Home / Tips dan Trik / Cara Memberi Password Pada Folder Tanpa Software Dan Dengan Software
Cara Memberi Password Pada Folder

Cara Memberi Password Pada Folder Tanpa Software Dan Dengan Software

File di dalam folder yang bersifat pribadi tentu sangat penting untuk dilindungi. Oleh sebab itu, anda perlu paham cara di dalam memberi password pada folder sehingga file-file yang ada di dalamnya tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Dengan memproteksi file file penting di dalam satu folder, maka privasi anda akan lebih terjamin.

Memberi password pada folder bukan Artinya kita pelit untuk berbagi dokumen. Sebab, ada jenis dokumen yang memang boleh dibagi-bagikan, namun ada pula jenis dokumen atau file yang hanya kita saja yang boleh tahu. Misalnya adalah file yang berisi rekapan password akun, file yang berisi data rekening bank serta file penting yang lainnya.

Sekarang, yang mungkin ada di benak Anda adalah bagaimana langkah-langkah memproteksi file didalam folder dengan password? Apakah bisa dilakukan secara mudah atau Bahkan sebaliknya? Ternyata, cara memberi password pada folder bisa dilakukan dengan mudah, baik dengan bantuan software maupun tanpa bantuan software.

Cara Memberi Password Pada Folder

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjabarkan dua teknik sekaligus di dalam memberi password pada folder, Yakni dengan menggunakan software dan tanpa menggunakan software. Asalkan komputer atau laptop Anda menggunakan sistem operasi Windows, maka anda bisa mempraktekkan tutorial ini.

1. Cara Memberi Password Pada Folder Menggunakan Software

Cara yang akan dibahas pertama adalah memproteksi folder dengan menggunakan software. Software yang berfungsi untuk memberi password pada folder Sebenarnya cukup banyak, namun pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba tutorial menggunakan software folder Guard. Software folder Guard merupakan software yang cukup populer sebab memiliki kemampuan proteksi folder yang cukup baik.

Langkah yang pertama, silakan Anda download software folder Guard pada alamat http://www.winability.com/download/folderguard.exe

Langkah berikutnya, lakukan instalasi software folder Guard pada laptop atau komputer anda seperti biasa.Setelah anda menyelesaikan proses instalasi, maka software folder Guard akan meminta anda untuk membuat password. Silakan Anda buat password baru untuk mengunci software folder guard tersebut. Gunakan password yang unik, panjang dan susah ditebak orang, namun mudah anda hafal kan.

Master Password folder guard

Tahap berikutnya, software folder Guard akan terbuka. Untuk pertama kalinya, anda bisa menambahkan folder yang akan diberi password. Caranya adalah dengan klik menu “lock a folder with a password“. Perhatikanlah gambar di bawah ini.

Baca:   Cara Menggunakan Whatsapp Di PC Atau Laptop

password baru untuk folder pada folder guard

Tahapan selanjutnya, silakan Anda pilih folder yang akan diberi password dengan cara Klik tombol “browse for folder“. Perhatikan gambar di bawah ini.

pemilihan folder yang akan password pada folder guard

Pada langkah berikutnya, silakan Anda masukkan password yang digunakan untuk mengunci folder yang Anda pilih. Anda bisa membuat password baru pada langkah ini, atau Anda juga bisa menggunakan password yang sama dengan password yang tadi sudah Anda masukkan. Jika anda takut lupa dengan password yang berbeda, maka disarankan untuk memakai password yang sama dengan password sebelumnya.

Pada tahapan selanjutnya, silakan Anda klik tombol Next

password baru untuk folder

Apabila anda sudah memasukkan password baru, meskipun sama dengan password yang sebelumnya, silakan Anda Klik tombol Finish.

password baru untuk folder selesai dibuat

Supaya settingan yang Anda berikan pada folder yang dimaksud bisa segera diterapkan, silakan Anda Klik tombol “Protect“. Lebih jelasnya, silakan Anda Perhatikan gambar berikut ini.

mengaktifkan password folder pada folder guard

Tahap selanjutnya adalah memastikan Apakah Password yang Anda berikan pada folder sudah bekerja atau belum. Caranya adalah dengan mengklik atau masuk pada folder yang Anda beri password. Jika anda klik folder yang diberi password ternyata semua file yang ada di dalamnya tidak terlihat, maka anda sudah berhasil. Selanjutnya, anda bisa masuk atau membuka folder yang telah diberi password dengan cara mengklik tombol “unlock” seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

membuka password pada folder

Silakan Anda masukkan password proteksi folder yang sudah anda buat sebelumnya. Setelah itu, Klik tombol OK untuk masuk ke dalam folder yang diberi password tersebut.

masukan password untuk unlock password folder guard

Apabila password yang anda ketik pada dialog box folder Guard benar, maka secara otomatis seluruh file yang ada di dalam folder tersebut akan ditampilkan. Setelah anda selesai bekerja pada file tersebut, silakan Anda kunci kembali folder yang berisi file yang anda proteksi dengan Klik tombol “lock” yang posisinya ada di bagian title bar bagian kanan. Perhatikan gambar dibawah ini.

mengunci kembali folder dengan password

Lalu, selain software folder guard Apakah ada software yang lainnya yang berfungsi untuk memberi password pada folder? Tentunya ada. Selain folder guard, anda juga bisa menggunakan software yang bernama Folder Lock. Folder Lock merupakan software yang dibuat oleh newsoftwares.net. Cek di, Apabila Anda ingin mencoba software Folder Lock untuk memberi password pada folder, silakan Anda kunjungi URL http://www.newsoftwares.net/folderlock

Baca:   Cara Mengetahui Pengguna Wifi Melalui CMD

Setelah anda memahami Bagaimana cara memberi password pada folder dengan bantuan software aplikasi, mari kita lanjutkan pembahasan mengenai cara memberikan password pada folder tanpa bantuan software aplikasi. Jadi, anda hanya membutuhkan sistem operasi Windows, anda sudah bisa memproteksi file file penting anda yang berada di dalam folder.

2. Cara Memberi Password Pada Folder Tanpa Software.

Langkah pertama, Buatlah folder yang nantinya akan diisi file-file yang akan diamankan. Folder tersebut nantinya akan diberi password, sehingga untuk bisa mengakses file-file yang ada di dalam folder tersebut, anda membutuhkan password. Pada contoh kali ini, penulis membuat folder yang namanya rerakit.

folder baru untuk di password

Tahap berikutnya, silakan Anda masuk ke dalam folder yang sudah anda buat tadi, lalu silakan Anda create satu file teks. Caranya adalah dengan Klik Kanan pada area yang kosong, lalu pilih new, kemudian pilih teks dokumen.

new documnet pada password folder

Langkah berikutnya, silakan Anda salin kode dibawah ini pada dokumen kosong yang sudah anda buat tadi.

cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST “HTG Locker” goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private “HTG Locker”
attrib +h +s “HTG Locker”
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p “pass=>”
if NOT %pass%== PASSWORD_DISINI goto FAIL
attrib -h -s “HTG Locker”
ren “HTG Locker” Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End

Untuk mengeset password yang Anda gunakan, silakan ganti kode yang bertuliskan PASSWORD_DISINI dengan password yang ingin anda gunakan. Contohnya, pada tutorial ini penulis akan memakai password “rerakit123456” untuk mengunci folder rerakit.

Tahap berikutnya adalah tahap penyimpanan dokumen. Silahkan anda simpan dokumen tersebut dengan nama “locker.bat“. Gantilah bagian save as type nya menjadi “All files“. Untuk lebih jelasnya, Perhatikan gambar di bawah ini.

simpan file password folder

Langkah berikutnya, hapuslah file yang bernama new text document. Langkah ini anda kerjakan setelah anda berhasil membuat file bernama locker.bat.

Baca:   Puluhan Tips Dan Trik Microsoft Excel 2016 Membuat Anda Lebih Jago

delete file new document

Langkah selanjutnya, silakan Anda klik double atau klik dua kali pada file Locker yang sudah anda buat tadi. Setelah anda mengikuti tahapan ini, maka folder yang bernama “private” akan secara otomatis dibuat. Untuk mengamankan file file pribadi dan penting milik anda, silakan masukkan ke dalam folder yang namanya “private” tersebut.

folder private

Setelah anda berhasil memasukkan semua file penting anda pada folder private, silakan Anda jalankan file yang bernama loker. Pada tahapan ini, akan dimunculkan jendela command prompt yang memiliki nama folder private. Pada jendela tersebut akan muncul sebuah pesan “Are you sure you want to lock the folder <y/n> ? Silahkan anda ketik huruf Y pada keyboard, lalu tekan tombol Enter pada keyboard.

konfirmasi pemberian password pada folder private

Setelah anda mengerjakan langkah di atas, maka folder private akan secara otomatis menghilang. Folder private ini yang berisi file-file penting milik anda. Untuk menampilkan kembali folder private tadi, silakan Anda klik double file Locker. Sebuah jendela command prompt yang meminta password akan dimunculkan. Silakan Anda masukkan password folder yang sudah anda buat sebelumnya. Jika sudah diketik pada jendela tersebut, tekan tombol Enter untuk melanjutkan. Jika password yang Anda masukkan benar, maka secara otomatis folder yang tadinya hilang akan dimunculkan kembali. Jika anda ingin menguncinya kembali, anda cukup klik dua kali file yang bernama loker tersebut.

folder private hilang pada saat di password

memasukan kembali password untuk membuka folder

Bagaimana jika anda lupa password? Untuk mengatasi permasalahan lupa password pada metode ini terdapat solusi yang cukup mudah. Caranya adalah dengan Klik Kanan file yang bernama locker, lalu pilih menu Edit. Silakan Anda ganti password yang ada di dalam file tersebut.? Di mana lokasinya? Silakan anda baca kembali bagian atas artikel ini untuk mengetahui lokasi dari password pada file locker.

edit password folder

Penerapan metode atau cara memberikan password pada folder baik yang menggunakan software maupun tanpa menggunakan software sangatlah penting untuk dilakukan supaya file-file yang bersifat pribadi dan penting pada laptop maupun komputer bisa terjaga dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai file penting milik anda dibaca oleh orang lain, atau bahkan dicuri. Tentunya, file penting milik anda yang jatuh ke tangan orang lain akan menjadikan anda kehilangan privasi.Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Tutorial Mengaktifkan Mode Picture-in-Picture pada Google Chrome

Software browser Google Chrome mempunyai picture in picture mode yang berfungsi bagi anda untuk menjadikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *