Home / Tips dan Trik / Cara Membuat Google Form Untuk Berbagai Keperluan
Cara Membuat Google Form

Cara Membuat Google Form Untuk Berbagai Keperluan

Barangkali, diantara anda sudah cukup familiar dengan fitur dari Google yang namanya Google form. Sebagai pengantar bahwa Google form yakni suatu inovasi yang berasal dari Google Docs yang dapat digunakan untuk menyusun suatu template kuisioner maupun formulir pendaftaran yang nantinya bisa diisi secara online lewat Google. Lantas, Bagaimanakah cara membuat Google form untuk berbagai macam keperluan?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana cara membuat Google form untuk berbagai macam keperluan, penulis akan sedikit membahas tentang Google form. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Sanya Google form bisa memudahkan pihak manapun untuk membuat formulir maupun kuesioner pendaftaran yang bisa diisi secara online.

Akan tetapi, sebelum Anda mulai membuat Google form, Anda harus mempunyai akun Google. Anda tentunya dapat membuat email di gmail.com. Pada saat anda telah mempunyai akun Google, maka dengan otomatis anda langsung terkoneksi dengan fitur Google Drive. Google Drive itulah yang digunakan sebagai tempat di dalam membuat Google form.

Fungsi Google Form

Lantas, Apakah manfaat serta fungsi dari adanya Google form? Apabila anda memiliki pertanyaan tentang manfaat dan fungsi dari Google form, maka jawabannya adalah untuk membuat anda lebih mudah di dalam mengumpulkan serta membuat data-data yang diperlukan. Kenapa? Karena Google form benar-benar mampu untuk mengumpulkan data yang anda perlukan secara langsung atau Real Time.

Dari fitur ini, tentunya anda tidak perlu repot guna menanyakan satu demi satu atau mungkin saja mencetak dokumen di dalam membuat kuisioner. Pada bagian ini, anda cukup membuat Google form, lalu membagikan link dari Google form yang sudah dibuat guna diisi oleh pihak lain yang berperan sebagai pengisi data kuisioner.

Tentunya, kondisi tersebut sangat bermanfaat serta tidak akan membuang tenaga, kertas dan juga waktu anda. Disamping itu, anda tentu bisa memberikan jaminan terhadap keamanan data kuisioner maupun formulir yang anda miliki. Sebab, seluruh data yang sudah anda buat pada Google form akan tersimpan pada Google Drive milik anda. Oleh karena itu, anda tidak usah khawatir terhadap kerusakan atau kehilangan data. Pihak Google akan siap untuk menyimpan data-data Anda secara aman.

Cara Membuat Kuesioner

Setelah anda cukup memahami tentang Google form serta beberapa fungsinya, sekarang Mari kita lanjutkan pada bagian pembuatan Google form yang berbentuk kuesioner. Seperti yang sudah dibahas di bagian awal, pastikan anda sudah memiliki akun Google.

Jika anda sudah cukup yakin telah mempunyai akun Google, misalnya Gmail, silakan Anda buka software web browser, bisa Google Chrome atau Mozilla Firefox. Langkah berikutnya, anda dapat langsung masuk ke Gmail, lalu memastikan bahwa anda telah membuka halaman Google Docs, kemudian pilih menu form. ( klik pada Link https://docs.google.com/forms/u/0/). Apabila anda sudah berhasil masuk, Silakan Anda ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat Google form yang berfungsi sebagai template kuisioner.

1. Memilih Template

Memilih templete membuat kuisioner

Jika anda sudah masuk ke bagian Google Docs, maka anda akan dihadapkan pada sejumlah pilihan template. Apabila tidak terdapat template yang pas dengan anda, silakan Anda memilih “Blank” dengan gambar “+” warna latar belakang putih. Silakan Anda langsung klik bagian ” + ” tersebut.

Baca:   Kumpulan Tips Dan Trik Microsoft Word 2016 Yang Belum Banyak Diketahui

2. Mengisi Titel Serta Form Description

menisi title dan form description pada pembuatan kuisioner

Setelah anda berhasil masuk ke Google Docs serta sudah memilih Blank template, sekarang anda sudah bisa melakukan pengisian keperluan kuesioner sesuai dengan yang diperlukan. Pada bagian tersebut, anda akan menemukan kolom “Untitled Form” yang memiliki huruf berukuran cukup besar. Anda dapat melanjutkan dengan mengklik serta mengetikan judul dari kuesioner yang hendak dibuat.

Jika anda sudah mengisi isian judul, Silakan anda perhatikan di bagian bawah judul yang terdapat bagian “Form Description“. Pada bagian tersebut, Anda dapat memberikan paparan secara singkat dan deskriptif tentang kuisioner yang sedang anda buat tersebut. Silahkan anda buat deskripsi yang sejelas-jelasnya sehingga menjadikan orang lain lebih mudah untuk memahami tujuan pembuatan kuesioner dari anda.

3. Membuat Sejumlah Pertanyaan

membuat pertanyaan pada quesioner google from

Apabila anda telah menyelesaikan di dalam menentukan judul serta deskripsi dari kuisioner yang akan dibuat, maka Sekarang saatnya anda sudah dapat masuk ke dalam tahap pengajuan Pertanyaan pada kuesioner anda. Di bagian bawah “Form Description” terdapat bagian yang memiliki nama “Question“. Anda tentunya dapat mengetikkan pertanyaan yang diinginkan.

Jenis pertanyaan pada google form quisioner

Disamping itu, Anda juga dapat memilih berbagai macam jenis pertanyaan yang akan anda buat nantinya. Pada tahap ini, anda memerlukan pertanyaan yang memiliki jawaban “Mungkin”, “Tidak” dan “Iya”. Pada tahap ini, Anda harus dapat membuat pilihan mengenai jenis pertanyaan multiple choice.

Akan tetapi, Apabila Anda ingin pertanyaan yang mengharuskan jawaban ditulis oleh peserta berupa deskripsi,Anda dapat memilih jenis pertanyaan pilihan ganda atau “multiple choice”. Akan tetapi, apabila anda mengharapkan pertanyaan yang jawabannya harus ditulis dalam bentuk deskripsi, maka anda dapat memilih paragraf atau short answer.

4. Menyusun Pertanyaan Yang Jawabannya Multiple Choice

Pertanyaan multiple chooise google form

Bagi anda yang akan membuat pertanyaan dengan model multiple choice, maka anda harus membuat jawabannya. Contohnya, jika anda hanya memerlukan jawaban Mungkin, tidak dan ya, silakan Anda tulis pada kolom “Add Option” untuk menulis jawaban “Ya”

Apabila anda hendak membuat jawaban yang berbeda, maka anda hanyalah perlu klik menu “Add Another” di bagian samping menu “add option”. Anda dapat mengikuti langkah demi langkah tersebut guna latihan membuat ragam pertanyaan dropdown maupun checkbox.

5. Menyusun Pertanyaan Yang Memiliki Jawaban Paragraf Atau Short Answer.

Jawaban short answer atau paragraf google form

Apabila sebelumnya Anda telah membuat pertanyaan yang jawabannya telah ada, maka ada pula pihak pengisi kuisioner yang wajib untuk menuliskan jawaban miliknya sendiri. Pada bagian ini, anda dapat membuat sejumlah pertanyaan yang memiliki jawaban berupa “paragraf” atau “short answer“.

Lantas, di mana letak perbedaannya? Pada “short answer” hanya dapat memasukkan jawaban dengan jumlah kata terbatas. Akan tetapi, pada jenis “paragraf” di kuesioner dapat memasukkan jawaban dengan kata yang cukup banyak dan tentunya panjang. Langkah dalam membuat Google form pada kuesioner berupa paragraf maupun short answer sangatlah mudah. Anda cukup memasukkan pertanyaan, lalu memilih jenis “paragraf” atau “short answer.”

Baca:   Inilah Langkah Mengatasi Kadaluarsa Pada Whatsapp

6. Mengirim Kuesioner

kirim kuisoner google from

Jika anda sudah selesai dan telah menyusun seluruh pertanyaannya dengan lengkap, tahap paling akhir yaitu mengirimkan kuisioner tersebut pada orang yang anda jadikan sebagai target. Anda dapat mengirim melalui email secara langsung maupun dengan cara mengcopy link pada Google form yang sebelumnya telah anda buat.

Tahap pertama, silakan Anda Klik tombol “Send” yang berada di bagian sebelah kanan bagian atas.

send form google form

Langkah selanjutnya, Akan terdapat beberapa pilihan pada proses pengiriman form yang memakai email. Anda dapat menulis alamat email yang dituju dengan cara klik menu “Include Form In Email“. Kemudian, anda dapat Klik tombol “Send” yang posisinya ada di sebelah kanan bawah.

link send form pada google form

Disamping itu, Anda juga dapat mengcopy paste guna mengirim link kuesioner yang sudah Anda susun. Anda cukup mengklik simbol yang berbentuk seperti “peniti“, lalu akan ditampilkan Link yang dapat anda copy paste. Apabila Link yang disediakan terlalu panjang, anda bisa memendekkan link tersebut dengan cara klik menu “Shorten URL“. Selanjutnya, silakan Anda copy Link yang telah tersedia. Jika disimpulkan, cara membuat Google form untuk keperluan kuisioner sangatlah mudah. Mari kita lanjutkan untuk membuat Google form yang digunakan sebagai formulir pendaftaran.

Cara Untuk Membuat Form Pendaftaran

Setelah anda memahami langkah demi langkah membuat form kuesioner menggunakan Google form, tutorial selanjutnya adalah cara membuat formulir pendaftaran menggunakan Google form. Metode yang ditempuh Tidaklah terlalu berbeda dengan cara membuat kuisioner. Bagian awal yang wajib Anda penuhi yakni mempunyai akun Gmail serta bisa login ke Google Docs. Selanjutnya, silahkan klik Link https://docs.google.com/forms/u/0/.tahap berikutnya, silakan Anda ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Pemilihan Template

pilih templete form pendaftaran google form

Sama halnya dengan membuat kuisioner, pada bagian ini anda dapat secara langsung memilih option Blank template untuk memulai membuat form pendaftaran. Kenapa memilih Blank template? Sebab, blank template memiliki keleluasaan yang lebih baik di dalam membuat Google form berdasarkan keinginan dari masing-masing pengguna. Akan tetapi, anda tentunya dapat menentukan template yang telah disediakan pada Google form.

2. Mengisi Title Atau Judul Dan Form Description

isi tile dan form description form pendaftaran google form

Langkah berikutnya juga ternyata sama dengan Ketika anda membuat kuisioner. Pada bagian ini, Anda harus mengisi judul dari formulir pendaftaran serta berikan deskripsi dari formulir pendaftaran yang akan anda buat tersebut. Silahkan Anda tulis dengan singkat, pada, akan tetapi jelas serta cukup mudah dipahami.

3. Membuat Pertanyaan Yang Diperlukan

pertanyaan yang dibutuhkan pada form pendaftaran google form

Sedikit berbeda dengan kuisioner, formulir pendaftaran rata-rata tidaklah membutuhkan pertanyaan yang jawabannya berupa multiple choice. Pada bagian ini, anda dapat memilih jenis jawaban “paragraf” maupun “short answer“. Anda tentunya dapat menuliskan mulai dari nama, tempat lahir, tanggal lahir, umur, dan lain sebagainya pada anti the question.

4. Mengirim Serta Membagikan Formulir Pendaftaran

kirim dan bagikan form pendaftaran pada google form

Begitu Anda menyelesaikan pembuatan formulir pendaftaran lengkap dengan pertanyaan yang diperlukan, lanjutkan dengan membagikan atau menyebarkan formulir pendaftaran yang telah anda buat tersebut. Proses ini adalah sama dengan pembuatan kuesioner. Cukup dengan Klik tombol “send“, yang ada di bagian sebelah kanan atas, formulir pendaftaran akan segera dikirim.

Baca:   Cara Mengetahui Product Key Windows 10 Yang Sudah Terinstall Di PC

send form via email form pendaftaran

Disamping itu, Anda juga dapat secara langsung membagi formulir pendaftaran via email dengan tahapan yang sama persis dengan pembuatan kuesioner di bagian atas. Anda dapat secara langsung memasukkan alamat lengkap email yang dituju, dan lanjutkan dengan klik menu “include form in email”. Akhiri dengan Klik tombol “Send“.

link send form pendaftaran pada google form

Apabila anda memerlukan Link yang digunakan untuk berbagi formulir pendaftaran milik anda, anda dapat klik simbol yang berbentuk seperti gambar “peniti“. Selanjutnya, Link yang mengarah ke formulir pendaftaran yang telah anda buat akan ditampilkan. Supaya Link formulir pendaftaran lebih pendek, anda bisa klik menu “Shorten URL“. Akhiri dengan klik menu “Copy“. Sangat mudah bukan membuat formulir pendaftaran menggunakan Google form?

Cara Melihat Hasil Survey

Setelah anda bisa membuat formulir pendaftaran dan kuisioner, pada bagian selanjutnya Anda dapat melihat hasil survei dari form yang sebelumnya sudah dibuat. Langkah-langkah yang perlu dilakukan juga sangat mudah dan tidak ribet. Silakan ikuti beberapa tahapan di bawah ini.

1. Langkah Pertama, Silakan Anda Masuk Ke Form Yang Sebelumnya Telah Anda Buat.

masuk form pada google form

Pada bagian ini, anda dapat login ke form yang sudah dibuat. Silakan Anda masuk dengan langkah yang sama ketika pertama kali anda hendak membuat Google form. Silakan Anda klik https://docs.google.com/forms/u/0/ guna bisa mengakses Google form. Pada bagian bawah, terdapat Google form yang sebelumnya telah anda buat. Silakan Anda klik salah satu Google form yang ada di situ yang hendak Anda lihat hasil survei nya.

2. Melihat Hasil Survei

lihat hasil survey google form

Selanjutnya, anda akan bisa memperoleh data dari Form yang telah dibuat. Pada bagian samping menu “Question“, terdapat nama “Responses“. Silakan Anda klik menu “Responses” guna bisa melihat Siapa saja yang telah mengisi kuesioner yang anda buat.

melihat jumlah responden pada google form

Berikutnya, anda juga akan mendapatkan data mengenai banyaknya pengguna yang sudah merespon kuisioner anda. Tidak terbatas hanya dari pengguna yang memberikan respon, akan tetapi dilengkapi dengan jawaban yang sudah dimasukkan oleh pihak perespon kuesioner.

Terdapat dua jenis metode ketika melihat hasil survei, yaitu “individual” dan “summary“. Guna melihat data hasil respon summary, anda nantinya Akan memperoleh rangkuman dari seluruh jawaban yang diberikan pihak mengisi kuisioner. Sementara itu, pada hasil survei individual, anda akan memperoleh jawaban yang cukup tebal yang berasal dari para pengguna Google form milik anda.

Demikianlah tutorial singkat tentang cara membuat Google form untuk berbagai keperluan, baik itu untuk formulir pendaftaran maupun untuk kuisioner. Cukup dengan bermodalkan koneksi internet serta laptop dan komputer, Anda bisa mendapatkan beragam jenis data dan informasi dengan cukup mudah dan cepat tanpa harus mencetak di kertas yang tentu akan menghabiskan dana cukup besar. Prosesnya juga amat muda serta sederhana. Selamat mencoba.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone baru

Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

Bisa dipastikan di setiap bulannya selalu muncul generasi smartphone terbaru di pasaran. Dan tentunya bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *