Home / Tips dan Trik / Cara Mematikan Windows Defender Windows 10
Cara Mematikan Windows Defender Windows 10

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10

Antivirus Windows Defender adalah sebuah software Anti Spyware dan anti malware yang dibuat pihak Microsoft dan diterapkan pada Windows 10. Adapun fungsi inti dari Windows Defender yakni memberikan perlindungan terhadap setiap perangkat pengguna dari adanya serangan serta ancaman Spyware, ransomware, virus serta serangan dan ancaman yang lainnya.

Antivirus Windows Defender mempunyai fitur protection Real Time yang sangat bagus. Berbeda dengan versi versi Windows sebelum Windows 10, pemakai tidak dapat mendisable maupun menonaktifkan antivirus Windows Defender pada Windows 10.

Namun demikian, terdapat sejumlah hal yang mewajibkan pengguna Windows 10 untuk bisa mematikan atau mendisable Windows Defender tersebut. Misalnya adalah ketika pengguna Windows 10 hendak menginstal software yang tidak dikenali oleh sistem operasi Windows 10, padahal pemakai sangat paham bahwasanya software tersebut cukup aman. Rata-rata, Windows Defender akan secara otomatis menghapus file-file yang dianggap sebagai sebuah ancaman tanpa memberikan konfirmasi kepada pengguna terlebih dahulu.

Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows 10

Terdapat tiga cara untuk mematikan atau menonaktifkan Windows Defender pada Windows 10, baik yang bersifat sementara maupun bersifat permanen. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

1. Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows 10 Lewat Local Group Policy

Apabila anda adalah pemakai sistem operasi Windows 10 education, enterprise maupun Pro, anda Dapat mematikan antivirus Windows Defender pada komputer secara permanen. Di bawah ini adalah langkah-langkah nya.

Langkah pertama, silakan Anda buka jendela Run. Jika ingin menggunakan shortcut, silakan tekan kombinasi tombol Windows + R pada keyboard.

Ketik perintah gpedit.msc, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard atau Klik tombol OK. Tunggu sampai jendela local group Policy editor tampil.

Baca:   Windows 10 Fall Creators Update Download Final Dan Gratis

Silakan Anda masuk ke computer configuration, kemudian administrative templates, kemudian Windows component, lalu Windows Defender antivirus.

Tahap selanjutnya, silahkan klik double pada bagian sebelah kanan di tulisan turn off Windows Defender antivirus. Perhatikan gambar di bawah ini.

Turn off Windows Defender Antivirus WIndows 10

Selanjutnya, pilih enable guna mematikan atau menonaktifkan Windows Defender antivirus.

Enabled Windows Defender Antivirus Windows 10

Click tombol Apply, kemudian Klik tombol OK untuk menutup jendela turn off Windows Defender antivirus

Jika anda sudah merampungkan seluruh tahapan di atas, anda wajib merestart komputer atau laptop supaya Windows Defender antivirus benar-benar dimatikan atau non aktif. Apabila anda di kemudian hari menginginkan untuk mengaktifkan atau menghidupkan kembali fitur Windows Defender antivirus, maka pada langkah di atas, Pilihlah option not configured. Silahkan restart komputer anda.

2. Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows 10 Menggunakan Registry Editor

Berikut ini merupakan cara lain apabila anda tidak dapat mengakses jendela local group Policy editor. Misalnya jika anda adalah pengguna Windows 10 home yang tentunya tidak mempunyai fitur tersebut. Anda dapat melakukan modifikasi registry untuk mematikan Windows Defender antivirus tersebut.

Catatan: diwajibkan untuk membackup data registry editor sebelum anda melakukan pengeditan pada registry Windows 10. Sebab, Proses mengubah atau mengedit registry Windows sangat berpotensi merusak sistem operasi Windows 10.

Langkah pertama, silakan Anda buka jendela Run atau gunakan kombinasi tombol Windows + R pada keyboard.

Langkah selanjutnya, silahkan anda ketik perintah regedit, lalu Klik tombol OK atau tekan tombol Enter pada keyboard. Tunggulah sampai jendela registry editor terbuka.

Lanjutkan menuju ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE kemudian ke SOFTWARE lalu ke Policies lalu ke Microsoft dan ke Windows Defender

Apabila tidak tersedia menu disableantispyware DWORD, silakan Anda Klik Kanan pada folder yang bernama Windows Defender, kemudian pilih menu new, lalu pilih DWORD (32-bit) Value.

Baca:   Cara Mempercepat Booting Windows 10 Sampai Kurang Dari 5 Detik

DWORD (32-bit) Value pada Windows Defender Windows 10

Silahkan Anda beri nama disableantispyware pada key yang disediakan, kemudian tekan tombol Enter.

Langkah selanjutnya, klik ganda DWORD key yang sudah anda buat tadi, kemudian edit nilainya menjadi 1 dari sebelumnya .

DisableAntiSpyware pada Windows Defender Windows 10

Akhiri dengan Klik tombol OK

Agar perubahan yang Anda lakukan pada registry Windows 10 segera diaplikasikan, maka tahap terakhir adalah dengan merestart komputer anda. Sebagai catatan, apabila anda hendak mengembalikan fitur security, anda cukup menghapus value disableantispyware DWORD yang sebelumnya sudah anda buat tersebut.

3. Cara Mematikan Windows Defender Pada Windows 10 Memakai App Security Center

Dapat dikatakan bahwa Langkah ketiga didalam mematikan Windows Defender antivirus di Windows 10 merupakan langkah yang sangat mudah. Di bawah ini adalah urutannya.

Langkah pertama, silakan Anda buka menu Windows Defender security center.

Tahap berikutnya, silakan Anda klik pada bagian virus and threat protection

Lanjutkan dengan klik pada menu virus and threat protection settings

Virus and threat protection settings Windows Defender

Silahkan anda off kan bagian Real Time protection

Setelah anda menyelesaikan tahapan di atas, maka secara otomatis Real Time protection pada Windows Defender di Windows 10 akan dimatikan atau di disable. Selanjutnya, anda dapat menginstal software atau aplikasi yang sebelumnya Di block oleh Windows pada saat hendak diinstal. Akan tetapi, cara diatas memiliki kelemahan, yakni hanya bersifat sementara. Pada saat komputer di restart atau dimatikan, kemudian dinyalakan kembali, maka Windows Defender antivirus pada Windows 8 akan aktif kembali dengan otomatis.

Itulah sejumlah cara mematikan Windows Defender pada Windows 10 yang bisa penulis bahas di artikel kali ini. Semoga saja, beberapa metode ringkas dan mudah di atas bisa anda manfaatkan di dalam menonaktifkan fitur Windows Defender pada Windows 10 yang kadangkala mengganggu aktivitas anda di dalam proses instalasi atau pemasangan software baru. Terima kasih.

Baca:   9 Solusi Mengatasi Usb Device Not Recognized Windows 7, 8 Dan 10

About Admin

Penulis memiliki kesibukan mengajar di salah satu SMK mengampu mata pelajaran Produktif Teknik Komputer Jaringan, Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak. Disela-sela kesibukan mengajar, penulis juga bekerja sebagai teknisi komputer sebagai usaha sampingan. Untuk mengisi waktu luang, penulis juga menekuni usaha Desain Grafis dan Programming

Check Also

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli smartphone baru

Anda ingin Membeli Smartphone Android? Inilah hal yang wajib diperhatikan

Bisa dipastikan di setiap bulannya selalu muncul generasi smartphone terbaru di pasaran. Dan tentunya bukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *