftar Isi:

  1. Apakah Fungsi Dari Power Supply Komputer?
  2. Penyebab Power Supply Komputer Mengalami Kerusakan
  3. Peralatan Yang Harus Dipersiapkan Untuk Memperbaiki Power Supply Komputer
  4. Gejala Atau Tanda-Tanda Power Supply Komputer Mengalami Kerusakan
  5. Cara Memperbaiki Power Supply Komputer

Apakah Fungsi Dari Power Supply Komputer?

Sesuai dengan namanya, power supply pada komputer memiliki fungsi untuk memasok kebutuhan daya yang diperlukan oleh seluruh komponen yang ada pada komputer. Komponen-komponen pada komputer diantaranya adalah hardisk drive, optical drive, floppy disk drive, dan motherboard.

Pada motherboard itu sendiri terpasang beberapa komponen komputer yang membutuhkan gaya tersendiri, di antaranya adalah prosesor, RAM, VGA card, LAN card, TV Tuner card, dan sejumlah komponen lain yang terpasang langsung pada motherboard.

Apabila kebutuhan daya pada semua komponen yang ada di dalam komputer tersebut dijumlahkan, maka akan didapat angka yang cukup besar. Sehingga, power supply yang baik tentu wajib untuk mampu mensuplai kebutuhan daya pada seluruh komponen di komputer. Jika tidak, maka bisa dipastikan komputer tidak akan bisa bekerja secara maksimal, bahkan pada beberapa kondisi tidak akan bisa menyala.

Penyebab Power Supply Komputer Mengalami Kerusakan

Agar kita bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada power supply komputer, maka kita bisa mempelajari berbagai macam hal yang bisa menyebabkan power supply pada komputer rusak. Berikut ini adalah sejumlah penyebab yang menjadikan power supply komputer mengalami kerusakan.

1. Tegangan Listrik Di Rumah Terlalu Rendah

Tegangan listrik di rumah yang terlalu rendah dari standar listrik PLN tentunya akan menjadikan power supply komputer cepat mengalami kerusakan. Nilai dari tegangan listrik PLN yang standar dan digunakan untuk menyalakan power supply komputer adalah 220 Volt. Namun, pada beberapa kondisi, kadangkala tegangan listrik tidak bisa sampai pada angka 220 Volt.

Biasanya, tempat-tempat yang tegangan listriknya tidak sampai pada angka 220 Volt adalah di wilayah padat penduduk di mana dalam satu gardu listrik digunakan terlalu banyak pelanggan listrik. Akibatnya tentu tegangan listrik PLN harus terbagi kepada banyak pelanggan di mana pada akhirnya akan menjadikan tegangan listrik tidak bisa mencapai angka 220 Volt.

Lantas, Apakah hubungannya antara tegangan listrik di rumah yang terlalu rendah yang bisa menyebabkan power supply komputer mengalami kerusakan? Hal tersebut bisa dianalogikan Misalkan kita hendak bekerja, namun sebelumnya hanya makan dengan porsi yang sedikit saja.

Tentunya, hal tersebut akan menjadikan tenaga kita jauh berkurang dan kita akan mengalami kelelahan dengan cukup cepat. Apabila kondisi seperti itu berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama, maka secara perlahan-lahan akan menimbulkan kerusakan pada organ tubuh kita.

Hal tersebut juga terjadi pada power supply komputer yang memperoleh input  tegangan listrik yang lebih rendah dari kebutuhan. Power supply akan bekerja secara abnormal dan terlalu berat di dalam memasok daya kepada komponen-komponen komputer, sehingga secara perlahan-lahan kondisi abnormal tersebut akan membuat komponen-komponen pada power supply mengalami kerusakan.

Baca:   Cara Memblok Web Notifications atau Notifikasi Web pada Firefox

2. Tegangan Listrik Di Rumah Terlalu Tinggi

Tegangan listrik yang terlalu tinggi memang jarang terjadi. Biasanya, lonjakan tegangan listrik di atas 220 Volt diakibatkan oleh berbagai macam kondisi khusus, contohnya adalah jaringan listrik PLN yang terkena sambaran petir. Petir yang menyambar jaringan listrik tentu akan ikut mengalir pada jaringan listrik tersebut hingga pada akhirnya bisa masuk ke dalam peralatan elektronika di dalam rumah, salah satunya adalah komputer yang sedang menyala.

Oleh sebab itulah, sebagai langkah antisipasi sebaiknya kita mematikan komputer pada saat cuaca sedang mendung atau sedang turun hujan. Terlebih apabila pada suasana mendung atau hujan tersebut terdapat petir yang cukup menggelegar sehingga ditakutkan nantinya akan ada sambaran petir yang mengenai jaringan listrik PLN hingga pada akhirnya bisa berimbas masuk kepada peralatan elektronika di rumah, komputer salah satunya .

3. Tegangan listrik di rumah tidak stabil

Pada rumah yang memasang cukup banyak peralatan dengan daya listrik cukup besar rata-rata akan menjadikan tegangan listrik di rumah mengalami kenaikan dan penurunan secara tiba-tiba. Contoh peralatan listrik yang membutuhkan daya cukup besar adalah pompa air dan mesin cuci.

Pada saat Anda menyalakan pompa air, maka akan terjadi penurunan tegangan. Begitu Anda mematikan mesin pompa air, maka tegangan listrik di rumah akan mengalami kenaikan. Apabila proses tersebut terjadi berulang kali pada berbagai macam peralatan listrik, maka secara perlahan akan menjadikan power supply komputer mengalami kerusakan.

Peralatan Yang Harus Dipersiapkan Untuk Memperbaiki Power Supply Komputer

Sejumlah peralatan yang harus dipersiapkan Ketika anda Berencana untuk memperbaiki power supply komputer adalah sebagai berikut:

  1. Obeng
  2. Tang
  3. Tinol
  4. Paper clip
  5. Multitester atau multimeter
  6. Solder

Gejala Atau Tanda-Tanda Power Supply Komputer Mengalami Kerusakan

Setelah kita memahami beberapa hal yang bisa menimbulkan kerusakan pada power supply komputer, maka mari kita lanjutkan pembahasan tentang beberapa tanda-tanda jika power supply di komputer mengalami kerusakan. Berikut adalah uraiannya.

  1. Ketika anda menekan tombol power pada komputer, semua lampu indikator pada komputer menyala, Akan tetapi, pada monitor tidak muncul reaksi apa pun. Pada beberapa monitor tetap muncul pesan “No Signal”. Termasuk pada bagian kipas atau fan yang ada di dalam casing komputer juga berputar dengan baik. Gejala ini akan terjadi ketika power supply komputer sudah drop atau output arus listrik dan tegangan sudah terlalu banyak mengalami penurunan sehingga tidak mampu mensuplai ke berbagai macam komponen komputer yang ada di dalam casing.
  2. Pada saat Anda menekan tombol power pada komputer, komputer bisa menyala dengan normal. Namun, komputer tidak bisa menyala dalam waktu yang lama. Bahkan pada beberapa kasus kadang komputer hanya bisa menyala beberapa detik saja. Setelah itu komputer akan restart atau bahkan mati sendiri. Pada kondisi ini, power supply pada komputer juga sudah mengalami penurunan supply arus dan tegangan alias drop, walaupun tidak separah Pada gejala yang pertama.
  3. Pada saat Anda menekan tombol power pada komputer, komputer tidak bereaksi sama sekali. Semua lampu indikator tidak menyala dan tidak ada reaksi apapun pada monitor komputer. Pada kondisi ini, Power supply sudah benar-benar mati dan tentunya tidak mampu lagi untuk mengalirkan arus listrik ke komponen-komponen pada komputer.

Sejumlah tanda-tanda atau gejala kerusakan power supply komputer di atas tentunya bisa anda jadikan sebagai patokan bahwa Power supply pada komputer memang sudah rusak. Namun tentunya hal tersebut harus dengan catatan bahwa pemasangan kabel power sudah benar-benar terpasang dengan kuat.

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer

Untuk memperbaiki power supply yang rusak pada beberapa kondisi, tentunya bisa dilakukan dengan beberapa perlakuan. Kondisi tersebut bisa dikategorikan ke dalam kondisi dimana power supply mengalami drop dan power supply yang benar-benar rusak. Berikut ini adalah uraiannya.

1. Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Drop

Setelah kita memahami sejumlah tanda atau gejala power supply komputer yang sudah drop, maka ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita coba, barangkali power supply tersebut masih bisa diselamatkan tanpa kita membongkarnya.

Baca:   Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Cara yang bisa kita tempuh untuk memperbaiki power supply komputer yang sudah drop adalah dengan memasang Stabilizer atau Stavolt. Dengan memasang stabilizer atau Stavolt pada komputer, maka diharapkan masukkan tegangan akan semakin stabil dan diharapkan pula akan menjadikan power supply komputer bekerja lebih maksimal.

Namun, Perlu diketahui bahwa cara sederhana ini tidak bisa menjamin 100% permasalahan power supply komputer yang drop bisa teratasi. Banyak kasus, power supply yang sudah drop sudah tidak bisa dilakukan perbaikan dengan cara yang sederhana, namun harus dilakukan pembongkaran.

Cara memperbaiki power supply komputer yang drop bisa disamakan dengan cara memperbaiki power supply komputer yang mati total apabila langkah sederhana di atas sudah tidak bisa lagi menolong. Tentunya, Anda harus melepas power supply dari casing komputer, lalu membuka casing power supply tersebut.

2. Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Yang Mati Total

Sebelum anda melakukan perbaikan secara menyeluruh pada power supply komputer yang mati total tersebut, maka anda harus memastikan sekali lagi bahwa power supply tersebut yang mengalami kerusakan. Jangan sampai Kita salah diagnosa. Kadangkala tombol power pada casing komputer yang mengalami kerusakan, sehingga pada saat ditekan komputer tidak mau menyala, namun kita mengalami kesalahan diagnosa dan mengarahkan letak kerusakan ada di power supply.

2.1. Cara Memastikan Power Supply Komputer Benar-Benar Mati Total

Lantas, bagaimanakah cara memastikan bahwa power supply pada komputer benar-benar mati total?

Berikut ini adalah langkah mudahnya:

Kabel Power On Power Supply

Silakan Anda ambil 2 cm potongan tinol Solder atau 1 buah paper clip, lalu luruskan. Selanjutnya, silahkan anda gunakan alat tersebut untuk menghubungkan kabel berwarna hijau dengan kabel berwarna hitam. Anda bisa memilih kabel berwarna hitam mana saja yang ada di power supply komputer.

Setelah anda menghubungkan 2 buah kabel pada power supply komputer tersebut menggunakan potongan tinol atau paper clip, tancapkan kabel power ke stop kontak listrik PLN. silakan Anda perhatikan fan atau kipas pada power supply. Apabila fan atau kipas pada power supply tidak berputar, maka bisa dipastikan bahwa power supply tersebut sudah rusak. Namun, Jika ternyata kipas pada power supply mau berputar, Maka anda harus melakukan pengecekan ulang pada bagian tombol power komputer. Jangan-jangan, bagian tersebut lah yang bermasalah.

2.2. Proses Perbaikan Power Supply Komputer Yang Mati Total

Namun, Jika anda sudah memastikan bahwa power supply komputer memang benar-benar mati total menggunakan teknik di atas, maka anda bisa melanjutkan ke proses perbaikannya. Beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk proses perbaikan power supply komputer yang mati total adalah sebagai berikut.

  • Bagian komponen yang perlu dilihat pertama kali adalah sekring atau Fuse. Jika komponen tersebut masih dalam kondisi baik, maka barulah anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Proses ini wajib untuk dilakukan, sebab banyak sekali kasus kerusakan power suply komputer bermuara pada sekring atau fuse.
  • Lakukan pengecekan menggunakan multimeter/power supply tester di posisi voltmeter tegangan keluaran pada beberapa kabel pada power supply. Besarnya Tegangan keluaran pada power supply komputer berbeda-beda, tergantung dari warna kabelnya.
    Power Supply Tester

– Kabel berwarna hijau digunakan sebagai saklar power supply sekaligus saklar komputer
– Kabel berwarna merah memiliki tegangan keluaran sebesar +5 volt
– Kabel berwarna putih memiliki tegangan keluaran sebesar -5 volt
– Kabel berwarna hitam adalah grounding
– Kabel berwarna kuning memiliki tegangan keluaran sebesar +12 volt
– Kabel berwarna biru memiliki tegangan keluaran sebesar -12 volt
– Kabel berwarna ungu memiliki tegangan keluaran sebesar +5 volt yang selalu dalam kondisi stand by
– Kabel berwarna orange memiliki tegangan keluaran sebesar +3 volt

  • Setelah anda melakukan pengecekan keluaran tegangan beberapa kabel berdasarkan warnanya dan didapat besarnya tegangan keluaran tidak sesuai, maka anda bisa melanjutkan untuk membuka casing pada power supply.
  • Lepaskan Semua baut pengunci pada casing bagian atas, kemudian silakan buka penutup casing power supply.
  • Silakan Anda Perhatikan dengan sebaik-baiknya, terutama untuk Komponen kapasitor, transistor, resistor dan IC. Kerusakan yang seringkali terjadi pada power supply komputer terjadi pada kapasitor yang menggelembung. Apabila anda bisa melihat komponen kapasitor yang menggelembung, maka silakan langsung ganti saja kapasitor tersebut dengan kapasitor baru yang memiliki nilai sama.
    Kapasitor power supply menggelembung
  • Lanjutkan proses pemeriksaan pada komponen yang lainnya. Komponen yang tidak bisa tahan pada suhu yang terlalu tinggi adalah resistor, transistor dan IC. Jika anda mendapati komponen-komponen tersebut ada yang berubah warna menjadi sedikit kecoklatan atau bahkan bisa terlihat jelas menghitam dan gosong, maka anda bisa segera menggantinya.
  • Lalu, Bagaimanakah jika anda tidak bisa menemukan komponen-komponen pada power supply komputer yang mengalami perubahan warna atau bentuk? Tentu, Anda harus melakukan pengecekan satu persatu komponen pada power supply yang dianggap rentan mengalami kerusakan. Prosesnya adalah dimulai dari pengecekan komponen kapasitor, dilanjutkan komponen resistor dan komponen transistor.
  • Gunakan ohmmeter untuk melakukan pengecekan pada komponen. Pada pengecekan kapasitor, komponen tersebut dianggap baik jika jarum pada ohmmeter bergerak menyimpang ke arah kanan, lalu kembali lagi. Jika jarum pada ohmmeter bergerak menyimpang ke kanan dan tidak kembali lagi, maka kapasitor tersebut sudah mengalami short. Selanjutnya, jika jarum pada avometer tidak bergerak sama sekali, maka kapasitor tersebut sudah putus.
  • Pada pengecekan resistor, komponen tersebut dianggap baik apabila jarum pada ohmmeter menunjukkan pada angka tertentu, sesuai dengan nilai dari hambatan resistor tersebut. Jika jarum ohmmeter tidak bergerak sama sekali, maka resistor tersebut sudah rusak.
  • Pada pengecekan komponen dioda, jarum ohmmeter harus bergerak pada angka tertentu. Jika tidak maka dioda tersebut sudah mati. Kasus dioda mati pada Power supply komputer cukuplah banyak, sebab komponen tersebut memiliki peranan yang sangat vital, yakni untuk menyearahkan atau menjadikan Arus listrik AC menjadi DC yang siap didistribusikan ke berbagai macam komponen pada komputer.
  • Jika semua komponen sudah dilakukan pengecekan dan tidak ditemukan kerusakan, maka potensi paling besar komponen yang rusak adalah pada IC. Komponen ini Tentunya sulit dilakukan pengukuran secara pasti sehingga kita harus berspekulasi untuk menggantinya dengan komponen yang baru. Namun, spekulasi tersebut merupakan spekulasi yang sudah didasari pada proses pengecekan di komponen-komponen yang lainnya yang mana sudah dipastikan komponen yang sudah dicek dalam kondisi baik.
Baca:   Inilah Langkah Mengatasi Kadaluarsa Pada Whatsapp

Apabila seluruh tahapan proses perbaikan power supply komputer di atas telah dilakukan Dan telah dilakukan beberapa penggantian pada komponen elektronika, maka silakan Anda lakukan uji coba untuk menghidupkan power supply tersebut. Caranya adalah dengan menghubungkan kabel warna hijau dengan kabel warna hitam pada power supply.

Berikan beberapa beban pada Power supply tersebut, misalnya hard disk drive atau CD atau DVD ROM drive. Lalu sambungkan power supply tersebut ke sumber listrik AC Pada stop kontak di rumah. Perhatikanlah kipas yang ada pada power supply tersebut, apakah berputar atau tidak. Apabila berhasil berputar, lanjutkan pemeriksaan pada hard disk drive atau CD atau DVD ROM drive.

Silakan Anda coba keluarkan dan masukkan tray pada CD atau DVD ROM drive. Apabila peripheral tersebut merespon dengan cukup baik, maka anda bisa mencoba memasang power supply komputer tersebut pada komputer dan dicoba untuk dihubungkan kepada semua bagian pada komputer.

Cara memperbaiki power supply komputer yang telah dibahas Pada kesempatan kali ini merupakan pengalaman yang pernah penulis dapatkan ketika menjadi seorang teknisi di sebuah toko komputer sekaligus pengalaman bekerja sebagai teknisi komputer di rumah. Dengan mengandalkan teknik tersebut, maka sejumlah komputer yang mengalami permasalahan pada power supply bisa ditangani dengan baik. Namun, pada beberapa kasus kerusakan yang sudah terlalu parah, power supply tidak bisa diperbaiki sehingga mau tidak mau kita harus menggantinya dengan yang baru. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Kamera Smartphone Anda Error? Ikuti Cara Memperbaiki Kamera Android Yang Error Tidak Dapat Dibuka

Seluruh smartphone Android di zaman sekarang ini pasti memiliki kamera. Bisa dikatakan, kamera pada smartphone …

6 comments

  1. Gan, harga PSU paling murah sekarang kisaran berapa? Pingin ganti tapi lagi minim dana nih…

  2. Gan, biaya service power suplai berapa duit ya??

  3. Gan psu saya kalo pakai mode jumper(kabel ijo+hitam) itu fannya nyala bentar, habis itu mati. Dan fannya nyala kalo di cabut colok cabut colok gitu. Masalahnya dimana ya.. apakah psu saya sudah drop.

    kalo sya lihat komponennya masih bagus semua.

    • Iya gan, PUS nya dah drop, jika secara fisik bentuk komponennya tidak ada yg mencurigakan, harus dicek satu2 pake multitestes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *