Home / Tips dan Trik / Cara Mematikan Windows Update Atau Auto Update Di Windows 10
Cara Mematikan Windows Update Atau Auto Update Di Windows 10

Cara Mematikan Windows Update Atau Auto Update Di Windows 10

Fasilitas Windows update atau auto update di Windows 10 sedikit disembunyikan sehingga banyak pengguna Windows 10 yang merasa kesulitan untuk mengkonfigurasikan dari Windows Update pada Windows 10 tersebut. Padahal, banyak sekali pengguna komputer Windows 10 yang tidak menginginkan fasilitas auto update karena sangat boros kuota internet bagi yang menggunakan paket data.

Fasilitas auto update pada Windows 10 memiliki perbedaan yang sangat jauh dengan fasilitas pada Windows versi sebelumnya, misalnya pada versi Windows 8 atau windows 7. Pada generasi sebelum Windows 10, settingan dari auto update atau Windows update bisa dijumpai dengan mudah di menu control panel. Hanya lewat control panel saja, pengguna komputer sudah bisa mengkonfigurasikan auto update di Windows, misalnya adalah mematikan atau mendisable.

Daftar Isi:

  1. Cara Mematikan Windows Update Di Windows 10 Dengan Defer Upgrade
  2. Cara Mematikan Windows Update Di Windows 10 Menggunakan Services
  3. Cara Mematikan Windows Update Di Windows 10 Menggunakan Gpedit atau Group Policy Editor
  4. Cara Mematikan Windows Update Di Windows 10 Menggunakan Metered Connection
  5. Cara Mematikan Windows Update Di Windows 10 Lewat Registry Windows

Berbeda dengan Windows 10, dimana menu auto update atau Windows Update sudah tidak lagi ditemukan pada bagian control panel. Kondisi inilah yang menjadikan para pengguna komputer Windows 10 merasa kesulitan untuk mematikan Windows update atau auto update pada komputer yang digunakan. Padahal, Berdasarkan pengalaman Windows 10 sangat rakus bandwidth internet pada saat sedang update otomatis. Pernah penulis memanfaatkan tethering hotspot dari smartphone Android hanya 10 menit saja untuk browsing, ternyata paket data sudah hilang sebanyak 1 GB. Sebuah ukuran download file yang fantastik untuk auto update pada Windows 10.

Walaupun Menu Windows update sudah tidak lagi ditemukan pada control panel, nyatanya cara mematikan Windows Update Windows 10 tidak lah terlalu sulit. Pihak Microsoft tetap saja memberikan fasilitas kepada setiap penggunanya untuk bisa mematikan fasilitas update otomatis tersebut. Bagian yang membedakan hanyalah terletak pada caranya saja. Untuk membantu anda di dalam mengatasi penggunaan paket data yang terlalu tinggi di Windows 10 karena fasilitas auto update masih hidup, maka pada kesempatan yang baik ini akan dibahas tentang cara mematikan auto update Windows 10.

Terdapat cukup banyak cara mematikan Windows Update Win 10 yang bisa anda praktekan. Masing-masing langkah tentunya mempunyai tujuan yang sama, namun dengan teknik yang berbeda. Lalu, Bagaimanakah langkah-langkahnya? Silakan anda Simak pada uraian berikut ini.

Cara Mematikan Windows Update Di Windows 10 Dengan Defer Upgrade

Fasilitas defer upgrade akan Membuat Windows 10 melakukan penundaan terhadap pengiriman file file upgrade untuk beberapa bulan. Pada kondisi ini Tentunya fitur Windows Update otomatis di Windows 10 tidak benar-benar dimatikan secara total. Oleh karena itulah, anda bisa secepatnya untuk menonaktifkan defer upgrade pada saat komputer anda terhubung dengan jaringan internet unlimited.

Baca:   Cara Membuat Email Di Gmail, Yahoo Dan Outlook Lengkap Dengan Kelebihan Dan Kekurangannya

Walaupun fitur defer upgrade ini tidak benar-benar mematikan fasilitas auto update, nyatanya cara menonaktifkan Windows Update Windows 10 dengan Metode ini cukup efektif untuk menghemat kuota internet, terlebih bagi Anda yang masih memanfaatkan smartphone Android sebagai media tethering. Bagaimana langkah-langkah untuk menggunakan fitur defer upgrade? Silakan simak penjabarannya di bawah ini.

Langkah pertama, silahkan klik Start Menu, lalu pilih menu Settings

Pada jendela Seetings, silahkan anda klik menu “Update and Security”

update and security pada windows 10

Pada menu Windows Update, silahkan anda klik menu Advanced Option

Windows update windows 10

Pada jendela Advanced Options yang tampil, silahkan anda beri tanda ceklist pada bagian “Defer Upgrades”

defer upgrade pada windows 10

Selesai dan anda bisa menutup semua jendela yang terbuka para proses setting defer upgrades tersebut.

Cara Mematikan Windows Update Di Windows 10 Menggunakan Services

Selain memanfaatkan fitur defer upgrade pada Windows 10, cara menonaktifkan auto update Windows 10 dapat kita lakukan lewat menu services yang telah disediakan pada Windows 10. Menu services ini memang menu yang cukup vital terhadap berbagai macam jalannya beragam software di Windows 10 sehingga jika terjadi kekeliruan di dalam setting akan menimbulkan gangguan yang cukup parah pada Windows 10.

Meskipun demikian, apabila kita ingin mematikan update otomatis Windows 10, kita tetap harus masuk ke fasilitas services ini. Kelebihan yang dimiliki pada saat kita mematikan auto update lewat fitur service di Windows 10 adalah seluruh jalan update pada Windows 10 akan ditutup. Jadi, Windows 10 tersebut benar-benar dalam mode disable auto update. Hanya saja, terkadang auto update akan Jalan Kembali secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Artinya, settingan ini tidaklah permanen sehingga kita harus telaten untuk mengecek Apakah setting disable automatic Windows Update pada services masih dalam kondisi disable atau running.

Untuk memulai proses menonaktifkan Windows Update Windows 10, silahkan anda tekan kombinasi tombol Windows + R untuk membuka jendela Run.

services pada windows 10

Pada jendela RUN yang muncul, ketik perintah “services.msc” lalu tekan tombol enter pada keyboard atau klik tombol OK.

jendela services pada windows 10

Pada jendela Services yang muncul, silahkan anda cari service yang bernama Windows Update. Posisinya ada dibagian bawah sesuai dengan urutan alpabet. Setelah ditemukan, klik 2 x menu tersebut, sehingga akan ditampilkan jendela seperti pada gambar dibawah ini.

windows update properties pada windows 10

Pada jendela Windows Update Properties yang muncul, silahkan klik tombol Stop, kemudian pada bagian startup type silahkan pilih Disable dan akhiri dengan klik tombol Apply. Untuk perubahan diaplikasikan, silahkan anda restart komputer.

Cara Mematikan Windows Update Di Windows 10 Menggunakan Gpedit atau Group Policy Editor

Cara mematikan Windows Auto Update yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan fasilitas gpedit. Fasilitas gpedit pada dasarnya sudah disediakan pada semua versi Windows. Kita cukup melakukan modifikasi saja untuk mengubah fungsi sebuah fitur pada Windows.

Baca:   Tips Mengatasi Android Tidak Bisa Mengakses Internet

Pada Windows 10, fasilitas untuk mematikan auto update tidak terdapat pada semua versi Windows, namun hanya tersedia pada Windows 10 Enterprice, Windows 10 Education dan Windows 10 Professional. Jika anda termasuk pengguna Windows 10 pada versi tersebut, maka bisa mematikan fitur update otomatis via gpedit.

Langkah-langkah yang bisa anda tempuh untuk mematikan fasilitas auto update pada Windows 10 adalah sebagai berikut.

Silahkan anda masuk ke menu Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R. Selanjutnya ketikan “gpedit“, kemudian klik tombol OK atau tekan tombol Enter pada keyboard.

gpedit.msc pada windows 10

Langkah berikutnya silahkan anda pillih menu Computer Configuration, lanjutkan klik menu Administrative Templates, lalu Windows Components dan  Windows Update. Carilah menu pada bagian kanan dengan nama Configure Automatic Update.

Langkah berikutnya adalah akan akan dimunculkan jendela seperti pada gambar dibawah ini.

konfigurasi update otomatis pada windows 10Dobel klik menu configurate Automatically Update, lalu akan dimunculkan jendela baru seperti berikut ini.

konfigurasi automatic updates Windows 10 gpedit

Silahkan pilih option Disable, kemudian klik tombol OK untuk menutup jendela configurate automatic updates.

Cara Mematikan Windows Update Di Windows 10 Menggunakan Metered Connection

Cara memetikan Windows Update yang selanjutnya adalah memanfaatkan fasilitas metered connection yang dimilki oleh Windows 10. Sebagai catatan, cara ini hanya bisa diterakan pada komputer yang memiliki jaringan koneksi internet nirkabel atau wifi dan dalam kondisi terhubung ke wifi. Jika tidak maka fitur ini tidak bisa digunakan.

Cara nonaktifkan auto update Windows 10 dengan memanfaatkan metere connection bisa anda awali dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih menu Netword and Internet. Setelah itu, silahkan anda cari dan klik pada bagian internet yang sedang aktif dan tehubung pada saat itu.

Tahap selanjutnya, silahkan anda tuju pada bagian Metered Connection, lalu silahkan anda set ke ON pada bagian Set as metered connection. Perhatikan pada gambar dibawah ini.

metered connection pada windows 10

 

Cara Mematikan Windows Update Di Windows 10 Lewat Registry Windows

Windows 10 juga bisa dimatikan secara paksa lewat menu registry. Namun, karena registry Windows 10 memiliki fungsi yang sangat vital, sebelum anda melakukan beberapa perubahan, sebaiknya anda membuat bacup tegistry terlebih dahulu, supaya jika setting yang anda lakukan bermasalah, maka anda bisa dengan mudah mengembalikan ke settingan sebelumnya.

Baca:   Penasaran Ingin Tahu Tips Agar Wajah Lebih Fotogenik? Inilah Caranya

Untuk memulai proses mematikan auto update Windows 10, silahkan masuk ke jendela RUN dengan cara menekan kombinasi tombol Windows + R atau anda juga bisa mengetik “RUN” pada Kotak Pencarian di Taskbar Windows 10.

cara memanggil RUN pada Windows 10

Setelah jendela RUN muncul, silahkan ketik perintah “regedit“, lalu tekan tombol Enter pada keyboard atau klik tombol OK

cara memanggil regedit pada windows 10

Setelah itu, jendela regedit atau registry editor akan terbuka seperti pada gambar dibawah ini.

setting regedit untuk mematikan auto update windows 10

Secara berturut-turut, silahkan anda explore menu HKEY_LOCAL_MACHINE, kemudian menu SYSTEM, lalu menu CurrentControlSet, lalu pilih bagian Services. Pada bagian services, silahkan gulung ke bahwa sampai dengan ditemukan bagian wuauserv.

wuauserv pada windows 10

Berikan setting untuk bagian DependOnService dan ImagePath. Caranya adalah dengan klik dua kali atau dobel klik untuk masing-masing value registry tersebut.

Setting pada DependOnService:

Nilai awal : rpcss
Nilai setelah diganti : rpcssX

rpcss pada windows 10

Setting pada ImagePath

Nilai awal : %systemroot%\system32\svchost.exe -k netsvcs -p
Nilai setelah diganti : %systemroot%\system32\svchostX.exe -k netsvcs -p

image path windows 10

Apabila kedua bagian registry tersebut sudah diubah, silahkan tutup jendela registry dan restart Windows 10 anda agar perubahan nilai registry tersebut bisa segera diaplikasikan. Setelah komputer restart, kita bisa lakukan pengecekan ulang untuk memastikan fitur auto update Windows 10 benar-benar sudah mati/terdisable dengan cara sebagai berikut.

Silahkan anda buka Task Manager dengan cara tekan tombol kombinasi pada keyboard “CTRL+ALT+DEL“, kemudian pilih menu Task Manager pada pilihan menu yang tampil. Anda juga bisa memanggil menu Task Manager dengan cara Klik Kanan pada Taskbar, lalu pilih menu Task Manager.

wuauserv pada windows 10 stopped

Selanjutkan silahkan anda tuju ke Tab Services, lalu silahkan dicari sebuah services yang bernama wuauserv

Jika anda mendapatkan services wuauserv dalam kondisi Stopped, maka fitur Windows update atau auto update pada Windows 10 memang sudah benar-benar Off atau dimatikan.

Sekian penjabaran Cara Mematikan Windows Update Atau Auto Update Di Windows 10 yang bisa penulis bahas pada kesempatan kali ini. Dengan mematikan fitur update otomatis pada Windows 10, maka kita bisa menghemat kuota internet bagi yang masih menggunakan paket data. Namun bagi yang sudah menggunakan layanan internet bulanan unlimited, maka penghematan dari sisi data tidak akan terasa, namun akan tetap memperoleh keuntungan dari space harddisk yang tidak cepat penuh karena Windows 10 tidak lagi update. Hanya saja anda tidak akan memperoleh pembaharuan sistem Windows 10 manakala anda benar-benar mematiakn fungsi dari Windows update pada Windows 10 ini. Terima kasih dan semoga bermafaat.

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Ingin Smartphone Anda Aman? Baca Cara Mencegah Dan Menghapus Virus Malware Pada Android

Malware atau virus sekarang ini tidak hanya menyerang komputer atau PC saja. Sebab, sejumlah perangkat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *