Home / Software / Cara Membagi Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Install Ulang
Cara Membagi Partisi Hardisk Windows 10

Cara Membagi Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Install Ulang

Cara membagi partisi hardisk pada Windows 10 tanpa install ulang merupakan suatu pengetahuan yang wajib dipahami oleh setiap pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Hal tersebut tidak bisa terlepas dari kebutuhan membagi partisi hardisk baik di laptop atau pc yang menggunakan OS Windows 10 tanpa harus instal ulang.

Terkadang, meskipun hardisk sudah di partisi menjadi beberapa bagian dan sudah diinstal sistem operasi Windows 10, suatu saat ingin diubah ukurannya. Misalnya, sebuah partisi ingin diperkecil ukurannya agar proses maintenance dapat berjalan lebih cepat. Mungkin pula sebaliknya, sebuah partisi pada hardisk ingin diperluas spacenya agar dapat dipakai untuk menyimpan dokumen dalam ukuran yang besar.

Kondisi tersebut tentu sangat lumrah terjadi, sebab ukuran dari file semakin kesini semakin bervariasi, sehingga Sebagai pengguna tentu tidak mungkin untuk selalu memahami berbagai macam ukuran file yang dimilikinya baik pada laptop maupun PC. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah mengubah ukuran partisi pada hardisk.

Dari banyaknya pengguna komputer yang menggunakan OS Windows 10 belum semuanya memahami Bagaimana cara Membagi partisi hardisk. Dari latar belakang itulah, pada kesempatan yang baik ini penulis akan mencoba untuk berbagi tutorial Bagaimana cara mudah di dalam membagi partisi hardisk pada laptop atau pc yang menggunakan sistem operasi Windows 10 tanpa harus instal ulang Windows tersebut.

Cara Membagi Partisi Hardisk Pada Windows 10

Sebelum kita mulai membahas langkah demi langkah di dalam membagi partisi hardisk di Windows 10, Anda sangat direkomendasikan untuk membuat backup data hardisk di laptop Anda secara keseluruhan. Meskipun, ketika proses pembagian partisi hardisk di Windows 10 berjalan dengan normal dan lancar, tidak akan ada data yang hilang.

Baca:   Kumpulan Fitur, Trik, dan Tips Yang Tersembunyi Pada Windows 10

Backup data pada hardisk bertujuan sebagai cadangan karena kita tidak tahu resiko apa yang akan terjadi pada saat kita membuat partisi hardisk di Windows 10. Nantinya, jika terjadi kesalahan proses partisi hardisk di Windows 10 yang menyebabkan data data pada hardisk hilang, maka anda masih memiliki back up atau cadangannya.

Setelah anda membuat backup seluruh data yang ada di hardisk laptop atau pc anda, mari kita mulai Langkah Demi Langkah membagi partisi hardisk pada Windows 10. Silakan disimak.

Tahap pertama, silakan Anda klik menu Start, lalu silahkan anda ketik perintah “Create and format harddisk partitions“, lalu tekan tombol Enter

akses menu Create and format hardi disk partitions

Setelah jendela disk management terbuka, maka akan ditampilkan semua drive yang terpasang pada laptop atau komputer anda. Drive-Drive yang tertera pada jendela disk management adalah partisi hardisk yang sudah terbentuk. Pada bagian inilah nantinya kita memanipulasi ukuran dari salah satu Drive.

Langkah berikutnya, silakan Anda Klik Kanan pada salah satu drive yang akan diubah ukurannya, Kemudian pilih menu Shrink Partition.

memilih menu Shrink Partition

Pada jendela selanjutnya, akan ditampilkan beberapa informasi dari shrink Partition yang dimaksud, mulai dari ukuran total dari partisi tersebut, ukuran yang tersedia untuk membuat shrink Partition,

Untuk proses membagi partisi pada hardisk di Windows 10 pada tutorial ini bisa anda mulai dengan mengisi bagian “Enter The Amount Of Space To Shrink In MB“. Tentunya, memasukkan angka pada kolom Enter The Amount Of Space To Shrink In MB tidak boleh melebihi angka yang ditampilkan pada bagian “Size Of Available Shrink Space In MB” Lanjutkan dengan klik tombol Shrink jika Anda yakin data yang sudah dimasukkan telah valid.

Baca:   3 Cara Mudah Repair Windows 10 Dengan Cepat

memasukan besar kapasitas partisi baru pada Windows 10

Jika langkah diatas sudah selesai anda selesaikan, maka anda akan dibawa kembali ke halaman utama dari Disk Manajemen. Namun, tentunya pada jendela tersebut terdapat perbedaan, di mana terdapat drive baru hasil dari pembagian partisi didepan. Biasanya, drive baru akan memiliki nama label Unlocated Space.

Tahap berikutnya, silakan Anda Klik Kanan Partisi yang memiliki nama Unlocated Space tersebut, lalu pilih menu New Simple Volume.

unlocated space terbentuk pada disk management Windows 10

Jendela yang bernama New Simple Volume Wizard akan ditampilkan. Silakan Anda coba ikuti dengan cara menekan tombol Next untuk melanjutkan proses Membagi partisi hardisk pada Windows 10.

Wizard new simple volume Wizard akan ditampilkan

Pada tampilan berikutnya, anda akan diminta untuk memasukkan Ukuran partisi hardisk baru pada simple volume size in MB. Ingat, angka yang anda masukan tidak boleh melebihi angka yang tertera pada bagian maksimum di space in MB. Apabila pada tahap ini anda tidak ingin membagi lagi Unlocated Space tersebut menjadi beberapa bagian, klik saja tombol Next untuk melanjutkan.

masukan jumlah kapasitas partisi baru yang akan dibuat

Pada tahap berikutnya, anda akan diminta untuk memilih Drive Letter atau huruf partisi yang akan digunakan. Tentunya, huruf partisi yang bisa anda gunakan adalah huruf partisi yang belum dipakai. Silakan Anda pilih, lalu Klik tombol Next untuk melanjutkan.

setting drive letter pada pembuatan partisi Windows 10

Di bagian berikutnya, anda diminta untuk menentukan jenis format file system yang ingin digunakan pada partisi yang anda buat. Pastikan anda memilih file system NTFS dimana file system tersebut adalah file sistem rekomendasi untuk Windows 10 dan Windows yang berbasis new teknologi. Sementara itu, untuk Allocation Unit Size biarkan default saja. Untuk bagian Volume Label, anda bisa mengisinya dengan nama partisi yang ingin digunakan, atau bisa membiarkannya saja dengan memiliki nama New Volume. Jangan lupa untuk memberikan tanda ceklist pada bagian “Perform A Quick Format” agar di bagian akhir pembuatan partisi di Windows 10 otomatis akan dilakukan format Partisi yang baru secara cepat.

Baca:   Daftar Aplikasi Android Terbaik yang Direkomendasikan Untuk Smartphone Anda

pemilihan format file system pada pembuatan partisi Windows 10

Setelah anda yakin seluruh rangkaian “New Simple Volume Wizard” pada proses pembuatan partisi telah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda, akhiri proses tersebut dengan Klik tombol Finish. Silahkan anda tunggu beberapa saat sampai dengan sebuah partisi baru pada Explorer Windows 10 ditampilkan.

finising proses pembuatan partisi pada Windows 10

Selain menggunakan fitur yang ada di Windows 10, proses pembuatan partisi juga bisa dikerjakan dengan bantuan software pihak ketiga. Biasanya, software khusus untuk pembuatan partisi memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan dengan fitur standar yang disediakan oleh Windows 10 itu sendiri. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan software EaseUS Partition Master atau minitool Partition Wizard.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara membagi partisi pada hardisk di Windows 10 tanpa harus instal ulang sistem operasi. Intinya, proses ini bisa diterapkan untuk mengubah ukuran partisi hardisk pada Windows 10 yang tidak berisi sistem operasi. Proses pembagian partisi pada Windows 10 tentu bisa dilakukan dengan cukup cepat dan cukup aman. Meskipun demikian, proses back up data harus tetap anda lakukan guna mengamankan data-data penting pada hardisk di komputer anda.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Daftar Aplikasi Android Terbaik yang Direkomendasikan Untuk Smartphone Anda

Daftar Aplikasi Android Terbaik yang Direkomendasikan Untuk Smartphone Anda

Begitu banyaknya aplikasi pada smartphone Android, barangkali menjadikan anda memiliki harapan baru yang belum pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *